Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  41. Gereja yang Mula-Mula >  V. KONSEP-KONSEP PERJANJIAN BARU TENTANG GEREJA. > 
A. Tubuh Kristus. 
sembunyikan teks

Paulus menggambarkan gereja sebagai "satu tubuh di dalam Kristus" (Rm. 12:5) dan "Tubuh-Nya" (Ef. 1:23). Dengan kata lain, gereja mencakup dalam satu kerukunan kehidupan Ilahi setiap orang yang dipersatukan dengan Kristus oleh Roh Kudus melalui iman. Mereka ikut serta dalam kebangkitan-Nya (Rm. 6:8), dan dipanggil serta dimungkinkan untuk melanjutkan pelayanan-Nya, yaitu melayani dan menderita untuk menjadi berkat bagi orang lain (I Kor. 12:14-26). Mereka terikat dalam satu persekutuan untuk mewujudkan kerajaan Allah di dunia.

Karena mereka terikat dengan orang-orang Kristen lainnya, orang-orang ini memahami bahwa apa yang mereka lakukan dengan tubuh dan kemampuan mereka adalah sangat penting (Rm. 12:4; I Kor. 6:13-19; II Kor. 5:10). Mereka mengerti bahwa bermacam-macam ras dan tingkatan menjadi satu di dalam Kristus (I Kor. 12:3; Ef. 2:14-22), dan harus saling menerima dan mengasihi dengan cara sedemikian rupa sehingga menjadi nyata bagi orang lain.

Dengan menggambarkan gereja sebagai tubuh Kristus, jemaat Kristen mula-mula itu menekankan bahwa Kristus adalah kepala Gereja (Ef. 5:23). Dialah yang menuntun tindakan-tindakan gereja, dan berhak menerima segala pujian yang ditujukan kepada gereja. Segala kuasa gereja untuk menyembah dan melayani adalah pemberian-Nya.

 


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA