: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
21 November 1999

Apakah Motif Anda?

Topik : -

Nats : Janganlah...seperti orang munafik. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya (Matius 6:16)
Bacaan : Matius 6:1-16

Saya mempunyai seorang teman yang selalu membawa Alkitabnya ke mana saja. Sebagian orang merasa heran dan mengira ia ingin dipandang sangat rohani. Namun ternyata ia melakukan itu bukan karena ia kuat secara rohani tetapi justru karena ia tahu betapa lemah dirinya. Berulangkali ia jatuh dalam dosa, namun kini ia dikuatkan oleh anugerah Allah untuk hidup dalam kebenaran Tuhan. Menurutnya, dengan membawa Alkitab itu ia selalu diingatkan pada peringatan-peringatan di dalamnya dan dapat berpikir ulang sebelum jatuh lagi ke jalan yang lama.

Bagaimana Firman Allah dalam Matius 6:1-4 dapat diterapkan dalam situasi seperti ini? Ketika berbicara tentang hal memberi sedekah, Yesus mengajar bahwa memamerkan iman di depan orang banyak adalah hal yang salah (ayat 2). Namun, Dia berfirman dalam Matius 5:14-16 bahwa kita harus menunjukkan bukti iman kita kepada orang lain.

Kunci untuk memahami kedua hal yang tampaknya bertentangan ini adalah motif kita. Jika kerinduan kita adalah untuk melakukan yang benar -- menjadi terang bagi sesama--berarti kita akan selalu bertindak dalam Roh Kristus. Namun jika kita hanya ingin tampak benar -- menjadi pusat perhatian--maka motif kita salah.

Dengan membawa Alkitabnya, teman saya mungkin disalah mengerti, tetapi saya tahu motifnya adalah untuk melakukan yang benar. Ia mengingatkan saya akan kelemahan saya sendiri dan kebutuhan saya akan Firman Allah (Matius 6:13).

Kiranya perbuatan kita hari ini mencerminkan kerinduan kita untuk menyenangkan Allah, bukan untuk menarik perhatian orang --MRDII


Although we live before a world
That sees the things we do,
It's more important that we know
God sees our motives too. --DJD



TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA