Daftar Isi
GREEK: 4091 pilatov Pilatos 4194 pontiov Pontios
YOPPI: 4091
BARCLAY: 4091 4194
HAAG: Pilatus
KECIL: Pilatus
TOKOH: Pilatus
BIOTOKOH PB: PILATUS
ENSIKLOPEDIA: PILATUS

Pilatus

dipersenjatai dengan lembing. Matius 27:2

Yunani

Strongs #4091: pilatov Pilatos

Pilate = "armed with a spear"

1) the sixth Roman procurator of Judah and Samaria who ordered Christ
to be crucified

4091 Pilatos pil-at'-os

of Latin origin; close-pressed, i.e. firm; Pilatus, a Roman: KJV -- Pilate.

Strongs #4194: pontiov Pontios

Pontius [Pilate] = "of the sea"

1) the sixth Roman procurator of Judah who crucified Christ

4194 Pontios pon'-tee-os

of Latin origin; apparently bridged; Pontius, a Roman: KJV -- Pontius.

[Yoppi]

Strongs #04091:

Pilatus

[Barclay]

Strongs #4091:

ou [maskulin] Pilatus

Strongs #4194:

ou [maskulin] Pontius

Pilatus [haag]

Pilatus.

(Bhs. Lat.: yang tidak punya rambut [?]; Pontius, seorang Prokurator Romawi (--> wakil penguasa) dari daerah Yudea (26-36; Luk 3:1).

Para ahli sejarah profan kuno (Filo, Flav. Yosefus, Tacitus) melukiskan ~P sebagai tidak kejam dan kasar. Pernah ia melukai perasaan agama orang Yahudi, karena ia memerintahkan (tentara) membawa standar-standar dengan arca Kaisar mengelilingi Yerusalem dan menyuruh memasang arca-arca dengan nama Kaisar. Harta kenisah digunakannya untuk membangun saluran air. Karena kekerasannya terhadap bangsa --> Samaria, akhirnya ia dipanggil ke Roma dan dipecat. Di dalam Injil-injil disebutkan, bahwa ia memegang peranan yang menentukan di dalam proses penghakiman Yesus (Mark 15:47 dsj.; Yoh 18:1-19:42). Menurut Injil-injil itu, terlepas dari permusuhannya dengan Herodes Antipas (Luk 23:12), ia mengambil sikap yang tidak jelas terhadap bangsa Yahudi. -- Di dalam zaman kristen purba beredarlah berbagai tulisan apokrif tentang ~P: Mors Pilati yang memberitakan soal bunuh-diri yang dilakukannya; sepucuk surat ~P kepada Claudius (: Tiberius) mengenai Yesus, yang dinyatakan tidak bersalah (mengenai acta Pilati --> Nikodemus); akhirnya "Penyerahan ~P", yang mengisahkan hukuman mati terhadap ~P, sebagai seorang kristen yang bertobat. Gamb. 29.

Pilatus [kecil]

TB- Pontius Pilatus memangku jabatan gubernur Romawi atas Yudea, Samaria dan Idumea, tahun 26-36 Ses. Mas. Ia memegang peranan pokok dalam pengadilan Yesus (Mr 15:1-15).

BIS- Pontius Pilatus adalah gubernur Yudea, Samaria dan Idumea yang berada dalam wilayah kekuasaan Roma tahun 26-36 Sesudah Masehi (Mr 15:1-15; Luk 3:1; Kis 3:13; 1Tim 6:13).

KS.- [PB] pasal Mat 27:1-66; pasal Mr 15:1-47; Luk 3:1; 13:1; 23:1-56; pasal Yoh 18:1-19:42; Kis 3:13; 4:27; 13:28; 1Tim 6:13

Pilatus [tokoh]

Pilatus

Wali negeri Yudea (Luk 3:1).

Yesus dihadapannya (Mat 27:1-26; Mr 15:15; Luk 22:66-23:25; Yoh 18:28-19:16).

Mengirim Yesus kepada Herodes (Luk 23:6-12).

Menyerahkan Yesus untuk disalibkan pada waktu orang banyak mau membebaskan Barabas (Mat 27:15-26; Mr 15:6-15; Luk 23:13-25; Yoh 19:1-10).

