GREEK: 903 Balaam Balaam
HEBREW: 1109 Melb Bil`am 1111 qlb Balaq
BARCLAY: 903 904
KECIL: Balak Bileam
TOKOH: Balak Bileam
HAAG: Bileam
MYSABDA: Balaam Balak Bileam
BIOTOKOH PL: BALAK
ENSIKLOPEDIA: BALAK BILEAM
AI-PEDIA: Balak Bileam
BROWNING: BILEAM
Balak
Dalam versi-versi Alkitab:
Balaam: ENDE SBDRBalak: BABA BIS ENDE FAYH KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
Balakh: LDKDR
Balhoem: KL1863 KL1870
Bil'am: BABA
Bilaem: TL
Bileam: BIS FAYH SBDR TB TL WBTCDR
Bilxam: LDKDR
Yunani
Strongs #903: Balaam Balaam
Balaam = "perhaps"1) A native of Pethor a city in Mesopotamia, endued by Jehovah with
prophetic power. He was hired by Balak to curse the Israelites;
and influenced by the love of reward, he wished to gratify Balak;
but he was compelled by Jehovah's power to bless them. Hence
later the Jews saw him as a most abandoned deceiver.
903 Balaam bal-ah-am'
of Hebrew origin (1109); Balaam, a Mesopotamian (symbolic of a false teacher): KJV -- Balaam.see HEBREW for 01109
Ibrani
Strongs #01109: Melb Bil`am
Balaam = "not of the people"n pr m
1) the son of Beor, a man endowed with the gift of prophecy
n pr loc
2) a town in Manasseh
1109 Bil`am bil-awm'
probably from 1077 and 5971; not (of the) people, i.e. foreigner; Bilam, a Mesopotamian prophet; also a place in Palestine: KJV -- Balaam, Bileam.see HEBREW for 01077
see HEBREW for 05971
Strongs #01111: qlb Balaq
Balak = "devastator"1) a king of Moab who hired Balaam to curse Israel
1111 Balaq baw-lawk'
from 1110; waster; Balak, a Moabitish king: KJV -- Balak.see HEBREW for 01110
[Barclay]
Strongs #903:
[maskulin] Balaam (2Ptr 2.15; Yud 11; Why 2.14)Strongs #904:
[maskulin] Balak (Why 2.14)Balak [kecil]
BIS- Raja negeri Moab sebelah tenggara Laut Mati. Dialah yang membuat umat Israel menyembah berhala (Bil 22:1-24:25; Wahy 2:14).
Bileam [kecil]
BIS- Seorang dari kota Petor dekat Sungai Efrat, yang diminta oleh Balak, raja Moab, untuk mengutuki umat Israel. Tetapi dengan tidak disangka-sangka Bileam malah mentaati perintah Allah dan memberkati umat Israel.
KS.- [PL] Bil 22:5-24:25; 31:8,16; Mi 6:5
[PB] 2Pet 2:15; Yud 1:11; Wahy 2:14
Balak [tokoh]
Balak
Raja Moab yang memanggil Bileam untuk mengutuk Israel (dalam Bil 22:1-24:25; Yos 24:9).
Bileam [tokoh]
Bileam
Nabi yang coba mengutuk Israel (dalam Bil 22:1-24:25; Ul 23:4-5; 2Pet 2:15; Yud 1:11).
Dibunuh pada waktu orang Israel membalas dendam atas orang Midian (Bil 31:8; Yos 13:22).
Bileam [haag]
Bileam. (Bhs. Ibr.: artinya tidak jelas).
Seorang anak dari Beor dengan Petor. Semula ia dipandang sebagai seorang penglihat wahyu yang kufur. Kemudian ia muncul dalam tradisi muda sebagai seorang nabi. Raja Balak dari Moab mengirimnya pergi mengutuk Isr., kenyataannya ia terpaksa menjanjikan datangnya berkat (Bil 22:5-24:25). Adanya campuran dari berbagai sumber membuat keadaan yang dahulu terjadi menjadi gelap. Sebuah tradisi lain (Bil 31:8,16; Yos 13:22) memandang ~B. sebagai penghasut penyembahan berhala. Oleh sebab itu ia muncul dalam 2Petr 2:15-16; Wahy 2:14 sebagai contoh dari guru yang menyesatkan. Pepatah-pepatah ~B. bernilai kepujanggaan tinggi. Teks Bil 23-24 boleh jadi sudah tua sekali, tetapi mendapatkan tambahan baru (mis.: Bil 24:20 dan seterusnya).
Balaam [MYSABDA]
Balaamlocation |
Definisi | : | Kota; Wilayah kekuasaan Bani Manasye |
Nomor Strong | : | H1109b |
Kata Asli | : | בִּלְעָם |
Balak [MYSABDA]
Balakmale person |
Definisi | : | Anak Zipor; Raja Moab; Raja, tertulis pada Torah |
Nomor Strong | : | G904; H1111 |
Kata Asli | : | Βαλάκ; Βαλάκ; βαλάκ; בָּלָק |
Orang Tua | : | Zipor |
Bileam [MYSABDA]
Bileammale person |
Definisi | : | Anak Beor; Nabi |
Nomor Strong | : | G903; H1109a |
Kata Asli | : | Βαλαάμ; Βαλαάμ; βαλαάμ; בִּלְעָם |
Orang Tua | : | Beor |
BALAK [biotokoh pl]
Arti nama | : | KOSONG, VAKUM, BOROS |
Ayah | : | Zippor - Bilangan 22:2 |
Disebut pertama | : | Bilangan 22:2 |
Namanya disebut | : | 42 kali |
Kitab yang menyebut | : | 4 buku : Bilangan, Yosua, Hakom-Hakim, Mikha |
Pekerjaan | : | Raja Moab - Bilangan 22:4 |
Terakhir disebut | : | Mikha 6:5 |
Fakta penting | : | IA MENGUPAH BILYAM/BALHUM UNTUK MENGUTUKI BANGSA ISRAEL (BILANGAN 22:5). |
BALAK [ensiklopedia]
Raja Moab yg menyuruh Bileam untuk menjatuhkan kutuk atas bangsa Israel (lih Ul 22-24). la dicatat sebagai peringatan terhadap kebodohan mencoba mengganggu pelaksanaan kehendak Allah (Yos 24:9; Hak 11:25). (*BILEAM). NH/RS
BILEAM [ensiklopedia]
Nama Bil'am terdapat dalam Bil ps 22-24 lima puluh kali; disebut juga dalam Bil 31:8,16; Ul 23:4, 5; Yos 13:22; 24:9, 10; Neh 13:2; Mi 6:5. Dalam bh Yunani PB nama ini ditulis Balaam (2 Ptr 2:15; Yud 11; Why 2:14). Banyak ahli mengasalkan nama ini dari kata kerja bala', 'menelan', dengan akhiran am; bnd nama yg sering terdapat Bela' dan nama tempat Bela' dan Yible'am (ditulis Bil'am dlm 1 Taw 6:70, LXX). Dalam bh Arab kata bal'am berarti 'pelahap'. Melatari penulisan 'pengikut Nikolaus' dalam Why 2:6, 15 agaknya ada terjemahan bh Yunani (Nikolaos, yg memenangkan bangsa) dari Bil'am sebagai paduan dari bala' dan 'am (bangsa). Albright membandingkannya dengan nama Amorit Yabil'ammu, 'paman yg membawa'.
Ayah Bileam bernama Beor. Ia hidup di Petor (dlm Vulgata di salah tangkap sebagai 'yg meramalkan') di tepi S Efrat, mungkin sama dengan Pitru, 19 km di selatan Karkhemis. Dalam Yos 13:22 ia disebut juru tenung, seseorang yg tidak hanya meramalkan hari kemudian tapi juga mempengaruhinya.
Bil 22 menceritakan bahwa Bileam disewa Balak, raja Moab, untuk memusnahkan kekuatan bangsa Israel dengan kutukan-kutukannya (bnd ay-ay kutukan dari Mesir, ANET, hlm 328, 329). Balak bekerjasama dengan tokoh-tokoh Midian (22:4, 7; bnd 31:16; Yos 13:22). Seseorang mungkin menjadi nabi yg benar tapi juga menjadi penipu yg licik pada waktu yg lain (bnd Yoh 11:49-52). Penulis Alkitab menceritakan ramalan Bileam itu dalam bentuknya yg mungkin adalah demikian tanpa menghiraukan bh yg dia gunakan.
Kemiripan-kemiripan antara ramalan-ramalan ini dan 2 Sam 23:1-7 dan keterangan dari Bil 24:17,18 sebagai singgungan kepada perluasan daerah Israel di bawah pemerintahan Daud, menunjuk ke abad 10 sebagai tarikh penulisannya. Albright menduga adanya tradisi lisan yg kembali sampai abad 12. Bila Asyur dalam 24:22, 24 disamakan dengan suku Arab sesuai nama tersebut (Kej 25:18; Mzm 83:8), maka tidak ada keberatan terhadap tarikh yg lebih dini itu.
Bertentangan dengan Bil 24:25 Bileam kemudian tinggal di tempat bangsa Midian, yg dinasihatinya menipu bangsa Israel untuk menerima adat Baal-Peor (Bit 31:16). Bersama-sama dengan raja-raja Midian, ia dibunuh oleh orang Israel (Bit 31:8). Dalam PB namanya adalah lambang dari kekikiran (2 Ptr 2:15; Yud 11) dan dari keikutsertaan dalam tata cara kafir dan persundalan (Why 2:14).
KEPUSTAKAAN. 0 Eissfeldt, 'Die Komposition der Bileam-Erzahlung', ZAW, 57, 1939, hlm 212-241; W. F Albright, 'The Oracles of Balsam', JBL 63, 1944, hlm 207-233; A. H van Zyl, The Moabites, 1960, hlm 10-12, 121-125; M Burrows, The Oracles of Jacob and Balaam, 1938; J Hoftijzer dan G van der Koolj, Aramaic Texts from Deir 'Alla, 1976. AVANS/RS
Balak [AI-PEDIA]
Balak: Raja Moab yang Takut dan Menentang Israel
Biodata:
- Nama: Balak (בָּלָק) yang artinya "sia-sia" atau "penghancur".
- Asal: Raja orang Moab (Bilangan 22:2).
- Silsilah: Anak Zipor (Bilangan 22:2, 4).
- Periode: Zaman Musa dan Yosua, sekitar abad ke-15 SM.
Peristiwa Penting:
Balak dikenal karena ketakutannya yang besar terhadap bangsa Israel yang baru keluar dari Mesir. Ia menyaksikan sendiri bagaimana Israel mengalahkan bangsa-bangsa lain di sekitarnya, termasuk orang Amori (Bilangan 21:21-35). Merasa terancam, Balak melakukan berbagai upaya untuk menghentikan laju Israel, termasuk:
- Memanggil Bileam untuk Mengutuk Israel (Bilangan 22-24): Balak menyewa Bileam, seorang nabi terkenal dari Mesopotamia, untuk mengutuk Israel agar mudah dikalahkan. Namun, Tuhan campur tangan dan Bileam malah memberkati Israel sebanyak tiga kali.
- Menjebak Israel dengan Penyembahan Berhala dan Perzinahan (Bilangan 25): Balak, atas saran Bileam, menggunakan perempuan-perempuan Moab untuk merayu bangsa Israel agar menyembah Baal-Peor dan melakukan perzinahan. Akibatnya, Tuhan murka dan menghukum Israel dengan tulah.
Akhir Hidup:
Alkitab tidak mencatat secara spesifik tentang kematian Balak. Namun, diketahui bahwa ia gagal menghentikan Israel. Yosua kemudian menaklukkan Moab dan membunuh raja mereka pada saat itu (Yosua 12:9).
Ayat-ayat Alkitab Terkait:
- Bilangan 22-24: Kisah Balak memanggil Bileam untuk mengutuk Israel.
- Bilangan 25:1-3: Balak menasihati orang Israel untuk menyembah Baal-Peor.
- Bilangan 31:8, 16: Balak disebut sebagai dalang di balik dosa Israel di Peor.
- Yosua 24:9: Balak disebut sebagai musuh Israel yang dikalahkan Tuhan.
- Mikha 6:5: Balak dan Bileam disebut sebagai contoh orang yang melawan Tuhan.
Pelajaran dari Balak:
- Ketakutan dapat membuat kita bertindak irasional: Ketakutan Balak terhadap Israel membuatnya bertindak gegabah dan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kehendak Tuhan.
- Kita tidak dapat melawan rencana Tuhan: Meskipun Balak berusaha keras, ia tidak dapat mengalahkan Israel karena Tuhan sendiri yang memimpin mereka.
- Dosa memiliki konsekuensi: Upaya Balak untuk menjebak Israel dengan dosa justru berbalik merugikan dirinya sendiri dan bangsanya.
Meskipun Balak adalah tokoh antagonis dalam Alkitab, kisahnya memberikan pelajaran berharga tentang iman, ketaatan, dan konsekuensi dari dosa.
Bileam [AI-PEDIA]
Bileam: Nabi yang Dipanggil Tuhan, Namun Tergoda Ketamakan
Bileam adalah seorang tokoh yang kompleks dan kontroversial dalam Alkitab. Ia dikenal sebagai seorang nabi yang dipanggil Tuhan, namun ia juga tergoda oleh ketamakan dan akhirnya mati di tangan orang Israel.
Biodata:
- Nama: Bileam bin Beor (Bilangan 22:5)
- Asal: Pethor, sebuah kota di Mesopotamia dekat Sungai Efrat (Bilangan 22:5; Ulangan 23:4)
- Profesi: Nabi atau Pelihat (Bilangan 22:5; Yosua 13:22)
Peristiwa Penting:
- Dipanggil Balak untuk Mengutuk Israel: Balak, raja Moab, takut dengan bangsa Israel yang semakin kuat dan memintanya untuk mengutuk mereka (Bilangan 22:1-6).
- Peringatan Tuhan dan Pertemuan dengan Keledai: Tuhan memperingatkan Bileam untuk tidak pergi, namun Bileam bersikeras. Dalam perjalanan, keledainya berbicara dan Tuhan membuka mata Bileam untuk melihat malaikat yang menghalangi jalannya (Bilangan 22:7-35).
- Berkat Alih-alih Kutuk: Tiga kali Balak membawa Bileam ke tempat yang berbeda untuk mengutuk Israel, namun setiap kali Bileam malah memberkati mereka atas perintah Tuhan (Bilangan 22:36-24:25).
- Nasihat yang Menyesatkan: Meskipun tidak dapat mengutuk Israel secara langsung, Bileam menasihati Balak untuk menjerat mereka dengan penyembahan berhala dan perbuatan amoral melalui perempuan Moab (Bilangan 31:16; Wahyu 2:14).
- Kematian Bileam: Bileam akhirnya terbunuh oleh orang Israel dalam peperangan melawan Midian (Bilangan 31:8).
Ayat-ayat Alkitab Terkait:
- Bilangan 22-24: Kisah utama tentang Bileam dan interaksinya dengan Balak.
- Ulangan 23:4-5: Mengingatkan bangsa Israel bahwa Bileam diutus untuk mengutuk mereka, tetapi Tuhan mengubah kutuk itu menjadi berkat.
- Yosua 13:22: Menyebutkan Bileam sebagai "pelihat" yang dibunuh oleh orang Israel.
- Nehemia 13:2: Mengecam orang Israel yang mengikuti nasihat Bileam untuk berbuat dosa.
- 2 Petrus 2:15-16: Menyertakan Bileam sebagai contoh orang yang meninggalkan jalan yang benar karena keserakahan.
- Yudas 1:11: Menyamakan orang-orang yang mengikuti jalan Bileam dengan mereka yang mengejar keuntungan dengan cara yang salah.
Pelajaran dari Kisah Bileam:
- Ketaatan kepada Tuhan adalah yang utama: Meskipun Bileam adalah seorang nabi, ia tetap tergoda oleh kekayaan dan kekuasaan. Kisahnya mengingatkan kita bahwa ketaatan kepada Tuhan harus selalu menjadi prioritas utama.
- Tuhan berdaulat atas segala sesuatu: Tuhan mampu mengubah kutuk menjadi berkat dan menggunakan siapa pun, bahkan mereka yang tidak taat, untuk mencapai rencana-Nya.
- Hati-hati terhadap godaan keserakahan: Ketamakan dapat membutakan kita terhadap kehendak Tuhan dan menuntun kita pada kehancuran.
Meskipun Bileam dipanggil sebagai nabi, ia membiarkan keserakahan menguasainya dan akhirnya menemui ajalnya. Kisahnya menjadi peringatan bagi kita untuk selalu mengutamakan ketaatan kepada Tuhan dan menjauhi godaan keserakahan.
BILEAM [browning]
Seorang *nabi dari *Seberang Yordan, disewa oleh Balak untuk mengucapkan ancaman terhadap musuh-musuh *Moab. Meskipun legenda dalam Bil. 23:2-4 menunjukkan bahwa Bileam taat kepada firman Tuhan, di tempat lain ia bertanggung jawab karena menyebabkan Israel berdosa di Baal-Peor (Bil. 31:16) dan ia menjadi contoh nabi bayaran yang disewa untuk mengucapkan kutukan (2Ptr. 2:15). Memang, keledai yang dinaikinya dapat melihat lebih jelas ketimbang pelihat profesional di atas punggungnya (Bil. 22:33).