: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Galed | Galeed | Galia | Galilea, Danau | Galilean | Galilee | Galim | Gallim | Gallio | Gamad | Gamadi
Daftar Isi
GAMBAR: Galilea
BROWNING: GALILEA GILGAL
ENSIKLOPEDIA: GALILEA GILGAL

Galilee

Dalam versi-versi Alkitab:

Danau Galilea: BIS WBTCDR
DJalila: LDKDR
DJalilij: LDKDR
Galelia: SBDR
Galil: BABA SBDR
Galil-kah: BABA
Galilea: BIS ENDE FAYH KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
Gilgal: TL
tasek Galil: BABA
tasik DJalila: LDKDR
Tasik Galelia: SBDR
tasik Galilea: KL1870
Tasik Galilea: TL

Gambar

Galilea: selebihnya..
Topik: Walking About Galilee

GALILEA [browning]

Wilayah bagian utara Palestina. Suatu daerah sempit sepanjang 72 km (45 mil), di sebelah barat Dataran Tinggi Golan, dan tenggara Libanon. Dalam PL pertama kali terlihat dalam Yos. 20:7, dan disebut oleh *Yesaya wilayah *bangsa-bangsa lain (asing) (Yes. 9:1). Terlihat adanya berbagai keuntungan setelah beberapa suku Israel yang digabungkan oleh *Daud pada abad ke-12 sM mendudukinya. Namun, 20 kota Galilea diserahkan oleh *Salomo kepada *Hiram, orang *Tirus, ditukar dengan kayu-kayuan dan emas (1Raj. 9:11). Serbuan dari *Mesir terjadi pada 924 sM, dan dari *Asyur pada 853 sM. 30 kota direbut pada 732 sM (2Raj. 15:29). Sebagai salah satu provinsi *Asyur, daerah itu menjadi bagian *Samaria. Galilea kembali ke tangan *Yehuda di bawah kekuasaan kaum *Makabe, namun kemudian pada 63 M dimasukkan ke dalam kekaisaran Romawi oleh Pompeyus. Galilea diberikan kepada *Herodes Agung sebagai bagian kerajaannya (40-4 sM) dan pada waktu kematiannya daerah ini digabungkan dengan *Perea sebagai wilayah kekuasaan Herodes *Antipas (hingga 39 M). *Nazaret dan *Kapernaum, tempat Yesus berkhotbah dan mengajar (Mat. 4:15; Luk. 4:31) ada di Galilea. Penduduknya berbicara dengan aksen utara (Mat. 26:73). Mat. 4:12-13 menyebutnya sebagai daerah *Zebulon dan *Naftali, namun pada zaman Yesus, pembagian kesukuan ini hanya menjadi bagian masa purba. Hal yang lebih penting adalah deskripsi bahwa 'Galilea adalah wilayah bangsa-bangsa lain' (Mat. 4:15) karena banyak orang bukan Yahudi tinggal di sana. Jadi, Matius membayangkan ke muka mini Gereja kepada orang-orang bukan Yahudi. Selama pertempuran orang Yahudi pada 66-70 M, *Yosefus adalah jenderal yang bertanggung jawab atas pasukan Yahudi di Galilea. Ia dipenjarakan oleh pemuka Romawi.

GILGAL [browning]

Tempat markas besar Israel ketika mereka memasuki *Kanaan (Yos. 4:19) dan kemudian hari menjadi pusat penyembahan sinkretistik yang dikutuk oleh *Amos (4:4; 5:5) dan *Hosea (4:15).

GALILEA [ensiklopedia]

(Ibrani galil, 'cincin, bulatan', menjadi 'daerah'). Nama daerah bagian Palestina Utara, tempat masa kanak-kanak Kristus dan permulaan pekerjaan-Nya. Nama asli daerah seperti dikenakan di sini tidak lagi diketahui. Muncul dalam PL (Yos 20:7; 1 Raj 9:11), terutama Yes 8:23 -- 'yaitu Galilea orang kafir' (Alkitab TL). Ay ini mungkin menunjuk pada sejarah daerah itu. Mula-mula Galilea merupakan bagian bersama ke- 12 suku Israel, namun tekanan dari orang-orang yg berada jauh di utara, membuat orang Yahudi yg mendiami daerah ini merasa sebagai di ujung tombak, karena tiga penjuru tetangganya dihuni penduduk non-Yahudi, yaitu 'bangsa-bangsa lain'. Pada pemerintahan golongan Makabe, tekanan bangsa kafir terhadap Yahudi begitu besar, sehingga mereka tergusur ke selatan selama setengah abad. Kemudian Galilea diduduki lagi; kenyataan ini, dan juga oleh keberbagaian penduduknya mengakibatkan orang Yahudi Selatan memandang hina orang Galilea (Yoh 7:52).

Garis batas daerah Galilea yg sebenarnya sukar ditentukan, kecuali dalam arti batas propinsi kekaisaran Romawi. Nama Galilea dikenakan kepada wilayah-wilayah yg berbatasan dengan Israel, daerah yg berubah-ubah dari saat ke saat. Pada masa Kristus, propinsi Galilea merupakan suatu daerah berbentuk empat persegi panjang, sekitar 70 km dari utara ke selatan, dan 40 km dari timur ke barat, berbatasan dengan S Yordan dan Laut Galilea di timur, dan terputus di Laut Tengah pada bagian selatan Siro-Fenisia menurun ke dataran pantai.

Jika ini diterima sebagai perbatasannya, maka daerah Galilea terdiri dari suatu dataran tinggi, semua perbatasannya kecuali di utara dibatasi oleh dataran-dataran tanah pesisir, daerah pantai, dataran Esdraelon dan lembah Yordan. Nyata bahwa Galilea adalah hujung selatan pegunungan Libanon, permukaan tanahnya bertingkat dua, dari utara ke selatan melewati daerah itu. 'Tingkat' yg lebih tinggi membentuk Galilea Atas. Bagian terbesar adalah 1.000 m di atas permukaan laut; di masa PB daerah itu penuh hutan dan penduduknya sangat sedikit. 'Tingkat' yg lebih rendah membentuk Galilea Bawah, 450-600 m di atas permukaan laut, tapi wilayah dekat Laut Galilea menurun tajam sampai melebihi 180 m di bawah permukaan Laut Galilea.

Daerah Galilea Bawah inilah yg paling banyak dibicarakan oleh penulis-penulis Injil. Dengan baik sekali diairi oleh sungai yg berhulu di pegunungan di utara. Tanahnya subur, yg terbentang dalam lembah-lembah berbatu kapur di antara bukit-bukitnya. Penduduknya padat dan makmur. Daerah ini mengekspor minyak zaitun dan gandum, serta ikan yg berasal dari danau itu.

'Di luar pola utama kehidupan Israel zaman PL, nampaknya Galilea mendapat peranan penting dalam PB' (D Baly, The Geography of the Bible, 1957, hlm 190). Wilayah Romawi ini diperintah berturut-turut oleh Herodes Agung (meninggal thn 4 sM), Herodes Antipas dan Herodes Agripa, Dipisahkan dari Yudea oleh wilayah kekuasaan Samaria -- demikianlah sekurang-kurangnya pandangan Yahudi -- Galilea membentuk suatu bagian yg integral dari 'negeri' Yahudi itu; dan sesungguhnya orang Galilealah yg dengan sangat keras, melebihi orang Yahudi selatan, menentang pemerintahan Romawi.

Inilah wilayah, tempat Kristus bertumbuh dan dibesarkan, di Nazaret, di tengah-tengah bukit-bukit berbatu kapur daerah Galilea Bawah. Karena letaknya sedemikian rupa, daerah ini dilintasi jalan-jalan raya, justru bukan daerah mati. Pertaniannya, perikanannya, perdagangannya dan latar belakang kebudayaannya dengan baik dikenal oleh Kristus, dimanfaatkan-Nya dalam perumpamaan-perumpamaan dan ajaran-Nya. Murid-murid Kristus yg pertama adalah dari masyarakat daerah ini, dan tempat-tempat pemukimannya yg tersebar dan padat menjadi padang misi pelayanan Kristus.

Dewasa ini, Galilea dan dataran Esdraelon merupakan pusat daerah Israel bagian utara. Tapi penduduknya yg serba -- modern harus bekerja keras untuk memperbaiki kembali daerah itu karena telah banyak kehilangan kemakmuran yg pada zaman PL ternikmati. Bagian terluas hutannya telah digeser oleh maquis, belukar khas Laut Tengah. Banyak kota dan desa yg dikenal dan dikunjungi Kristus, telah tiada, hampir tidak meninggalkan bekas.

KEPUSTAKAAN. G. A Smith, The Historical Geography of the Holy Land25, 1931, hlm 413-436; D Baly, The Geography of the Bible, 1957. JHP/JMP

GILGAL [ensiklopedia]

(Ibrani galal, menggulung). Kata ini bisa berarti 'lingkaran' (batu-batu) atau gulungan. Dalam arti 'menggulung' kata Gilgal dipakai oleh Allah melalui Yosua untuk mengingatkan Israel tentang kelepasan mereka dari Mesir ketika mereka disunat di sana, 'Hari ini telah Ku-hapuskan (galloti) cela Mesir itu daripadamu' (Yos 5:9).

1. Gilgal di sebelah timur Yerikho, letaknya antara Yerikho dan Yordan. Letak pertapakan Gilgal yg sebenarnya belum diketahui secara pasti. J Muilenberg (BASOR 140, 1955, hlm 11-27) untuk sementara mengusulkan sebidang tanah di sebelah utara Khirbet el-Mefjir, kr 2 km di sebelah timur Yerikho kuno (Tell-es-Sultan). Menunjang usul itu Muilenberg mengemukakan gabungan kesaksian PL dan penulis-penulis yg kemudian (Yosefus, Eusebius, dll), dan hasil penggalian yg mengungkapkan peninggalan-peninggalan dari Zaman Batu Purba di sana.

J Simons (GTT, hlm 269-270, 464) menolak pandangan Muilenberg, dengan alasan Khirbet el-Mefjir terletak lebih ke utara ketimbang ke timur Yerikho; tapi keberatan ini tidak cukup kuat, karena Khirbet el-Mifjir terletak pada jarak yg sama baik diukur dari timur maupun dari utara (lih peta Muilenberg, gbr I, hlm 17).

Gilgal menjadi basis operasi Israel sesudah penyeberangan Yordan (Yos 4:19), dan menjadi pusat rentetan peristiwa penaklukan Kanaan: 12 batu peringatan didirikan pada waktu Israel berkemah di sana (Yos 4:20); generasi baru yg dibesarkan di padang gurun disunat di sana; Perjamuan Paskah pertama di Kanaan diadakan di sana (Yos 5:9, 10) dan di sana jugalah pemberian manna berakhir (Yos 5:11, 12). Dari Gilgal, Yosua memimpin Israel menyerang Yerikho (Yos 6:11, 14 dst), dan memimpin serangan merebut bagian selatan Kanaan (Yos 10) sesudah ia menerima utusan orang Gibeon yg licik (Yos 9:6), dan di Gilgal ia mulai membagi Kanaan menjadi wilayah-wilayah suku (Yos 14:6).

Jadi Gilgal sekaligus menjadi peringatan akan penyelamatan oleh Allah dari belenggu Mesir pada masa lampau, dan menjadi tanda kemenangan yg dicapai pada saat ini di bawah pimpinan-Nya, dan memperlihatkan janji warisan yg masih harus dicapai. Tentang perkemahan di Gilgal dal strategi Yosua, bnd Y Kaufmann, The Biblical Account of the Conquest of Palestine, 1953, hlm 91-97, terutama hlm 92, 95-96. Kaufmann juga menolak pandangan Alt dan Noth yg salah tentang Gilgal sebagai tempat suci kuno sesuai tradisi Benyamin (hlm 67-69).

Di kemudian hari malaikat Allah pergi dari Gilgal ke Bokhim untuk mengadili Israel karena melupakan janji-janji Allah (Hak 2:1); Ehud kembali ke Gilgal dalam upaya membunuh raja Moab untuk melepaskan Israel (Hak 3:19). Samuel dalam perjalanan kelilingnya mengunjungi Gilgal (1 Sam 7:16); di Gilgal kerajaan Saul ditetapkan setelah mereka memukul kalah orang Amon, seraya mempersembahkan korban di hadapan Tuhan dan bersukaria (1 Sam 11:14,15; bnd 10:8). Tapi sesudah itu, Saul tergesa-gesa mempersembahkan korban bakaran (1 Sam 13:8-14); di Gilgallah Samuel dan Saul berpisah untuk selamanya setelah Saul tidak taat kepada Allah dalam perang melawan orang Amalek (1 Sam 15:12-35).

Setelah pemberontakan Absalom gagal, orang Yehuda menyambut Daud di Gilgal (2 Sam 19:15, 40). Pada zaman Ahab dan Yoram, Elia dan Elisa berjalan melalui Gilgal menjelang saatnya Elia dinaikkan ke sorga (2 Raj 2:1; ada yg menganggap tempat ini berbeda dari Gilgal yg bersejarah itu), dan di sanalah Elisa membuat sayuran beracun yg disajikan kepada serombongan nabi menjadi tawar racun (2 Raj 4:38).

Tapi pada abad 8 sM, setidak-tidaknya pada pemerintahan raja Uzia dan Hizkia, Gilgal menjadi pusat peribadatan baik formal dan non-spiritual, sama seperti Betel yg mendapat penghukuman dari Amos (4:4; 5:5) dan Hosea (4:15; 9:15; 12:11). Ikatan antara Betel dan Gilgal (digambarkan juga dlm 2 Raj 2:1,2) diperkuat oleh jalan penting menghubungkan keduanya (Muilenberg, hlm 13). Akhirnya, Mikha (6:5) mengingatkan umatnya tentang peranan utama Gilgal dalam ziarah rohani mereka, dengan menyaksikan tentang perbuatan keadilan dan kuasa penyelamatan Allah, 'dari Sitim sampai ke Gilgal', yaitu dari Yordan sampai ke tanah perjanjian.

2. Menurut Yos 15:7, batas utara Yudea sekurang-kurangnya sampai ke Gilgal yg terletak 'di seberang pendakian Adumim'; dalam ihwal perbatasan ini, maka batas selatan Benyamin (Yos 18:17) mencakup juga Gilgal dan disebut Gelilot. Tapi apakah Gilgal yg Gelilot ini adalah sama dengan Gilgal yg terkenal yang di sebelah timur Yerikho itu belum dapat dipastikan sekalipun kemungkinan itu adalah besar. Jika tidak, maka Gilgal yg Gelilot ini adalah 'lingkaran' yg lebih jauh ke barat. Usul mengenai perbatasan ini dapat ditemukan dalam tulisan Simons (GTT, hlm 139-140, 314, 173, 326), tapi ia terlalu bebas menggunakan perbaikan dan perubahan naskah Alkitab.

3. Dalam Ul 11:30, ungkapan 'di tentangan Gilgal' mungkin lebih menunjuk kepada permukiman orang Kanaan di Araba (di celah lembah Yordan), ketimbang ke G Ebal dan Gerizim. Jika memang demikian, maka yg dimaksudkan adalah Gilgal yg bersejarah itu, lih 1 di atas. Bnd GTT hlm 35, 87, 88.

4. Di antara musuh yg dikalahkan Yosua disebut raja negeri Goyim di Gilgal (Yos 12:23), yg disebut antara raja negeri Dor dan Tirza. Gilgal yg ini mungkin adalah ibukota dari satu kerajaan yg penduduknya bermacam-macam, terletak di ujung dataran pantai Sharon -- bila benar pendapat yg kadang-kadang dianjurkan -- itulah Jiljuliyeh, kr 5 km di sebelah utara timur laut Afek atau sekitar 22 km sebelah timur laut pesisir pantai Yope.

5. Bet-Gilgal, tempat asal para penyanyi yg datang pada peresmian tembok-tembok Yerusalem oleh Nehemia dan Ezra. Apakah itu Gilgal yg terkenal itu, ataukah tempat lain belum dapat dipastikan (Neh 12:29). KAK/JMP




TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA