Roh-roh Jahat
Roh-roh Jahat [kecil]
TB- Kuasa-kuasa yang dapat menguasai, memasuki dan mempengaruhi seorang sehingga ia melakukan dosa atau jatuh sakit. Yesus dan murid-murid-Nya mempunyai kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dari orang yang kerasukan itu. Juga bandingkan Setan --> 20733.
BIS- Roh setan yang dapat memasuki dan menguasai serta mempengaruhi seseorang sehingga orang itu berbuat dosa atau jatuh sakit. Menurut pandangan orang Yahudi, roh-roh jahat adalah utusan atau hamba Iblis.
Roh-Roh Jahat/Jin [haag]
Roh-Roh Jahat/Jin.
Sejak zaman purba boleh dikatakan, bahwa nasib orang yang tidak dapat dimengerti itu dilakukan pada campur-tangan kekuasaan atas-manusiawi yang baik maupun yang jahat. Di kemudian harinya soal-soal semacam itu dikembangkan dalam kepercayaan rakyat Yunani menjadi kekuatan para penguasa yang berdiri di tengah-tengah antara manusia dan para dewa, dari arwah orang-orang mati dan roh hantu, artinya dari ~RJ.
- (1) Di dalam PL. Pada hakekatnya kepercayaan pada ~RJ itu tidak bisa dipersatukan dengan iman akan Yahwe. ~RJ yang dipikir-pikir secara pribadi (1Sam 16:14,23; 18:10; 19:9; 1Raj 22:21) tetap merupakan suatu roh Allah (--> Elohim; 1Sam 28:13; Yes 8:19). Tidak ada persoalan penyembahan ~RJ itu, entah bentuknya memuja ataupun meredakan kemarahannya. ~RJ tidak ada. Ul 23:17 menyebutkan adanya "roh-roh hitam". Sebutan itu diungkapkan dengan penghinaan untuk mengatakan bahwa mereka adalah dewa-dewa kufur. Im 17:7; 2Taw 11:15; Yes 13:21; 34:14 menyebutkannya dengan di sejajarkan pada berbagai macam binatang yang hidup di padang gurun atau di reruntuhan-reruntuhan. Yes 34:14 menyebut ~RJ perempuan Lilit, suatu hantu malam hari. Lilit itu barangkali sejajar dengan Lilitu. Azazel menerima kambing jantan yang dibebani dosa di padang gurun (Im 16:8,20,26). ~RJ penyakit dan ~RJ penyakit menular dibicarakan dalam Mazm 91:6. -- Di dalam kitab --> Apokrif PL para ~RJ memainkan peran yang lebih besar. Mereka bertindak sebagai penggoda manusia dan sebagai musuh Allah. Di dalam kitab Henokh, mereka adalah malaekat yang telah jatuh dan taat kepada setan. (2). Walaupun PB banyak menceritakan tentang orang yang kerasukan ~RJ, namun ada kemunduran dalam hal kepercayaan pada ~RJ bila dibandingkan dengan sastra para rabi. Dalam sastra para rabi ~RJ berusaha membangkitkan kerugian pada jiwa maupun jasmani manusia. Di dalam PB para ~RJ. ada dibawah kekuasaan setan (Mat 25:41; 2Kor 12:7; Ef 2:2; Wahy 12:7). Menurut PB mereka diberi sebutan khas sebagai ~RJ. Dan ~RJ itu tinggal di tempat-tempat liar. Mereka yang mengakibatkan adanya orang kerasukan. Yesus mengusirnya (Mark 7:26 dstl.); mereka menipu para beriman (Ef 6:12; 1Yoh 4:1). Paulus sendiri digocoh oleh "utusan setan" (2Kor 12:7). Kebaktian kufur sebenarnya diarahkan kepada ~RJ (1Kor 10:20-21; 2Kor 6:15-16 dan lain-lain). Pada waktu akhir nanti akan ada sebuah serangan dahsyat dari ~RJ (1Tim 4:1). Orang terbebaskan dari ketakutan akan ~RJ secara mutlak karena Kristus. Ucapan mengenai ~RJ di dalam PB terikat pada pandangan dunia pada saat itu. Oleh sebab itu masalah para ~RJ tidak ada sangkut-pautnya dengan perwahyuan. Gamb. 32.