PILATUS [biotokoh pb]

Disebut pertamaMat 27:2
Namanya disebut53 X
Kitab yang menyebutMatius, Markus, Lukas, Yohanes, Kisah Para Rasul dan 1 Timotius.
PekerjaanGubernur Palestina.
Terakhir disebut1 Tim 6:13
Fakta pentingDia menghukum Yesus disalib.
Ringkasan
  1. I. Pilatus dan ajaran Yesus. Luk 13:1-3
  2. II. Pilatus dan pemeriksaan Yesus.
    1. A. Pemeriksaan pertama Mat 27:2,11-14; Mrk 15:1-5; Luk 23:1-5; Yoh 18:28-38
      1. 1. Tuduhan yang melawan Yesus.
        1. a. Kemunafikan orang-orang Yahudi. Yoh 18:28
        2. b. Permusuhan orang-orang Yahudi Yoh 18:29-31
          1. (1) Menuduh Yesus menyesatkan Luk 23:2a
          2. (2) Menuduh Yesus melawan membayar pajak kepada Kaisar. Luk 23:2b
          3. (3) Menuduh Yesus menuntut jadi Mesias dan Raja. Luk 23:2c
      2. 2. Percakapan dengan Yesus.
        1. a. Pilatus mempelajari tentang Raja. Mat 27:11-14
        2. b. Pilatus mempelajari tentang Kerajaan Allah.Yoh 18:36-37
      3. 3. Kesimpulan mengenai Kristus. Yoh 18:38
      4. 4. Tempat asal Yesus. Luk 23:6
      5. 5. Pilatus dan Herodes bersatu melalui Yesus. Luk 23:11-12
    2. B. Pemeriksaan terakhir. Mat 27:15-26; Mrk 15:6-15; Luk 23:1325; Yoh 18:39-19:1,4-16.
      1. 1. Pilihan antara Yesus dan pembunuh.
        1. a. Pengamatannya. Luk 23:13-15,20
        2. b. Kekejaman. Luk 23:16
        3. c. Penawaran. Mat 27:15-17
        4. d. Keberatan. Mat 27:19
        5. e. Penghasutan. Mat 27:20-23
        6. f. Hasilnya. Mat 27:24-25
      2. 2. Penyesahan terhadap Mesias.
        1. a. Keputusan melawan Yesus. Yoh 19:1
        2. b. Percakapan Pilatus dan Yesus.
          1. (1) Kekacauan Gubernur. Yoh 19:9-10
          2. (2) Koreksi dari Yesus Yoh 19:11
        3. c. Pilatus menyerahkan Yesus. Yoh 19:16
  3. III. Pilatus dan gelar Yesus.
    1. A. Penempatan papan
    2. B. Tanda papan"Yesus dari Nazaret raja orang Yahudi"
      1. 1. Permintaan dari Imam-imam. Yoh 19:21
      2. 2. Penolakan Gubernur. Yoh 19:22
  4. IV. Pilatus dan kuburan Yesus.
    1. A. Musuh Yesus, ingin supaya Pilatus membunuh Yesus di atas salib. Yoh 19:31-33
    2. B. Musuh Yesus, ingin supaya Pilatus menjaga kuburan Yesus.
      1. 1. Alasan dari permintaan. Mat 27:62-64
      2. 2. Jawaban dari permintaan Mat 27:65
      3. 3. Hasil dari permintaan Mat 27: 66.

PILATUS [ensiklopedia]

Pontius Pilatus, orang Romawi, dari golongan penunggang kuda, atau kelas menengah bagian atas. Nama depannya tidak dikenal, tapi nama Pontius memberi kesan bahwa ia keturunan Samnit, sedangkan nama keluarganya, Pilatus, nampaknya mengacu bahwa leluhurnya militer. Tentang apa pekerjaannya sebelum 26 M sedikit yg diketahui, tapi thn 26 (Hedley, JTS 35, 1934, hlm 56-58) Kaisar Tiberius mengangkat dia menjadi wali negeri (Yunani, epitropos) yg kelima atas Yudea, dan sesuai perubahan terakhir politik senat (thn 21 M -- Tacitus, Annals 3. 33. 34) Pilatus membawa istrinya ke situ juga (Mat 27:19).

Sebagai wali negeri ia memegang kekuasaan penuh mengawasi seluruh wilayah propinsinya, memegang pimpinan tentara pendudukan (1 ala -- 1 pasukan kr 120 orang berkuda -- kavaleri; dan 4 atau 5 pasukan -- kr 2.500-5.000 orang infantri) yg ditempatkan di Kaisarea, ada detasemen dengan tugas garnisun di Yerusalem di benteng Antonia. Wali negeri memiliki kuasa penuh atas hidup dan mati seseorang, dan dapat mengubah hukuman berat keputusan Sanhedrin, yg harus disahkan oleh dia. Ia juga mengangkat para imam besar serta mengawasi Bait Suci dan dana-dananya; jubah-jubah imam besar berada dalam pengawasannya dan dikeluarkan hanya pada hari-hari raya, bila wali negeri berdiam di Yerusalem dan membawa tentara tambahan untuk meronda kota.

Ahli sejarah non-Yahudi menyebut Pilatus hanya dalam kaitan pengesahannya atas kematian Yesus (Tacitus, Annals, 15. 44). Satu-satunya penampilan Pilatus dalam panggung sejarah ialah sebagai wali negeri Yudea.

Yosefus menceritakan (Ant. 18. 55; BJ 2. 169) bahwa perbuatan Pilatus yg pertama setelah ia diangkat menjadi wali negeri, ialah membangkitkan kemarahan orang Yahudi dengan menempatkan panji-panji Romawi di Yerusalem, seperti patung kaisar. Wali negeri dahulu menahan diri, tidak memakai panji-panji kendati ancaman maut, dan akhirnya Pilatus mendengarkan permohonan pemimpin Yahudi dan memenuhi tuntutan mereka setelah enam hari, dan mengembalikan patung-patung itu ke Kaisarea. Filo (De Legatione ad Gaium, 299 dst) menceritakan bagaimana Pilatus mempersembahkan seperangkat tameng emas di tempat kediamannya sendiri di Yerusalem. Tameng-tameng ini tidak diberi gambar patung, hanya tulisan dengan nama-nama wali negeri dan nama kaisar, tapi orang Yahudi mengadukan hal itu kepada Tiberius, yg memerintahkan tameng-tameng itu dipindahkan ke kuil Roma et Augustus di Kaisarea (lih P. I. Maier, HTR 62, 1969, hlm 109 dst).

Yosefus (Ant. 18. 60; BJ 2. 175) dan Eusebius (EH 2. 7) menceritakan keluhan lebih lanjut dari orang Yahudi terhadap Pilatus, karena ia memakai uang perbendaharaan Bait Suci untuk membangun saluran air ke Yerusalem dari suatu sumber air yg jaraknya kr 40 km. Puluhan ribu orang Yahudi berdemonstrasi menentang proyek ini ketika Pilatus muncul di Yerusalem, agaknya pada suatu hari raya. Sebagai jawabannya Pilatus mengirim tentaranya secara rahasia untuk melawan mereka; akibatnya banyak orang Yahudi yg terbunuh. Pada umumnya diduga demonstrasi ini gara-gara orang Galilea; lih Luk 13:1, 2 'Pilatus mencampur darah mereka dengan darah korban'.

Menurut Noldius (De Vita et Gestis Herodum 1660, 249) permusuhan Herodes dan Pilatus (Luk 23:12) timbul karena Pilatus membunuh beberapa rakyat Herodes. Ini menjelaskan tentang siasat Pilatus (Luk 23:6, 7) mengirim Yesus supaya diadili oleh Herodes. Tidak diketahui apakah menara di Siloam yg runtuh (Luk 13:4) itu sebagian dari saluran air tadi.

Akhirnya tindakan Pilatus melampaui batas dengan membunuh sejumlah orang Samaria di G Gerizim. Mereka berkumpul di situ memenuhi panggilan penipu, yg berjanji akan menunjukkan tempat Musa menyembunyikan peranti kudus. Sekalipun jelas pernyataan itu tidak benar karena Musa tidak pernah menyeberangi S Yordan (beberapa orang menduga di situ terdapat kesalahan nas, ditulis Moyseos ganti Oseos. Yosefus mungkin menunjuk pada tradisi Samaria bahwa Uzi, imam besar, 1 Taw 6:6, telah menyembunyikan tabut dan peranti kudus lain di G Gerizim), namun sejumlah besar pasukan bersenjata datang ke gunung itu. Pilatus setelah mengepung dan mengalahkan mereka, menangkap dan membunuh para pemimpin.

Suatu delegasi Samaria mengajukan protes kepada Vitellius, gubernur Siria. Ia memerintahkan Pilatus menjawab tuduhan Samaria ini di hadapan kaisar, lalu memerintahkan Marcellus ke Yudea menggantinya (Jos., Ant. 18. 85-89). Sementara Pilatus dalam perjalanan ke Roma, Kaisar Tiberius meninggal (37 M; bnd E. M Smallwood, 'The Date of the Dismissal of Pontus Pilate from Judaea', JJS 5, 1954, hlm 12 dst). Kita tidak mengetahui hasil pengadilan itu, tapi Eusebius (EH 2.7) menyimpan laporan dari ahli sejarah Yunani yg namanya tidak diketahui, bahwa Pilatus dipaksa bunuh diri pada waktu pemerintahan Gayus (37-41 M).

Peristiwa di atas diceritakan oleh Yosefus atau Filo. E Stauffer (Christ and the Caesars, 1955, hlm 119 dst) mengarahkan perhatian pada peristiwa lain, yg dengannya Pilatus memancing marah orang Yahudi. Menurut G. F Hill (Catalogue of the Greek Coins of Palestine, 1914), gubernur-gubernur Palestina mengeluarkan mata uang kecil untuk keperluan propinsi mereka. Umumnya mata uang di Yehuda bergambar pohon atau tumbuhan lain secara simbolik; dengan demikian firman kedua dihormati. Tapi thn 29-31 M Pilatus mengeluarkan mata uang dengan gambar agamawi Roma, seperti lituus (tongkat peramal) dan patera (cangkir yg dipakai dlm upacara agama). Mata uang ini tidak dikeluarkan lagi sesudah 31 M. British Museum menyimpan satu contoh, yg menggambarkan Feliks, pengganti Pilatus, membubuhkan daun palem di atas tongkat peramal untuk menghapuskan lambang Romawi. Namun demikian, menurut Y Meshorer (Jewish Coins of the 2nd Temple Period, 1967), Feliks juga mengeluarkan mata uang bergambar senjata Romawi, yg membangkitkan kemarahan orang Yahudi lagi karena gambar itu berarti mereka di bawah kekuasaan Romawi.

Filo tidak berkata sesuatu yg baik tentang Pilatus. Dalam De Legatione ad Gaium 301 ia menggambarkan Pilatus 'bertabiat kasar dan keras kepala', dan 'berwatak pendendam dan pemarah'. Ia menceritakan tentang 'suap, tindakan didorong oleh kedengkian, pembunuhan keji tanpa pengadilan, kekurangajaran beruntun dan paling menyakitkan hati' sehingga orang Yahudi mengutukinya.

Dalam PB Pilatus nampak lemah, yg melakukan tindakan 'asal bapak senang' ketimbang prinsip. Otorisasi yuridis untuk membunuh Yesus diberikan, bukan karena ia ingin menyenangkan pembesar Yahudi, melainkan karena ia takut kepada ketidaksenangan kaisar jika kaisar mendengar ada ketidaktenangan di Yudea. Ini terbukti secara mencolok pada gerutuannya terhadap orang Yahudi, yg nampak dalam tulisan di atas kayu salib (Yoh 19:19-22). Sayang, tidak diketahui tentang dia kecuali terkait dengan pemerintahannya atas orang Yahudi. Dalam pemerintahan itu ia tampil kurang pengertian, dan sama sekali tidak simpatik.

Untuk pembicaraan yg menarik mengenai pentingnya sisipan 'yg menderita di bawah Pontius Pilatus' dalam pengakuan iman Kristen, lih S Liberty, 'The Importance of Pontius Pilate in Creed and Gospel', JTS 45, 1944, hlm 38-56.

Ada sejumlah Acta Pilati, tapi tidak satu pun dipandang asli.

KEPUSTAKAAN. P. L. Maier, Pontius Pilate, 1968. DHW/HH

[+] Bhs. Inggris



TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA