Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  38. Orang Yahudi pada Zaman Perjanjian Baru >  VI. Berbagai Kelompok dan Gerakan Orang Yahudi. > 
F. Orang Farisi. 
sembunyikan teks

Orang Farisi (Mat. 5:20) adalah pemimpin agama, dan baik ahli Taurat maupun imam dapat ditempatkan di antara mereka. Seperti yang dapat diharapkan, ada sedikit kebebasan di antara orang Farisi mengenai seberapa ketatnya Taurat Musa harus diterapkan. Di antara orang Farisi terdapat orang-orang yang sangat memusuhi Yesus. Mereka tidak hanya mengerti tuntutan-tuntutan Yesus, tetapi juga dapat mengenali ancaman tuntutan-tuntutan tersebut terhadap status quo. Rasul Paulus adalah seorang Farisi yang dengan keras menganiaya orang Kristen, tetapi yang kemudian hari menjadi Salah seorang yang paling efektif membela iman Kristen.

Tradisi-tradisi orang Farisi tetap bertahan setelah pembinasaan bait suci dan kekalahan yang menghancurkan pemberontakan Bar Kochba. Tradisi-tradisi orang Farisi adalah sumber dari apa yang dikenal sebagai Yudaisme para rabi. Sejauh yang dapat diketahui dari Misynah (kumpulan tradisi-tradisi orang Farisi), ajaran orang Farisi tidak sepenuhnya menentang ajaran Yesus. Hal ini tidak mengherankan, karena tugas pokok orang Farisi adalah menerapkan Alkitab Ibrani, terutama kelima kitab Musa, dalam mengamalkan kehidupan sehari-hari.

Orang-orang yang bersungguh-sungguh memusuhi Yesus yang digambarkan dalam Injil sebagai orang Farisi belum tentu mewakili semua orang Farisi. Minat mereka terhadap pokok-pokok tertentu dalam agama, seperti berpuasa dan kesucian ritual, adalah sejalan dengan minat mereka terhadap kesalehan. Perjanjian Baru juga menaruh perhatian terhadap soal-soal yang sama itu.



TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA