TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ayub 4:1

Konteks
Elifas menegur Ayub
4:1 Maka berbicaralah Elifas, orang Teman 1 : o 

Ayub 4:11

Konteks
4:11 Singa binasa karena kekurangan mangsa, j  dan anak-anak singa betina bercerai-berai. k 

Ayub 6:13

Konteks
6:13 Bukankah tidak ada lagi pertolongan bagiku, n  dan keselamatan jauh dari padaku?

Ayub 6:30

Konteks
6:30 Apakah ada kecurangan pada lidahku? m  Apakah langit-langitku tidak dapat membeda-bedakan n  bencana?"

Ayub 8:17

Konteks
8:17 Akar-akarnya membelit timbunan batu, menyusup ke dalam sela-sela batu itu.

Ayub 9:18

Konteks
9:18 yang tidak membiarkan aku bernafas, tetapi mengenyangkan aku dengan kepahitan. f 

Ayub 9:29

Konteks
9:29 Aku dinyatakan bersalah, apa gunanya aku menyusahkan diri dengan sia-sia? a 

Ayub 10:4

Konteks
10:4 Apakah Engkau mempunyai mata badani? Samakah penglihatan-Mu dengan penglihatan x  manusia?

Ayub 11:4

Konteks
11:4 Katamu: Pengajaranku murni, n  dan aku bersih o  di mata-Mu.

Ayub 13:4

Konteks
13:4 Sebaliknya kamulah orang yang menutupi dusta, z  tabib a  palsulah kamu b  sekalian.

Ayub 13:13

Konteks
13:13 Diam! n  Aku hendak bicara, o  apapun yang akan terjadi atas diriku! p 

Ayub 13:18

Konteks
13:18 Ketahuilah, aku menyiapkan perkaraku, y  aku yakin, bahwa aku benar. z 

Ayub 15:4

Konteks
15:4 Lagipula engkau melenyapkan rasa takut dan mengurangi rasa hormat kepada Allah. x 

Ayub 16:7

Konteks
16:7 Tetapi sekarang, Ia telah membuat aku lelah v  dan mencerai-beraikan segenap rumah tanggaku, w 

Ayub 17:4-5

Konteks
17:4 Karena hati mereka telah Kaukatupkan bagi pengertian; o  itulah sebabnya Engkau mencegah mereka untuk menang. 17:5 Barangsiapa mengadukan sahabatnya untuk mencari keuntungan, p  mata anak-anaknya akan menjadi rabun. q 

Ayub 19:14

Konteks
19:14 Kaum kerabatku menghindar, dan kawan-kawanku r  melupakan aku.

Ayub 21:9

Konteks
21:9 Rumah-rumah mereka aman, tak ada ketakutan, i  pentung Allah tidak menimpa mereka. j 

Ayub 22:11

Konteks
22:11 Terangmu menjadi gelap, c  sehingga engkau tidak dapat melihat dan banjir meliputi engkau. d 

Ayub 24:23

Konteks
24:23 Allah memberinya keamanan e  yang menjadi sandarannya, dan mengawasi f  jalan-jalannya. g 

Ayub 25:6

Konteks
25:6 Lebih-lebih lagi manusia, yang adalah berenga, anak manusia, s  yang adalah ulat! t "

Ayub 29:20

Konteks
29:20 Kemuliaanku selalu baru q  padaku, dan busurku r  kuat kembali di tanganku. s 

Ayub 29:22

Konteks
29:22 Sehabis bicaraku tiada seorangpun angkat bicara lagi, u  dan perkataanku menetes ke atas mereka. v 

Ayub 30:13

Konteks
30:13 mereka membongkar jalanku a  dan mengusahakan kejatuhanku; b  tidak ada yang menghalang-halangi mereka.

Ayub 30:16

Konteks
30:16 Oleh sebab itu jiwaku hancur g  dalam diriku; hari-hari kesengsaraan mencekam aku. h 

Ayub 30:18

Konteks
30:18 Oleh kekerasan j  yang tak terlawan koyaklah pakaianku dan menggelambir sekelilingku seperti kemeja.

Ayub 30:27

Konteks
30:27 Batinku bergelora dan tak kunjung diam, a  hari-hari kesengsaraan telah melanda diriku. b 

Ayub 31:1

Konteks
Sekali lagi Ayub mengaku tidak bersalah
31:1 "Aku telah menetapkan syarat bagi mataku 2 , l  masakan aku memperhatikan anak dara 3 ? m 

Ayub 31:27

Konteks
31:27 sehingga diam-diam hatiku terpikat, n  dan menyampaikan kecupan tangan o  kepadanya,

Ayub 31:33

Konteks
31:33 Jikalau aku menutupi w  pelanggaranku seperti manusia dengan menyembunyikan x  kesalahanku dalam hatiku,

Ayub 33:14

Konteks
33:14 Karena Allah berfirman s  dengan satu dua cara, t  tetapi orang tidak memperhatikannya. u 

Ayub 34:23

Konteks
34:23 Karena bagi manusia Ia tidak menentukan waktu h  untuk datang menghadap Allah supaya diadili, i 

Ayub 35:16

Konteks
35:16 maka Ayub berbesar mulut dengan sia-sia, m  banyak bicara n  tanpa pengertian."

Ayub 36:25

Konteks
36:25 Semua orang melihatnya, p  manusia memandangnya dari jauh.

Ayub 36:29

Konteks
36:29 Siapa mengerti berkembangnya awan, dan bunyi gemuruh w  di tempat kediaman-Nya? x 

Ayub 38:26

Konteks
38:26 untuk memberi hujan u  ke atas tanah di mana tidak ada orang, ke atas padang tandus yang tidak didiami v  manusia;

Ayub 40:3

Konteks
40:3 (39-36) Maka jawab Ayub 4  kepada TUHAN:

Ayub 41:24

Konteks
41:24 (41-15) Hatinya keras seperti batu, keras seperti batu kilangan t  bawah.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[4:1]  1 Full Life : BERBICARALAH ELIFAS, ORANG TEMAN.

Nas : Ayub 4:1

Pasal Ayub 4:1-21 mengawali yang pertama dari tiga rangkaian utama dialog Elifas, Bildad, dan Zofar dengan Ayub. Ketika membaca dialog ini, perhatikan yang berikut:

  1. 1) Sekalipun perkataan ketiga teman Ayub tercatat dalam Alkitab, belum tentu semua yang mereka katakan itu benar. Roh Kudus mencatat kata-kata mereka, tetapi tidak mengilhaminya. Pada akhir kitab ini, Allah sendiri menyatakan bahwa sebagian besar dari apa yang mereka katakan itu tidak benar (Ayub 42:7-8).
  2. 2) Beberapa pernyataan mereka memang benar dan dinyatakan kembali di dalam PB (mis. sebagian ucapan Elifas dalam Ayub 5:13 terdapat dalam 1Kor 3:19).
  3. 3) Teologi dan pandangan mendasar para penasihat ini salah. Mereka percaya
    1. (a) bahwa orang yang sungguh benar akan senantiasa makmur sedangkan orang berdosa selalu menderita, dan
    2. (b) sebaliknya, kemiskinan dan penderitaan senantiasa menunjukkan keadaan berdosa, sedangkan kemakmuran dan keberhasilan menunjukkan kebenaran. Allah kemudian menyatakan bahwa sikap ini salah dan pandangan yang mereka kemukakan ini "tidak benar tentang Aku" (Ayub 42:7-9).

[31:1]  2 Full Life : AKU TELAH MENETAPKAN SYARAT BAGI MATAKU.

Nas : Ayub 31:1-34

Di bagian ini Ayub meninjau integritas rohaninya yang teguh, kesetiaannya pada Allah dan jalan-jalan-Nya, serta kebaikannya kepada orang lain.

  1. 1) Pernyataan Ayub mengenai karya penebusan Allah di dalam dirinya mencakup semua aspek kehidupan. Ayub berbicara tentang ketidaksalahannya dalam hal dosa yang dilakukan di dalam hati, termasuk nafsu seksual dan pikiran kotor (ayat Ayub 31:1-4), berdusta dan berbohong untuk memperoleh untung (ayat Ayub 31:5-8), dan ketidaksetiaan dalam perkawinan (ayat Ayub 31:9-12). Dia menyatakan perlakuannya yang adil terhadap anak buahnya (ayat Ayub 31:13-15) dan perhatiannya terhadap yang miskin dan melarat (ayat Ayub 31:16-23). Ia bersikeras bahwa dirinya bebas dari keserakahan (ayat Ayub 31:24-25), penyembahan berhala (ayat Ayub 31:26-28), balas dendam (ayat Ayub 31:29-32), dan kemunafikan (ayat Ayub 31:33-34).
  2. 2) Tabiat moral dan kemurnian hati dan hidup yang diuraikan di sini merupakan contoh yang baik bagi setiap orang percaya. Hidup saleh yang dijalankan Ayub pada zaman pra-perjanjian baru dapat dialami dengan berkelimpahan oleh semua orang percaya di dalam Kristus, melalui kuasa penyelamatan dari kematian dan kebangkitan-Nya (Rom 8:1-17; Gal 2:20).

[31:1]  3 Full Life : MASAKAN AKU MEMPERHATIKAN ANAK DARA?

Nas : Ayub 31:1

(versi Inggris NIV -- memandang anak dara dengan bernafsu) Ayub menganut standar kekudusan batiniah yang kemudian dirumuskan oleh Kristus dalam Khotbah di Bukit (Mat 5:28). Ayub mengikat perjanjian dengan matanya untuk mengelakkan keinginan penuh gairah yang datang dari memandang seorang gadis cantik (bd. Kej 3:6; Bil 15:39). Ayub sadar bahwa cara hidup sensual tidak berkenan kepada Tuhannya dan akan merisaukan hidup Allah di dalam jiwanya (ayat Ayub 31:2-4).

[40:3]  4 Full Life : MAKA JAWAB AYUB.

Nas : Ayub 39:36

Ayub kini dihadapkan dengan keputusan untuk tetap mempertahankan kepercayaannya bahwa Allah telah bertindak kurang adil kepadanya karena mengingat tahun-tahun penyembahan dan ketaatan yang setia kepada firman-Nya. Apakah Ayub tetap mempertahankan kepercayaannya kepada Allah kendatipun situasi yang memberikan kesan Allah tidak adil dan mudah berubah, ataukah dia akan mempertahankan perasaannya bahwa Allah agaknya telah menjadi musuhnya?



TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA