Daftar Isi
GAMBAR: Paskah
LAMBANG: Paskah
BROWNING: PASKAH

Passover

Dalam versi-versi Alkitab:

Fasahh: LDKDR
Hari Raya Paskah: BIS
makan-roti-takberagi: ENDE
pasah: KL1870
Pasah: TL
Pascha: SBDR
Paska: BABA ENDE KL1863
Paskah: BIS FAYH SBDR TB WBTCDR
Paskha: SBDR

Gambar

Paskah: selebihnya..
Topik: Passover

Paskah [lambang]

Hari raya peringatan pembebasan umat Israel dari perbudakan di Mesir, dengan penyembelihan anak domba dan pengolesan darah anak domba itu di tiang pintu rumah mereka. Ini merupakan TIPE pembebasan orang Kristen, berkat darah Kristus, dari perbudakan dosa. Kel 12:1-49; Bit 9:2-6; Ul 16:1-6; Yos 5:10; 2 Raj 23:21-23; Ezr 6:19, 20; Yeh 45:21; Luk 22:15; 1 Kor 5:7; Ibr 11:28, dll.

PASKAH [browning]

1) Kata 'Easter' digunakan oleh AV dalam Kis. 12:4 untuk peringatan tahunan *kebangkitan Yesus; versi Inggris modern memilih kata Passover. Paskah segera menjadi perayaan utama jemaat mula-mula, dan pada abad ke-3, perayaan itu didahului dengan malam berjaga. Pada saat fajar, mereka yang telah dipersiapkan *dibaptiskan; semuanya menerima *Perjamuan Kudus. Hingga abad ke-4 M tidak ada perayaan *Jumat Agung sebagai peringatan tersendiri. Kadang-kadang Paskah, seperti Paskah *Kristen, dirayakan pada tanggal 14 bulan Nisan, tanggal perayaan Yahudi, yaitu pada hari biasa atau hari Minggu. Untuk beberapa waktu hal tersebut berlanjut di *Asia Kecil. Mereka yang melaksanakan kebiasaan ini disebut Quarto decimans. Di *Roma, hingga 160 M, tidak diselenggarakan perayaan pada hari Minggu setelah Paskah Yahudi. Diduga, sebagian besar 1 Petrus pada mulanya disusun sebagai bagian khotbah Paskah di Roma, ketika di sana ada orang-orang yang akan menerima *baptisan (1Ptr. 3:21). 2) Pesta tahunan Yahudi yang diadakan pada tanggal 14 bulan Nisan, memperingati peristiwa-peristiwa penyelamatan pada *keluaran dari *Mesir. Perayaan itu mungkin sudah ada sebelum zaman Israel di *Kanaan sebagai pesta pertanian di bulan pertama setiap tahun, lalu pesta itu diserap ke dalam kehidupan dan peribadahan orang Ibrani yang memasuki negeri itu. Sepertinya ada bukti catatan mengenai penggabungan perayaan tersebut, apabila dikatakan bahwa orang Israel setelah memasuki negeri Kanaan memelihara pesta Paskah itu (Yos. 5:10), dan pada keesokan harinya makan hasil negeri itu (Yos. 5:11). Sumber *P dari *Pentateukh menempatkan perayaan Paskah itu ke masa pengembaraan di *padang belantara *Sinai, tetapi pernyataan itu tak dapat dipandang sesuai dengan kenyataan sejarahnya. Sejak zaman *Salomo (1Raj. 9:25; 2Taw. 8:13) perayaan Paskah menjadi tetap dan di masa reformasi *Yosia (2Raj. 23:21-23) ditentukan supaya ada perayaan-perayaan Paskah yang teratur di Yerusalem. Anak domba Paskah itu dibakar (Kel. 12:8-9), dimasak (Ul. 16:7), dan dimakan pada suatu perjamuan yang khidmat di petang hari, memperingati saat keluar dari Mesir. Pesta *roti tak beragi (seperti dalam Yos. 5:11) diadakan seminggu penuh sesudah Paskah. Pesta Paskah mempunyai arti yang sangat menentukan bagi kesadaran Yahudi sebagai bangsa. Pesta ini mempersatukan angkatan-angkatan manusia dalam satu keluarga. Dalam PB Paskah berarti, karena *Perjamuan Tuhan dirayakan sebagai perjamuan Paskah, menurut Injil-injil Sinoptik, yang diadakan Yesus bersama murid-murid-Nya di Yerusalem. Mereka mengikuti tata perayaan tradisional dengan cawan anggur pertama dan kedua dari roti tidak beragi, tetapi arti yang baru diberikan Yesus pada perjamuan itu dengan mengaitkannya dengan kematian-Nya yang akan datang. Penulis PB lain menunjuk kepada Yesus sebagai 'domba Paskah' (1Kor. 5:7) dan penyambutan Yesus sebagai 'domba Allah' oleh *Yohanes Pembaptis (Yoh. 1:29), yang oleh beberapa penafsir dianggap sebagai petunjuk bahwa Injil Yohanes, yang mengaitkan kematian Yesus dengan waktu penyembelihan domba-domba Paskah di Bait Allah (Yoh. 19:14), mempunyai suatu teologi mengenai Yesus sebagai 'Domba Paskah' yang mendatangkan pembebasan terakhir bagi umat-Nya dari perhambaan dosa. 3) Suatu etimologi yang salah dalam Gereja Perdana menghubungkan kata Ibrani itu dengan kata kerja Yunani paschein, yang berarti 'menderita'. Dan karena bertemakan penderitaan Kristen, maka 1 Petrus diusulkan sebagai suatu khotbah *baptisan yang diadakan pada suatu hari Paskah (1Ptr. 1:21).



TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA