Habakuk 1:16
Konteks1:16 Itulah sebabnya dipersembahkannya korban untuk pukatnya dan dibakarnya korban l untuk payangnya; sebab oleh karena alat-alat itu pendapatannya mewah dan rezekinya berlimpah-limpah.
Habakuk 2:19
Konteks2:19 Celakalah orang yang berkata kepada sepotong kayu: "Terjagalah!" dan kepada sebuah batu bisu: "Bangunlah! g " Masakan dia itu mengajar? Memang ia bersalutkan emas dan perak, h tetapi roh tidak ada sama sekali di dalamnya. i
Habakuk 3:2
Konteks3:2 TUHAN, telah kudengar m kabar tentang Engkau, dan pekerjaan-Mu, ya TUHAN, n kutakuti! o Hidupkanlah p itu dalam lintasan tahun 1 , nyatakanlah itu dalam lintasan tahun; dalam murka ingatlah akan kasih q sayang!
Habakuk 1:11
Konteks1:11 Maka berlarilah mereka, seperti angin w dan bergerak terus; demikianlah mereka bersalah dengan mendewakan x kekuatannya.
Habakuk 1:10
Konteks1:10 Raja-raja dicemoohkannya dan penguasa-penguasa u menjadi tertawaannya. Ditertawakannya tiap tempat berkubu, ditimbunkannya v tanah dan direbutnya tempat itu.
Habakuk 1:4
Konteks1:4 Itulah sebabnya hukum i kehilangan kekuatannya dan tidak pernah muncul keadilan, sebab orang fasik mengepung orang benar; itulah sebabnya keadilan j muncul terbalik. k
Habakuk 1:8
Konteks1:8 Kudanya lebih cepat r dari pada macan tutul, dan lebih ganas dari pada serigala s pada waktu malam; pasukan berkudanya datang menderap, dari jauh mereka datang, terbang seperti rajawali yang menyambar mangsa.
Habakuk 2:3
Konteks2:3 Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya 2 , s tetapi ia bersegera menuju kesudahannya t dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah u itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh. v
Habakuk 2:14
Konteks2:14 Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan r TUHAN, seperti air yang menutupi dasar laut. s
Habakuk 3:19
Konteks3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: e Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. f (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).
Habakuk 2:2
Konteks2:2 Lalu TUHAN menjawab aku, demikian: "Tuliskanlah r penglihatan itu 3 dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya.
Habakuk 2:18
Konteks2:18 Apakah gunanya c patung d pahatan, yang dipahat oleh pembuatnya? Apakah gunanya patung tuangan, e pengajar dusta itu? Karena pembuatnya percaya akan buatannya, padahal berhala-berhala bisu belaka f yang dibuatnya.
Habakuk 2:11
Konteks2:11 Sebab batu n berseru-seru dari tembok, dan balok menjawabnya dari rangka rumah.
Habakuk 1:7
Konteks1:7 Bangsa q itu dahsyat dan menakutkan; keadilannya dan keluhurannya berasal dari padanya sendiri.
Habakuk 2:4
Konteks2:4 Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar w itu akan hidup oleh percayanya 4 . x
Habakuk 3:16
Konteks3:16 Ketika aku mendengarnya, gemetarlah hatiku, mendengar bunyinya, menggigillah bibirku; tulang-tulangku seakan-akan kemasukan sengal, dan aku gemetar y di tempat aku berdiri; namun dengan tenang z akan kunantikan hari kesusahan, yang akan mendatangi bangsa yang bergerombolan menyerang kami.
Habakuk 3:9
Konteks3:9 Busur-Mu telah Kaubuka, telah Kauisi dengan anak panah. i Sela. Engkau membelah bumi menjadi sungai-sungai;
Habakuk 1:2
KonteksHabakuk 2:10
Konteks2:10 Engkau telah merancangkan cela l ke atas rumahmu, ketika engkau bermaksud untuk menghabisi m banyak bangsa; dengan demikian engkau telah berdosa terhadap dirimu sendiri.
Habakuk 2:17
Konteks2:17 Sebab kekerasan z terhadap gunung Libanon akan menutupi engkau dan pemusnahan binatang-binatang akan mengejutkan engkau, a karena darah manusia b yang tertumpah itu dan karena kekerasan terhadap negeri, kota dan seluruh penduduknya itu.
Habakuk 1:13-14
Konteks1:13 Mata-Mu terlalu suci 6 d untuk melihat kejahatan dan Engkau tidak dapat memandang kelaliman. e Mengapa Engkau memandangi f orang-orang yang berbuat khianat g itu dan Engkau berdiam diri, apabila orang fasik menelan orang yang lebih benar dari dia? h 1:14 Engkau menjadikan manusia itu seperti ikan di laut, seperti binatang-binatang melata yang tidak ada pemerintahnya?
Habakuk 2:5
Konteks2:5 Orang sombong y dan khianat dia yang melagak, z tetapi ia tidak akan tetap ada; ia mengangakan mulutnya seperti dunia orang mati dan tidak kenyang-kenyang a seperti maut, sehingga segala suku bangsa dikumpulkannya dan segala bangsa dihimpunkannya. b "
Habakuk 3:4
Konteks3:4 Ada kilauan seperti cahaya, w sinar cahaya dari sisi-Nya dan di situlah terselubung kekuatan-Nya. x
Habakuk 2:13
Konteks2:13 Sesungguhnya, bukankah dari TUHAN semesta alam asalnya, bahwa bangsa-bangsa bersusah-susah untuk api p dan suku-suku bangsa berlelah untuk yang sia-sia? q
Habakuk 3:6
Konteks3:6 Ia berdiri, maka bumi dibuat-Nya bergoyang; Ia melihat berkeliling, maka bangsa-bangsa dibuat-Nya melompat terkejut, hancur z gunung-gunung yang ada sejak purba, merendah a bukit-bukit b yang berabad-abad; itulah perjalanan-Nya berabad-abad. c
Habakuk 3:10
Konteks3:10 melihat Engkau, gunung-gunung gemetar, j air bah menderu lalu, samudera raya memperdengarkan suaranya k dan mengangkat tangannya. l
Habakuk 1:12
KonteksHabakuk 2:6
KonteksHabakuk 3:3
Konteks3:3 Allah datang 9 dari negeri Teman r dan Yang Mahakudus s dari pegunungan Paran. t Sela. Keagungan-Nya menutupi segenap langit, u dan bumipun v penuh dengan pujian kepada-Nya.
Habakuk 1:5
KonteksHabakuk 1:15
Konteks1:15 Semuanya mereka ditariknya i ke atas dengan kail, j ditangkap dengan pukatnya k dan dikumpulkan dengan payangnya; itulah sebabnya ia bersukaria dan bersorak-sorai.
Habakuk 2:8
Konteks2:8 Karena engkau telah menjarah banyak suku bangsa, maka bangsa-bangsa yang tertinggal akan menjarah engkau, f karena darah manusia g yang tertumpah itu dan karena kekerasan terhadap negeri, kota dan seluruh penduduknya h itu.
Habakuk 1:17
Konteks1:17 Sebab itukah ia selalu menghunus pedangnya dan membunuh bangsa-bangsa dengan tidak kenal belas kasihan? m
Habakuk 3:7
Konteks3:7 Aku melihat kemah-kemah orang Kusyan tertekan, kain-kain tenda tanah Midian d menggetar. e
Habakuk 3:12
Konteks3:12 Dalam kegeraman Engkau melangkah melintasi bumi, dalam murka Engkau menggasak p bangsa-bangsa.
Habakuk 1:9
Konteks1:9 Seluruh bangsa itu datang untuk melakukan kekerasan, serbuan pasukan depannya seperti angin timur, dan mereka mengumpulkan tawanan t seperti banyaknya pasir.
Habakuk 1:6
Konteks1:6 Sebab, sesungguhnya, Akulah yang membangkitkan orang Kasdim, n bangsa yang garang dan tangkas itu, yang melintasi lintang bujur bumi o untuk menduduki tempat kediaman, yang bukan kepunyaan p mereka.
[3:2] 1 Full Life : HIDUPKANLAH ITU DALAM LINTASAN TAHUN.
Nas : Hab 3:2
Habakuk tahu bahwa umat Allah telah berdosa dan akan mengalami hukuman-Nya. Di dalam situasi ini ia memanjatkan dua permohonan.
- 1) Ia berdoa agar Allah datang di antara umat-Nya dengan manifestasi baru akan kuasa-Nya. Habakuk tahu bahwa umat Allah tidak akan selamat jikalau Tuhan tidak campur tangan dalam hidup mereka dengan mencurahkan kasih karunia dan Roh-Nya; hanya dengan demikian akan ada kehidupan rohani sejati di antara mereka.
- 2) Habakuk berdoa agar pada masa kesesakan bagi umat Tuhan, Allah berkenan untuk tetap menunjukkan kasih sayang-Nya; tanpa kasih sayang itu umat tersebut tidak akan dapat bertahan. Sewaktu landasan gereja masa kini digoncangkan dan kesulitan ada pada setiap pihak, kita juga perlu memohon agar Tuhan menyatakan diri, kasih sayang dan kuasa-Nya kembali, supaya hidup dan pembaharuan dapat dialami oleh umat-Nya.
[2:3] 2 Full Life : MASIH MENANTI SAATNYA.
Nas : Hab 2:3
Penyelesaian terakhir untuk masalah Habakuk akan datang di masa depan, pada saat yang ditetapkan Allah.
- 1) Kejahatan di dunia akan sampai pada titik akhir. Umat Allah yang setia harus "menanti saatnya" sekalipun tampaknya begitu lama.
- 2) Seperti Habakuk, kita harus menantikan campur tangan yang benar dari
Tuhan pada akhir zaman ini. Pada akhirnya, Kristus akan mengangkat orang
benar dari bumi dan membinasakan segala kejahatan (lih.
1Tes 4:16-17;
lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
[2:2] 3 Full Life : TULISKANLAH PENGLIHATAN ITU.
Nas : Hab 2:2-20
Dalam pasal Hab 2:1-20 Allah menjawab pertanyaan Habakuk mengenai kekuasaan jahat di dunia dan kemungkinan kemusnahan orang benar. Tuhan menyatakan bahwa akan tiba saatnya semua orang jahat akan dibinasakan dan orang yang tidak ikut digoncang hanyalah orang yang benar, mereka yang berhubungan dengan Allah oleh iman mereka
(lihat cat. --> Hab 2:4).
[atau ref. Hab 2:4]
[2:4] 4 Full Life : ORANG YANG BENAR ITU AKAN HIDUP OLEH PERCAYANYA
Nas : Hab 2:4
(versi Inggris NIV -- hidup oleh imannya). "Orang benar"lah yang akhirnya akan muncul sebagai pemenang.
- 1) Orang benar dibandingkan dengan orang angkuh dan fasik, yang hidupnya tidak benar. Hati orang benar terarah kepada Allah, dan mereka ingin menjadi anak-anak-Nya, bersekutu secara erat dengan Dia dan menaati kehendak-Nya.
- 2) Orang benar harus hidup di dunia ini dengan iman kepada Allah. Di
sini "iman" berarti kepercayaan yang kokoh dalam Allah bahwa
cara-cara-Nya senantiasa benar, kesetiaan pribadi kepada Dia sebagai
Tuhan dan Juruselamat, dan keteguhan moral untuk mengikuti
jalan-jalan-Nya. Paulus mengembangkan tema-tema ini dalam Rom 1:17
dan Gal 3:11 (bd. Ibr 10:38;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
[1:2] 5 Full Life : BERAPA LAMA LAGI TUHAN, AKU BERTERIAK
Nas : Hab 1:2-4
(versi Inggris NIV -- aku minta tolong). Habakuk sedang berdoa kepada Allah untuk menghentikan kesalahan yang dilihatnya antara umat perjanjian; namun Allah tampaknya tidak melakukan apa-apa selain membiarkan saja kekerasan, ketidakadilan, dan penghancuran orang benar. Pertanyaan-pertanyaannya membahas tema dari dahulu kala, "Mengapa Allah menunggu demikian lama untuk menghukum kejahatan?" dan "Mengapa doa-doa kita pada umumnya tidak dijawab dengan cepat?" Tetapi, perhatikan, bahwa keluhan-keluhan ini muncul dari hati yang beriman kepada Allah yang benar.
[1:13] 6 Full Life : MATA-MU TERLALU SUCI.
Nas : Hab 1:13
Ayat ini tidak berarti bahwa Allah tidak melihat kejahatan, karena Ia melihat segala sesuatu; Ia Mahatahu
(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).
Akan tetapi, Allah tidak memandang kejahatan untuk memaafkan atau membiarkannya. Yang membingungkan Habakuk ialah: halnya Allah memakai orang Babel yang jahat memberi kesan bahwa Allah membiarkan dosa mereka sedangkan menghukum Yehuda, yang, kendatipun semua kejahatan mereka, masih merupakan bangsa yang lebih benar daripada orang Babel.
[1:12] 7 Full Life : BUKANKAH ENGKAU ... DARI DAHULU?
Nas : Hab 1:12
Habakuk terkejut sekali bahwa Allah akan memakai bangsa yang demikian jahat untuk menyerbu Yehuda, namun dia yakin bahwa Allah tidak akan membiarkan mereka memusnahkan umat-Nya sendiri dan melalui kebinasaan itu membatalkan rencana penebusan-Nya bagi umat manusia.
[2:6] 8 Full Life : CELAKALAH ORANG.
Nas : Hab 2:6-20
Ayat-ayat ini mengucapkan kutukan-kutukan hukuman atas mereka yang "tidak lurus hatinya" (ayat Hab 2:4). Orang semacam ini akan dihukum karena merampas milik orang (ayat Hab 2:6-8), ketidakadilan (ayat Hab 2:9-11), kekerasan dan tindak pidana (ayat Hab 2:12-14), kebejatan (ayat Hab 2:15-17), dan penyembahan berhala (ayat Hab 2:18-20).
[3:3] 9 Full Life : ALLAH DATANG.
Nas : Hab 3:3-16
Di dalam ayat-ayat ini Habakuk mengacu kepada waktu Allah membebaskan umat-Nya dari Mesir (lih. pasal Kel 14:1-28). Allah yang sama yang datang dengan keselamatan di masa lampau akan datang kembali dalam seluruh kemuliaan-Nya. Semua yang menantikan kedatangan itu akan hidup dan menyaksikan kemenangannya atas semua kerajaan dan bangsa.
[1:5] 10 Full Life : AKU MELAKUKAN SUATU PEKERJAAN.
Nas : Hab 1:5-11
Allah menjawab Habakuk dengan mengatakan kepadanya bahwa Ia sudah mempunyai rencana untuk menghajar Yehuda karena dosa-dosanya. Ia akan memakai bangsa Babel yang bengis dan kafir untuk menghukum Yehuda. Bahwa Allah akan memakai umat yang demikian jahat dan kafir untuk menghukum Yehuda sangat mengejutkan sang nabi dan sulit diterima umat Allah
(lihat cat. --> Hab 1:12 berikut).
[atau ref. Hab 1:12]