: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
13 Oktober 2002

Menjadi Orangtua

Topik : -

Nats : Jawab Malaikat TUHAN itu kepada Manoah: "Perempuan itu harus memelihara diri terhadap semua yang Kuperintahkan kepadanya" (Hakim-hakim 13:13,14)
Bacaan : Hakim-hakim 13:1-14

Sungguh merupakan hari yang luar biasa saat sepasang suami-istri mendapati diri mereka akan segera menjadi orangtua! Lebih membahagiakan lagi jika hal itu dialami oleh pasangan yang lama belum dikaruniai anak. Hal yang sama juga dialami oleh Manoah dan istrinya, calon orangtua Simson.

"Malaikat Tuhan" menampakkan diri kepada istri Manoah dan mengatakan bahwa ia akan segera melahirkan seorang anak laki-laki, yang akan memulai "penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin" (Hakim-hakim 13:5). Malaikat itu juga memberitahukan kepadanya cara memelihara diri yang baik karena anaknya akan menjadi seorang "nazir Allah" (ayat 4,5).

Ketika ia menyampaikan berita itu kepada suaminya, sang suami memohon kepada Tuhan supaya mengirimkan kembali Malaikat-Nya untuk memberi petunjuk lebih lanjut. Manoah bertanya: "Bagaimanakah nanti hidup anak itu dan tingkah lakunya?" (ayat 12). Namun jawaban Malaikat lebih mengacu pada ketaatan sang ibu (ayat 13,14).

Sebagai orangtua, pertanyaan yang semestinya kita ajukan bukanlah "Bagaimana kami dapat mendidik seorang anak agar menjadi saleh dan sukses?" tetapi "Bagaimana kami dapat menjadi orangtua yang lebih saleh?" Pertanyaan pertama lebih mengacu pada hasil akhir dari sesuatu yang tidak dapat kita kontrol; sedangkan pertanyaan kedua berhubungan dengan proses yang memang dapat kita kontrol. Seharusnya kita berdoa demikian: "Ya Tuhan, jadikanlah kami orangtua yang sesuai dengan kehendak-Mu" –David Roper



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA