Imamat 18:21
Konteks18:21 Janganlah kauserahkan seorang dari anak-anakmu n untuk dipersembahkan kepada Molokh 1 , o supaya jangan engkau melanggar kekudusan nama Allahmu; p Akulah TUHAN. q
Imamat 20:2-5
Konteks20:2 "Engkau harus berkata kepada orang Israel: Setiap orang, baik dari antara orang Israel maupun dari antara orang asing yang tinggal di tengah-tengah orang Israel, yang menyerahkan seorang dari anak-anaknya kepada Molokh, pastilah ia dihukum mati, d yakni rakyat negeri harus melontari dia dengan batu. e 20:3 Aku sendiri akan menentang orang itu dan akan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya, f karena ia menyerahkan seorang dari anak-anaknya kepada Molokh, dengan maksud menajiskan g tempat kudus-Ku h dan melanggar kekudusan nama-Ku i yang kudus. 20:4 Tetapi jikalau rakyat negeri menutup mata terhadap orang itu, ketika ia menyerahkan seorang dari anak-anaknya kepada Molokh, dan tidak menghukum dia mati, j 20:5 maka Aku sendiri akan menentang orang itu serta kaumnya dan akan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya dan semua orang yang turut berzinah mengikuti dia, yakni berzinah dengan menyembah Molokh.
Imamat 20:1
KonteksKudusnya umat TUHAN
20:1 TUHAN berfirman kepada Musa:
Kisah Para Rasul 11:1-2
KonteksPetrus mempertanggungjawabkan baptisan Kornelius di Yerusalem
11:1 Rasul-rasul dan saudara-saudara s di Yudea mendengar, bahwa bangsa-bangsa lain juga menerima firman Allah. t
11:2 Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat u berselisih pendapat dengan dia.
Kisah Para Rasul 23:12-13
KonteksKomplotan orang-orang Yahudi
23:12 Dan setelah hari siang orang-orang Yahudi mengadakan komplotan p dan bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa mereka tidak akan makan atau minum, sebelum mereka membunuh Paulus. q
23:13 Jumlah mereka yang mengadakan komplotan itu lebih dari pada empat puluh orang.
[18:21] 1 Full Life : DIPERSEMBAHKAN KEPADA MOLOKH.
Nas : Im 18:21
Bangsa-bangsa Kanaan mengorbankan bayi kepada dewa-dewa mereka sebagai bagian dari ritual keagamaan mereka. Perbuatan tercela ini dengan tegas dilarang oleh Allah (bd. Im 20:2-5; Yer 32:35). Dewasa ini perbuatan membunuh bayi yang belum lahir demi kemudahan atau sebagai suatu bentuk pembatasan kelahiran menjadi dosa yang sama menjijikan dan suatu kekejian bagi Allah.