: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Byzantium | Cabbon | Cabul | Cacah Jiwa | Caesar | Caesarea | Caiaphas | Cain | Cainan | Calah | Calcol
Daftar Isi
BROWNING: KAISAREA KAISAREA FILIPI
ENSIKLOPEDIA: KAISAREA KAISAREA FILIPI

Caesarea

Dalam versi-versi Alkitab:

kaisar Pilipi: SBDR
Kaisarea: BIS FAYH TB WBTCDR
Kaisarea Filipi: FAYH TB WBTCDR
Kaisaria: SBDR TL
Kaisaria Pilipi: SBDR TL
Kaisariah: BABA
Kaisariah-Filipi: BABA
Kesaria: KL1863 KL1870
Kesaria Pilipi: KL1870
Kesaria Pilippi: KL1863
Kesaria-Pilipi: KL1870
KHajtsarija: LDKDR
Sesarea: ENDE
Sesarea Pilipi: ENDE

KAISAREA [browning]

Dibangun di tepi pantai oleh *Herodes Agung sebagai penghormatan terhadap *Kaisar *Agustus. Kota ini menjadi tempat tinggal para pejabat kepala daerah Romawi. Penduduknya terdiri dari orang-orang Yahudi dan orang-orang *bukan Yahudi. Kekristenan dibawa ke sana oleh *Filipus (Kis. 8:40; 21:8). *Petrus menjadi sadar akan kesejajaran orang Yahudi dan orang *bukan Yahudi dalam. Gereja melalui panggilannya ke Kaisarea oleh *Kornelius, *kepala prajurit Romawi dan orang yang takut akan Allah. Paulus dibawa ke Kaisarea untuk diadili (Kis. 23:23).

KAISAREA FILIPI [browning]

Sebuah kota pedalaman di tepi Sungai *Yordan, di kaki Gunung *Hermon, tempat *Herodes Agung membangun sebuah kuil untuk Kaisar *Agustus, yang telah memberi dia kota itu. Semula disebut Panion. Kota itu diberi nama Kaisar oleh *Filipus, anak keempat Herodes, yang secara egoistis menambahkan 'Filipi' !!- untuk menghindari kekacauan dengan sebuah kota di tepi pantai Laut Tengah.

KAISAREA [ensiklopedia]

Kota yg indah sekali, dibangun oleh Herodes Agung di tempat Menara Strato. Kota ini berada di pantai Laut Tengah, 40 km sebelah selatan G Karmel dan kr 100 km sebelah barat laut Yerusalem. Nama Kaisarea diberikan sebagai penghormatan terhadap Kaisar Roma, Agustus. Kota ini menjadi ibukota Yudea di bawah pemerintahan Romawi dan menjadi tempat kediaman raja-raja dari wangsa Herodes dan para wali negeri Roma. Letaknya di jalan besar kafilah di antara Tirus dan Mesir. Karena itu kota ini menjadi pusat perdagangan yg baik dan ramai bagi perdagangan dalam negeri, sekaligus menjadi bandar terkenal berkat konstruksi tembok pemecah gelombang yg panjang dan lebar di ujung utara dan selatan pelabuhan. Secara berlebih-lebihan kota ini dihias dengan istana-istana, gedung-gedung untuk umum dan suatu amfiteater yg besar sekali. Salah satu karya arsitektur yg menyolok sekali ialah sebuah kuil yg besar, yg ditahbiskan khusus kepada Kaisar dan kepada Roma, serta berisi patung Kaisar berukuran besar. Bekas-bekas reruntuhannya masih dapat dilihat di ujung selatan Kaisarea di Dataran Saron.

Seperti halnya dengan banyak masyarakat di sekitar Laut Tengah dari zaman PB, Kaisarea mempunyai penduduk campuran, sehingga bentrokan-bentrokan antara kelompok Yahudi dan non-Yahudi tidak terelakkan. Ketika Pilatus menjadi wali negeri di Yudea, ia mendiami gedung pemerintahan di Kaisarea. Filipus, pemberita Injil dan diaken, membawa agama Kristen ke kota tempat kediamannya, dan sesudah itu menjamu Paulus dan teman-temannya (Kis 21:8). Paulus berangkat dari Kaisarea pada perjalanannya ke Tarsus, setelah ia lolos dari sergapan orang Yahudi, musuhnya di Damsyik (Kis 9:30). Kota ini juga menjadi tempat kediaman perwira pasukan Kornelius dan tempat pertobatannya (Kis 10:1, 24; 11:11). Di Kaisarea Petrus memperoleh pengetahuan yg lebih mendalam mengenai sifat kerajaan Allah dengan menyadari, bahwa Allah telah meniadakan rintangan-rintangan yg ada di antara para orang percaya yg berasal dari bangsa kafir dan dari bangsa Yahudi (Kis 10:35), serta telah membuang penggolongan-penggolongan, yaitu di antara 'halal' dan 'haram'.

Paulus menjadikan Kaisarea tempat pendaratannya ketika ia kembali dari perjalanannya yg kedua dan ketiga memberitakan Injil (Kis 18:22; 21:8). Keputusan Paulus yg amat penting, yaitu untuk mengunjungi Yerusalem, dibuat juga di sini (Kis 21:13) dan ke Kaisarea-lah ia dikirim oleh Feliks untuk diadili (Kis 23:23-33), sebelum ia dipenjarakan selama 2 thn. Paulus mengemukakan pembelaannya yg termasyhur di hadapan Festus dan Agripa di Kaisarea, dan berlayar dari sama dengan dibelenggu ketika ia dikirim oleh Festus ke Roma demi naik bandingnya sendiri (Kis 25:11).

KEPUSTAKAAN. A Negev, IEJ 22, 1972, hlm 52, gbr 8; L. I Levine, Caesarea under Roman Rule, 1975; idem Roman Caesarea: An Archaelogical-Topographical Study, 197 C. T Fritsch (red), Studies in the History of Caesarea Maritima, 1, 1975. RKH/HH

KAISAREA FILIPI [ensiklopedia]

Kota yg indah di kaki G Hermon, di tempat muasal S Yordan, terkenal sebagai tempat pengakuan Petrus (Mat 16:13 dab). Mungkin kota ini sama dengan Baal-Gad dalam PL. Baal ialah dewa yg disembah di sana pada zaman PL; di zaman yg kemudian orang Yunani mengganti dewa Baal dengan dewa mereka, Pan, dan kotanya diberi nama Paneas, sedang kuilnya sendiri disebut Panion. Ketika pemerintah dari wangsa Seleukus, Antiokhus III, merebut Palestina (bersama seluruh Siria) dari Ptolomeues, Paneas menjadi salah satu medan pertempuran yg menentukan (200 sM). Herodes Agung membangun satu kuil marmer di sana bagi Kaisar Agustus, yg telah memberikan kepadanya kota itu; dan Filipus, raja wilayah itu, yg lebih kemudian memerintah pada zaman Kaisar yg sama, memperindah kota itu lebih lanjut, dengan memberikan nama Kaisarea lagi untuk menghormati Kaisar.

Tambahan sebutan 'Filipi' yakni dari Filipus, dimaksudkan untuk membedakannya dari Kaisarea yg di pantai (bnd Kis 8:40). Agripa II kemudian membangun kembali kota itu pada zaman pemerintahan Nero, serta memberikannya nama yg lain, yaitu Neronias; tapi nama ini segera dilupakan. Kota ini agak penting pada zaman Perang Salib. Namanya yg kuno bertahan hingga kini sebagai Banias. Di sana ada tempat suci bagi orang Muslim al-Khidr, yg dapat disamakan dengan St. George. DFP/HH




TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.13 detik
dipersembahkan oleh YLSA