Pada umumnya setiap tanda dalam Injil Yohanes yang diadakan Tuhan Yesus diikuti oleh pengajaran (discourse) tertentu.754 Meskipun demikian ada tanda-tanda yang sulit untuk dipastikan memiliki pengajaran yang berkaitan dengannya Tanda yang sedang dibahas dalam bagian ini adalah salah satu diantaranya. Banyak penulis yang tidak membahas tanda ini dalam kaitannya dengan bagian lain sebagai pengajaran dari tanda ini.755 Namun Leon Morris berpendapat bahwa pengajaran yang berhubungan dengan tanda ini adalah Yohanes 7.756 Mengingat pentingnya pengajaran dalam memahami arti tanda, maka perlu kita melihat penjelasan Morris tentang hubungan kedua bagian ini. Ia mengatakan bahwa tanda ini dilatarbelakangi perjuangan murid-murid yang sedang berusaha keras melawan angin ribut dan bahaya yang dihadapi. Waktu itu hari gelap dan Yesus tidak datang kepada mereka (Yoh 6:17). Seolah-olah Yesus tidak hadir pada waktu yang genting itu. Tetapi Ia muncul dan mendemonstrasikan kedaulatanNya atas alam. Ia datang ke tempat di mana murid-murid-Nya berada. Mereka tidak mengenali Dia dan apa yang sedang Ia lakukan. Mereka takut dan salah mengerti. Hal ini berhubungan dengan pengajaran dalam pasal 7. Menurut Morris, rentetan kegagalan mengenal siapa Yesus dalam pasal 7 dimulai dari saudara-saudara-Nya yang menentang Dia: "...tampakkanlah diriMu kepada dunia" (Yoh 7:4). Sebuah tantangan yang muncul dari orang-orang yang tidak percaya kepada-Nya (Yoh 7:5). Kegagalan untuk mengenal Yesus lebih ditekankan dalam pasal ini dibanding pasal-pasal sebelumnya. Permusuhan terhadap Yesus sedang meningkat dan ada ketidakpastian tentang Dia (7:12). Kemesiasan-Nva tidak jelas bagi orang banyak bahkan disamakan dengan suatu bahaya. Lalu Yesus muncul di kota dan memberitahukan bahwa pengajaran-Nya bukan berasal dari diri-Nya sendiri, melainkan dari Bapa (7:16). Yesus mengatakan bahwa pendengar-Nya tidak melakukan hukum Musa, sebab mereka mengatakan bahwa Yesus kerasukan setan dan berniat membunuhNya (7:20). Di sinilah muncul pikiran tentang ketersembunyian Kristus (hiddenness of Christ). Mereka tidak mengenal siapa Yesus. Orang-orang Yahudi menemui masalah yaitu mereka tahu dari mana Yesus datang. Sepengetahuan mereka, jika Kristus (Mesias) datang tak seorang pun yang mengetahui dari mana asal-Nya (7:27). Padahal jika mereka tahu dari mana Yesus datang, maka seharusnya mereka tahu bahwa Ia sungguh-sungguh Mesias. Sebaliknya mereka justru tidak tahu bahwa Ia adalah Mesias. Inilah cara Yohanes menunjukkan ketersembunyian Kristus. Menurut Morris. peristiwa dalam tanda ini memiliki kesamaan dengan peristiwa dalam pasal 7, yaitu keduanya mengungkapkan ketersembunyian Kristus.757
Apakah dengan adanya kesamaan ini dapat dipastikan bahwa pasal 7 merupakan pengajaran dari tanda ini? Menurut prinsip, sebuah pengajaran seharusnya merupakan penjelasan dari tanda, yaitu menjelaskan tentang apa sebenarnya yang Yesus ingin ajarkan melalui tanda tertentu. Menurut Carson, penjelasan Morris ini tidaklah cukup menjadi alasan bagi kita untuk menerima pasal 7 sebagai pengajarannya.758 Schnackenburg juga mengatakan bahwa mungkin pasai 7 bukan dimaksudkan oleh Yohanes sebagai pengajaran dari tanda ini.759 Di akhir uraiannya, Morris menyatakan bahwa bagian pengajaran ini (pasal 7) dipisahkan jauh dari tanda ini (6:16-21), sehingga hubungannya tidak sejelas tanda-tanda lain dengan pengajarannya. Mungkin kedua bagian ini tidak dimaksudkan untuk dihubungkan oleh Yohanes.760 Dengan melihat bahwa hubungan kedua bagian ini tidak memenuhi prinsip "hubungan tanda pengajaran", maka dapat kita simpulkan bahwa pasal 7 bukan merupakan pengajaran dari tanda ini. Kalau pasal 7 bukan pengajaran tanda ini, bagian mana atau pasal berapa yang merupakan pengajarannya? Agaknya tidak mudah untuk menetapkan secara pasti. Lagi pula tujuan utama tulisan ini bukan untuk menempatkan bagian pengajaran dari tanda ini, melainkan apa yang bisa kita pelajari dari tanda ini. Oleh karena itu kita akan melihat langsung pada peristiwa tanda ini untuk mempelajari arti tanda ini.


untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [