Pertanyaan: 498. Mengapa Wanita Dianjurkan Untuk Tetap Diam di Gereja?
Dalam I Korintus 14:34, Paulus sedang berurusan khusus dengan kasus gereja yang ia sendiri dirikan. Ia telah menerima informasi dari rumah tangga Chloe, seorang anggota yang saleh (lihat I Korintus 1:11), bahwa perpecahan serius telah muncul dan nasihat sangat dibutuhkan. Dari sumber lain, ia telah mengetahui bahwa gereja itu telah terjerumus ke dalam korupsi dan kesalahan. Tampaknya empat faksi yang berbeda telah muncul, semuanya bertengkar tentang guru-guru mereka masing-masing. Ada banyak kebencian dalam situasi tersebut, dan selain itu, ia telah mengetahui bahwa kebejatan dan praktik yang tidak teratur telah merajalela; juga bahwa pertemuan mereka telah dihina oleh wanita-wanita yang muncul tanpa berkerudung (menentang kebiasaan umum di kalangan wanita yang baik pada waktu itu) dan bahwa perjamuan gereja sering kali menjadi tempat makan berlebihan dan kelebihan. Suratnya ditulis untuk memperbaiki kondisi yang memalukan ini, untuk memperbaiki keadaan, untuk menegur para pelanggar dan untuk menghadapkan mereka semua kembali pada esensi Injil. Dari isi keseluruhan surat ini, kita hanya bisa menyimpulkan bahwa beberapa wanita yang telah aktif dalam memicu masalah tersebut telah pantas mendapatkan bagian dari pesan teguran-Nya, yang tanpa keraguan menghasilkan efek yang diinginkan. Di tempat lain dalam Surat-surat Rasul, kita menemukan pengakuan penuh terhadap karakter dan kemampuan wanita Kristen, meskipun tidak diragukan bahwa pada masa itu mereka tidak terlibat sebanyak sekarang dalam urusan keagamaan. Misalnya, tidak ada sebutan tentang wanita dalam Kisah Para Rasul 2:16-18, tetapi ini tidak secara mutlak menunjukkan pengecualian mereka. Ada banyak ayat dalam Perjanjian Baru yang menunjukkan bahwa wanita saleh memiliki peran yang baik dalam aktivitas gereja awal, tetapi tidak biasa bagi mereka untuk mengajar atau berkhotbah (lihat Kisah Para Rasul 16:40, 17:12, 17:34, dll.). Instruksi Paulus tidak dimaksudkan sebagai pesan untuk semua gereja, tetapi untuk gereja khusus di Korintus, dan adalah kesalahan dan ketidakadilan yang besar untuk menerapkannya pada wanita secara umum. Mereka telah berperan terlalu mulia dan berguna dalam perkembangan agama Kristen untuk dikenakan kritik yang tidak perlu yang hanya dapat didasarkan pada salah paham tentang kondisi sebenarnya di gereja Korintus yang membuat pesan seperti itu diperlukan. Ada banyak contoh wanita saleh baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Pelayanan Yesus ditujukan kepada pria dan wanita dengan sama. Banyak pengikut-Nya yang paling setia adalah wanita. Mereka adalah yang terakhir menghibur-Nya dalam perjalanan ke Golgota, yang pertama mengunjungi kubur-Nya, dan yang pertama yang Ia tampilkan diri-Nya setelah kebangkitan-Nya. Jadi mengapa wanita baik hari ini harus dikecualikan dari berpartisipasi dalam aktivitas Kristen apa pun?
Question: 498. Why Were Women Commended to Keep Silence in the Churches?
In I Corinthians 14:34 Paul was dealing specifically with the case of a church which he himself had founded. He had received intelligence from the household of Chloe, a pious member (see I Cor. 1:11), that serious schisms had arisen and that advice was sorely needed. From other sources he had learned that the church had sunk into corruption and error. Apparently four distinct factions had sprung up, all quarreling over their respective teachers. There was much bitterness in the situation, and, besides, he had learned that immorality and disorderly practices had crept in; also that their meetings were brought into disrepute by the women appearing in them unveiled (in defiance of the common usage among decent women of that time) and that the feasts of the church were often scenes of gluttony and excess. His epistle was written to correct these disgraceful conditions, to set matters right, to rebuke the offenders and to set before them all anew the essentials of the Gospel. We can only infer, from the general contents of the entire epistle, that certain women who had been active in fomenting the trouble had merited a share of his chastening message, which doubtless produced the desired effect. Elsewhere in the Epistles we find full recognition of the character and abilities of Christian women, although it is unquestioned that they did not in those days take as prominent a part in religious affairs as they did later. Thus, for instance, there is no mention of women in Acts 2:16-18, but this does not necessarily imply their exclusion. There are many passages in the New Testament which show that godly women had a good share in the activities of the early church, but it .was not customary for them to teach or preach (see Acts 16:40, 17:12, 17:34, etc.). Paul's injunction was not intended as a message to all the churches, but to the one particular church at Corinth, and it is a mistake and a grievous injustice to apply it to women in general. They have borne too noble and useful a part in the progress of the Christian religion to be subjected to any needless criticism that could only be based on a misunderstanding as to the actual conditions in the Corinthian church which rendered such a message necessary. There are many instances of godly women in both the Old Testament and the New Testament. The ministry of Jesus was to both men and women equally. Many of his most devoted followers were women. They were the last to comfort him on the way to Golgotha, the first to visit his tomb and the first to whom he appeared at his resurrection. So why should good women today be excluded from taking part in any Christian activity?