Lihat definisi kata "Hujat" dalam Studi Kata
Daftar Isi
KECIL: Hujat
PEDOMAN: Hujat, Penghujatan
ENSIKLOPEDIA: HUJAT

Hujat

Hujat [kecil]

TB- Dosa karena menyinggung atau menyangkal Nama Tuhan. Yesus dituduh menghujat Allah, karena Ia menyebut diri-Nya Kristus --> 20942, yakni Mesias --> 20942 (Mat 26:63-65).

Hujat, Penghujatan [pedoman]

  1. 1. Ditujukan kepada Kristus.
  2. Mat 10:25; Luk 22:64,65; 1Pet 4:13,14
  3. 2. Kristus dituduh melakukan - .
  4. Mat 9:2,3; 26:64,65; Yoh 10:33,36
  5. 3. Orang-orang kudus dituduh melakukan - .
  6. Kis 6:11,13
  7. 4. Keluar dari dalam hati.
  8. Mat 15:19
  9. 5. Dilarang.
  10. Kel 20:7; Kol 3:8
  11. 6. Orang-orang fasik terikat pada - .
  12. Mazm 74:18; Yes 52:5; 2Tim 3:2; Wahy 16:11,13
  13. 7. Menyembah berhala termasuk - .
  14. Yes 65:7; Yeh 20:27,28
  15. 8. Kemunafikan termasuk - .
  16. Wahy 2:9
  17. 9. Orang-orang kudus sedih mendengar - .
  18. Mazm 44:16,17; 74:10,18,22
  19. 10. Jangan meng - .
  20. 2Sam 12:14; 1Tim 6:1
  21. 11. Terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.
  22. Mat 12:31,32
  23. 12. Berhubungan dengan kebodohan dan kesombongan.
  24. 2Raj 19:22; Mazm 74:18
  25. 13. Hukuman karena - .
  26. Im 24:16; Yes 65:7; Yeh 20:27-33; 35:11,12
  27. 14. Contoh-contoh - :
    1. 14.1 Himeneus dan Aleksander.
    2. 1Tim 1:20
    3. 14.2 Orang-orang Yahudi.
    4. Luk 22:65
    5. 14.3 Sanherib.
    6. 2Raj 19:4,10,22
    7. 14.4 Suku Dan.
    8. Im 24:11

HUJAT [ensiklopedia]

I. Dalam PL

Arti akar kata ini di sini adalah perbuatan kurang ajar oleh manusia yg menghina kehormatan Allah. Obyek kata ini adalah nama Allah, yg dikutuk atau dicemarkan dan tidak dihormati (bnd ungkapan alkitabiah para rabi, 'Dihormatilah Engkau, ya Tuhan'). Hukuman atas penghujatan adalah dilempari dengan batu sampai mati (Im 24:10-23; 1 Raj 21:9 dab; Kis 6:11; 7:58). Dalam Im 24 ada seorang Israel peranakan yg berbuat dosa demikian, dan pada umumnya penghujatan dilakukan oleh orang kafir (2 Raj 19:6,22 = Yes 37:6, 23; Mzm 44:16; Mzm 74:10,18; Yes 52:5) kadang-kadang disebabkan contoh jelek dan penyelewengan-penyelewengan moral dari umat Tuhan. Kalau umat Allah jatuh kepada penyembahan berhala, maka mereka dianggap melakukan penghujatan seperti orang kafir (Yeh 20:27; Yes 65:7). Menguduskan nama Yahweh adalah tugas khusus bangsa Israel (lih G. F Moore, Judaism, 2, 1927-1930, hlm 103), tapi bangsa yg tidak setia dan tidak taat mencemarkan-Nya.

II. Dalam PB

Di sini artinya diperluas. Allah juga kena hujat secara terwakili dalam diri para utusan-Nya. Demikianlah kata ini diterapkan terhadap Musa (Kis 6:11); Paulus (Rm 3:8; 1 Kor 4:12; 10:30); dan secara khusus terhadap Tuhan Yesus dalam pelayanan pengampunan-Nya (Mrk 2:7 dan ay-ay sejajar), pada waktu Ia diadili (Mrk 14:61-64, *YESUS, PENGADILAN), dan di Golgota (Mat 27:39; Luk 23:39). Karena para utusan atau wakil ini adalah jelmaan kebenaran Allah sendiri (dan Tuhan Yesus secara istimewa), maka penghinaan terhadap mereka dan ajaran mereka sebenarnya adalah ditujukan kepada Allah, yg atas nama-Nya mereka berbicara (demikian Mat 10:40; Luk 10:16). Saulus dari Tarsus mengamuk terhadap pengikut-pengikut Yesus dan berusaha memaksa mereka untuk menghujat, yakni untuk mengutuki Nama yg menyelamatkan (Kis 26:11), dan dengan demikian mengingkari janji waktu mereka dibaptis, yaitu 'Yesus adalah Tuhan' (bnd 1 Kor 12:3; Yak 2:7). Tapi tekadnya yg keliru arahnya, bukan hanya terhadap gereja melainkan terhadap Tuhan sendiri (1 Tim 1:13, bnd Kis 9:4).

Ada dua ay yg merupakan masalah. 2 Ptr 2:10,11 mengatakan 'menghujat kemuliaan'. Mungkin ini berarti Allah sendiri, tapi kata 'kemuliaan' ini bentuknya jamak dalam bh Yunani dan ada yg mengartikannya kuasa jahat malaikat yg oleh pengajar-pengajar sesat dihina (bnd Yud 8). Tentang hujatan terhadap Roh Kudus (Mat 12:32; Mrk 3:29) disebut dalam pernyataan yg hebat, bahwa pelakunya 'bersalah karena berbuat dosa yg kekal' yg tidak dapat diampuni. Ay ini mengingatkan dengan khidmat kepada penolakan yg terus menerus dan dengan sengaja akan panggilan Roh untuk menerima keselamatan dalam Kristus. Ketidakpekaan manusia pasti membawa ketidakpekaan moral dan kepada kekacauan hal-hal moral, yaitu yg jahat dianggap baik (' Kejahatan, jadilah kebaikanku', bnd Yes 5:18-20; Yoh 3:19).

Contoh sikap ini ialah orang Farisi, yg mengatakan bahwa karya belas kasihan Yesus berasal dari Iblis. Dalam hati yg demikian, penyesalan tidak mungkin karena hati yg sudah dikeraskan tidak dapat mengenal dosa, dan dengan tegas menolak rahmat Allah. Berada dalam keadaan berbahaya ini berarti memutuskan hubungan dengan sumber pengampunan. Hebert menambahkan catatan pastoral yg menolong, 'Orang yg jiwanya menderita dan tertekan karena ketakutan bahwa dia telah berbuat dosa terhadap Roh Kudus, dapat diberitahu bahwa kesusahannya itu adalah bukti bahwa dia tidak melakukan dosa yg ditakutinya itu' (TWBR, hlm 32).

KEPUSTAKAAN. TDNT 1, hlm 620 dst (H. W Beyer); Arndt, hlm 142; H Wahrisch, C Brown, W Mundle dalam NIDNTT 3, hlm 340-347. RPM/RS


Lihat definisi kata "Hujat" dalam Studi Kata



TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA