Zakharia 3:8
Konteks3:8 Dengarkanlah, hai imam besar i Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu--sungguh kamu merupakan suatu lambang. j Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas 1 . k
Zakharia 9:9
KonteksZakharia 13:7
Konteks[3:8] 1 Full Life : HAMBA-KU, YAKNI SANG TUNAS.
Nas : Za 3:8
Yosua dan para imam lainnya merupakan lambang-lambang nubuat, yang menunjuk kepada pekerjaan hamba Allah, Sang Tunas
(lihat cat. --> Yes 4:2;
lihat cat. --> Yes 11:1;
lihat cat. --> Yer 23:5).
[atau ref. Yes 4:2; 11:1; Yer 23:5]
Malaikat Tuhan (Kristus), yang berdiri di situ sementara pentahiran dan pemulihan Yosua (ayat Za 3:5), di sini diperkenalkan sebagai Sang Tunas, tunas baru yang akan menanggung dosa-dosa kita sebagai korban karena dosa dan menyediakan penebusan kita (bd. Yes 53:1-6). Dia akan mengalahkan Iblis dengan mengenakan pakaian kotor dosa-dosa dunia pada diri-Nya sendiri dan dengan mati ganti kita.
[9:9] 2 Full Life : LIHAT, RAJAMU DATANG ... JAYA
Nas : Za 9:9
(versi Inggris NIV -- membawa keselamatan). Alasan yang lebih besar lagi untuk bersukacita ialah kedatangan sang Raja, bukan dengan kemegahan seorang raja tetapi dengan kerendahan hati (bd. Fili 2:5-8), naik di atas keledai. Nubuat Zakharia meramalkan Yesus dielu-elukan di Yerusalem (Mat 21:1-5). Dengan memasuki kota kudus memakai cara ini, Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Mesias dan Juruselamat, siap untuk disalibkan.
[13:7] 3 Full Life : PEDANG ... BUNUHLAH GEMBALA.
Nas : Za 13:7
Di dalam pandangan nubuat ini tentang masa depan ini, gembala adalah Mesias.
- 1) Allah menyebut si gembala "orang yang paling karib kepada-Ku" (yaitu, orang sederajat, teman sejawat) dan karena itu Mesias yang ilahi.
- 2) Gembala-Mesias akan dipukul, yaitu disalibkan. Murid-murid-Nya akan terserak bagaikan domba (lih. Mat 26:31,56; Mr 14:27). Nubuat ini juga mungkin melambangkan perserakan bangsa Yahudi pada tahun 70 M.