: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
16 Oktober 1998

Bekerja dan Menikmatinya

Topik : -

Nats : Lihatlah, yang kuanggap baik dan tepat ialah, kalau orang...bersenang-senang dalam segala usaha yang dilakukan dengan jerih payah (Pengkhotbah 5:17)
Bacaan : Pengkhotbah 5:8-19

Dalam sebuah konferensi yang diadakan bagi orang Kristen yang telah berusia 50 tahun atau lebih, kami mengadakan diskusi tentang pekerjaan. Setelah mempelajari beberapa ayat terakhir dari Pengkhotbah 5, seseorang berkata, "Seandainya saja ada orang yang pernah menerangkan ayat-ayat ini ketika saya masih muda. Mungkin saya tidak akan begitu ngotot bekerja. Mungkin saya akan lebih santai dan membiarkan diri saya menikmati hidup."

Memang bekerja keras dan bersikap jujur itu sangat baik--tak seorang pun akan mendebat hal itu. Namun, sebagian orang Kristen berpikir bahwa hidup harus diisi semata-mata dengan bekerja. Bersantai, menikmati hidup, membelanjakan sebagian uang hasil kerja keras sepertinya membuat mereka merasa bersalah dan malas. Oleh karena itu, mereka terus memacu diri hingga suatu saat mereka terpaksa berhenti--seringkali karena alasan kesehatan.

Penulis kitab Pengkhotbah belajar bahwa adalah "baik dan tepat" bila kita menikmati hasil kerja kita (5:17). Ketika ia berbicara tentang makan dan minum, ia berbicara tentang perjamuan yang penuh sukacita--menyajikan banyak makanan, dan seluruh keluarga berkumpul untuk menikmati kegembiraan itu.

Alkitab mengajarkan dengan jelas bahwa Allah mengharapkan kita bekerja (2Tesalonika 3:10). Dia juga ingin kita menikmati sebagian hasil yang kita peroleh. Terlepas dari apakah Allah memberkati Anda dengan berlimpah atau dalam jumlah yang pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan, ambillah waktu untuk menikmati hasil pekerjaan Anda DCE


If you're working hard to make a living,
Never taking time to smell the roses,
Now's the time to heed the Bible's wisdom:
Find some joy before your life's day closes. --Hess



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA