apokrifa perjanjian baru
APOKRIFA PERJANJIAN BARU [browning]
Tulisan-tulisan Kristen perdana dan untuk sebagian sejajar dengan tulisan kanonik PB, tetapi tidak diterima sah oleh Gereja. Beberapa tersimpan lengkap; beberapa hanya berupa fragmen-fragmen, dan yang lain hanya diketahui namanya. Apokrifa golongan Injil memberi informasi mengenai Yesus yang disambut oleh generasi kemudian dalam keinginan mengetahuinya, terutama yang mengenai masa kanak-kanak Yesus, atau pengajaran-Nya yang mempunyai warna *Gnostik, yang katanya disampaikan setelah *kebangkitan Yesus. Banyak dari tulisan itu dimaksudkan untuk membangun, tetapi sebagian terasa kurang enak bagi pembaca modern.
Untuk mendapatkan kepercayaan, beberapa tulisan *apokrif itu diberi nama tokoh pengarang dalam sejarah, seperti *Tomas -- suatu kecenderungan yang sudah tampak pada tulisan-tulisan dari antara yang kanonik PB, misalnya Surat 2 Petrus yang sudah jelas bukan berasal dari Rasul Petrus. Ada juga sebuah Injil dari *Nikodemus, yang memuat akta dari *Pilatus; bagian ini menandai langkah lebih lanjut pada perjalanan naskah-naskah ini, yang sudah mulai tampak dalam keempat Injil PB, yaitu berkurangnya tanggung jawab Pilatus dalam *kematian Yesus. Keperawanan *Maria yang terus berkembang, muncul pertama kali sebagai doktrin pada abad kedua M. Protoevanggelium Yakobus (juga dikenal sebagai buku Yakobus) adalah *cerita masa kanak-kanak Yesus.
Tulisan-tulisan apokrif ini sebenarnya tidak ditolak oleh Gereja, hanya tidak pernah diterima secara universal. Pemimpin-pemimpin Gereja seperti *Irenaeus !!(+/- 190 M!!) mencurigai tulisan-tulisan itu sebagai tulisan bidat. Irenaeus pula yang pertama-tama menggunakan sebutan 'apokrif', atau rahasia untuk tulisan-tulisan itu. Pembaca modern akan merasakan beberapa cerita dari tulisan-tulisan ini sebagai aneh dan ganjil untuk dianggap historis -- seperti, ketika dalam cerita masa kanak-kanak Yesus dalam Injil Tomas diceritakan bagaimana Yesus pada usia 6 tahun memecahkan kendi dan secara mukjizat menjadikannya utuh kembali.
Dari tulisan-tulisan itu dapat dikatakan bahwa ada beberapa ucapan Yesus yang terdengar benar. Dan pasti tulisan-tulisan itu memberi gambaran kepada kita tentang kesalehan umum dari abad-abad Kristen perdana. Banyak perkataan lain yang kata orang adalah ucapan Yesus muncul dalam tulisan-tulisan Kristen perdana, dan malahan juga dalam tulisan Yahudi tertentu dan tulisan Islam.