Ayub 9:3-4
Konteks9:3 Jikalau ia ingin beperkara dengan Allah y satu dari seribu z kali ia tidak dapat membantah-Nya. 9:4 Allah itu bijak a dan kuat, b siapakah dapat berkeras melawan c Dia, dan tetap selamat? d
Ayub 9:32
Konteks9:32 Karena Dia bukan manusia g seperti aku, sehingga aku dapat menjawab-Nya: h Mari bersama-sama menghadap pengadilan. i
Ayub 33:13
Konteks33:13 Mengapa engkau berbantah dengan Dia, q bahwa Dia tidak menjawab segala perkataanmu? r
Ayub 40:2
Konteks40:2 (39-35) "Apakah si pengecam hendak berbantah f dengan Yang Mahakuasa 1 ? g Hendaklah yang mencela Allah menjawab! h "
Yesaya 45:9-10
KonteksTUHAN adalah Pencipta
45:9 Celakalah orang yang berbantah a dengan Pembentuknya; b dia tidak lain dari beling periuk c saja! Adakah tanah liat berkata kepada pembentuknya: d "Apakah yang kaubuat? e " atau yang telah dibuatnya: "Engkau tidak punya tangan! f "
45:10 Celakalah orang yang berkata kepada ayahnya: "Apakah yang kauperanakkan?" dan kepada ibunya: "Apakah yang kaulahirkan?"
Yeremia 49:19
Konteks49:19 Sesungguhnya, seperti singa s yang bangkit keluar dari hutan belukar t sungai Yordan mendatangi padang rumput tempat kawanan domba, demikianlah Aku akan membuat mereka lari dengan tiba-tiba dari negeri itu dan mengangkat di dalamnya dia yang Kupilih. Sebab siapakah yang seperti Aku? u Siapakah yang berani mendakwa Aku? v Siapakah gerangan gembala w yang tahan menghadapi Aku?
Roma 9:19-20
Konteks9:19 Sekarang kamu akan berkata kepadaku: v "Jika demikian, apa lagi yang masih disalahkan-Nya? w Sebab siapa yang menentang kehendak-Nya? x " 9:20 Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? y Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: z "Mengapakah engkau membentuk aku demikian? a "
[40:2] 1 Full Life : APAKAH SI PENGECAM HENDAK BERBANTAH DENGAN YANG MAHAKUASA?
Nas : Ayub 39:35
Sekali lagi Allah menantang Ayub untuk membuktikan anggapannya bahwa cara Allah mengatur dunia ini tidak benar.
- 1) Jikalau Ayub tidak dapat memahami bekerjanya ciptaan Allah atau tidak mengerti mengapa hal-hal terjadi demikian, bagaimana ia dapat mempersoalkan Allah tentang pengaturan hubungan antar manusia, atau bahkan tentang penderitaan yang diizinkan Allah terjadi atasnya?
- 2) Yang ditunjukkan Allah kepada hamba-Nya yang menderita ialah bahwa Dia telah menciptakan dunia dalam hikmat dan Ia memerintahnya dengan hikmat dan keadilan. Musibah yang menimpa Ayub tidak berarti bahwa Allah tidak lagi mengasihi hamba-Nya yang setia itu.
- 3) Penderitaan orang benar tidaklah menyangsikan kebaikan Allah.
Penderitaan mereka terjadi dalam kehendak Allah yang mengizinkan,
diizinkan demi maksud-Nya yang bijaksana, namun sering tidak diketahui
(lihat art. KEHENDAK ALLAH).
Keadaan yang tak menguntungkan seharusnya tidak menghancurkan iman kita pada kasih Allah bagi kita; Ia mengizinkan itu demi kebaikan kita(lihat cat. --> Rom 8:28).
[atau ref. Rom 8:28]