Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  33. Sakit Penyakit dan Penyembuhan >  I. Jenis-jenis Penyakit, Penyakit Ringan, dan Masalah-masalah Medis. > 
E. Kebutaan dan Kehilangan Pendengaran. 
sembunyikan teks

Tiga jenis kebutaan disebutkan di Alkitab: kebutaan tiba-tiba yang disebabkan oleh lalat yang diperburuk oleh kotoran, debu, dan cahaya yang menyilaukan; kebutaan berangsur-angsur yang, disebabkan oleh usia lanjut; dan kebutaan kronis. Paulus menderita kebutaan sementara pada jalan ke Damsyik (Kis. 9:8). Alkitab sering kali menyebutkan orang tua yang "matanya mulai kabur" (bdg. Kej. 27:1; I Sam. 4:15). Akan tetapi, Alkitab lebih sering mengacu kepada kebutaan kronis.

Orang Israel menaruh belas kasihan kepada orang buta. Sebenarnya, Allah mengutuk orang yang membuat orang buta menyimpang dari jalannya (Ul. 27:18). Yesus melayani banyak orang yang buta. Ia berkata, "Ia (Allah) telah mengurapi Aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan la telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta" (Luk. 4:18-19).Yesus menyembuhkan seorang yang buta sejak lahirnya (Yoh. 9:1-41); seorang buta yang disembuhkan setahap demi setahap (Mrk. 8;24-25); dua orang buta yang duduk di tepi jalan (Mat. 20:30-34); dan sejumlah besar orang lain (Mrk. 10;46-52; Luk. 7:21).

Sering kali kebutaan dianggap sebagai hukuman karena berbuat jahat. Kita melihat contoh-contoh dari hal ini di Sodom (Kej. 19:11); dalam bala tentara orang Aram (II Raj. 6:18). dan dalam hal Elimas di Pafos (Kis. 13:6-11).

Adakalanya Perjanjian Baru mengacu kepada orang-orang yang kehilangan kemampuan untuk berbicara (bdg. Mat. 9:32; 15:30; Luk. 11:14). Hal ini adalah akibat kehilangan pendengaran.



TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA