HAAG: Karmel
KECIL: Karmel
ENSIKLOPEDIA: KARMEL
BROWNING: KARMEL, GUNUNG
Karmel
Ibrani
Strongs #03760: lmrk Karmel
Carmel = "garden-land"1) a mountain on the Mediterranean coast of northern Israel, just
below Haifa
2) a town in the mountains on the west side of the Dead Sea and south
of Hebron
3760 Karmel kar-mel'
the same as 3759; Karmel, the name of a hill and of a town in Palestine: KJV -- Carmel, fruitful (plentiful) field, (place).see HEBREW for 03759
Strongs #03761: ylmrk Karm@liy
Carmelite = see Carmel "garden-land"1) an inhabitant of Carmel
3761 Karmliy kar-mel-ee'
patron from 3760; a Karmelite or inhabitant of Karmel (the town): KJV -- Carmelite.see HEBREW for 03760
Strongs #03762: tylmrk Karm@liyth
Carmelitess = see Carmel "garden-land"1) a female inhabitant of Carmel
2) Abigail, the wife of David, who came from Carmel
3762 Karmliyth kar-mel-eeth'
feminine of 3761; a Karmelitess or female inhabitant of Karmel: KJV -- Carmelitess.see HEBREW for 03761
Karmel [haag]
Karmel. (Bhs. Ibr.: kebun pepohonan).
- (1) Sebuah kota di Yehuda (Yos 15:55), 11 km di sebelah Selatan Hebron. Saul membangun sebuah tanda peringatan di situ (1Sam 15:12). Kota kelahiran Nabal (1Sam 25:2 dan seterusnya) dan Hezrai (2Sam 23:35). Peta PL B-C7.
- (2) Sebuah pegunungan yang panjangnya 20 km. Dimulai dari kota Haifa yang sekarang, menuju ke arah Tenggara dekat Laut Tengah (Yer 46:18) pada perbatasan Selatan Asyer (Yos 19:26). Bekas-bekas yang tertinggi di situ menunjukkan, bahwa daerah itu sudah dihuni orang sejak zaman batu. Sudah sejak awal mula gunung itu dipandang suci. Pemujaan kuno terhadap Baal hidup kembali di situ pada zaman Ahab. Elia merebut ~K kembali untuk dijadikan gunung Yahwe (1Raj 18:19-46). Elisa juga tinggal di situ (2Raj 4:23-25). Di dalam PL gunung ~K sering dipuji karena keindahan dan hutan-hutannya (Yes 35:2; Kid 7:5). Oleh sebab itu boleh dikatakan, bahwa ~K yang gundul merupakan sebuah tanda kemalangan atau kerusakan (Yes 33:9; Am 1:2; Nah 1:4). Peta PL/PB B3.
KARMEL [ensiklopedia]
(karmel, 'tanah kebun', 'tanah subur'). Kata ini dengan arti demikian dipakai sebagai nama benda yg umum dalam bh Ibrani, mis Yes 16:10; Yer 4:26; 2 Raj 19:23; 2 Taw 26:10. Kata ini bahkan juga dapat dipakai untuk bulir gandum yg baru, seperti dalam Im 2:14; 23:14. Bukit-bukit Karmel barangkali mendapat namanya dari banyaknya semak dan pepohonan yg menutupinya. Dalam PL dua tempat mempunyai nama ini.
1. Sederet bukit, kr 50 km panjangnya, memanjang dari barat laut ke tenggara Laut Tengah (pantai selatan Teluk Akra) ke dataran Dotan. Tepatnya, G Karmel adalah punggung bukit utama (maksimum tingginya kr 530 m) di ujung barat laut, membujur kr 19 km ke pedalaman dari laut, dengan membentuk perbatasan daerah Asyer (Yos 19:26). Daerah yg penuh tumbuh-tumbuhan dan kurang dihuni ini, menjadi rintangan yg ditembus oleh dua jalan utama, yg muncul di Yokneam dan Megido, dan jalan yg lebih kecil yg muncul di Taanah. Di antara kedua tempat pertama, bukit-bukit itu lebih rendah dan lebih tandus, tapi mempunyai tanjakan-tanjakan yg tinggi. Jalan utama utara -- selatan melewati bukit-bukit Karmel melintasi dataran Dotan di sebelah timur. Bahwa Karmel penuh tumbuh-tumbuhan dilaporkan dalam Am 1:2; 9:3; Mi 7:14; Nah 1:4; juga Kid 7:5 dengan kiasan yg cocok bagi rambut yg tebal menggelombang. Tokoh Nebukadnezar yg menakutkan dari Babel, yg bergerak memerangi Mesir, pernah disamakan dengan Karmel dan Tabor yg menjulang tinggi (Yer 46:18).
Musuh-musuh Yosua yg ditaklukkan termasuk 'raja Yokneam di Karmel' (Yos 12:22). Di sinilah Elia atas nama Allah menentang nabi-nabi Baal dan Asyera, dewa-dewa yg dipromosikan Izebel, dan berjaya atas mereka (1 Raj 18; 19:1,2). Ay-ay itu menjelaskan betapa dewa-dewa Izebel dengan cara itu disirnakan harkatnya. Karena Izebel datang dari Tirus, maka hampir dapat dipastikan, bahwa Baal yg dia sembah ialah Baal-Melkart, dewa utama di sana. Dewa ini juga merembes ke Aram. *Ben-Hadad bagi tugu surat yg dipersembahkan kepada dewa ini. Baal masih disembah di Karmel sebagai 'Zeus Heliopolites Carmel' pada thn 200 M (Ap-Thomas, PEQ,92, 1960, hlm 146; *BAAL). Alt menganggap Baal bersifat lokal semata-mata, suatu pandangan yg ditolak oleh naskah Alkitab, dan Eisfeldt memilih BaalShamim yg lebih kurang cocok dibandingkan Baai-Melkart (yg terakhir ini juga menjadi pandangan de Vaux).
2. Kota di Yehuda (Yos 15:55), kini disebut Khirbet el-Karmil (variasinya Kermel atau Kurmul), kr 12 km di selatan tenggara Hebron, di suatu daerah penggembalaan yg bergelombang (Baly, hlm 164), yg baik sekali bagi ternak, penggembalaan Nabal pada zaman Daud (1 Sam 25). Istrinya, Abigail, disebut orang Karmel, juga Hezrai salah seorang prajurit Daud (2 Sam 23:35; 1 Taw 11:37), barangkali berasal dari sini. Saul melewati jalan itu ketika kembali dari penaklukan orang Amalek (1 Sam 15:12).
KEPUSTAKAAN. D Baly, Geography of the Bible, 1974, hlm 149 (peta 51), 172 dst. KAK/HH
KARMEL, GUNUNG [browning]
Sebuah bukit dengan ketinggian 168 m (556 kaki) di atas permukaan laut. Di tempat inilah *Elia dan nabi-nabi *Baal berjuang memperebutkan kesetiaan umat Israel (1Raj. 18). Kemenangan Elia meniadakan ancaman agama Melkart yang dikembangkan oleh Ratu *Izebel.