Pertanyaan: 88. Apa yang menjadi perselisihan mengenai jasad Musa antara Mikhael dan Setan?
Bagian dalam Yudas 1:9 yang mengacu pada perselisihan antara Mikhael dan Setan atas tubuh Musa, dianggap oleh Vitringa, Lardner, McKnight, dan komentator terkemuka lainnya sebagai simbolis, tubuh Musa dimaksudkan untuk mewakili hukum dan institusi Mosaik (lihat Zakharia 3:1), dengan cara yang sama seperti orang Kristen modern menyebut Gereja sebagai tubuh Kristus. Menurut yang lain, hal ini berkaitan dengan legenda Yahudi yang terkait dengan pemakaman rahasia pembuat hukum besar (Ulangan 34:6). Targum Yonatan mengatributkan pemakaman Musa kepada tangan malaikat, yang dipimpin oleh Mikhael sebagai penjaga Israel. Pandangan lain yang tercantum dalam kitab-kitab Ibrani adalah bahwa Setan mempersoalkan pemakaman tersebut, dengan mengklaim tubuh itu karena darah orang Mesir yang dibunuh oleh Musa, dan karena dosa pemimpinnya di Meriba. Dengan memiliki kuasa atas kematian, ia menentang kebangkitan tubuh Musa karena alasan-alasan ini, tetapi kehadiran yang terlihat dari Musa bersama Henokh dan Elia pada Perubahan Wujud memberikan bukti kemenangan Mikhael, dan juga merupakan jaminan kebangkitan yang akan datang. Yosefus, sejarawan Yahudi (dalam Antikuitas 4:8), menyatakan bahwa Allah menyembunyikan tubuh Musa, agar tidak disembah oleh orang-orang.
Question: 88. What Was the Dispute Over Moses' Body Between Michael and Satan?
The passage in Jude 1:9 referring to the dispute between Michael and Satan over the body of Moses, is regarded by Vitringa, Lardner, McKnight and other distinguished commentators as symbolical, "the body of Moses" being intended to represent the Mosaic law and institutions (see Zech. 3:1), in the same manner in which modern Christians call the Church "the body of Christ." According to others, it has reference to a Jewish legend connected with the secret burial of the great lawgiver (Deu. 34:6). The Targum of Jonathan attributes the burial of Moses to the hands of angels, led by Michael as the guardian of Israel. Other views set forth in the Hebrew books are that Satan disputed the burial, claiming the body because of the blood of the Egyptian whom Moses slew, and because of the leader's sin at Meribah. Having "the power of death," he opposes the raising of Moses' body again for these reasons, but the hitter's visible presence with Enoch and Elijah at the Transfiguration gave evidence of Michael's triumph, and was also a pledge of the coming resurrection. Josephus, the Jewish historian (in Antiquities 4:8), states that God hid the body of Moses, lest it should be worshiped by the people.