: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
27 September 2003

Selamat Tahun Baru!

Topik : -

Nats : Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada Tuhan, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang (Yoel 2:13)
Bacaan : Yoel 2:12-17

Rosh Hashanah adalah Tahun Baru Yahudi yang dipahami sebagai peringatan akan hari penciptaan dunia oleh Allah. Perayaan tersebut diawali dengan peniupan serunai (yang terbuat dari tanduk domba jantan) untuk mengumumkan bahwa Allah pencipta dunia ini masih merupakan Pribadi yang memerintah hingga saat ini. Peniupan serunai ini juga menandakan dimulainya masa introspeksi diri dan pertobatan selama sepuluh hari untuk memasuki hari Yom Kippur atau hari Pendamaian (Imamat 23:23-32, Bilangan 29:1-6).

Nabi Yoel mendorong agar manusia tidak hanya menunjukkan pertobatan secara lahiriah, tetapi juga harus berbalik dari dosanya dan datang kepada Allah (Yoel 2:13). Pada masa itu, tindakan mengoyak pakaian merupakan lambang penyesalan terhadap dosa. Sungguh pertunjukan yang menarik, tetapi hal ini tidak berkesan bagi Allah. Allah lebih memperhatikan hati mereka.

Yang sangat menarik adalah dasar dari ajakan Yoel ini. Ajakannya bukan hanya untuk menghindari murka Allah, melainkan juga untuk menikmati anugerah, belas kasih, dan kasih Allah. Kadang-kadang kita berpikir bahwa Allah itu kejam dalam menghukum dan menghitung-hitung dalam berbelas kasih. Perkataan Yoel ini mengingatkan kita bahwa Allah tidaklah demikian. Tuhan itu lambat dalam menghukum dan selalu bersedia untuk mengampuni.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memuji ciptaan Allah selain membiarkan Dia memperbarui hati Anda melalui iman dalam Yesus Sang Mesias, dan menyerahkan semua keinginan Anda kepada-Nya --Julie Link



TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA