Lihat definisi kata "Pit" dalam Studi Kata
: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Pisgah | Pishon | Pisidia | Pison | Pispa | Pit | Pithom | Pithon | Pitom | Piton | Planit
Daftar Isi
GAMBAR: alam maut dunia orang mati
BROWNING: ALAM MAUT MAUT
ENSIKLOPEDIA: LIANG KUBUR

Pit

Dalam versi-versi Alkitab:

alam baka: BIS
alam barzakh: TL
alam maut: BIS
dalam kubur: FAYH TL
dikuburkan: BIS
dunia orang mati: BIS TB
kebinasaan: TL
keleburan: TL
kematian: BIS
kuburan: BIS
liang batu: BIS
liang kubur: BIS TB
liang lahad: TL
liang tanah: TL
lobang kubur: TB
lubang kubur: FAYH
lubang maut: FAYH
maut: FAYH

Gambar

alam maut: selebihnya..
Topik: In Hades; The Descent into Hades
dunia orang mati: selebihnya..
Topik: In Hades; The Descent into Hades

ALAM MAUT [browning]

Lihat *hades.

MAUT [browning]

Para penulis Alkitab tidak diperhadapkan dengan masalah-masalah etis dan biologis modern mengenai apakah sesungguhnya yang disebut kematian manusia itu. Apa sajakah syarat-syarat kematian tubuh sebelum dapat dikatakan bahwa seorang manusia telah mati? Apakah ini merupakan keadaan seperti tumbuh-tumbuhan yang diam tak bergerak, namun dengan beberapa aktivitas bawah sadar? Tidak diragukan, bahwa pada abad pertama keadaan tidak sadar telah dianggap mati, yang tidak dapat begitu didefinisikan dewasa ini. Dalam Alkitab, ketika semua tanda-tanda kehidupan tidak ada lagi, maka itu dianggap mati; itu adalah akhir kehidupan alamiah. Namun, kematian bukanlah bagian asli dari *penciptaan Allah (Kej. 3). *Dosa telah masuk dan menyebabkan kematian. Dalam PL terdapat pandangan yang berbeda mengenai keadaan mereka yang telah mati. Mungkin kematian adalah ketiadaan semata (2Sam. 14:14), atau keberadaan yang lemah dan samar-samar dalam *syeol (Yes. 14:10-11; Ayb. 10:21-22), tanpa adanya hubungan dengan Allah (Mzm. 6:5). Namun ada juga kepercayaan bahwa *roh orang-orang yang telah mati dapat dibangkitkan dari syeol, seperti ketika perempuan sihir dari *Endor mendatangkan *Samuel (1Sam. 28). Kemudian, awal kepercayaan terhadap *kebangkitan orang mati muncul dalam Dan. 12:2, dan hal ini diungkapkan dengan lebih jelas dalam 2Mak. 7:9-11, seperti halnya kepercayaan terhadap immortalitas, jiwa dalam Kitab Kebijaksanaan Salomo 1-5, di bawah pengaruh Platonisme *Aleksaridria popular. Dalam PB maut dianggap sebagai kuasa jahat, yang terhadapnya Yesus sendiri ngeri (Mrk. 14:34), namun iman *kebangkitan meredakan kengeriannya (1Tes. 4:13). Kematian juga sering disamakan dengan tidur (Yoh. 11:11-13). Memang, dalam Alkitab tidur merupakan metafora umum untuk kematian (mis. Dan. 12:2). Yesus memarahi para pekabung di rumah *Yairus, Anak ini tidak mati, tetapi tidur (Mrk. 5:39). Mungkin gadis itu koma, meskipun Lukas (Luk. 8:49) menafsirkan ungkapan Markus sebagai mati. *Mukjizat-mukjizat sebagaimana dicatat Injil-injil, pada tingkat tertentu, mengantisipasi kebangkitan Yesus sendiri, karena kebangkitan-Nya menjadi jaminan bagi kebangkitan orang-orang yang percaya kepada-Nya. Itulah sebabnya dalam arti tertentu. Paulus merindukan kematian (2Kor. 5:8). 'Maut' juga digunakan sebagai gambaran keterasingan yang disebabkan oleh dosa: 'karena keinginan daging adalah maut' (Rm. 8:(3); 'kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian ....Pilihlah kehidupan...' (Ul. 30:19). 'Kematian yang kedua' (Why. 2:11) menunjukkan status terakhir mereka yang dengan sengaja memisahkan diri dari Allah untuk selama-lamanya. Berdasar bentuk perfect tense kata kerja *Yunani dalam Yoh. 11:11, ada interpretasi yang diajukan mengenai kebangkitan *Lazarus: secara klinis ia telah mati, karena tidak ada lagi tanda-tanda kehidupan, namun belum mati secara biologis, karena tidak ada petunjuk kerusakan tubuhnya. Lazarus baru dalam keadaan 'sekarat' dan dapat kembali sadar akibat perintah Yesus, 'Marilah ke luar!' (Yoh. 11:43). Namun, lebih benar kemungkinannya, cerita mengenai kebangkitan Lazarus ini merupakan contoh tulisan kreatif penginjil. Cerita itu bukanlah sejarah, melainkan alegori untuk penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus, yang dihubungkan dengan pengalaman manusiawi. Lazarus mewakili kemanusiaan manusia, kita semua dapat dibangkitkan ke dalam kehidupan baru oleh Yesus. Hal ini merupakan janji, yang akhirnya mendorong para pemimpin Yahudi menuduh Yesus sebagai penghujat yang layak dihukum mati (Yoh. 11:53).

LIANG KUBUR [ensiklopedia]

Inilah pemakaian secara kiasan kata Ibrani bor (= sumur), untuk menguraikan alam bawah, tempat roh-roh pergi. Biasanya muncul dalam parapelisme dengan ungkapan seperti 'dunia orang mati', ump Mzm 28:1; 88:4; Yes 14:18; Yeh 32:18, dab. *JURANG MAUT; NERAKA. JAT/MHS


Lihat definisi kata "Pit" dalam Studi Kata



TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.19 detik
dipersembahkan oleh YLSA