Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  7. Orang Babel dan Orang Asyur > 
IX. Sastra 
 sembunyikan teks

dari Zaman Emas. Inskripsi-inskripsi pada lempeng-lempeng tanah liat yang digali oleh para arkeolog telah banyak menambahkan pengetahuan kita mengenai Asyur, Babilonia, dan Timur Tengah kuno.

Kebanyakan inskripsi itu adalah dokumen-dokumen administratif, ekonomis, dan hukum. Banyak yang ditarikhkan dalam hubungannya dengan kejadian-kejadian sejarah yang penting, dan ditulisi dengan tulisan cuneiform (berbentuk baji) yang khas.

Para arkeolog telah menemukan lebih dari 5000 lempeng tanah liat. Pada lempeng-lempeng itu tertulis berbagai mitos, kisah perbuatan yang gagah berani, nyanyian, ratapan, dan amsal. Kecuali amsal-amsal dan beberapa esei, semua karya sastra Babel dan Asyur ditulis dalam bentuk syair.

Pengaruh sastra Babel dan Asyur pada Perjanjian Lama tampak dalam kenyataan bahwa beratus-ratus kata dan frase yang digunakan dalam Alkitab Ibrani secara langsung mempunyai persamaan dalam lempeng-lempeng cuneiform. Tiga naskah utama yang ditemukan dalam tulisan cuneiform sangat mirip dengan tema-tema Perjanjian Lama yaitu penciptaan, air bah, dan ratapan dari orang benar yang menderita (Bdg. Kitab Ayub). Untuk uraian lebih lanjut tentang kisah penciptaan dan air bah dalam tulisan cuneiform, lihat "Berbagai Agama dan Kebudayaan Penyembah Berhala."



TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA