Keluaran 2:22
Konteks2:22 Perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, maka Musa menamainya Gersom, c sebab katanya: "Aku telah menjadi seorang pendatang d di negeri asing."
Keluaran 3:5
Konteks3:5 Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: v tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus 1 . w "
Keluaran 7:24
Konteks7:24 Tetapi semua orang Mesir menggali-gali di sekitar sungai Nil mencari air u untuk diminum, sebab mereka tidak dapat meminum air sungai Nil.
Keluaran 8:25
Konteks8:25 Lalu Firaun memanggil y Musa dan Harun serta berkata: "Pergilah, persembahkanlah korban kepada Allahmu di negeri ini."
Keluaran 9:16
Konteks9:16 akan tetapi inilah sebabnya Aku membiarkan engkau hidup, yakni w supaya memperlihatkan kepadamu kekuatan-Ku, x dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi.
Keluaran 11:6
Konteks11:6 Dan seruan l yang hebat akan terjadi di seluruh tanah Mesir, seperti yang belum pernah terjadi dan seperti yang tidak akan ada lagi.
Keluaran 11:9
Konteks11:9 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Firaun tidak akan mendengarkan p kamu, supaya mujizat-mujizat q yang Kubuat bertambah banyak di tanah Mesir."
Keluaran 12:9
Konteks12:9 Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air; hanya dipanggang di api, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya. d
Keluaran 14:7
Konteks14:7 Ia membawa enam ratus kereta t yang terpilih, ya, segala kereta Mesir, masing-masing lengkap dengan perwiranya.
Keluaran 15:8
Konteks15:8 Karena nafas hidung-Mu i segala air naik bertimbun-timbun; j segala aliran berdiri tegak seperti bendungan; k air bah membeku di tengah-tengah laut. l
Keluaran 18:5
Konteks18:5 Ketika Yitro, mertua Musa, beserta anak-anak dan isteri Musa sampai kepadanya di padang gurun, tempat ia berkemah dekat gunung Allah, r
Keluaran 25:34
Konteks25:34 Pada kandil itu sendiri harus ada empat kelopak berupa bunga badam--dengan tombolnya dan kembangnya.
Keluaran 26:28
Konteks26:28 Dan kayu lintang yang di tengah, di tengah-tengah papan-papan itu, haruslah melintang terus dari ujung ke ujung.
Keluaran 29:10
Konteks29:10 Kemudian haruslah kaubawa lembu jantan 2 itu ke depan Kemah Pertemuan, lalu haruslah Harun dan anak-anaknya meletakkan tangannya ke atas kepala j lembu jantan itu.
Keluaran 30:18
Konteks30:18 "Haruslah engkau membuat bejana h dan juga alasnya dari tembaga, untuk pembasuhan, dan kautempatkanlah itu antara Kemah Pertemuan dan mezbah, dan kautaruhlah air ke dalamnya.
Keluaran 30:31
Konteks30:31 Dan kepada orang Israel haruslah kaukatakan demikian: Inilah yang harus menjadi minyak urapan a yang kudus bagi-Ku di antara kamu turun-temurun. b
Keluaran 36:14
Konteks36:14 Dibuatlah tenda-tenda dari bulu kambing menjadi atap kemah yang menudungi Kemah Suci, sebelas tenda dibuat orang.
Keluaran 38:14
Konteks38:14 yakni layar lima belas hasta untuk sisi yang satu di samping pintu gerbang itu, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu;
Keluaran 39:18-19
Konteks39:18 Kedua ujung lain dari kedua untai berjalin itu dipasang merekalah pada kedua ikat emas itu, demikianlah dipasang pada tutup bahu baju efod, di sebelah depannya. 39:19 Dibuat merekalah dua gelang emas dan dibubuh pada kedua ujung tutup dada itu, pada pinggirnya yang sebelah dalam, yang berhadapan dengan baju efod.
Keluaran 40:21
Konteks40:21 Dibawanyalah tabut itu ke dalam Kemah Suci, digantungkannyalah tabir p penudung dan dipasangnya sebagai penudung di depan tabut hukum Allah--seperti yang diperintahkan q TUHAN kepada Musa.
[3:5] 1 Full Life : TANAH YANG KUDUS.
Nas : Kel 3:5
Penyataan awal Allah kepada Musa adalah tentang kekudusan-Nya. Kekudusan artinya pemisahan dari dosa dan kejahatan, serta pengabdian kepada kebenaran. Musa, selaku hamba Allah, harus senantiasa ingat bahwa Allah yang dilayaninya itu kudus -- demikian kudus sehingga manusia akan mati apabila ia memandang-Nya (ayat Kel 3:6; 19:21; Yes 6:1-7; 1Tim 6:16;
lihat art. PENGUDUSAN).
Penyataan awal Allah kepada Abraham adalah tentang kuasa-Nya yang besar; kepada Musa di sini tentang kekudusan-Nya. Hal ini menggambarkan prinsip penyataan bertahap (bd. Kel 6:1-6; Ibr 1:1-2).
[29:10] 2 Full Life : LEMBU JANTAN.
Nas : Kel 29:10
Ketika para imam menumpangkan tangan di atas kepala lembu jantan itu, mereka melambangkan penyatuan dengan binatang itu dan mungkin pengalihan dosa-dosa umat ke binatang itu. Jadi, lembu jantan itu menjadi korban pengganti yang mati karena dosa-dosa umat itu (ayat Kel 29:14). Upacara ini menunjuk kepada korban Kristus sebagai pengganti kita yang menjadi korban penghapus dosa kita (bd. Yes 53:5; Gal 3:13; Ibr 13:11-13).