Teks -- Daniel 9:24-26 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Dan 9:24 - TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:24
Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting
bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh...
Nas : Dan 9:24
Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh masa" di sini berarti kesatuan tujuh tahun; jadi, "tujuh puluh kali tujuh masa" adalah periode 490 tahun. Enam hal khusus akan terlaksana bagi Irael selama 490 tahun.
- 1) Suatu pendamaian bagi kefasikan akan diadakan, yang terlaksana dalam kematian Yesus yang mendamaikan.
- 2) Dosa akan diakhiri. Seluruh Israel (yaitu kaum sisa) akan kembali
kepada Allah dalam kebenaran
(lihat cat. --> Rom 11:26;
[atau ref. Rom 11:26]
lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).
- 3) "Kesalahan" mereka akan dihapuskan; yaitu, pelanggaran nasional berupa ketidakpercayaan akan berhenti (bd. Yer 33:7-8; Yeh 37:21-23).
- 4) Suatu pemerintahan "keadilan yang kekal" akan didatangkan (bd. Yes 59:2-21; Yer 31:31-34).
- 5) Nubuat akan digenapi dan disempurnakan (bd. Kis 8:19-21).
- 6) Yesus Kristus akan diurapi sebagai Raja (bd. 1Sam 9:16; 10:1; Yeh 21:26-27).
Full Life: Dan 9:25 - TUJUH KALI TUJUH MASA DAN ENAM PULUH DUA KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:25
Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh
masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuma...
Nas : Dan 9:25
Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuman keputusan untuk membangun kembali Yerusalem dan kedatangan Mesias, seorang Yang Diurapi. Terdapat perbedaan pendapat tentang waktu tepat 483 tahun ini dimulai. Ada yang mengatakan 538 SM ketika titah Koresy dikeluarkan; akan tetapi, ketetapan itu adalah untuk membangun kembali Bait Suci dan bukan kota. Sangat mungkin itu mulai pada 457 SM, ketika Ezra kembali dan mulai membangun kembali kota itu (Ezr 4:12-13,16;
lihat cat. --> Ezr 4:11;
lihat cat. --> Ezr 4:23);
[atau ref. Ezr 4:11,23]
anggapan ini akan membuat 483 tahun itu berakhir pada tahun 27 M, kurang lebih pada waktu Yesus memulai pelayanan-Nya.
Full Life: Dan 9:26 - AKAN DISINGKIRKAN SEORANG YANG TELAH DIURAPI.
Nas : Dan 9:26
Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah
"enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483
ta...
Nas : Dan 9:26
Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah "enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483 tahun) dua hal akan terjadi:
- 1) Mesias akan "disingkirkan" atau disalibkan (bd. Yes 53:8).
- 2) "Rakyat seorang raja" akan memusnahkan Yerusalem dan Bait Suci.
"Rakyat itu" adalah pasukan Roma yang membinasakan Yerusalem pada tahun
70 M
(lihat cat. --> Luk 21:20);
[atau ref. Luk 21:20]
"raja" mengacu kepada antikristus akhir zaman. - 3) Perhatikan bahwa kebinasaan Yerusalem tidak langsung menyusul penyaliban Kristus; jadi, akhir dari 69 "tujuh masa" terpisah oleh suatu jarak waktu dari awal "tujuh masa" ke-70. Banyak penafsir mengatakan bahwa zaman gereja adalah jarak waktu di antara "tujuh masa" ke-69 dengan yang ke-70.
Rumah TUHAN atau: mesbah.
Sebuah terjemahan kuno: tak bersalah.
Jerusalem: Dan 9:24 - Tujuh puluh kali tujuh masa Angka tujuh itu melambangkan kesempurnaan dan keutuhan. Titik tolak perhitungan tujuh puluh pekan (masing-masing tujuh "masa", ialah tahun) ialah tang...
Angka tujuh itu melambangkan kesempurnaan dan keutuhan. Titik tolak perhitungan tujuh puluh pekan (masing-masing tujuh "masa", ialah tahun) ialah tanggal nubuat nabi Yeremia disampaikan, Dan 9:24. Akhir masa itu ialah pemulihan Yerusalem dan kembalinya kaum buangan. Menurut 2Ta 36:22-23(=Ezr 1:1-3) akhir itu sampai ketika raja Koresy mengeluarkan penetapan bahwa orang-orang Yahudi bebas, yaitu pada th 538 seb Mas
Jerusalem: Dan 9:24 - menggenapkan Harafiah: memeteraikan. Kata "memeteraikan" itu kadang-kadang berarti mengakhiri atau menjamin. Tetapi di sini kata itu mendapat arti: menggenapkan
Harafiah: memeteraikan. Kata "memeteraikan" itu kadang-kadang berarti mengakhiri atau menjamin. Tetapi di sini kata itu mendapat arti: menggenapkan
Jerusalem: Dan 9:24 - yang maha kudus Kurang jelas apa yang dimaksudkan, mezbah atau bait Allah atau imam besar, bdk 1Ta 23:13. Pemulihan keimaman kudus, bertepatan dengan pemulihan mezbah...
Kurang jelas apa yang dimaksudkan, mezbah atau bait Allah atau imam besar, bdk 1Ta 23:13. Pemulihan keimaman kudus, bertepatan dengan pemulihan mezbah dan bait Allah. Maka nabi kiranya juga berpikir kepada imam besar.
Jerusalem: Dan 9:25 - seorang yang diurapi Ibraninya: masyiah(mesias). Bdk Kej 30:22+; 1Sa 9:26+; Yes 45:1+; Maz 20:7+. Pujangga-pujangga Gereja yang paling dahulu tidak sepakat dalam mengartik...
Ibraninya: masyiah(mesias). Bdk Kej 30:22+; 1Sa 9:26+; Yes 45:1+; Maz 20:7+. Pujangga-pujangga Gereja yang paling dahulu tidak sepakat dalam mengartikan "orang yang diurapi" itu dan juga berselisih pendapat dalam memecahkan masalah apakah Dan 9:26 menubuatkan kematian Yesus. Ada yang berpendapat bahwa pekan (jangan waktu tujuh tahun) yang terakhir ialah zaman menjelang akhir dunia
Jerusalem: Dan 9:25 - dibangun kembali Bagian ayat ini menyinggung pemulihan bangsa Israel di zaman Persia (Ezra-Nehemia).
Bagian ayat ini menyinggung pemulihan bangsa Israel di zaman Persia (Ezra-Nehemia).
Jerusalem: Dan 9:26 - seorang yang telah diurapi Menurut Teodotion "orang yang diurapi" (mesias) ini ialah imam besar Onias III, bdk 2Ma 4:30-38, yang sekitar th 175 seb Mas dipecat, lalu mati terbun...
Menurut Teodotion "orang yang diurapi" (mesias) ini ialah imam besar Onias III, bdk 2Ma 4:30-38, yang sekitar th 175 seb Mas dipecat, lalu mati terbunuh oleh anak buah raja Antiokhus Epifanes. Onias itupun "raja Perjanjian" yang disebut dalam Dan 11:22
Jerusalem: Dan 9:26 - salahnya apa-apa Sebuah kata hilang dari naskah Ibrani dan perlu ditambahkan sesuatu kata Terjemahan Indonesia ini menambah kata "salahnya apa-apa" berdasarkan terjema...
Sebuah kata hilang dari naskah Ibrani dan perlu ditambahkan sesuatu kata Terjemahan Indonesia ini menambah kata "salahnya apa-apa" berdasarkan terjemahan Yunani buatan Teodotion
ini melambangkan hukuman dari Allah
Ende: Dan 9:1-27 - -- Nabi Jeremia telah menubuatkan, bahwasanja akan berlangsunglah 70 tahun (kira2
sadja) sebelum bangsa Jahudi dipulihkan. lamanja pembuangan jang sebena...
Nabi Jeremia telah menubuatkan, bahwasanja akan berlangsunglah 70 tahun (kira2 sadja) sebelum bangsa Jahudi dipulihkan. lamanja pembuangan jang sebenarnja paling2 60 tahun (598-538). Setelah Babel runtuh Israil pulang dan orang dapat mengira, bahwa pemulihan sudah kesampaian. Tetapi njata sekali bahwa keadaan Israil jang baru itu belum djuga djaman kebahagiaan jang ditelah para nabi dahulu.
Maka itu banjak orang ragu2 dan malahan murtad setelah berdjumpa dengan kebudajaan Junani. Nah, pasal 9(Dan 9) Daniel menghadap soal itu dengan menegaskan, bahwa djaman kebahagiaan memang pasti akan datang djuga. Lalu suatu keterangan atau tafsir mengenai "70 tahun" itu disadjikan, sedemikian rupa, sehingga waktu kemalangan berlangsung tudjuh kali (pekan) tudjuhpuluh tahun. Angka itupun merupakan hanja lambang sadja dan tidak boleh dilihat sebagai petundjuk waktu jang tepat. Njata sekali, bahwa ajat 25(Dan 9:25) menjindir pemulihan sesudah pembuangan (meskipun dalam kesesakan) dan ajat 26(Dan 9:26) menggambarkan djaman Antiochos IV.
Ende: Dan 9:24 - tudjuhpuluh pekan djadi 7x70. Itulah keterangan atas "tudjuhpuluh tahun"
Jeremia. Djadi djumlahnja 490 tahun.
djadi 7x70. Itulah keterangan atas "tudjuhpuluh tahun" Jeremia. Djadi djumlahnja 490 tahun.
Ende: Dan 9:24 - kedjahatan jang diachiri, dosa jang dimeteraikan (disudahi), kesalahan jang
dihapus ialah dosa dan hukumannja dari umat Allah.
Lalu datanglah "keadilan kekal" ialah masa bahagia (al-Masih).
ialah dosa dan hukumannja dari umat Allah.
Lalu datanglah "keadilan kekal" ialah masa bahagia (al-Masih).
(jang dimuat Dan 7,8), ialah menggenapinja.
Ende: Dan 9:24 - jang terkudus Kurang terang apa jang dimaksud: seorang jang diurapi
(imam) pada djaman bahagia kelak (al-Masih), atau barang, gedung jang diurapi
(baitullah, perabo...
Kurang terang apa jang dimaksud: seorang jang diurapi (imam) pada djaman bahagia kelak (al-Masih), atau barang, gedung jang diurapi (baitullah, perabot sutji), sehingga keradjaan Allah (baitullah jang rohani) akan didirikan. Dengan singkat ajat 24(Dan 9:24) melukiskan djaman sebelum masa terachir dan djaman terachir (al-Masih), jang akan mengachiri kedjahatan. Oleh sebab "tudjuh","tudjuhpuluh" merupakan angka lambang sadja, maka tidak ada gunanja menghitung apakah persis 7x70 tahun berlangsung antara nubuat Jeremia dan kedatangan Jesus Kristus (al-Masih), apalagi untuk menghitung achir djaman.
Ende: Dan 9:25 - sedjak sabda itu keluar Kurang terang sabda mana dimaksud, entah sabda
jang diutjap Jeremia (Yer 25:1,11) dalam tahun 605, entah sabda Jeremia
(Yer 29:10) dalam tahun 587 men...
Kurang terang sabda mana dimaksud, entah sabda jang diutjap Jeremia (Yer 25:1,11) dalam tahun 605, entah sabda Jeremia (Yer 29:10) dalam tahun 587 mengenai waktu pembuangan, entah penetapan Cyrus dalam tahun 538, jang mengidjinkan orang2 Jahudi kembali (Ezr 1:1-4), ataupun penetapan Darios (Ezr 6:1-12) jang memperbolehkan membangun baitullah kembali. Agaknja: sabda Allah jang dikutip Dan 9:3, djadi nubuat Jeremia mengenai pembuangan.
Ende: Dan 9:25 - tudjuh pekan (=49 tahun) mengenai lamanja pembuangan. Pembesar jang
diurapi ialah entah Cyrus, entah imam Jesjua, jang mendjadi imam agung pertama
sesudah pembuang...
(=49 tahun) mengenai lamanja pembuangan. Pembesar jang diurapi ialah entah Cyrus, entah imam Jesjua, jang mendjadi imam agung pertama sesudah pembuangan. Djadi antara th. 587-538, genap 49 tahun! "Enampuluh dua pekan" (434 tahun),ialah djaman Israil sudah kembali di Palestina dan mendirikan djemaahnja di Jerusjalem (antara 538-171), sebenarnja hanja 367 tahun, tetapi angka2 tidak boleh dihitung dengan terlalu persis dalam sastera Apocalyps.
Ende: Dan 9:26-27 - -- Ajat2 ini mengenai djaman Antiochos IV dan tidak membentangkan masa bahagia pada
masa depan.
Ajat2 ini mengenai djaman Antiochos IV dan tidak membentangkan masa bahagia pada masa depan.
Ende: Dan 9:26 - seorang jang terurapi ialah imamagung Onia II, jang dibunuh tahun 171.
Dibelakang "dan" agaknja salah satu kata hilang.
ialah imamagung Onia II, jang dibunuh tahun 171.
Dibelakang "dan" agaknja salah satu kata hilang.
ialah Antiochos IV. Tentaranja memasuki Palestina dan Jerusjalem th. 167.
menjindir kematian Antiochos.
Ende: Dan 9:26 - pertempuran ialah peperangan Antiochos IV lawan Mesir, persaingan antara
imamagung Jason dan Menelaos, dengan akibat, bahwa Antiochos mengambil tindakan
dalam tah...
ialah peperangan Antiochos IV lawan Mesir, persaingan antara imamagung Jason dan Menelaos, dengan akibat, bahwa Antiochos mengambil tindakan dalam tahun 169 dan 167.
Ref. Silang FULL: Dan 9:24 - atas kotamu // untuk menghapuskan // mendatangkan keadilan · atas kotamu: Yes 1:26; Yes 1:26
· untuk menghapuskan: Yes 53:10; Yes 53:10
· mendatangkan keadilan: Yes 56:1; Yes 56:1; Ibr 9:1...
Ref. Silang FULL: Dan 9:25 - dibangun kembali // yang diurapi // seorang raja // tengah-tengah kesulitan · dibangun kembali: Ezr 4:24; Ezr 4:24; Ezr 6:15; Ezr 6:15
· yang diurapi: Mat 1:17; Yoh 4:25
· seorang raja: 1Sam 13:14; 1Sam ...
· dibangun kembali: Ezr 4:24; [Lihat FULL. Ezr 4:24]; Ezr 6:15; [Lihat FULL. Ezr 6:15]
· yang diurapi: Mat 1:17; Yoh 4:25
· seorang raja: 1Sam 13:14; [Lihat FULL. 1Sam 13:14]