TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yeremia 36:20-32

Konteks
36:20 Kemudian pergilah mereka menghadap raja di pelataran, sesudah mereka menyimpan gulungan itu di kamar panitera Elisama. Mereka memberitahukan segala perkataan ini kepada raja. 36:21 Raja menyuruh Yehudi u  mengambil gulungan itu, lalu ia mengambilnya dari kamar panitera Elisama itu. Yehudi membacakannya kepada raja v  dan semua pemuka yang berdiri dekat raja. 36:22 Waktu itu adalah bulan yang kesembilan dan raja sedang duduk di balai w  musim dingin, sementara di depannya api menyala di perapian. 36:23 Setiap kali apabila Yehudi selesai membacakan tiga empat lajur, x  maka raja mengoyak-ngoyaknya dengan pisau raut, lalu dilemparkan ke dalam api 1  yang di perapian itu, sampai seluruh gulungan itu habis dimakan api y  yang di perapian itu. 36:24 Baik raja maupun para pegawainya, yang mendengarkan segala perkataan ini, seorangpun tidak terkejut z  dan tidak mengoyakkan pakaiannya. a  36:25 Elnatan, Delaya b  dan Gemarya c  memang mendesak kepada raja, supaya jangan membakar gulungan itu, tetapi raja tidak mendengarkan mereka. 36:26 Bahkan raja memerintahkan pangeran Yerahmeel, Seraya bin Azriel dan Selemya bin Abdeel untuk menangkap d  juru tulis Barukh dan nabi Yeremia, tetapi TUHAN menyembunyikan e  mereka. 36:27 Sesudah raja membakar gulungan berisi perkataan-perkataan yang dituliskan oleh Barukh langsung dari mulut f  Yeremia itu, maka datanglah firman TUHAN kepada Yeremia, bunyinya: 36:28 "Ambil pulalah gulungan g  lain, tuliskanlah di dalamnya segala perkataan yang semula ada di dalam gulungan yang pertama yang dibakar oleh Yoyakim, raja Yehuda. 36:29 Mengenai Yoyakim, raja Yehuda, haruslah kaukatakan: Beginilah firman TUHAN: Engkau telah membakar gulungan ini dengan berkata: Mengapakah engkau menulis di dalamnya, bahwa raja Babel pasti akan datang untuk memusnahkan negeri ini dan untuk melenyapkan dari dalamnya h  manusia dan hewan? i  36:30 Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang Yoyakim, j  raja Yehuda: Ia tidak akan mempunyai keturunan yang akan duduk di atas takhta 2  Daud, dan mayatnya akan tercampak, k  sehingga kena panas l  di waktu siang dan kena dingin di waktu malam. m  36:31 Aku akan menghukum dia, keturunannya n  dan hamba-hambanya karena kesalahan mereka; Aku akan mendatangkan atas mereka, atas segala penduduk Yerusalem dan atas orang Yehuda segenap malapetaka o  yang Kuancamkan kepada mereka, yang mereka tidak mau mendengarnya. p " 36:32 Maka Yeremia mengambil gulungan lain 3  dan memberikannya kepada juru tulis Barukh bin Neria yang menuliskan q  di dalamnya langsung dari mulut r  Yeremia segala perkataan yang ada di dalam kitab yang telah dibakar s  Yoyakim, raja Yehuda dalam api itu. Lagipula masih ditambahi dengan banyak perkataan seperti itu.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[36:23]  1 Full Life : MENGOYAK-NGOYAKNYA ... DILEMPARKAN KE DALAM API.

Nas : Yer 36:23

Ketika raja mulai merusak kitab gulungan itu, ia bukan hanya menyatakan permusuhan terang-terangan terhadap semua peringatan dan imbauan Yeremia untuk bertobat, tetapi juga kebenciannya terhadap Firman Allah yang tertulis dan kepada Tuhan sendiri. Sangat penting bagi kekuatan rohani kita untuk berusaha memelihara kasih dan hormat kepada penyataan Allah yang tertulis. Sekalipun kita mungkin tidak berusaha memusnahkannya seperti Raja Yoyakim, kita mungkin juga membuang Firman itu ke belakang kita dengan tidak membaca, mempelajari, dan merenungkan kebenaran-kebenarannya yang terilham dan lalai untuk hidup sesuai dengan ketetapan-ketetapannya.

[36:30]  2 Full Life : TIDAK AKAN MEMPUNYAI KETURUNAN ... DUDUK DI ATAS TAKHTA.

Nas : Yer 36:30

Putra Yoyakim, Konya (Yoyakhin; 2Raj 24:6,8) naik takhta hanya selama tiga bulan sebelum dibawa tertawan ke Babel pada tahun 597 SM. Tidak ada keturunan lain dari Yoyakim yang naik takhta Daud.

[36:32]  3 Full Life : GULUNGAN LAIN.

Nas : Yer 36:32

Yeremia dan Barukh mempersiapkan gulungan lain dengan beberapa tambahan. Seiring dengan waktu, lebih banyak lagi ditambah, hingga lengkaplah kitab Yeremia sebagaimana adanya hari ini, sebagian dari Alkitab yang diilhami.



TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA