TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yeremia 3:1-13

Konteks
Pertobatan kepada TUHAN
3:1 Firman-Nya: "Jika seseorang menceraikan d  isterinya, lalu perempuan itu pergi dari padanya dan menjadi isteri orang lain, akan kembalikah laki-laki yang pertama kepada perempuan itu? Bukankah negeri itu sudah tetap cemar? e  Engkau telah berzinah 1  dengan banyak kekasih, f  dan mau kembali kepada-Ku? g  demikianlah firman TUHAN. 3:2 Layangkanlah matamu ke bukit-bukit h  gundul dan lihatlah! Di manakah engkau tidak pernah ditiduri? Di pinggir jalan-jalan i  engkau duduk menantikan kekasih, seperti seorang Arab di padang gurun. Engkau telah mencemarkan negeri j  dengan zinahmu k  dan dengan kejahatanmu. 3:3 Sebab itu dirus hujan tertahan l  dan hujan m  pada akhir musim tidak datang. Tetapi dahimu n  adalah dahi perempuan sundal, engkau tidak mengenal malu. o  3:4 Bukankah baru saja engkau memanggil Aku: Bapaku! p  Engkaulah kawanku sejak kecil! q  3:5 Untuk selama-lamanyakah Ia akan murka r  atau menaruh dendam untuk seterusnya? Demikianlah katamu, namun engkau sedapat-dapatnya melakukan kejahatan."
Israel dan Yehuda diajak kembali kepada TUHAN
3:6 TUHAN berfirman kepadaku dalam zaman raja Yosia: s  "Sudahkah engkau melihat apa yang dilakukan Israel, perempuan murtad t  itu 2 , bagaimana dia naik ke atas setiap bukit yang menjulang dan pergi ke bawah setiap pohon u  yang rimbun untuk bersundal v  di sana? 3:7 Pikir-Ku: Sesudah melakukan semuanya ini, ia akan kembali kepada-Ku, tetapi ia tidak kembali. Hal itu telah dilihat w  oleh Yehuda, saudaranya perempuan x  yang tidak setia. 3:8 Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menceraikan Israel, y  perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; z  namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, a  melainkan ia juga pun pergi bersundal. 3:9 Dengan sundalnya yang sembrono itu maka ia mencemarkan negeri b  dan berzinah c  dengan menyembah batu d  dan kayu. e  3:10 Juga dengan semuanya ini Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu, tidak kembali f  kepada-Ku dengan tulus hatinya, tetapi dengan pura-pura, g  demikianlah firman TUHAN. h " 3:11 Dan TUHAN berfirman kepadaku: "Israel, perempuan murtad itu, membuktikan dirinya lebih benar i  dari pada Yehuda, j  perempuan yang tidak k  setia itu. 3:12 Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara 3 , l  katakanlah: Kembalilah, m  hai Israel, perempuan murtad, n  demikianlah firman TUHAN. Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, o  demikianlah firman TUHAN, tidak akan murka p  untuk selama-lamanya. 3:13 Hanya akuilah q  kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap TUHAN, Allahmu, telah melampiaskan cinta berahimu kepada orang-orang asing r  di bawah setiap pohon s  yang rimbun, dan tidak mendengarkan t  suara-Ku, demikianlah firman TUHAN."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[3:1]  1 Full Life : ENGKAU TELAH BERZINAH.

Nas : Yer 3:1-5

Berpalingnya Yehuda kepada dewa-dewa lain itu sama dengan perzinaan rohani terhadap Tuhan; ketidaksetiaan ini sering kali terungkap dalam bentuk kebejatan yang jasmaniah bila umat itu terlibat dalam upacara pelacuran di kuil. Kendatipun firman Allah kepada mereka melalui hamba-Nya Yeremia, umat itu terus hidup dalam kejahatan mereka. PB sering kali memperingatkan terhadap penyembahan berhala dan ketunasusilaan, agar orang yang hidup di bawah perjanjian yang baru tidak mengulangi kesalahan mereka yang hidup di bawah perjanjian yang lama (bd. 1Kor 6:9-11).

[3:6]  2 Full Life : APA YANG DILAKUKAN ISRAEL ... MURTAD ITU?

Nas : Yer 3:6

Israel, kerajaan utara, telah tidak setia kepada Allah; akibatnya, mereka dibawa tertawan ke Asyur pada tahun 722-721 SM. Yehuda, kerajaan selatan, seharusnya menarik pelajaran dari pengalaman tragis saudaranya, tetapi tidak demikian. Ia juga menyerahkan diri kepada perzinaan dan kejahatan rohani.

[3:12]  3 Full Life : PERKATAAN-PERKATAAN INI KE UTARA.

Nas : Yer 3:12

Sisa Israel yang hidup dalam pembuangan di Asyur diberi tahu bahwa mereka masih dapat bertobat. Allah tetap penuh belas kasihan dan tidak ingin menghukum terus. Yeremia kemudian bernubuat bahwa kaum sisa pada suatu hari akan kembali kepada Allah dan negeri perjanjian (ayat Yer 3:14).



TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA