TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yosua 14:1--16:10

Konteks
Pembagian tanah Kanaan
14:1 Inilah semuanya yang diterima oleh orang Israel sebagai milik pusaka g  di tanah Kanaan, yang telah dibagikan h  kepada orang Israel i  oleh imam Eleazar, j  dan Yosua bin Nun dan para kepala kaum keluarga dari suku-suku mereka, k  14:2 dengan mengundi l  milik pusaka itu, seperti yang diperintahkan TUHAN dengan perantaraan Musa mengenai suku-suku m  yang sembilan setengah itu. 14:3 Sebab kepada suku-suku yang dua setengah lagi telah diberikan Musa milik pusaka di seberang sungai Yordan, n  tetapi kepada orang Lewi tidak diberikannya milik pusaka di tengah-tengah mereka. o  14:4 Sebab bani Yusuf merupakan dua suku, Manasye dan Efraim. p  Maka kepada orang Lewi tidak diberikan bagiannya di negeri itu, selain dari kota-kota untuk didiami, dengan tanah penggembalaannya untuk ternak dan hewan q  mereka. 14:5 Seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah diperbuat oleh orang Israel dan dibagi-bagi merekalah negeri itu. r 
Kaleb mendapat Hebron
14:6 Bani Yehuda datang menghadap Yosua di Gilgal. s  Pada waktu itu berkatalah Kaleb bin Yefune, t  orang Kenas itu, kepadanya: "Engkau tahu firman yang diucapkan TUHAN kepada Musa, abdi Allah u  itu, tentang aku v  dan tentang engkau di Kadesh-Barnea. w  14:7 Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba TUHAN itu, dari Kadesh-Barnea x  untuk mengintai negeri y  ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya. z  14:8 Sedang saudara-saudaraku, yang bersama-sama pergi ke sana dengan aku, membuat tawar hati a  bangsa itu, aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati. b  14:9 Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu c  dan anak-anakmu sampai d  selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati. 14:10 Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. e  Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara f  di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur g  delapan puluh lima tahun aku hari ini; 14:11 pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku h  pada waktu itu demikianlah kekuatanku i  sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. 14:12 Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, j  sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak k  dengan kota-kota yang besar dan berkubu. l  Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN." 14:13 Lalu Yosua memberkati m  Kaleb bin Yefune, n  dan diberikannyalah Hebron o  kepadanya menjadi milik pusakanya. p  14:14 Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati 1 . q  14:15 Nama Hebron dahulu ialah Kiryat-Arba; r  Arba s  ialah orang yang paling besar di antara orang Enak. Dan amanlah t  negeri itu, berhenti berperang.
Batas-batas daerah Yehuda
15:1 Bagian yang diundikan kepada suku bani Yehuda menurut kaum-kaum mereka adalah sampai ke batas tanah Edom, u  sampai ke padang gurun Zin v  ke selatan, di ujung selatan. w  15:2 Batas selatan bagi mereka mulai dari ujung Laut Asin, x  dari teluk yang menghadap ke selatan; 15:3 lalu keluar pada sebelah selatan pendakian Akrabim, y  terus ke Zin, naik ke sebelah selatan Kadesh-Barnea, z  terus ke Hezron, naik ke Adar, membelok ke Karka, 15:4 terus ke Azmon a  dan keluar pada sungai tanah Mesir, b  sehingga batas itu berakhir ke laut. Itulah bagi kamu batas selatan. 15:5 Batas c  timur ialah Laut Asin d  sampai ke muara sungai Yordan. Batas e  pada sisi utara mulai dari teluk di muara sungai Yordan itu: 15:6 batas itu naik ke Bet-Hogla, f  melalui sebelah utara Bet-Araba, g  kemudian batas itu naik ke batu Bohan h  bin Ruben; 15:7 lalu dari lembah Akhor i  batas itu naik ke Debir, j  dan menuju ke utara ke Gilgal k  di seberang pendakian Adumim, yang di sebelah selatan sungai. Kemudian batas itu terus ke mata air En-Semes l  dan keluar ke En-Rogel. m  15:8 Kemudian batas itu naik ke lembah Ben-Hinom, n  di sebelah selatan sepanjang lereng gunung Yebus, o  itulah Yerusalem; p  kemudian batas itu naik ke puncak gunung yang di seberang lembah Hinom, q  di sebelah barat, di ujung utara lembah orang Refaim. r  15:9 Kemudian batas itu melengkung dari puncak gunung itu ke mata air Me-Neftoah, s  lalu keluar ke kota-kota pegunungan Efron; selanjutnya batas itu melengkung ke Baala, t  itulah Kiryat-Yearim. u  15:10 Kemudian batas itu membelok dari Baala v  ke barat ke pegunungan Seir, w  terus ke utara ke lereng gunung Yearim, itulah Kesalon, turun ke Bet-Semes x  dan terus ke Timna. y  15:11 Kemudian batas itu keluar ke utara ke lereng gunung Ekron; z  kemudian batas itu melengkung ke Sikron, terus ke gunung Baala a  dan keluar dekat Yabneel, b  sehingga batas itu berakhir di laut. 15:12 Batas barat ialah Laut Besar c  dan pantainya. Itulah, ke segala penjuru, batas-batas daerah bani Yehuda menurut kaum-kaum mereka.
Kaleb merebut Hebron
15:13 Tetapi kepada Kaleb d  bin Yefune diberikan Yosua sebagian di tengah-tengah bani Yehuda itu, yakni Kiryat-Arba, e  seperti yang dititahkan TUHAN kepadanya; Arba ialah bapa Enak. f  Itulah Hebron. g  15:14 Dan Kaleb menghalau dari sana ketiga orang Enak, h  yakni Sesai, Ahiman dan Talmai, i  anak-anak Enak. j  15:15 Dari sana ia maju menyerang penduduk Debir. Nama Debir itu dahulu ialah Kiryat-Sefer. 15:16 Lalu berkatalah Kaleb: "Siapa yang menggempur Kiryat-Sefer dan merebutnya, kepadanya akan kuberikan Akhsa, k  anakku, menjadi isterinya." 15:17 Dan Otniel, l  anak Kenas saudara Kaleb, merebut kota itu; lalu Kaleb memberikan kepadanya Akhsa, anaknya, menjadi isterinya. 15:18 Ketika perempuan itu tiba, dibujuknya suaminya untuk meminta ladang kepada ayahnya. Maka turunlah perempuan itu dari keledainya, lalu berkatalah Kaleb kepadanya: "Ada apa?" 15:19 Jawabnya: "Berikanlah kepadaku hadiah; telah kauberikan kepadaku tanah yang gersang, m  berikanlah juga kepadaku mata air n ." Lalu diberikannyalah kepadanya mata air yang di hulu dan mata air yang di hilir.
Kota-kota suku Yehuda
15:20 Inilah milik pusaka suku bani Yehuda menurut kaum-kaum mereka. 15:21 Kota-kota suku bani Yehuda yang paling ujung, dekat batas tanah Edom di Tanah Negeb, o  ialah Kabzeel, p  Eder, q  Yagur, 15:22 Kina, Dimona, Adada, 15:23 Kedesh, r  Hazor, s  Yitnan, 15:24 Zif, t  Telem, Bealot, 15:25 Hazor-Hadata, Keriot-Hezron, itulah Hazor; u  15:26 Amam, Sema, Molada, v  15:27 Hazar-Gada, Hesmon, Bet-Pelet, 15:28 Hazar-Sual, w  Bersyeba x  dan segala anak kotanya, 15:29 Baala, y  Iyim, Ezem, z  15:30 Eltolad, a  Kesil, Horma, b  15:31 Ziklag, c  Madmana, d  Sansana, 15:32 Lebaot, Silhim, Ain e  dan Rimon; f  seluruhnya dua puluh sembilan kota dengan desa-desanya. 15:33 Di Daerah Bukit: Esytaol, g  Zora, h  Asna, i  15:34 Zanoah, j  En-Ganim, k  Tapuah, l  Enam, 15:35 Yarmut, m  Adulam, n  Sokho, o  Azeka, p  15:36 Saaraim, q  Aditaim, Gedera r  dan Gederotaim; empat belas kota dengan desa-desanya. 15:37 Zenan, Hadasa, Migdal-Gad, 15:38 Dilean, Mizpa, s  Yokteel, t  15:39 Lakhis, u  Bozkat, v  Eglon, w  15:40 Kabon, Lahmas, Kitlis, 15:41 Gederot, x  Bet-Dagon, y  Naama dan Makeda; z  enam belas kota dengan desa-desanya. 15:42 Libna, a  Eter, Asan, b  15:43 Yiftah, Asna, c  Nezib, 15:44 Kehila d , Akhzib e  dan Maresa; f  sembilan kota dengan desa-desanya. 15:45 Ekron g  dengan segala anak kota dan desanya. 15:46 Mulai dari Ekron sampai ke laut, segala yang di sisi Asdod h  dan desa-desanya, 15:47 Asdod i  dengan segala anak kota dan desa-desanya, Gaza dengan segala anak kota dan desa-desanya, sampai ke sungai tanah Mesir, j  Laut Besar k  dan pantainya. 15:48 Lagi di Pegunungan: Samir, l  Yatir, m  Sokho, n  15:49 Dana, Kiryat-Sana, itulah Debir; o  15:50 Anab, p  Estemo, q  Anim, 15:51 Gosyen, r  Holon s  dan Gilo; t  sebelas kota dengan desa-desanya; 15:52 Arab, Duma, u  Esan, 15:53 Yanum, Bet-Tapuah, Afeka, 15:54 Humta, Kiryat-Arba, v  itulah Hebron, dan Zior; sembilan kota dengan desa-desanya. 15:55 Maon, w  Karmel, x  Zif, y  Yuta, z  15:56 Yizreel, a  Yokdeam, Zanoah, b  15:57 Kain, Gibea c  dan Timna; d  sepuluh kota dengan desa-desanya. 15:58 Halhul, Bet-Zur, e  Gedor, f  15:59 Maarat, Bet-Anot dan Eltekon; enam kota dengan desa-desanya. 15:60 Kiryat-Baal, g  itulah Kiryat-Yearim, h  dan Raba i ; dua kota dengan desa-desanya. 15:61 Di padang gurun: j  Bet-Araba, k  Midin, Sekhakha, 15:62 Nibsan, Kota Garam dan En-Gedi; l  enam kota dengan desa-desanya. 15:63 Tetapi orang Yebus, m  penduduk kota Yerusalem, n  tidak dapat o  dihalau oleh bani Yehuda p . Jadi orang Yebus itu masih tetap diam bersama-sama dengan bani Yehuda di Yerusalem sampai sekarang.
Milik pusaka Efraim dan Manasye
16:1 Kemudian keluarlah undian bagi bani Yusuf 2 . Batas mereka mulai dari sungai Yordan dekat Yerikho, di sebelah timur mata-mata air Yerikho, melalui padang gurun, q  yang naik dari Yerikho ke pegunungan, ke Betel, r  16:2 keluar dari Betel menuju ke Lus, s  terus ke daerah orang Arki, t  ke Atarot, u  16:3 turun ke barat ke daerah orang Yaflet, sampai daerah Bet-Horon Hilir v  dan selanjutnya sampai Gezer w  dan berakhir di laut. 16:4 Demikianlah bani Yusuf, yakni suku Manasye dan suku Efraim, menerima milik pusaka. x  16:5 Daerah bani Efraim menurut kaum-kaum mereka ialah demikian: batas milik pusaka mereka ke timur ialah Atarot-Adar y  sampai Bet-Horon Hulu. z  16:6 Ke barat batas itu keluar di sebelah utara Mikhmetat; a  kemudian batas itu membelok ke timur ke Taanat-Silo, dan dari sana terus sampai ke sebelah timur Yanoah, b  16:7 turun dari Yanoah c  ke Atarot d  dan Naharat, menyinggung daerah Yerikho dan keluar ke sungai Yordan. 16:8 Dari Tapuah e  batas itu terus ke barat ke sungai Kana f  dan berakhir ke laut. Itulah milik pusaka suku bani Efraim menurut kaum-kaum mereka. 16:9 Selanjutnya bagi bani Efraim ditentukan kota-kota terpisah di tengah-tengah milik pusaka bani Manasye, g  segala kota itu dengan desa-desanya. 16:10 Tetapi orang Kanaan yang diam di Gezer tidaklah dihalau mereka. Jadi orang Kanaan itu masih tetap tinggal di tengah-tengah suku Efraim sampai sekarang, tetapi menjadi budak rodi. h 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[14:14]  1 Full Life : KALEB ... MENGIKUTI TUHAN ... DENGAN SEPENUH HATI.

Nas : Yos 14:14

Kaleb tetap setia kepada Allah dan menerima sepenuhnya milik pusaka yang dijanjikan kepadanya (ayat Yos 14:9-14). Kehidupannya melukiskan kesetiaan orang percaya dan menerima janji Bapa di bawah perjanjian baru -- yaitu, Roh Kudus (Kis 1:4-5). Setelah bertobat dan menerima syarat-syarat perjanjian yang baru, orang percaya harus maju untuk menerima karunia-karunia rohani apa pun yang ingin diberi oleh Allah (bd. Rom 12:6-8; 1Kor 12:4-31), menunjukkan buah Roh (bd. Gal 5:22-25) dan mempertunjukkan hikmat (bd. Kis 6:3; 1Kor 2:6-16; Ef 1:17; Yak 3:13-18). Semua ini merupakan milik pusaka yang layak bagi mereka yang dipenuhi dengan Roh dan kuasa (bd. Kis 1:4-8; 2:4).

[16:1]  2 Full Life : UNDIAN BAGI BANI YUSUF

Nas : Yos 16:1

(versi Inggris NIV -- "Bagian bagi bani Yusuf"). Tidak ada suku yang disebut dengan nama Yusuf, putra Yakub yang ke sebelas, karena bagiannya diberikan kepada dua orang putranya, Efraim dan Manasye (Kej 48:14-22). Akibatnya, Yusuf menerima dua bagian dari negeri itu karena Efraim dan Manasye merupakan dua suku yang terpisah dan lengkap.



TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA