TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Zakharia 13:7-9

Konteks
Pedang menimpa -- Umat baru
13:7 "Hai pedang, l  bangkitlah terhadap gembala-Ku, m  terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!", demikianlah firman TUHAN semesta alam. "Bunuhlah gembala 1 , sehingga domba-domba tercerai-berai! n  Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah. 13:8 Maka di seluruh negeri, demikianlah firman TUHAN, dua pertiga dari padanya akan dilenyapkan, mati binasa, tetapi sepertiga dari padanya akan tinggal hidup. o  13:9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api p  dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. q  Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. r  Mereka akan memanggil s  nama-Ku, t  dan Aku akan menjawab u  mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, v  dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku! w "
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[13:7]  1 Full Life : PEDANG ... BUNUHLAH GEMBALA.

Nas : Za 13:7

Di dalam pandangan nubuat ini tentang masa depan ini, gembala adalah Mesias.

  1. 1) Allah menyebut si gembala "orang yang paling karib kepada-Ku" (yaitu, orang sederajat, teman sejawat) dan karena itu Mesias yang ilahi.
  2. 2) Gembala-Mesias akan dipukul, yaitu disalibkan. Murid-murid-Nya akan terserak bagaikan domba (lih. Mat 26:31,56; Mr 14:27). Nubuat ini juga mungkin melambangkan perserakan bangsa Yahudi pada tahun 70 M.

[13:8]  2 Full Life : AKU AKAN MENARUH YANG SEPERTIGA ITU DALAM API.

Nas : Za 13:8-9

Ayat-ayat ini mungkin mengacu kepada masa kesengsaraan pada akhir zaman

(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

Orang Yahudi yang tidak percaya (2/3 bagian) akan dibunuh (ayat Za 13:8); hanya sepertiga yang tetap hidup. Mereka inilah yang akan "memandang kepada dia yang telah mereka tikam" (Za 12:10-14); jadi, hanya sebagian sisa orang Israel akan diselamatkan (pasal Wahy 11:1-18:24).



TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA