Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  5. Agama dan Kebudayaan Penyembah Berhala >  II. Agama Resmi Lawan Agama Populer. > 
B. Filsafat yang Abstrak. 
sembunyikan teks

Manusia zaman purba mulai bergerak menjauhi takhayul murni dan mendewakan berbagai ideal yang abstrak di bawah nama dewa-dewa purba.

Di Mesopotamia, "Keadilan" dan "Kebenaran" tampil sebagai dewa-dewa yang tak penting dalam rombongan Utu/Shamasy, dewa matahari; masing-masing disebut Nig-gina dan Nig-sisa. "Kepala" mereka adalah Shamasy, dewa hukum bangsa Mesopotamia. Para pemikir purba memahami gagasan-gagasan abstrak ini sebagai dewa dan tidak menghadapi gagasan-gagasan ini sendiri.

Bangsa Mesir melakukan hal ini lebih banyak daripada bangsa lain. Beberapa di antara dewa-dewa utama Mesir termasuk kategori ini. Misalnya, Atum mengungkapkan konsep universalitas. Nama Amon berarti "tersembunyi" - orang Mesir mengira bahwa ia adalah makhluk yang tak berbentuk dan tak kelihatan yang bisa berada di mana saja, dan siapa pun dapat menyembah dia. Karena alasan itu, mereka kemudian memindahkan gagasan tentang Amon pada Re, dan dewa itu menjadi Amun-Re, "raja kekekalan dan pengawal orang mati."29 Kuil-kuil raksasa dari sejarah Mesir dibangun sebagai penghormatan kepada Amun-Re di Karnak. Dewi Maat adalah suatu gagasan menjadi dewa lain di Mesir. Dia seharusnya mewujudkan kebenaran dan keadilan, dan adalah kekuatan kosmik dari keselarasan dan kestabilan.

Bangsa Kanaan menggambarkan kebenaran dan keadilan dengan dewa-dewa Sedek dan Mishor yang seharusnya melayani di bawah dewa Shemesy. Akan tetapi, meskipun lebih mudah bagi para pemikir kafir ini untuk menghadapi gagasan-gagasan ini dengan cara demikian. Menurut legenda mereka hampir tidak ada dewa mereka yang berbuat sesuai dengan cita-cita mereka. Agama Kanaan meneruskan keinginan purba akan keselarasan seksual dengan alam, dan mendorong untuk mengadakan upacara-upacara agama yang sangat cabul.



TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA