GREEK: 5183 Turiov Turios 5184 Turov Turos
HEBREW: 5495 rwo Cuwr 6698 rwu Tsuwr 6865 ru Tsor or rwu Tsowr 6876 yru Tsoriy 7793 rwv Shuwr
YOPPI: 5184
BARCLAY: 5183 5184
HAAG: Tirus
KECIL: Tirus
PEDOMAN: Tirus
MYSABDA: Sur Syur Tirus Zemer Zur Zur
ENSIKLOPEDIA: SYUR TIRUS
BROWNING: TIRUS
AI-PEDIA: Zur
Zur
Dalam versi-versi Alkitab:
Sur: BIS FAYH TBTirus: TB
Tsur: TL
Zemer: FAYH
Zur: BIS FAYH TB TL
Gambar
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Sur; Tirus;
Yunani
Strongs #5183: Turiov Turios
1) a resident of Tyre5183 Turios too'-ree-os
from 5184; a Tyrian, i.e. inhabitant of Tyrus: KJV -- of Tyre.see GREEK for 5184
Strongs #5184: Turov Turos
Tyre = "a rock"1) a Phoenician city on the Mediterranean, very ancient, large,
splendid, flourishing in commerce, and powerful by land and sea
5184 Turos too'-ros
of Hebrew origin (6865): Tyrus (i.e. Tsor), a place in Palestine: KJV -- Tyre.see HEBREW for 06865
Ibrani
Strongs #05495: rwo Cuwr
Sur = "turning aside"1) a temple gate
5495 Cuwr soor
the same as 5494; Sur, a gate of the temple: KJV -- Sur.see HEBREW for 05494
Strongs #06698: rwu Tsuwr
Zur = "rock"1) father of Cozbi and one of the 5 Midianite princes who were slain
when Balaam fell
2) son of Jehiel, the father or leader of Gibeon
6698 Tsuwr tsoor
the same as 6697; rock; Tsur, the name of a Midianite and of an Israelite: KJV -- Zur.see HEBREW for 06697
Strongs #06865: ru Tsor or rwu Tsowr
Tyre or Tyrus = "a rock"1) the Phoenician city on the Mediterranean coast
6865 Tsor tsore
or Tsowr {tsore}; the same as 6864; a rock; Tsor, a place in Palestine: KJV -- Tyre, Tyrus.see HEBREW for 06864
Strongs #06876: yru Tsoriy
Tyrian = see Tyre "to distress"1) an inhabitant of Tyre
6876 Tsoriy tso-ree'
patrial from 6865; a Tsorite or inhabitant of Tsor (i.e. Syrian): KJV -- (man) of Tyre.see HEBREW for 06865
Strongs #07793: rwv Shuwr
Shur = "wall"1) a place southwest of Palestine on the eastern border or within the
border of Egypt; the Israelites passed through the wilderness of
Shur after crossing the Red Sea
1a) also 'wilderness of Etham'
7793 Shuwr shoor
the same as 7791; Shur, a region of the Desert: KJV -- Shur.see HEBREW for 07791
[Yoppi]
Strongs #05184:
TirusTirus [haag]
Tirus. (Bhs. Ibr.: padas).
Sebuah kota Fenesia pada sebuah pulau padas, di pantai Timur Laut Tengah. (Dewi kota = --> Asyera: 1Raj 18:19). Setelah dikuasai sesaat oleh Mesir, kota yang penuh nilai-nilai ini menjadi merdeka (: kota ini bernilai karena: Lalu-lintas laut, industri logam, tenun, bahan warna dan industri kaca). Hubungan dengan Isr. semula bersahabat: Ahab menikah dengan Izebel, puteri raja ~T yang bernama Etbaal; ada hubungan dagang yang ramai dengannya (1Raj 5:1-12; Raj 7:13,40; bdk.: Kis 12:20). Waktu ~T di dalam politik luar negerinya mau menguasai Isr., maka para nabi mengajukan protes-protes keras (Yes 23:1-; Am 1:9-10; Yeh 26:1 sampai Yeh 28:19; Za 9:3-4). ~T baru terkalahkan oleh Iskandar Agung dan beralih menjadi milik dinasti Selekuid. Pada tahun 198 Seb. Mas. ~T menyatakan dirinya merdeka kembali. Mark 3:8; Mat 15:21; nampaknya menyamakan ~T dengan daerah di pedalaman, yaitu dengan lembah Yordan di Galilea atas (--> Sidon). Paulus tinggal di tengah-tengah para murid di ~T selama 7 hari (Kis 21:3-4). Peta PL/PB C2.
Tirus [kecil]
TB- Kota dagang penting yang terletak di sebuah pulau di muka pesisir Fenisia, sebelah utara Palestina. Sering disebut bersama dengan Sidon --> 20734.
KS.- [PL] 2Sam 5:11; 1Raj 5:1; 7:13-14; Yes 23:1-18; Yeh 26:1-28:19; Am 1:9-10
[PB] Mat 11:21-22; 15:21; Mr 7:24,31; Luk 6:17; 10:13-14; Kis 12:20; 21:3,7
Tirus [pedoman]
- 1. Asal mula - . Yes 23:7; Yos 19:29
- 2. Dinamai:
- 2.1 Puteri Sidon. Yes 23:12
- 2.2 Puteri Tarsis. Yes 23:10
- 2.3 Kota yang terpuja. Yeh 26:17
- 2.4 Kota yang beria-ria. Yes 23:7
- 2.5 Kota yang menghadiahkan mahkota. Yes 23:8
- 3. Kedudukan - sebagai kota dagang. Yeh 26:17; 27:4,25
- 4. Diperkuat dengan benteng. Yos 19:29; 2Sam 24:7; Yeh 26:17; Za 9:3
- 5. Diperintah oleh raja-raja. 1Raj 5:1; Yer 25:22
- 6. Terkenal karena:
- 6.1 Keindahannya. Yeh 27:3,4
- 6.2 Perdagangannya. Yes 23:2,3; Yeh 27:3,12-25
- 6.3 Kekayaannya. Yeh 27:33; 28:4,5; Za 9:3
- 6.4 Kekuatan dan keindahan kapal-kapalnya. Yeh 27:5-7
- 7. Tentara - disediakan oleh orang Persia dan bangsa-bangsa lain. Yeh 27:10,11
- 8. Penduduk - :
- 8.1 Pelaut. Yeh 26:17
- 8.2 Pedagang. Yes 23:8
- 8.3 Sombong. Yes 23:9; Yeh 28:2,3-5,17
- 8.4 Percaya kepada takhayul. Yer 27:2,3,9
- 8.5 Jahat. Yeh 28:18
- 9. Sering kali bergabung dengan bangsa-bangsa lain melawan orang Yahudi dan senang melihat kesusahan mereka.
- 10. Daud dan Salomo mengadakan persekutuan dengan - . 1Raj 5:1; 2Taw 2:3
- 11. Menyediakan:
- 11.1 Pelaut-pelaut untuk angkatan laut Salomo. 1Raj 9:27; 2Taw 8:18
- 11.2 Seorang yang ahli mendirikan Bait Suci. 2Taw 2:7,13
- 11.3 Batu-batu dan kayu untuk mendirikan Bait Suci. 1Raj 5:6,9; 2Taw 2:8,9,16
- 11.4 Kayu untuk membangun kembali Bait Suci dan kota. Ezr 3:7
- 12. Orang Yahudi disalahkan karena membeli dari orang - pada hari Sabat. Neh 13:16
- 13. Kristus:
- 13.1 Membicarakan tentang kejahatan - . Mat 11:21,22
- 13.2 Menyingkir ke daerah - . Mat 15:21; Mr 7:24
- 13.3 Diikuti oleh banyak orang dari - . Mr 3:8; Luk 6:71
- 13.4 Rasul Paulus mengunjungi beberapa orang murid di - . Kis 21:3,4
- 13.5 Bahan makanan orang - bergantung pada orang Galilea. Kis 12:20
- 13.6 Minta perdamaian dengan Herodes. Kis 12:20
- 14. Nubuat-nubuat mengenai:
- 14.1 Memusuhi orang Yahudi merupakan salah satu sebab kebinasaan - . Yeh 26:2
- 14.2 Kesombongan merupakan salah satu sebab kebinasaan - . Yeh 28:2-6
- 14.3 Akan dibinasakan oleh raja-raja Babel. Yes 23:14,15; Yer 27:3,6; Yeh 26:7-13
- 14.4 Penduduk - akan mengungsi ke negeri lain. Yes 23:6,12
- 14.5 Akan dijadikan gunung batu yang gundul dan tempat penjemuran pukat. Yeh 26:3-5,14
- 14.6 Segala rampasan dari tanah Mesir diberikan oleh Allah kepada raja Babel karena melawan negeri - . Yeh 29:18-20
- 14.7 Akan dibinasakan dan dilupakan tujuh puluh tahun lamanya. Yes 23:15
- 14.8 Sesudah tujuh puluh tahun - akan dipulihkan kembali dengan perdagangan yang besar. Yes 23:16,17
- 14.9 Kebinasaan - yang kedua kali disebabkan oleh orang Makedonia. Yeh 27:32; 28:7,8,18; Za 9:2-4
- 14.10 Reruntuhan kota yang pertama dipakai untuk menimbun jalan lintasan. Yeh 26:12
- 14.11 Tidak akan dijumpai lagi selama-lamanya. Yeh 26:21
- 14.12 Penduduknya akan dijual sebagai hamba sebagai pembalasan karena menjual orang-orang Yahudi. Yoel 3:4-8
- 14.13 Segala bangsa akan takut karena kebinasaan - . Yeh 26:15-18; 27:29-36; Za 9:5
- 14.14 Akan ikut mengambil bagian berkat-berkat Injil. Mazm 45:13; Yes 23:18
Mazm 83:8; Yeh 26:2; Am 1:9
Sur [MYSABDA]
Surlocation |
Definisi | : | Pintu gerbang |
Nomor Strong | : | H5495 |
Kata Asli | : | סוּר |
Syur [MYSABDA]
Syurlocation |
Nomor Strong | : | H7793 |
Kata Asli | : | שׁוּר |
Tirus [MYSABDA]
Tiruslocation |
Definisi | : | Kota; Di Fenisia; Dikunjungi oleh Paulus pada perjalanan ketiganya |
Nomor Strong | : | H6865; G5184 |
Kata Asli | : | צֹר; Τύρος; τύρος; Τύρος |
Zemer [MYSABDA]
Zemerlocation |
Definisi | : | Kota; Sebelah selatan dari Arwad |
Kata Asli | : |
Zur [MYSABDA]
Zurmale person |
Definisi | : | Ayah Kozbi; Raja Orang Midian |
Nomor Strong | : | H6698 |
Kata Asli | : | צוּר |
Keturunan | : | Kozbi |
Zur [MYSABDA]
Zurmale person |
Definisi | : | Anak Yeiel; Seorang Bani Benyamin |
Nomor Strong | : | H6698 |
Kata Asli | : | צוּר |
Orang Tua | : | Yeiel |
SYUR [ensiklopedia]
Daerah padang gurun di sebelah barat laut jazirah Sinai, di sebelah selatan dari tepi pantai Laut Tengah dan 'jalan tanah orang Filistin'. Itulah daerah yg letaknya antara Terusan Suez di sebelah baratnya dan 'Sungai Mesir' (Wadi el-`Arisy) di sebelah timurnya. Abraham, Sarai dan Hagar, pelayan perempuan, lari ke sebuah sumur lewat Kadesy di tepi jalan ke Syur (Kej 16:7). Untuk sementara waktu Abraham tinggal 'antara Kadesy dan Syur', lalu di Gerar (Kej 20:1); keturunan Ismael mendiami daerah sampai 'Syur, yg letaknya di sebelah timur Mesir' (Kej 25:18). Sesudah menyeberangi Laut Teberau sampailah Israel ke padang gurun Syur sebelum membelok ke selatan, ke Sinai (Kel 15:22). Syur berada tepat di jalan langsung ke Mesir dari selatan Palestina (1 Sam 15:7 dan, lebih khas lagi, 27:8). KAK/MHS/HAO
TIRUS [ensiklopedia]
Bandar laut utama di pantai Fenisia, kr 38 km sebelah selatan Sidon dan 53 km sebelah utara G Karmel. Namanya dalam bh Ibrani tsor; Asyur Sur(r)u; Mesir daru; Yunani Tiros. Tirus melingkupi dua pelabuhan, satu yg terletak di sebuah pulau, yg lain, yg disebut 'Lama', terletak di jazirah dan mungkin inilah yg disebut Ussu dalam tulisan ukir Asyur. Tirus diairi oleh S Litani, dan mendominasi dataran sekitarnya di mana terletak Sarepta. *SARFAT.
I. Sejarah Tirus
Menurut Herodotus 2.44 Tirus didirikan kr thn 2700 sM. Tapi nama Tirus tidak disebut dalam daftar kota yg ditaklukkan oleh Tutmoses III kr thn 1485 sM, dan karena itu beberapa ahli menganggapnya belum didirikan sebagai koloni Sidon pada waktu itu. Namun Tirus nampaknya sudah sejak dini aktif dalam perdagangan laut, baik dagang barang-barang biasa maupun barang-barang mewah dengan Mesir. Keinginan menguasai kegiatan dagang ini mendorong Mesir menyerbu pantai Fenisia. Selama zaman Amarna penguasa setempat di Tirus, yaitu Abimilki, tetap setia dan mengirim surat kepada raja Mesir, Amenofis III. Ia melaporkan pengkhianatan kota-kota di sekitarnya, lalu meminta bantuan melawan Aziru raja Amori dan raja Sidon. Waktu orang Filistin menjarah Sidon (kr 1200 sM), penduduknya banyak yg lari ke Tirus, yg pada saat itu menjadi bandar utama Fenisia dan disebut 'putri Sidon'. Menjelang akhir milenium 2 sM Tirus terhitung sebagai kota berkubu dengan pertahanan yg kuat, dekat perbatasan tanah yg ditentukan menjadi milik pusaka suku Asyer (Yos 19:29) dan nama baik ini terus dipertahankan (bnd 2 Sam 24:7).
Dengan pudarnya kejayaan Mesir, Tirus merdeka, dan penguasa-penguasanya menguasai kebanyakan kota pantai Fenisia, termasuk daerah pedalaman Libanon. Raja Hiram I menjadi sahabat raja Daud dan menyediakan bahan-bahan untuk membangun istana raja di Yerusalem (2 Sam 5:11; 1 Raj 5:1; 1 Taw 14:1). Politik persahabatan ini tetap dia pertahankan sepanjang pemerintahan raja Salomo. Raja Hiram mengirim kayu dan batu untuk membangun Bait Suci (1 Raj 5:1-12; 2 Taw 2:3-16) sebagai imbalan bahan pangan dan keuntungan-keuntungan wilayah (1 Raj 9:10-14). Orang-orang Tirus, termasuk seorang juru tuang perunggu disebut Hiram membantu dalam proyek-proyek pembangunan Salomo (1 Raj 7:13-14).
Hiram I menghubungkan bandar di jazirah dengan bandar yg di pulau itu melalui jalan urukan, lalu ia mendirikan di pulau itu sebuah kuil yg dipersembahkan kepada dewa Melkart dan dewi Astarte. Sebagai bagian dari politik ekspansi dan politik dagangnya, ia membantu Salomo mengembangkan bandar Ezion-Geber di Laut Merah untuk memuluskan pelayaran ke arah selatan (1 Raj 9:27), dan kapal-kapalnya mencapai tempat-tempat yg jauh (1 Raj 9: 28). Sejak saat ini, yg sering disebut 'zaman emas Tirus', orang Tirus menjadi raja-raja dagang di timur Laut Tengah (Yes 23:8), dan terkenal karena keberanian mereka mengarungi laut (Yeh 26:17; 27:32). Barang niaga utama mereka ialah kaca buatan mereka sendiri, dan bahan celup khas warna kirmizi yg disebut 'warna, Tirus' yg dibuat dari kerang-kerangan setempat. *KERAJINAN TANGAN; *FENISIA, ORANG FENISIA.
Sumber utama untuk daftar raja-raja Tirus masih Kanon dari Ptolemi, tapi walaupun sejarah Tirus dapat dikoordinasikan dengan sejarah Asyur dan Israel, masih ada perbedaan kr 10 thn mengenai tarikh dari penguasa-penguasa terdahulu. Jadi pemerintahan Hiram I ditentukan kr thn 979-945 sM; bnd tarikh Albright, 969-936 sM. Menggantinya Baal(m)azzar I (= Balbazeros) diganti oleh Abd-Asytar yg dibunuh oleh kakak adiknya, dan yg tertua dari mereka Metus-Astartus, merebut takhta. Feles yg mengganti Astarumus kr thn 897 sM, digulingkan oleh imam besar Etbaal (Itobal) yg putrinya, Izebel, dikawinkan dengan Ahab raja Israel, untuk mengokohkan persekutuan negeri-negeri mereka (1 Raj 16:31). Etbaal sebaya juga dengan Ben-HadadI. Kemenangannya menggulingkan Feles barangkali bisa dihubungkan dengan penyerbuan Asyurnasirpal II, raja Asyur, yg menerima upeti yg besar dari Tirus.
Tirus menderita pukulan thn 841 sM, tatkala Salmaneser III raja Asyur, pada thn ke-18 pemerintahannya, menerima upeti dari Ba'alimanzar serentak waktu. Yehu memberi dia penghormatan di Nahr el-Kelb (Sumer 7, 1972, 3-21). Raja Baalezer II diganti oleh raja Meten I (829-821 sM) dan oleh Pygmalion (Pu'm-yaton). Pada thn ke-7 pemerintahannya -- ia dari Tirus -- mendirikan kota Kartago di Afrika Utara (825 atau 815 sM).
Tekanan Asyur terhadap Fenisia berjalan terus, dan Tirus membayar upeti kepada Adad-Nirari III thn 803 sM; raja Tirus, Hiram II, mengirim pemberian-pemberian kepada Tiglat-Pileser III, dan raja itu menyatakan bahwa Rabsyake-nya (seorang pejabat tinggi) menerima 150 talenta emas dari Meten II, yaitu raja Tirus yg mengganti Hiram II. Dengan jalan demikian Tirus tetap mempunyai otonomi yg lumayan. Menurut Yosefus, Salmaneser V raja Asyur (kita tidak punya catatan-catatan raja itu) mengepung Tirus thn 724; Tirus jatuh bersama Samaria ke tangan Sargon II thn 722 sM. Petugas-petugas Asyur setempat mengawasi pembayaran bea-bea barang ke Niniwe, dan kerusuhan ditimbulkan oleh Mesir, yg daripadanya orang Tirus minta bantuan. Hal ini menyebabkan Tirus dicela keras oleh para nabi Israel; oleh Amos, karena menyerahkan tawanan Ibrani kepada Edom (1:9), dan oleh Yoel (3:5-6), karena menjual orang Yehuda dan orang Yerusalem sebagai budak kepada orang Yunani. Tirus kemudian dikuasai oleh orang Sidon, dan tatkala Sanherib bergerak mendekati Tirus, rajanya Luli (Elulaeus) lari dan meninggal di pembuangan. Hal ini menyelamatkan Tirus dari serangan, dan orang Asyur melantik calon mereka, yaitu Tuba'alu (Etbaal III) pada thn 701 sM sebagai raja.
Esar-Hadon dari Asyur yg menjaga supaya jalan tetap terbuka untuk menyerang Mesir, menghukum mati Abdi-Milkiti raja Sidon (kr 677 sM) dan memberi takhta kepada Ba'ali I, dengan membuatnya terikat kepada Asyur melalui suatu perjanjian. Tapi Tirus yg dihasut oleh Tirhaka raja Mesir, memberontak dan Esar-Hadon mengepung Tirus, yg haru pada thn 664 menyerah kepada Asyurhanipal: raja itu menobatkan Azi-Baal menjadi raja, sambil mengambil kakak adiknya perempuan beserta banyak petugas lainnya sebagai sandera ke Niniwe.
Dengan kemunduran Asyur pada akhir pemerintahan Asyurbanipal (kr 636-627 sM), Tirus mendapat otonominya kembali dan juga bagian terbesar dari kegiatan dagang lautnya yg dulu. Kendati demikian nabi Yeremia menubuatkan (Yer 25:22; 27:1-11) bahwa Tirus akan tunduk kepada Babel; di kemudian hari Yehezkiel (Yeh 26:1; 28:19; 29:18-20) dan Zakharia (9:2 dsb) menubuatkan hal yg sama. Nebukadnezar II mengepung Tirus selama 13 thn (kr 587-574 sM) (Jos., Life 1.21, JBL 51, 1932, hlm 94 dab), tapi tak ada tertinggal catatan dari zaman itu mengenai hal ini (bnd Yeh 28:18-20). Akhirnya Tirus pada pemerintahan Baali II mengakui keunggulan kekuasaan Babel, dan beberapa perjanjian Babel membenarkan hal ini dan memaparkan nama-nama petugas Babel setempat. Selama masa 10 thn kota itu diperintah oleh 'hakim' (spt).
Pada thn 332 sM bandar yg di pulau itu dikepung oleh Iskandar Agung selama 7 bln; ia menaklukkannya hanya dengan membangun jalan urukan ke benteng pulau itu. Kendati Tirus menderita banyak kehilangan, namun segera bandar itu bangkit kembali di bawah perlindungan raja-raja Seleukus. Herodes I membangun kuil utama kembali, yg masih berdiri pada waktu Yesus mengunjungi daerah perbatasan Tirus dan Sidon (Mat 15:21-28; Mrk 7:24-31). Orang-orang Tirus mendengar Dia berbicara (Mrk 3:8; Luk 6:17) dan Ia menyebut Tirus sebagai kota kafir, namun akan memikul hukuman yg lebih kecil daripada yg menimpa kota-kota Galilea yg terus-menerus menyaksikan pelayanan-Nya (Mat 11:21-22; Luk 10:13-14). Orang Kristen sangat aktif di Tirus pada abad I (Kis 21:3-6) dan di sanalah dikuburkan Origenes pada thn 254 M.
II. Arkeologi Tirus
Bagian utama dari reruntuhan yg ada berasal dari masa takluknya Tirus pada Perang Salib (1291 M). Tapi penggalian-penggalian pada thn 1921 (Syria 6, 1922) dan 1937 di pelabuhan Tirus, sudah menurunkan sebagian fondasi zaman dulu. Tapi mata uang yg banyak yg ditempa di Tirus sejak abad 5 sM dan seterusnya, yg ditemukan di banyak tempat di seluruh Asia Barat Lama dan Laut Tengah, menyaksikan kebesarannya.
'Tangga Tirus' yg menurut Yosefus (BJ 2.188) menandai batas pembagian Fenisia dengan Palestina yg sebenarnya (1 Makabe 11:59), lazim dianggap sama dengan tanjung berbatu yg menganjur di Ras en-Naqara atau Ras el-'Abiad.
KEPUSTAKAAN. W. F Albright, 'The New Assyro-Tyrian Synchronism and the Chronology of Tyre', dalam Melanges Isidore Levy, 1955, hlm 1-9; A Poidebard dan L Cayeux, Un grand Port disparu, Tvr, 1939; singgungan akan Tirus dalam tulisan-tulisan dari zaman kuno (ANET; DOTT); N Jidejian, Tyre through the Ages, 1969; H. J Katzenstein, The History of Tyre, 1973. DJW/MHS/HAD
TIRUS [browning]
Kota penting di pulau lepas pantai Fenisia, sering dihubungkan dengan *Sidon. Tirus mengalami hubungan akrab dengan Israel pada waktu pemerintahan *Daud dan *Salomo, ketika kayu *cedar dari Tirus didatangkan untuk pembangunan Bait Allah (1Raj. 5; 7:13-46). Kemudian muncul masa kesukaran di Israel (Kerajaan Utara) pada waktu pemujaan *Baal dari Tirus (yang menguasai Sidon) diperkenalkan oleh Ratu *Izebel (1Raj. 16:31; 2Raj. 9:10).
Beberapa orang yang mendengarkan Yesus datang dari Tirus (Mrk. 3:8) dan sekali pernah dilaporkan bahwa Yesus pergi ke wilayah itu (Mrk. 7:24). Yesus mempunyai kesan yang lebih baik atas Tirus dan Sidon ketimbang beberapa kota Galilea yang menolak pemberitaan-Nya (Mat. 11:21-22).
Zur [AI-PEDIA]
Zur
Biodata:
- Nama: Zur (bahasa Ibrani: צוּר) yang berarti "Batu" atau "Tebing".
- Silsilah: Anak dari Yediael, keturunan Simeon (Bilangan 26:12-14).
- Informasi Tambahan: Zur adalah pemimpin keluarga di antara suku Simeon pada zaman padang gurun.
Peristiwa Penting:
- Pemberontakan Korah: Zur adalah salah satu pemimpin Israel yang menentang Musa dan Harun bersama-sama dengan Korah, Datan, dan Abiram (Bilangan 26:9). Mereka mempertanyakan kepemimpinan Musa dan Harun, menuduh mereka meninggikan diri di atas umat Tuhan (Bilangan 16:1-3).
- Akibat Pemberontakan: Akibat pemberontakan mereka, Tuhan mengirimkan api yang membakar Korah dan para pengikutnya, termasuk Zur (Bilangan 16:31-35). Tanah juga terbelah dan menelan mereka beserta keluarga dan harta benda mereka (Bilangan 16:31-33).
Ayat Alkitab Terkait:
- Bilangan 16:1-3: "Bangunlah Korah, Datan dan Abiram, anak-anak Eliab, beserta dua ratus lima puluh orang Israel, semuanya pemimpin-pemimpin umat itu, yaitu orang-orang yang dipilih oleh masyarakat dan yang kenamaan, lalu mereka bersama-sama melawan Musa dan Harun. Berkatalah mereka kepada Musa dan Harun: "Cukuplah itu! Sebab seluruh umat itu, semuanya kudus, dan TUHAN ada di tengah-tengah mereka. Mengapa kamu meninggikan diri di atas umat TUHAN?"
- Bilangan 26:9-11: "Keturunan-keturunan Korah tidaklah mati binasa. Anak-anak Eliab ialah Nemuel, Datan dan Abiram. Datan dan Abiram itulah orang-orang pilihan jemaah yang memberontak melawan Musa dan Harun dalam perkumpulan itu, ketika mereka memberontak melawan TUHAN, lalu bumi membuka mulutnya dan menelan mereka bersama-sama dengan Korah, ketika orang-orang sekumpulan itu mati, ketika api memakan habis dua ratus lima puluh orang itu sebagai tanda bagi orang banyak. Tetapi anak-anak Korah tidaklah mati binasa."
- Bilangan 26:12-14: "Anak-anak Simeon menurut kaum mereka ialah: dari Nemuel, kaum orang Nemuel; dari Yamin, kaum orang Yamin; dari Yakhin, kaum orang Yakhin; dari Zerah, kaum orang Zerah; dari Saul, kaum orang Saul. Itulah kaum-kaum mereka. Dari pada orang-orang yang dicatat dari mereka ada dua puluh dua ribu dua ratus orang."
Pelajaran dari Tokoh Zur:
- Akibat dari Keangkuhan dan Ketidaktaatan: Kisah Zur menjadi peringatan bagi kita akan bahaya dari keangkuhan dan ketidaktaatan kepada Tuhan. Meskipun Zur adalah seorang pemimpin, ia membiarkan kesombongan menguasai hatinya dan memberontak terhadap otoritas yang Tuhan tetapkan.
- Pentingnya Menghormati Otoritas: Tuhan menetapkan otoritas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam keluarga, gereja, dan masyarakat. Menghormati otoritas yang Tuhan tetapkan adalah penting dan ketidaktaatan akan berakibat buruk.
- Kedaulatan Tuhan: Kisah Zur juga menunjukkan kedaulatan Tuhan. Ia berkuasa untuk mengangkat dan menjatuhkan, memberkati dan menghukum.
Meskipun Zur hanya disebutkan secara singkat dalam Alkitab, kisahnya memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya kerendahan hati, ketaatan, dan penghormatan terhadap otoritas yang Tuhan tetapkan.