Ulangan 32:35
Konteks32:35 Hak-Kulah dendam o dan pembalasan, p pada waktu kaki mereka goyang, q sebab hari bencana bagi mereka telah dekat, akan segera datang apa yang telah disediakan bagi mereka. r
Mazmur 94:1
KonteksYesaya 59:17
Konteks59:17 Ia mengenakan keadilan sebagai baju zirah 2 r dan ketopong s keselamatan ada di kepala-Nya; Ia mengenakan pakaian t pembalasan u dan menyelubungkan kecemburuan v sebagai jubah.
Yesaya 61:2
Konteks61:2 untuk memberitakan tahun rahmat s TUHAN dan hari pembalasan 3 t Allah kita, untuk menghibur u semua orang berkabung, v
Yesaya 63:4
Konteks63:4 Sebab hari pembalasan n telah Kurencanakan dan tahun penuntutan bela telah datang.
Nahum 1:2
KonteksRoma 12:19
Konteks12:19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, m tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, n firman Tuhan.
Roma 13:4
Konteks13:4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang 5 . Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat. t
[94:1] 1 Full Life : YA ALLAH PEMBALAS.
Nas : Mazm 94:1-23
Orang percaya seharusnya sangat berduka melihat segala ketidakadilan, kekejaman, dan kejahatan di dunia sehingga mereka senantiasa berdoa kepada Allah untuk menghentikan kemenangan kejahatan dan membalas kesalahan. Yesus menyatakan bahwa umat pilihan-Nya seharusnya berseru siang dan malam kepada Allah agar "Ia akan segera membenarkan mereka" (Luk 18:7-8; juga lih. Wahy 6:10-11). Komitmen kepada keadilan dan simpati bagi mereka yang diperlakukan dengan tidak adil harus membuat kita berdoa memohon Kristus datang kembali untuk memerintah bumi dengan adil (Mat 6:10).
[59:17] 2 Full Life : KEADILAN SEBAGAI BAJU ZIRAH.
Nas : Yes 59:17-18
Paulus mengutip dua frasa dari ayat ini ketika menggambarkan perlengkapan senjata orang percaya: "baju zirah keadilan" dan "ketopong keselamatan" (Ef 6:14-17). Ketika menyebut "pakaian pembalasan" dan "murka kepada lawan-lawan" (ayat Yes 59:17-18) Yesaya membayangkan hari besar murka Allah pada akhir zaman
(lihat cat. --> Wahy 19:1 dst. catatan-catatan s/d 19:21
lihat cat. --> Wahy 19:21).
[atau ref. Wahy 19:1-21]
[61:2] 3 Full Life : HARI PEMBALASAN.
Nas : Yes 61:2
Yesus tidak menyebutkan frasa ini ketika mengutip nubuat ini (Luk 4:18-19) karena "hari pembalasan" baru akan terjadi ketika Ia datang kembali. Hukuman terakhir atas orang fasik akan terjadi pada masa kesengsaraan besar dan ketika Kristus kembali ke bumi (pasal Wahy 5:1-19:21; bd. Yes 34:8; Mat 24:30).
[1:2] 4 Full Life : ALLAH YANG CEMBURU DAN PEMBALAS.
Nas : Nah 1:2
"Cemburu" di sini dipakai dalam arti semangat Tuhan untuk melindungi umat-Nya (bd. Ul 4:24; 5:9). Dia akan membalas mereka yang menentang firman dan kerajaan-Nya dengan mengganjar mereka secara adil karena permusuhan dan dosa-dosa mereka (lih. Ul 32:35,41).
Nas : Rom 13:4
Pedang sering kali dikaitkan dengan kematian sebagai sarana hukuman (Mat 26:52; Luk 21:24; Kis 12:2; 16:27; Ibr 11:34; Wahy 13:10). Allah dengan jelas telah memerintahkan agar para penjahat yang berbahaya dihukum mati (Kej 9:6; Bil 35:31,33).