Kaisarea

(1) sebuah kota disebut menurut nama Filipus dari Makedonia. Kis 16:12. (2) penduduk kota Pilipi. Fili 4:15.
pecinta kuda. Mat 10:3.
dinamakan menurut Kaisar Augustus; Kis 8:40.
dinamakan menurut Filipus ke IV. Mat 16:13.
NETBible Maps:
Map2 C1
Map4 B3
Map5 F2
Map7 A1
JP1 F4
JP2 F4
JP3 F4
JP4 F4
Indo8 D2
Indo9 B4

Peta Google: Filipi (41° 0´, 24° 17´); Kaisarea Filipi (32° 29´, 34° 53´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) FilipiKaisarea Filipi

Yunani

Strongs #2542: Kaisereia Kaisereia

Caesarea = "severed"

1) Caesarea of Philippi was situated at the foot of Lebanon near the
sources of the Jordan in Gaulanitis, and formerly called Paneas;
but afterward being rebuilt by Philip the tetrarch, it was called
by him Caesarea, in honour of Tiberias Caesar; subsequently called
Neronias by Agrippa II, in honour of Nero.
2) Caesarea of Palestine was built near the Mediterranean by Herod
the Great on the site of Strabo's Tower, between Joppa and Dora.
It was provided with a magnificent harbour and had conferred upon
it the name of Caesarea, in honour of Augustus. It was the
residence of Roman procurators, and the majority of its
inhabitants were Greeks.

2542 Kaisereia kahee-sar'-i-a

from 2541; Caesaria, the name of two places in Palestine: KJV -- Caesarea.
see GREEK for 2541

Strongs #5375: filippoi Philippoi

Philippi = "Lover of horses"

1) a city of Macedonia located on or near the northern coast of the
Aegean Sea, between the rivers Strymon and Nestus, and the cities
Neapolis and Amphipolis

5375 Philippoi fil'-ip-poy

plural of 5376; Philippi, a place in Macedonia: KJV -- Philippi.
see GREEK for 5376

Strongs #5376: filippov Philippos

Philip = "lover of horses"

1) an apostle of Christ
2) an evangelist and one of the seven deacons of the Jerusalem church
3) tetrarch of Trachonitis, was brother to Herod Antipas, by the
father's, but not by the mother's side. Philip was born of
Cleopatra, of Jerusalem, and Herod of Malthace, a Samaritan: he
died in the twentieth year of Tiberias, five years after his
mention in Lu 3:1. He built Caesarea Philippi. His step brother
Herod Antipas, married his wife unlawfully. (Gill)
4) see 2542, Caesarea Philippi

5376 Philippos fil'-ip-pos

from 5384 and 2462; fond of horses; Philippus, the name of four Israelites: KJV -- Philip.
see GREEK for 5384
see GREEK for 2462

[Yoppi]

Strongs #02542:

Kaisarea

Strongs #05376:

Filippus

[Barclay]

Strongs #2542:

av [feminin] Kaisarea: (1) di pantai Palestina; (2) Kaisarea Filipi

Strongs #5375:

wn [maskulin] Filipi: (1) Kaisaria Filipi; (2) di Makedonia

Strongs #5376:

ou [maskulin] Filipus: (1) satu di antara ke-12 murid; (2) anak dari Herodes gubernur Galilea; (3) satu diantara ke-7 pelayan di gereja Yerusalem; (4) suami pertama Herodias (Mat 14.3; Mrk 6.17)

Filipus [haag]

Filipus. (Bhs. Yun.: sahabat kuda).

  1. (1) ~F II, raja Makedonia (359-336 sebelum Mas.). Ayah Iskandar Agung (1Mak 1:1; 6:2).
  2. (2) ~F V dari Makedonia (221-179 sebelum Mas.; sindiran atas kekalahannya tahun 197 sebelum Mas.: 1Mak 8:5).
  3. (3) ~F sahabat Antiokhius IV EPifanes (1Mak 6:14-15.55-63; 2Mak 9:29; 2Mak 13:23).
  4. (4) F putera Herodes dan Kleopatra: Raja-wilayah (: tetrarkh) Iturea, Trakhonitis (Luk 3:1), Gaulanitis, Batanea dan Auranitis, salah sebuah daerah yang terutama dihuni orang kafir. Ia mampu memelihara perdamaian di daerahnya dalam waktu yang lama. Ia dirikan Betsaida (Yulias) dan Paneas (Kaisarea Filipi; Mark 8:27 dsj). Ia kawin dengan Salomo, puteri Herodias (Mark 6:22-28 dsj).
  5. (5) ~F [Herodes ~F] putera Herodes dengan Mariamne II. Suami Herodias. Salome puterinya kawin dengan ~F (4). Ia sendiri meninggal di Roma selaku seorang swasta.
  6. (6) ~F murid Yesus (Mark 3:18 dsj; Kis 1:13), berasal dari Betsaida. Hanya sering disebutkan pada Yohanes (Yoh 1:43-46; 6:5-7; 14:8-10). Karyanya terutama sebagai penghubung orang kafir (Yoh 12:21-22). Sebuah Injil apokrif dinyatakan berasal daripadanya, dan juga kisah rasul-rasul apokrif (diperkirakan berasal dari akhir abad 4).
  7. (7) ~F seorang dari ke-7 --> Diakon di Yerusalem (Kis 6:5-6). Ia berkotbah di Samaria (Kis 8:5-13), di daerah Gaza (Kis 8:26-39), di Asdod dan akhirnya ia tinggal di Kaisarea. Di situ ia menerima Paulus (Kis 21:8). Ia sering dicampurkan dengan (6).

Kaisarea [haag]

Kaisarea.

(Nama dari dua buah kota).

  1. (1) ~K Palestina atau Straton adalah sebuah kota pelabuhan di Laut Tengah antara Yafo dan Dor, pada jalan perdagangan menuju Yerusalem (Kis 9:30; 18:22; 21:8). Kota itu didirikan oleh Herodes Agung antara tahun 20 dan 9 seb. Mas., di dekat menara kuno Straton. Kota itu didirikan untuk menghormati kaisar Agustus. Setelah raja Herodes Agripa I wafat (Kis 12:20-23), kota itu menjadi tempat tinggal para Prokurator Roma. Sebagian besar rakyat di ~K bukanlah penganut agama Yahudi. Kota itu menjadi tempat tinggal Filipus (Kis 8:40; 21:8; dan Kornelius. Paulus berkotbah di rumah Kornelius (10). Di ~K Paulus tinggal sebagai orang tahanan. Di situ ia berbicara di depan Agripa II (Kis 23:23-35; 24:27; 25:1-4,6,13). Di ~K Vespasianus diangkat menjadi kaisar (Bellum Yudaicum 4:10, 1-2). Penggalian di situ (sejak tahun 1956) menyingkap kembali kota para peserta Perang Salib, teater Herodes dengan satu-satunya tulisan yang kini ditemukan tentang Ponsius --> Pilatus, dan tersingkap pula bangunan pelabuhan. Peta PB B4
  2. (2) ~K Filipi. Kota ini didirikan oleh Herodes Filipus pada tahun 2 atau tahun 3 seb. Mas. dekat mata-air sungai Yordan. Dahulu kala menjadi tempat pujaan dewa Pan dan sebuah kenisah dibangun di situ untuk menghormatinya. Oleh karena itu dahulu kala nama kota itu adalah Panias. Di tempat itulah injil-injil sinoptis menempatkan pengakuan Petrus atas Yesus sebagai Mesias (Mark 8:27-30 dsj.). Kota ini disebut Neronias pada zaman pemerintahan Agripa II. Sebutan ini tidak berlaku lama. Dalam bahasa Arab kota itu dinamakan Baniyas. Pada tahun 1967 kota itu dimusnahkan oleh kekuasaan Isr. Gambar 5.

Filipus [kecil]

KS.- [PB]

  1. penguasa di Iturea, Luk 3:1
  2. suami pertama Herodias, Mat 14:3; Mr 6:17
  3. rasul, Mat 10:3; Yoh 1:43-48; 6:5-7; 12:21-22; 14:8-9
  4. pelayan dan penginjil, Kis 6:5; 8:5-40; 21:8

Kaisarea [kecil]

KS.- [PB] Kis 8:40; 9:30; 10:1,24; 11:11; 12:19; 21:8,16; 23:23,33; Kis 25:1,4,6,13

Filipus [tokoh]

Filipus

  1. Rasul; mengikuti Yesus, membawa Natanael (Yoh 1:43-48). Diutus sebagai rasul (Mat 10:3; Mr 3:18; Luk 6:14; Kis 1:13). Membawa orang Yunani kepada Yesus (Yoh 12:20-22).
  2. Diakon, dipilih untuk melayani jemaat (Kis 6:1-7). Pemberita Injil di Samaria (Kis 8:4-25). Bertemu dengan sida-sida dari Etiopia (Kis 8:26-40).
  3. Raja wilayah (Luk 3:1).

FILIPI [browning]

Kota di timur laut Yunani yang diberi nama menurut Filipus II dari Makedon. Kota ini dikukuhkan kembali oleh Markus Antonius sebagai perkampungan veteran tentara Roma yang berjaya (41 sM), dan diperluas dengan perkampungan tambahan pada 31 sM den dikelola sebagai kotapraja Romawi. Penduduknya campuran, mencakup orang-orang Yahudi (Kis. 16:13). Ada yang menjadi Kristen a.l. oleh Rasul Paulus, yang beberapa kali berkunjung ke kota itu dan yang menuliskan suratnya kepada jemaat di tempat itu dengan penuh kasih sayang (54 M). Kira-kira tahun 125, sepucuk surat dituliskan kepada Gereja di tempat itu oleh Polikarpus dari Smirna, yang masih ada sekarang.

FILIPUS [browning]

Nama dari banyak tokoh Alkitab. Mulai dari Filipus, ayah *Aleksander Agung dan seterusnya (1Mak. 1:1; 6:2). 1) *Herodes Agung memperanakkan seorang putra dari Marianne, yang disebut Herodes Filipus. Ia menikah dengan *Herodias dan mempunyai anak perempuan, *Salome yang menikah dengan Herodes Filipus II, anak laki-laki dari Herodes Agung dan Kleopatra dari Yerusalem. Filipus II ini adalah raja wilayah *Ituraea dan *Trakhonitis (Luk. 3:1), dari 4 sM sampai 33 M. 2) Salah seorang pengikut Yesus bernama Filipus (Mrk. 3:18; Yoh. 1:43). Ia ada di Yerusalem setelah *kebangkitan (Kis. 1:13). 3) Seorang Filipus lagi (si pemberita Injil) adalah salah seorang dari tujuh orang yang ditunjuk untuk mengurusi pelayanan kasih Gereja (Kis. 6:5), tetapi kemudian ia memperluas kegiatannya itu (Kis. 8:29) dengan membaptiskan seorang Etiopia yang takut akan Allah. Kemudian, Filipus hidup di *Kaisarea (Kis. 21:8-9) bersama empat orang putrinya yang bernubuat.

KAISAREA [browning]

Dibangun di tepi pantai oleh *Herodes Agung sebagai penghormatan terhadap *Kaisar *Agustus. Kota ini menjadi tempat tinggal para pejabat kepala daerah Romawi. Penduduknya terdiri dari orang-orang Yahudi dan orang-orang *bukan Yahudi. Kekristenan dibawa ke sana oleh *Filipus (Kis. 8:40; 21:8). *Petrus menjadi sadar akan kesejajaran orang Yahudi dan orang *bukan Yahudi dalam. Gereja melalui panggilannya ke Kaisarea oleh *Kornelius, *kepala prajurit Romawi dan orang yang takut akan Allah. Paulus dibawa ke Kaisarea untuk diadili (Kis. 23:23).

KAISAREA FILIPI [browning]

Sebuah kota pedalaman di tepi Sungai *Yordan, di kaki Gunung *Hermon, tempat *Herodes Agung membangun sebuah kuil untuk Kaisar *Agustus, yang telah memberi dia kota itu. Semula disebut Panion. Kota itu diberi nama Kaisar oleh *Filipus, anak keempat Herodes, yang secara egoistis menambahkan 'Filipi' !!- untuk menghindari kekacauan dengan sebuah kota di tepi pantai Laut Tengah.

FILIPUS [biotokoh pb]

Disebut pertamaMat 10:3
Namanya disebut16 X
Kitab yang menyebutMatius, Markus, Lukas, Yohanes dan Kisah Para Rasul.
Tempat kelahiranMungkin di kota Galilea di Betsaida (Yoh 1:44)
Tempat kematianTradisi mengatakan, dia mati di Hierapolis, kota dekat Kolose dan Laodikia.
Terakhir disebutKis 1: 13
Fakta pentingDia membawa Natanael kepada Kristus (Yoh 1:45-46)
Ringkasan
  1. I. Perjumpaan pertama dengan Kristus.
    1. A. Kerelaan Filipus; Yoh 1:43
    2. B. Kesaksiannya; Yoh 1:45
    3. C. Kearifannya; Yoh 1:46
  2. II. Pelayanan sepenuhnya untuk Kristus.
    1. A. Filipus dan Juruselamat.
      1. 1. Waktu di laut Galilea; Yoh 6:5-7
      2. 2. Di ruang atas; Yoh 14:8-9
    2. B. Filipus dengan orang yang mencari Yesus; Yoh 12:20-22.

FILIPUS (Penginjil) [biotokoh pb]

Disebut pertamaKis 6:5
Namanya disebut16 X
Kitab yang menyebutKisah Para Rasul.
PekerjaanPenginjil
Tempat kelahiranMungkin di Kaisarea
Terakhir disebutKis 21:8
Fakta pentingDia membawa orang Etiopia kepada Kristus dalam perjalanan dari Gaza.
Ringkasan
  1. I. Dia dipilih sebagai diaken di Yerusalem.
    1. A. Alasan untuk dipilih Kis 6:1-2
    2. B. Syarat untuk dipilih Kis 6:3-4; 6:5a
  2. II. Penginjilan di Samaria Kis 8:5-8
    1. A. Pengajarannya; Kis 8:5
    2. B. Melakukan Keajaiban; Kis 8:6-8
  3. III. Pemenang jiwa di Gaza. Kis 8: 26-40
    1. A. Berita dar Malaikat; Kis 8:26
    2. B. Pelayanannya kepada sida-sida.
      1. 1. Kedudukan sida-sida; Kis 8:27
      2. 2. Kebingungan sida-sida; Kis 8:27
        1. a. Perjalanan; Kis 8:28,32-34
        2. b. Persoalan; Kis 8:29,30,34
      3. 3. Penjelasan kepada sida-sida; Kis 8:35
    3. C. Perubahan dari sida-sida; Kis 8:36-37
    4. D. Pengakuan sida-sida; Kis 8:38-39
  4. IV. Keluarga di Kaisarea. Kis 8:40
    1. A. Berkunjung kerumah Filipus; Kis 21:8
    2. B. Empat anak dara Filipus; Kis 21:9

FILIPUS [ensiklopedia]

(Yunani philippos, 'pencinta kuda'). Ada 4 tokoh yg memakai nama ini, yg dikenal oleh para penulis PB.

1. Seorang putra Herodes Agung dan Mariamne, putri Simon, Imam Besar. Untuk beberapa saat dialah penerus terdekat untuk Antipater (Jos., Ant. 17.53), tapi urutan ini dibatalkan oleh wasiat Antipater di kemudian hari, dan akhirnya ia hidup sebagai orang biasa. A. H. M Jones (The Herods of Judaea, 1938, hlm 176n) kemukakan, bahwa namanya sebenarnya ialah Herodes, bukan Filipus (Jos., Ant. 18.137, menyebutnya Herodes, tapi karena begitu banyak anggota keluarga Herodes yg memakai nama itu, maka dirasakan harus ada nama tambahan untuk membedakannya). Istrinya Herodias, ibu Salome, meninggalkannya dan kawin dengan Herodes Antipas, saudara tirinya (Mat 14:3: Mrk 6:17, Luk 3:19).

2. Seorang putra Herodes Agung dari istrinya yg kelima, yaitu Kleopatra orang Yerusalem; menurut keterangan Jos., Ant, 17.21 dia dibesarkan di Roma. Sesuai wasiat Herodes, kaisar Agustus mengangkat Filipus menjadi raja wilayah atas empat daerah, yaitu Gaulanitis, Trakhonitis, Auranitis dan Batanea (Jos), dan Iturea (Luk 3:1). Ia memerintah selama 37 thn, sampai ia mati pada thn 33/34 M. Ia berbeda dari kaum keluarganya dalam hal dilunakkannya pemerintahannya dan dalam menegakkan keadilan (Jos., Ant 18.106). Sesudah ia mati, wilayahnya disatukan dengan propinsi Siria sampai thn 37 M, tatkala Kaisar Gayus Kaligula memberikannya kepada raja Agripa (raja Herodes dim Kis 12:1, 19-23), putra Aristobulus dan cucu Herodes dan Mariamne.

Filipus membangun Panias kembali (Banyas modern) dan memberinya nama Kaisarea Filipi (Mat 16:13; Mrk 8:27) dan Betsaida Yulias (Jos., Ant. 18.28; BJ2.168). Kedua nama itu memantulkan simpatinya terhadap Roma. Dialah pangeran Yahudi pertama yg mencetak gambar kepala kaisar-kaisar Roma di atas mata uangnya. Ia kawin dengan Salome, putri Herodias, tapi tidak mempunyai anak (Jos., Ant. 18.137).

3. Filipus yg rasul, dipanggil mengikuti Yesus pada keesokan harinya sesudah Andreas dan Simon dipanggil, dan dialah pengantara yg membawa Natanael mengikuti Yesus (Yoh 1:43-46). Ia tinggal di Betsaida (Yoh 1:44); inilah Betsaida yg ada di Galilea (Yoh 12:21), yaitu tempat tinggal Andreas dan Simon, suatu kampung nelayan di tepi pantai barat danau Galilea. Dalam daftar rasul-rasul sesuai Mat 10:3; Mrk 3:14: Luk 6:14, namanya nomor lima dalam urutan, dan Bartolomeus nomor enam; dalam daftar Kis 1:13 dia nomor lima, tapi Tomas nomor enam. Ay-ay yg lain dalam PB yg mengandung namanya, menceritakan tentang ucapannya bahwa tak mungkin menyediakan makanan bagi 5.000 orang (Yoh 6:5); bahwa dia membawa orang-orang Yunani kepada Yesus (Yoh 12:21 dab), dan permohonannya kepada Yesus untuk melihat Bapak (Yoh 14:8). Papias 2:4 menyinggung mengenai dia sebagai salah seorang presbuteroi (penatua) (lih sambungannya di bawah).

4. Filipus adalah seorang dari 'tujuh orang' yg terpilih menjadi pelayan dari jemaat di Yerusalem (Kis 6:3,5). Dengan adanya penganiayaan terhadap gereja yg disusul oleh martirnya Stefanus, Filipus pergi ke Samaria untuk memberitakan Injil, dan di situ penginjilannya mendapat berkat yg lebih banyak (Kis 8:5-13). Sesudah itu ia disuruh ke selatan ke jalan Yerusalem-Gaza, untuk membawa sida-sida Etiopia kepada Kristus (Kis 8:26-38). Sesudah peristiwa ini, dia 'dilarikan oleh Rob Tuhan' ke Azotus, yaitu kota Asdod di negeri Filistin. Dari sana ia berkeliling melaksanakan tugasnya sampai ia tiba di pelabuhan Kaisarea (Kis 8:39-40). Agaknya ia menetap di situ (Kis 21:8).

Ia terkenal sebagai 'pemberita Injil', barangkali untuk membedakan dia dari rasul Filipus (lih 3 di atas), dan ada 4 anaknya perempuan, 'yg beroleh karunia untuk bernubuat' (Kis 21:9). Di sini Lukas dengan jelas membedakan Filipus pemberita Injil dari Filipus sang rasul. Eusebius dua kali (EH 3.31; 5.24) mengutip Polikrates, yg maksudnya menunjuk kepada Filipus 'seorang dari 12 rasul', dan kedua anaknya perempuan yg sudah tua itu seakan-akan sudah dikuburkan di Hierapolis, sedang anaknya perempuan yg satu lagi dikuburkan di Efesus. Barangkali yg terakhir inilah yg disebut dalam 3.30 (dikutip dari Klemen Aleksandria, nampaknya di sini memakai bentuk jamak secara serampangan), seakan-akan sudah dikawinkan.

Papias dikutip juga (EH 3.39) sebagai menerangkan bahwa rasul Filipus' bersama anak-anaknya yg perempuan tinggal di Hierapolis, dan anak-anaknya itu memberikan dia penerangan. Suatu kutipan dari Dialogue of Gains and Proclus dalam Eus, EH 3.31, mengatakan bahwa kuburan Filipus bersama keempat anaknya yg bernubuat itu bisa dilihat di Hierapolis, yg disusul dengan menunjuk kepada Kis 21:8-9, dan menunjukkan bahwa Eusebius, sejarahwan itu, mengacaukan Filipus rasul dengan Filipus pemberita Injil. Mungkin sekali, bahwa baik rasul maupun pemberita Injil itu sama-sama mempunyai anak perempuan, yg menimbulkan kekacauan tsb. Lightfoot (Colossians, hlm 45 dst) mungkin benar dalam mempertahankan, bahwa rasul Filipus-lah yg mati di Hierapolis.

Penemuan papirus di Nag Hammadi membuat kita tahu tentang suatu kitab Apokrifa, yaitu Gospel according to Philip: lih R McL Wilson, The Gospel of Philip, 1962. DHW/MHS

KAISAREA [ensiklopedia]

Kota yg indah sekali, dibangun oleh Herodes Agung di tempat Menara Strato. Kota ini berada di pantai Laut Tengah, 40 km sebelah selatan G Karmel dan kr 100 km sebelah barat laut Yerusalem. Nama Kaisarea diberikan sebagai penghormatan terhadap Kaisar Roma, Agustus. Kota ini menjadi ibukota Yudea di bawah pemerintahan Romawi dan menjadi tempat kediaman raja-raja dari wangsa Herodes dan para wali negeri Roma. Letaknya di jalan besar kafilah di antara Tirus dan Mesir. Karena itu kota ini menjadi pusat perdagangan yg baik dan ramai bagi perdagangan dalam negeri, sekaligus menjadi bandar terkenal berkat konstruksi tembok pemecah gelombang yg panjang dan lebar di ujung utara dan selatan pelabuhan. Secara berlebih-lebihan kota ini dihias dengan istana-istana, gedung-gedung untuk umum dan suatu amfiteater yg besar sekali. Salah satu karya arsitektur yg menyolok sekali ialah sebuah kuil yg besar, yg ditahbiskan khusus kepada Kaisar dan kepada Roma, serta berisi patung Kaisar berukuran besar. Bekas-bekas reruntuhannya masih dapat dilihat di ujung selatan Kaisarea di Dataran Saron.

Seperti halnya dengan banyak masyarakat di sekitar Laut Tengah dari zaman PB, Kaisarea mempunyai penduduk campuran, sehingga bentrokan-bentrokan antara kelompok Yahudi dan non-Yahudi tidak terelakkan. Ketika Pilatus menjadi wali negeri di Yudea, ia mendiami gedung pemerintahan di Kaisarea. Filipus, pemberita Injil dan diaken, membawa agama Kristen ke kota tempat kediamannya, dan sesudah itu menjamu Paulus dan teman-temannya (Kis 21:8). Paulus berangkat dari Kaisarea pada perjalanannya ke Tarsus, setelah ia lolos dari sergapan orang Yahudi, musuhnya di Damsyik (Kis 9:30). Kota ini juga menjadi tempat kediaman perwira pasukan Kornelius dan tempat pertobatannya (Kis 10:1, 24; 11:11). Di Kaisarea Petrus memperoleh pengetahuan yg lebih mendalam mengenai sifat kerajaan Allah dengan menyadari, bahwa Allah telah meniadakan rintangan-rintangan yg ada di antara para orang percaya yg berasal dari bangsa kafir dan dari bangsa Yahudi (Kis 10:35), serta telah membuang penggolongan-penggolongan, yaitu di antara 'halal' dan 'haram'.

Paulus menjadikan Kaisarea tempat pendaratannya ketika ia kembali dari perjalanannya yg kedua dan ketiga memberitakan Injil (Kis 18:22; 21:8). Keputusan Paulus yg amat penting, yaitu untuk mengunjungi Yerusalem, dibuat juga di sini (Kis 21:13) dan ke Kaisarea-lah ia dikirim oleh Feliks untuk diadili (Kis 23:23-33), sebelum ia dipenjarakan selama 2 thn. Paulus mengemukakan pembelaannya yg termasyhur di hadapan Festus dan Agripa di Kaisarea, dan berlayar dari sama dengan dibelenggu ketika ia dikirim oleh Festus ke Roma demi naik bandingnya sendiri (Kis 25:11).

KEPUSTAKAAN. A Negev, IEJ 22, 1972, hlm 52, gbr 8; L. I Levine, Caesarea under Roman Rule, 1975; idem Roman Caesarea: An Archaelogical-Topographical Study, 197 C. T Fritsch (red), Studies in the History of Caesarea Maritima, 1, 1975. RKH/HH

KAISAREA FILIPI [ensiklopedia]

Kota yg indah di kaki G Hermon, di tempat muasal S Yordan, terkenal sebagai tempat pengakuan Petrus (Mat 16:13 dab). Mungkin kota ini sama dengan Baal-Gad dalam PL. Baal ialah dewa yg disembah di sana pada zaman PL; di zaman yg kemudian orang Yunani mengganti dewa Baal dengan dewa mereka, Pan, dan kotanya diberi nama Paneas, sedang kuilnya sendiri disebut Panion. Ketika pemerintah dari wangsa Seleukus, Antiokhus III, merebut Palestina (bersama seluruh Siria) dari Ptolomeues, Paneas menjadi salah satu medan pertempuran yg menentukan (200 sM). Herodes Agung membangun satu kuil marmer di sana bagi Kaisar Agustus, yg telah memberikan kepadanya kota itu; dan Filipus, raja wilayah itu, yg lebih kemudian memerintah pada zaman Kaisar yg sama, memperindah kota itu lebih lanjut, dengan memberikan nama Kaisarea lagi untuk menghormati Kaisar.

Tambahan sebutan 'Filipi' yakni dari Filipus, dimaksudkan untuk membedakannya dari Kaisarea yg di pantai (bnd Kis 8:40). Agripa II kemudian membangun kembali kota itu pada zaman pemerintahan Nero, serta memberikannya nama yg lain, yaitu Neronias; tapi nama ini segera dilupakan. Kota ini agak penting pada zaman Perang Salib. Namanya yg kuno bertahan hingga kini sebagai Banias. Di sana ada tempat suci bagi orang Muslim al-Khidr, yg dapat disamakan dengan St. George. DFP/HH

[+] Bhs. Inggris



TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA