: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
3 September 1998

Penangkal Pesimisme

Topik : -

Nats : TUHAN akan memberikan kebaikan (Mazmur 85:13)
Bacaan : Mazmur 85

Seperti gerhana mampu menutupi matahari, demikian pula pesimisme dan keraguan dapat membawa kita pada kegelapan rohani. Seringkali kita menghadapi situasi yang begitu mengecewakan sehingga kita berpikir bahwa Allah Yang Mahakuasa sekalipun tak dapat menolong kita untuk mengatasinya.

Ketika Robert Cushman menulis tentang keputusasaannya saat berada di Mayflower pada tahun 1620, ia menampakkan sikap pesimis. Ia menulis, "Jika kita ingin membuat sebuah perkebunan di New England, berarti Allah harus membuat sebuah mukjizat! Apalagi dengan mempertimbangkan betapa sedikitnya bahan makanan yang kita miliki dan (yang paling gawat) tidak adanya kesatuan di antara kita. Jika harus meramalkan kehancuran kita, rasanya kepala saya hampir pecah dan saya tahu hal itu akan menyakitkan hati kalian. Karena itu saya hanya minta satu hal. Bersiaplah mendengar kabar buruk tentang kita. Saya tak melihat satu pun jalan keluar. Tetaplah berdoa." Dan, melampaui ketakutan Cushman, Allah mengirim para musafir yang kemudian menetap di daerah liar tersebut dan membuat wilayah itu menjadi subur.

Penulis Mazmur 85 menaikkan pujian atas pemeliharaan Allah. Ia tahu bagaimana Allah memelihara bangsa Israel di masa lampau (ayat 1-4). Karena itu kini ia meminta agar Allah menyelamatkan umat-Nya yang bertobat dari kejahatannya (ayat 5-8) dan dengan yakin ia menantikan jawaban atas doa tersebut (ayat 9-14).

Jangan ragukan kemampuan Allah untuk mencukupkan segala sesuatu. Dia akan membimbing kita melewati saat-saat paling gelap dalam kehidupan [VCG]


Pray when the storm-clouds gather o'erhead,
Hiding the light from you,
Filling your soul with darkness and dread;
Pray till the light breaks through. --Gabriel



TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA