Lihat definisi kata "Tangan" dalam Studi Kata
: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Tanda | Tandan | Tandu | Tanduk | Tandus | Tangan | Tangga | Tanggalan | Tanhumet | Tanhumeth | Tani
Daftar Isi
PEDOMAN: Tangan
LAMBANG: Tangan
BROWNING: TANGAN
ENSIKLOPEDIA: TANGAN

Tangan

Tangan [pedoman]

  1. 1. Anggota tubuh yang penting.
  2. 1Kor 12:21
  3. 2. Bagian-bagian - yang disebut:
    1. 2.1 Telapak tangan.
    2. Yes 49:16; Mat 26:67
    3. 2.2 Ibu jari.
    4. Kel 29:20; Im 14:14,17
    5. 2.3 Jari.
    6. 2Sam 21:20; Dan 5:5
  4. 3. Allah menguatkan - .
  5. Kej 49:24
  6. 4. Allah melemahkan - .
  7. Ayub 5:12
  8. 5. Pekerjaan - yang disebutkan:
    1. 5.1 Meraba.
    2. Mazm 115:7; 1Yoh 1:1
    3. 5.2 Mengambil atau mengulurkan - .
    4. Kej 3:22; Kel 4:4
    5. 5.3 Memegang.
    6. Hak 7:20; Wahy 10:2
    7. 5.4 Bekerja.
    8. Ams 31:19; 1Tes 4:11
    9. 5.5 Menulis.
    10. Yes 44:5; Gal 6:11
    11. 5.6 Memberi isyarat.
    12. Yes 13:2; Kis 12:17
    13. 5.7 Meninju.
    14. Mr 14:65; Yoh 19:3
  9. 6. Dibedakan atas:
    1. 6.1 Kanan.
    2. Kis 3:7
    3. 6.2 Kiri.
    4. Kej 14:15; Kis 21:3
  10. 7. Banyak yang pandai menggunakan - .
  11. 1Taw 12:2
  12. 8. Beberapa orang lebih pandai menggunakan - kiri.
  13. Hak 3:15,21; 20:16
  14. 9. Tangan kanan:
    1. 9.1 Tempat kehormatan.
    2. 1Raj 2:19; Mazm 45:10
    3. 9.2 Tempat kekuasaan.
    4. Mazm 110:1; Mr 14:62
    5. 9.3 Cincin dipakai pada - .
    6. Yer 22:24
    7. 9.4 Berjabat - sebagai tanda persahabatan.
    8. Gal 2:9
    9. 9.5 Digunakan untuk memeluk.
    10. 2Sam 20:9; Kid 2:6; 8:3
    11. 9.6 Bersumpah dengan - .
    12. Yes 62:8
    13. 9.7 Pendakwa berdiri di sebelah - dari terdakwa.
    14. Mazm 109:6; Za 3:1
    15. 9.8 - imam-imam dibubuhi dengan darah domba jantan yang
    16. dipersembahkan. Kel 29:20; Im 8:23,24
    17. 9.9 - orang kusta yang disembuhkan, dibubuhi dengan darah
    18. tebusannya. Im 14:14,17,25
    19. 9.10 - orang kusta yang disembuhkan, dibubuhi dengan minyak.
    20. Im 14:28
  15. 10. Orang Yahudi membawa tongkat dengan - , jika berjalan.
  16. Kel 12:11; 2Raj 4:29
  17. 11. Orang Yahudi makan dengan - .
  18. Mat 26:23
  19. 12. Dibasuh:
    1. 12.1 Sebelum makan.
    2. Mat 15:2; Mr 7:3
    3. 12.2 Setelah memegang orang yang dianggap najis.
    4. Im 15:11
    5. 12.3 Sebagai tanda tidak bersalah.
    6. Ul 21:6,7; Mat 27:24
  20. 13. Kebiasaan dari pelayan-pelayan menuangkan air pada - .
  21. 2Raj 3:11
  22. 14. Pelayan-pelayan disuruh dengan menggerakkan - .
  23. Mazm 123:2
  24. 15. Dikecup pada waktu menyembah berhala.
  25. Ayub 31:27
  26. 16. Perjanjian-perjanjian diadakan dengan berjabat - .
  27. 2Raj 10:15
  28. 17. Pemberian jaminan dilakukan dengan bertampar - .
  29. Ayub 17:3; Ams 6:1; 17:18; 22:26
  30. 18. Ditadahkan pada waktu:
    1. 18.1 Berdoa.
    2. Mazm 141:2; Yes 1:15; Rat 3:41
    3. 18.2 Memuji Tuhan.
    4. Mazm 134:2
    5. 18.3 Bersumpah.
    6. Kej 14:22; Wahy 10:5
    7. 18.4 Memberkati.
    8. Im 9:22
  31. 19. Sering kali diulurkan.
  32. Mazm 68:32
  33. 20. Diletakkan di bawah pangkal paha dari orang, kepadanya ia bersumpah.
  34. Kej 24:2,3; 47:29,31
  35. 21. Ditepuk-tepukkan dalam kegirangan.
  36. 2Raj 11:12; Mazm 47:2
  37. 22. Meremas-remas jari dalam kemarahan.
  38. Bil 24:10
  39. 23. Ditepukkan jika dalam kemarahan yang sangat.
  40. Yeh 21:14,17
  41. 24. Diangkat sebagai penghinaan.
  42. Hos 7:5; Zef 2:15
  43. 25. Ditumpangkan ketika:
    1. 25.1 Memindahkan kesalahan kepada korban.
    2. Im 1:4; 3:2; 16:21,22
    3. 25.2 Pentahbisan orang-orang Lewi.
    4. Bil 8:10
    5. 25.3 Menyerahkan kekuasaan sipil.
    6. Bil 27:18; Ul 34:9
    7. 25.4 Memberkati.
    8. Kej 48:14; Mr 10:16
    9. 25.5 Menetapkan hamba-hamba Tuhan.
    10. Kis 6:6; 1Tim 4:14
    11. 25.6 Memberikan karunia-karunia Roh Kudus.
    12. Kis 8:17; 19:6
  44. 26. Meletakkan - , dasar pertama dari pengajaran Kristus.
  45. Ibr 6:1,2
  46. 27. Harus digunakan:
    1. 27.1 Dengan rajin.
    2. Ef 4:28; 1Tes 4:11
    3. 27.2 Dalam pelayanan Allah.
    4. Neh 2:18; Za 8:9,13
    5. 27.3 Dalam memberi sedekah.
    6. Ams 3:27; 31:20
  47. 28. Orang fasik dilukiskan sebagai:
    1. 28.1 Penuh dengan darah.
    2. Yes 1:15; 59:3
    3. 28.2 Melakukan kekerasan.
    4. Mazm 58:3; Yes 59:6
    5. 28.3 Menerima suap.
    6. Mazm 26:10; Mi 7:3
    7. 28.4 Malas.
    8. Ams 6:10; 21:25
    9. 28.5 Tertangkap oleh jaring yang dipasang sendiri.
    10. Mazm 9:16
  48. 29. Orang fasik diganjar setimpal dengan perbuatan - nya.
  49. Mazm 28:4; Ams 12:14; Yes 3:11
  50. 30. Orang-orang kudus diberkati dalam pekerjaan - mereka.
  51. Ul 2:7; 30:9; Ayub 1:10; Mazm 90:17
  52. 31. Orang yang berbuat jahat sering kali:
    1. 31.1 Diikat - nya.
    2. Mat 22:13
    3. 31.2 Dipotong - nya.
    4. Ul 25:12; 2Sam 4:12
    5. 31.3 Dikudungkan sebagian - nya.
    6. Hak 1:6,7
    7. 31.4 Digantung pada - nya.
    8. Rat 5:12
  53. 32. Melukiskan:
    1. 32.1 Kekuasaan.
    2. 1Raj 18:46; 2Raj 13:5
    3. 32.2 (Menggerakkan - melawan orang lain) memberontak.
    4. 2Sam 20:21
    5. 32.3 (Membuka) kemurahan.
    6. Ul 15:8; Mazm 104:28
    7. 32.4 (Menggenggam) kekikiran.
    8. Ul 15:7
  54. 33. Tangan kanan melukiskan:
    1. 33.1 Kekuatan dan kekuasaan.
    2. Kel 15:6; Mazm 17:7
    3. 33.2 (Memegang) dukungan.
    4. Mazm 73:23; Yes 41:13
    5. 33.3 (Berdiri pada sebelah - ) perlindungan.
    6. Mazm 16:8; 109:31; 110:5
    7. 33.4 (Menerima suapan) kebusukan.
    8. Mazm 26:10
    9. 33.5 (Penuh dengan dusta) penipuan.
    10. Mazm 144:8,11; Yes 44:20
    11. 33.6 (Menyembunyikan) tidak menyokong lagi.
    12. Mazm 74:11
    13. 33.7 (Dipenggal) penyangkalan yang sangat terhadap diri sendiri.
    14. Mat 5:30

Tangan [lambang]

  1. (1) METAFORA otoritas atau kuasa atau keperkasaan. Tangan kanan Allah menandakan ke daulatan yang Mahakuasa. Tangan juga meLAMBANGkan kekuasaan politik atau militer (lih 2 Taw 32:8) Kel 5:24; 6:5; 15:16; 2 Sam 24:14; 2 Raj 13:5; Ezr 7:9; Ayb 15:25; Mzm 31:9; 44:3; Ams 12:14; Yes 11:11; Yer 12:7; Rat 1:14; Dan 4:35; Mrk 14:41; Luk 1:66; Yoh 10:39; Kis 11:21; Why 1:16, 20; 2:1, dll.
  2. (2) SINEKDOKE sarana; sesuatu atau seseorang yang digunakan untuk melakukan sesuatu yang lain, atau yang digunakan untuk menyampaikan berita, dll. Ul 13:9; Yos 20:9; 2 Sam 3:18; Ayb 27:11; Ams 10:4; Yer 18:4; Yeh 8:3; Dan 5:5; Za 4:10; Luk 22:21; Kol 4:18; Why 8:4, dll.
  3. (3) METAFORA untuk berada di bawah kekuasaan, perhatian atau perlindungan orang lain. Kej 9:2; Kel 33:22; Im 25:28; Ayb 12:10; Mzm 95:7; Pkh 9:1; Yes 49:2; Yoh 10:28; Why 5:1, 7; 13:16, dll.
  4. (4) METAFORA serangan atau ganjaran. Misalnya "Tangan TUHAN juga melawan mereka untuk menghancurkan mereka" (Ul 2:15). Kel 3:20; Ul 2:15; Hak 2:15; Rut 1:13; 1 Sam 5:6, 7; Ayb 13:21; Mzm 75:9; 106:26; Yes 50:11; Rat 2:8; Am 9:2; Za 14:13; Mat 3:12; Luk 3:17; Kis 13:11, dll.
  5. (5) METAFORA pemberian atau penerimaan sesuatu. Kej 33:10; Ayb 35:7; Mzm 16:11; Ams 3:16; 31:20; Pkh 2:24.
  6. (6) METAFORA kepatuhan atau ketergantungan pada seseorang. Mzm 123:2; Rat 5:6; 1 Ptr 5:6; Why 13:16; 14:9.
  7. (7) Tangan yang diangkat atau ditadahkan meLAMBANGkan sikap menyembah, memuji atau berdoa. I Raj 8:22; 2 Taw 6:12, 13, 29; Mzm 28:2; 44:2; 63:5; 88:10; 119:48; 134:2; 141:2; 143:6; Rat 2:19; Kis 17:25; 1 Tim 2:8.
  8. (8) Meletakkan atau menumpangkan tangan meLAMBANGkan pemberian berkat atau karunia rohani, atau peneguhan seseorang untuk suatu jabatan atau pekerjaan penting. Ul 34:9; Mat 19:13; Kis 8:18; 1 Tim 4:14; 2 Tim 1:6; Ibr 6:2, dll.
  9. (9) METAFORA kesepakatan dengan seseorang untuk saling mendukung. 2 Sam 14:19.
  10. (10) Mengangkat tangan atau berjabat tangan sering meLAMBANGkan janji setia ketika mengikat perjanjian atau mengambil sumpah. Ul 32:40; Yes 62:8; Yeh 17:18.
  11. (11) METAFORA aksi atau perbuatan-perbuatan seseorang, entah itu baik atau buruk (sesuai konteksnya). Misalnya, "Tangan-tangan yang bersih" berarti tingkah laku seseorang bebas dari kesalahan. Kej 4:11; 20:5; 1 Sam 24:11; Ayb 11:14; 16:17; 17:9; Mzm 7:4; 18:35; 26:10; 58:3; 125:3; 144:1; Ams 6:17; Pkh 7:26; Yes 1:15; 33:15; 59:3, 6; Yeh 23:37; Mi 5:12; Yak 4:8.
  12. (12) METAFORA kuasa Allah, juga kuasa militer. 2 Taw 32:8; Kel 15:16; Mzm 44:3, dll.
  13. (13) Penguluran tangan, bila konteksnya adalah tangan Allah, meLAMBANGkan undangan Allah kepada orang berdosa supaya bertobat. Sedangkan jika konteksnya adalah tangan manusia, itu menggambarkan kesedihan dan keputusasaan serta keinginan mencari penghiburan. Ams 1:24; Yes 65:2; Yer 4:31; Rat 1:17; Rm 10:21.
  14. (14) Bertepuk tangan dapat meLAMBANGkan
  15. a) Sukacita. 2 Raj 11:12; Mzm 47:2; Nah 3:19.
  16. b) Penyampaian perintah atau panggilan. Yeh 21:14, 17.
  17. (15) Tangan kanan dan tangan kini bisa meLAMBANGkan dua hal:
  18. a) Ketidakmampuan membedakan tangan kini dari tangan kanan adalah METAFORA anak-anak. Yun 4:11.
  19. b) Tidak membiarkan tangan kiri mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kanan adalah METAFORA perbuatan baik yang dilakukan tanpa memberitahukannya kepada orang lain. Mat 6:3.

TANGAN [browning]

Baik dalam PL, maupun PB terdapat banyak sekali penggunaan kata 'tangan'. Kata ini berkenaan dengan kuasa Allah (mis. Kel. 14:27), atau pemeliharaan Allah (Mat. 4:6), atau kelaliman (Yer. 22:3). Arah ditunjukkan dengan tangan kanan (untuk selatan) atau tangan kiri (untuk utara). 'Sebelah kanan' adalah tempat duduk tamu terhormat (1Raj. 2:19) atau untuk Anak samping Bapa-Nya (Ibr. 1:3). Dalam ikonografi Kristen, tangan yang muncul dari awan sering digunakan untuk melambangkan Allah Bapa.

TANGAN [ensiklopedia]

(Ibrani yad dan kaf Yunani kheir). Kedua kata Ibrani itu dihubungkan dengan arti dasarnya 'lembah' atau 'telapak', yg berasal dari akar kata yg berarti lekukan atau belokan. Dalam Alkitab Indonesia 'tangan' sering dipakai apabila bh Ibrani asli dipakai zeroa', harfiah lengan (ump Kel 15:16; Yes 40:11; 52:10), karena tangan mempunyai arti yg lebih luas yg bisa diterapkan pada keseluruhan anggota badan itu, sedangkan yad, kaf hanya menunjuk pada bagian bawah dan zeroa' pada bagian atas.

Dalam pemikiran Ibrani, seperti umumnya bagian anggota badan lainnya tangan pun nampaknya mempunyai fungsi otonom (1 Sam 24:11; *TUBUH).

Tapi keseimbangan ungkapan 'kekuasaanku' dan 'kekuatan tanganku' dalam Ul 8:17 dan beberapa contoh yg serupa, menunjukkan bahwa hal itu jauh dari otonomi mutlak. Penunjukan yg pokok ialah pada tindakan orang itu, meskipun pada saat yg sama perhatian dipusatkan secara khusus pada fungsi dari bagian badan yg bersangkutan (bnd Mat 5:30).

Sebagaimana lengan, demikian juga tangan (khususnya tangan kanan) digunakan sebagai simbol kekuasaan dan kekuatan. Namun demikian tangan mempunyai arti kiasan yg lebih dalam daripada lengan. Lih ump, Yos 8:20 di sini yad diterjemahkan kuasa. Ada beberapa ungkapan umum dalam mana tangan dipakai sebagai simbol kuasa, ump, terlepas dari ataupun ada di dalam 'tangan musuh' (Mzm 31:15; Mrk 14:41). Sebaliknya, jatuhnya tangan melambangkan kelemahan atau ketidakmampuan untuk mengatasi, sedangkan dengan menguatkan tangan berarti menolong (Yes 35:3; Hak 9:24). Orang kidal diperhatikan dengan khusus (Hak 3:15).

Mengangkat tangan melambangkan kekerasan (1 Raj 11:26) tapi juga melambangkan permohonan (Kel 9:33; 17:11; Mzm 28:2), gerakan isyarat tangan ini menunjukkan sikap atau tindakan. Kata kaf yg menyatakan telapak tangan yg terbuka lebih sering dipakai untuk hal-hal yg melambangkan permohonan.

Bersalaman (Ayb 17:3) bisa berarti mensahkan persetujuan, sama juga maksudnya meletakkan tangan di bawah pangkal paha (Kej 24:9; *PAPA), ataupun mengangkat tangan, seperti dalam pengadilan hukum sekarang ini (Kej 14:22, di sini dikatakan 'bersumpah demi Tuhan', har 'tang: di atas takhta Allah'; Kel 17:16).

Jamahan tangan dipakai untuk menyalurkan hak, kuasa atau berkat. Dalam hal ini tangan kanan lebih berarti daripada tangan kiri, tapi kedua-duanya sering dipakai (Kej 48:13, 14; Ul 34:9). Perhatikan khususnya peletakan tangan di atas kepala korban bakaran, yg mungkin melambangkan si penyembah menyamakan dirinya dengan korbannya (Im 1:4); dalam PB penyampaian kuasa Roh Kudus dan pengadaan tanda-tanda mujizat pun dilakukan dengan cara peletakan tangan (Mrk 6:5; Kis 8:17-19; 19:11). Ini menunjukkan juga bahwa menurut pemikiran Ibrani dan PB dalam hal-hal tertentu, ada hubungan dekat antara apa yg dalam banyak pemikiran Yunani dan pemikiran modern dianggap terpisah sebagai 'tubuh' dan 'roh'.

'Tugu peringatan Absalom' (2 Sam 18:18), harfiah 'Tangan Absalom'.

KEPUSTAKAAN. A. R Johnson, The Vitality of the Individual in the Thought of Ancient Israel, 1949; C Ryder Smith, The Bible Doctrine of Man, 1951. BOB/JMP/HAO


Lihat definisi kata "Tangan" dalam Studi Kata



TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA