TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 12:6

Konteks
12:6 Berserulah dan bersorak-sorailah, c  hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, d  agung e  di tengah-tengahmu! f "

Yesaya 49:14-26

Konteks
49:14 Sion y  berkata: "TUHAN telah meninggalkan z  aku 1  dan Tuhanku telah melupakan aku." 49:15 Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak a  dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau. b  49:16 Lihat, Aku telah melukiskan c  engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu d  tetap di ruang mata-Ku. 49:17 Orang-orang yang membangun engkau datang bersegera, tetapi orang-orang yang merombak dan merusak e  engkau meninggalkan engkau. 49:18 Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua berhimpun f  datang kepadamu. Demi Aku yang hidup, g  demikianlah firman TUHAN, sungguh, mereka semua akan kaupakai h  sebagai perhiasan, dan mereka akan kaulilitkan, seperti yang dilakukan pengantin perempuan. 49:19 Sebab tempat-tempatmu yang tandus i  dan sunyi sepi j  dan negerimu yang dirombak, sungguh, sekarang terlalu sempit untuk sekian banyak pendudukmu k  dan orang-orang yang mau menelan l  engkau akan menjauh. 49:20 Malahan, anak-anakmu yang kausangka hilang akan berkata kepadamu: "Tempat itu terlalu sempit bagiku, menyisihlah, supaya aku dapat diam di situ! m " 49:21 Maka engkau akan berkata dalam hatimu: "Siapakah yang telah melahirkan sekaliannya n  ini bagiku? Bukankah aku bulus o  dan mandul, diangkut ke dalam pembuangan dan disingkirkan? p  Tetapi anak-anak ini, siapakah yang membesarkan mereka? q  Sesungguhnya, aku tertinggal r  seorang diri, s  tetapi mereka ini, dari manakah datangnya?" 49:22 Beginilah firman Tuhan t  ALLAH: "Lihat, Aku akan mengangkat tangan-Ku sebagai tanda untuk bangsa-bangsa dan memasang panji-panji-Ku u  untuk suku-suku bangsa, maka mereka akan menggendong v  anak-anakmu laki-laki 2  dan anak-anakmu perempuan akan didukung di atas bahunya. w  49:23 Maka raja-raja x  akan menjadi pengasuhmu dan permaisuri-permaisuri mereka menjadi inangmu. y  Mereka akan sujud z  kepadamu dengan mukanya sampai ke tanah dan akan menjilat debu a  kakimu. Maka engkau akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, b  dan bahwa orang-orang yang menanti-nantikan c  Aku tidak akan mendapat malu. d " 49:24 Dapatkah direbut kembali jarahan dari pahlawan e  atau dapatkah lolos tawanan orang gagah? 49:25 Sungguh, beginilah firman TUHAN: "Tawanan f  pahlawanpun g  dapat direbut kembali, dan jarahan orang gagah h  dapat lolos, sebab Aku sendiri akan melawan orang yang melawan engkau i  j  dan Aku sendiri akan menyelamatkan k  anak-anakmu. 49:26 Aku akan memaksa orang-orang yang menindas l  engkau memakan m  dagingnya sendiri, dan mereka akan mabuk minum darahnya n  sendiri, seperti orang mabuk minum anggur baru, supaya seluruh umat manusia mengetahui, o  bahwa Aku, TUHAN, adalah Juruselamatmu p  dan Penebusmu, q  Yang Mahakuat, Allah Yakub. r "

Yesaya 54:2-10

Konteks
54:2 Lapangkanlah tempat kemahmu, f  dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! g  54:3 Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu h  akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, i  dan akan mendiami kota-kota yang sunyi. j  54:4 Janganlah takut 3 , k  sebab engkau tidak akan mendapat malu, l  dan janganlah merasa malu, m  sebab engkau tidak akan tersipu-sipu. Sebab engkau akan melupakan malu keremajaanmu, n  dan tidak akan mengingat lagi aib o  kejandaanmu. p  54:5 Sebab yang menjadi suamimu q  ialah Dia yang menjadikan r  engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu s  ialah Yang Mahakudus, t  Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi. u  54:6 Sebab seperti isteri yang ditinggalkan v  dan yang bersusah hati TUHAN memanggil engkau kembali; w  masakan isteri dari masa muda x  akan tetap ditolak? firman Allahmu. 54:7 Hanya sesaat y  lamanya Aku meninggalkan z  engkau, tetapi karena kasih sayang a  yang besar Aku mengambil engkau kembali. b  54:8 Dalam murka c  yang meluap Aku telah menyembunyikan d  wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia e  abadi Aku telah mengasihani f  engkau, firman TUHAN, Penebusmu. g  54:9 Keadaan ini bagi-Ku seperti pada zaman Nuh: seperti Aku telah bersumpah kepadanya bahwa air bah tidak akan meliputi bumi lagi, h  demikianlah Aku telah bersumpah i  bahwa Aku tidak akan murka j  terhadap engkau 4  dan tidak akan menghardik k  engkau lagi. 54:10 Sebab biarpun gunung-gunung beranjak l  m  dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih n  setia-Ku tidak akan beranjak o  dari padamu dan perjanjian p  damai-Ku q  tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani r  engkau.

Yesaya 59:20-21

Konteks
59:20 Dan Ia akan datang sebagai Penebus c  untuk Sion 5  d  dan untuk orang-orang Yakub yang bertobat dari pemberontakannya, e  demikianlah firman TUHAN. 59:21 Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku f  dengan mereka, firman TUHAN: Roh-Ku g  yang menghinggapi engkau dan firman-Ku 6  yang Kutaruh dalam mulutmu h  tidak akan meninggalkan mulutmu i  dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[49:14]  1 Full Life : TUHAN TELAH MENINGGALKAN AKU.

Nas : Yes 49:14-17

Inilah kata-kata orang Israel yang mengalami kesusahan besar sehingga merasa ditinggalkan dan dilupakan Allah. Tanggapan Allah memberikan kepastian ilahi kepada setiap orang percaya yang sedang mengalami masa-masa sulit.

  1. 1) Kasih-Nya kepada kita lebih besar daripada kasih seorang ibu bagi anaknya; karena itu mustahil Dia melupakan kita, khususnya pada masa keputusasaan dan kesedihan (bd. Yer 31:20).
  2. 2) Belas kasihan-Nya untuk kita tidak akan pernah gagal, bagaimanapun juga situasi hidup ini; Dia mengawasi kita dengan penuh kelembutan dan kasih, dan kita dapat beristirahat di dalam keyakinan bahwa Dia tidak akan pernah meninggalkan kita.
  3. 3) Bukti kasih Allah yang besar ialah bahwa Dia telah melukiskan kita di telapak tangan-Nya, sehingga tidak akan melupakan kita; bekas luka di telapak tangan itu senantiasa di depan mata-Nya sebagai tanda kasih-Nya yang besar yang dicurahkan atas kita dan kerinduan-Nya untuk memperhatikan kita.

[49:22]  2 Full Life : BANGSA-BANGSA ... MENGGENDONG ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI.

Nas : Yes 49:22-26

Ayat-ayat ini menubuatkan saat ketika Israel akan dipulihkan kepada Allah dan bangsa-bangsa lainnya bertobat. Bangsa-bangsa bukan Yahudi ini sesungguhnya akan menuntun suatu angkatan orang Yahudi yang akan datang kembali kepada Tuhan (bd. Yes 14:2; 43:6; 60:9;

lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).

[54:4]  3 Full Life : JANGANLAH TAKUT.

Nas : Yes 54:4-8

Umat Allah dalam pembuangan tidak perlu takut bahwa keadaan mereka yang memalukan itu akan berlanjut selamanya, karena hukuman Allah sebentar lagi akan berubah menjadi keselamatan. Allah akan menaruh belas kasihan kepada umat-Nya yang merana dan memulihkan mereka kepada perkenan-Nya di negeri mereka. "Malu keremajaan" mungkin mengacu kepada masa perbudakan di Mesir: "aib kejandaanmu" secara historis mengacu kepada pembuangan di Babel.

[54:9]  4 Full Life : TIDAK AKAN MURKA TERHADAP ENGKAU.

Nas : Yes 54:9-10

Nubuat ini menunjuk kepada pemerintahan Kristus di bumi dengan umat-Nya di atas semua bangsa (pasal Wahy 20:1-22:21); pada hari yang akan datang itu, Allah tidak akan marah lagi dengan Israel.

[59:20]  5 Full Life : IA AKAN DATANG SEBAGAI PENEBUS UNTUK SION

Nas : Yes 59:20

(versi Inggris NIV -- Penebus akan datang ke Sion). Penebus ini adalah Yesus Kristus (bd. Yes 35:4; 40:9; 52:7); Ia akan datang kepada orang yang sungguh-sungguh berbalik dari dosa mereka dan melayani Tuhan, yaitu kepada Israel sejati.

[59:21]  6 Full Life : ROH-KU ... FIRMAN-KU.

Nas : Yes 59:21

Allah berjanji kepada mereka yang berbalik dari dosa-dosanya dan menerima Mesias bahwa Roh-Nya akan turun ke atas mereka (bd. Yoh 16:13; Kis 2:4) dan firman-Nya tidak akan meninggalkan mulut mereka. Roh dan firman Tuhan akan mengesahkan kesaksian gereja sejati dan keturunannya untuk selama-lamanya. Umat Allah harus memberitakan Injil di dalam kuasa dan kebenaran Roh Kudus

(lihat cat. --> Kis 1:8;

[atau ref. Kis 1:8]

lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).



TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA