kecilkan semua  

Teks -- Yesaya 7:5-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
7:5 Oleh karena Aram dan Efraim dengan anak Remalya telah merancang yang jahat atasmu, dengan berkata: 7:6 Marilah kita maju menyerang Yehuda dan menakut-nakutinya serta merebutnya, kemudian mengangkat anak Tabeel sebagai raja di tengah-tengahnya, 7:7 maka beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak akan sampai hal itu, dan tidak akan terjadi, 7:8 sebab Damsyik ialah ibu kota Aram, dan Rezin ialah kepala Damsyik. Dalam enam puluh lima tahun Efraim akan pecah, tidak menjadi bangsa lagi. 7:9 Dan Samaria ialah ibu kota Efraim, dan anak Remalya ialah kepala Samaria. Jika kamu tidak percaya, sungguh, kamu tidak teguh jaya."
Pemberitaan mengenai Imanuel
7:10 TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya: 7:11 "Mintalah suatu pertanda dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi yang di atas." 7:12 Tetapi Ahas menjawab: "Aku tidak mau meminta, aku tidak mau mencobai TUHAN." 7:13 Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. 7:15 Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, 7:16 sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong. 7:17 TUHAN akan mendatangkan atasmu dan atas rakyatmu dan atas kaum keluargamu hari-hari seperti yang belum pernah datang sejak Efraim menjauhkan diri dari Yehuda -- yakni raja Asyur." 7:18 Pada hari itu akan terjadi: TUHAN bersuit memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur. 7:19 Dan semuanya akan datang hinggap di lembah-lembah yang terjal dan di celah-celah bukit-bukit batu, di segala pagar duri dan di segala tanah penggembalaan. 7:20 Pada hari itu dengan pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, yakni raja Asyur, Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan pisau itu akan melenyapkan janggut juga. 7:21 Pada hari itu setiap orang akan memiara seekor lembu betina yang muda dan dua ekor domba, 7:22 dan karena banyaknya susu yang dihasilkan, mereka akan makan dadih; sungguh, dadih dan madu akan dimakan oleh setiap orang yang masih tinggal di dalam negeri. 7:23 Pada hari itu setiap tempat, di mana biasanya tumbuh seribu pohon anggur dan yang berharga seribu syikal perak, akan menjadi tempat puteri malu dan rumput. 7:24 Orang pergi ke sana terpaksa membawa anak-anak panah dan busur, sebab puteri malu dan rumput belaka seluruh negeri itu. 7:25 Dan engkau tidak berani pergi ke segala lereng gunung yang biasanya dicangkul, karena takut akan puteri malu dan rumput; di situ hanya lembu dan domba akan berkeliaran.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahas a son of Jotham; listed as an ancestor of Jesus,son and successor of King Jotham of Judah,son of Micah of Benjamin
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · bani Rezin a king of Aram/Syria in the time of Jotham and Ahaz of Judah,a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time
 · Damsyik a city-state in Syria, located near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS),a town near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS)
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · dunia maut the place of the dead
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Efrat a large river which joins the Tigris river before flowing into the Persian Gulf,a river flowing from eastern Turkey to the Persian Gulf
 · Imanuel a title of one who was to be born as a sign that the enemies of Israel would come to nothing
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Asyur a member of the nation of Assyria
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · Remalya father of King Pekah, from Gilead
 · Rezin a king of Aram/Syria in the time of Jotham and Ahaz of Judah,a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · Siria the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Tabeel a man who was an opponent to Zerubbabel's rebuilding the temple,an official from Damascus in the time of King Ahaz of Judah
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Yesaya | Ahas | Damsyik | Suku Efraim | Pekah | Asyur | Aram (Siria) | Madu | Domba | Tentara | Susu | Tani, Pertanian | Imanuel | Samaria Kuno | Perempuan | Pelihara, Pemeliharaan | Rambut | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Tidak Percaya | Sungai Efrat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yes 7:1-25 - DALAM ZAMAN AHAS ... RAJA YEHUDA. Nas : Yes 7:1-25 Sekitar tahun 735/734 SM raja Israel dan raja Aram menyerang Yehuda. Raja Ahas diberi tahu oleh Yesaya agar percaya Allah untuk ke...

Nas : Yes 7:1-25

Sekitar tahun 735/734 SM raja Israel dan raja Aram menyerang Yehuda. Raja Ahas diberi tahu oleh Yesaya agar percaya Allah untuk kelepasan. Namun Ahas menolak untuk menerima tawaran Allah akan sebuah tanda ajaib, ia malah meminta bantuan Asyur (lih. 2Raj 16:5-18; 2Taw 28:16-21). Sekalipun demikian Allah tetap memberi tanda kepada seluruh rumah Daud ini -- lahirnya Imanuel (ayat Yes 7:13-17). Walaupun serbuan Aram-Israel akan gagal, Allah kelak akan mengirim orang Asyur dan Babel untuk menghancurkan negeri itu.

Full Life: Yes 7:8 - DALAM ENAM PULUH LIMA TAHUN. Nas : Yes 7:8 Israel (juga disebut Efraim) dikalahkan pada tahun 722 oleh Asyur, yang membawa orang asing ke negeri itu untuk kawin-mengawini denga...

Nas : Yes 7:8

Israel (juga disebut Efraim) dikalahkan pada tahun 722 oleh Asyur, yang membawa orang asing ke negeri itu untuk kawin-mengawini dengan sedikit orang Israel yang tertinggal; keturunan campuran itu kemudian disebut orang Samaria (lih. 2Raj 17:24-34; bd. Yoh 4:7-42).

Full Life: Yes 7:12 - AKU TIDAK MAU MEMINTA. Nas : Yes 7:12 Ahas menolak nasihat nabi Yesaya untuk percaya Allah buat kelepasan; dia malah lebih mengandalkan akalnya yang terbatas dengan memin...

Nas : Yes 7:12

Ahas menolak nasihat nabi Yesaya untuk percaya Allah buat kelepasan; dia malah lebih mengandalkan akalnya yang terbatas dengan meminta pertolongan Asyur (lih. 2Raj 16:5-18; 2Taw 28:16-21).

Full Life: Yes 7:14 - SEORANG PEREMPUAN MUDA MENGANDUNG ... IMANUEL. Nas : Yes 7:14 "Perempuan muda" (juga diterjemahkan "perawan"; bah. Ibr. _almah_) dapat berarti "perawan" atau "seorang wanita muda sebelum nikah"....

Nas : Yes 7:14

"Perempuan muda" (juga diterjemahkan "perawan"; bah. Ibr. _almah_) dapat berarti "perawan" atau "seorang wanita muda sebelum nikah".

  1. 1) Penerapan langsung tanda ini ialah pada seorang pengantin perempuan baru yang masih perawan hingga saat pernikahannya. Sebelum anaknya cukup besar untuk mengetahui perbedaan di antara baik dengan buruk, raja-raja Aram dan Israel akan binasa (ayat Yes 7:16).
  2. 2) Penggenapan akhir nubuat ini terjadi dalam kelahiran Yesus Kristus oleh perawan Maria (Mat 1:23). Maria adalah perawan dan tetap perawan hingga Yesus lahir (Mat 1:18,25). Maria hamil secara ajaib oleh Roh Kudus dan bukan oleh seorang laki-laki

    (lihat cat. --> Mat 1:16;

    lihat cat. --> Mat 1:23;

    lihat cat. --> Luk 1:35).

    [atau ref. Mat 1:16,23; Luk 1:35]

  3. 3) Putra sang perawan akan diberi nama "Imanuel", yaitu "Allah menyertai kita" (Mat 1:23); nama tersebut memperoleh arti yang lebih dalam ketika Anak Tunggal Allah sendiri datang ke dalam dunia (bd. Yoh 3:16).

BIS: Yes 7:14 - Imanuel Imanuel: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "Allah beserta kita."

Imanuel: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "Allah beserta kita."

BIS: Yes 7:15 - makmur makmur: Menurut naskah Ibrani: Ia akan minum susu dan madu. Makanan itu dihubungkan dengan permulaan sejarah Israel.

makmur: Menurut naskah Ibrani: Ia akan minum susu dan madu. Makanan itu dihubungkan dengan permulaan sejarah Israel.

Jerusalem: Yes 7:6 - Tabeel Orang ini agaknya seorang berbangsa Aram di istana raja Damsyik. Nama itu berarti: Allah adalah baik. Tetapi naskah Ibrani membubuhi huruf-huruf mati ...

Orang ini agaknya seorang berbangsa Aram di istana raja Damsyik. Nama itu berarti: Allah adalah baik. Tetapi naskah Ibrani membubuhi huruf-huruf mati dengan (tanda) huruf hidup (tabal), sehingga artinya: tidak berguna (baik) apa-apa.

Jerusalem: Yes 7:8-9 - -- Maksud kedua ayat ini sukar ditangkap. Sementara ahli berpendapat bahwa Yes 7:8 sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Yes 7:9 dengan memperbaiki 65 tahun...

Maksud kedua ayat ini sukar ditangkap. Sementara ahli berpendapat bahwa Yes 7:8 sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Yes 7:9 dengan memperbaiki 65 tahun menjadi 5 atau 6 tahun (kota Samaria memang direbut pada th 722 seb Mas). Seperti tersedia sekarang kedua ayat ini sembunyi-sembunyi membandingkan negeri Yehuda serta ibu kotanya dengan musuh-musuhnya. Kepala negeri Yehuda yang sebenarnya ialah Tuhan, dan musuh-musuh memang tidak mempunyai keistimewaan semacam itu. Selebihnya nabi memberitahukan bahwa kerajaan Israel akan hilang lenyap, asal saja ada kepercayaan di pihak Ahas. Adapun kepercayaan menurut pandangan para nabi bukannya hanya keyakinan bahwa Tuhan ada dan esa. Kepercayaan itu mencakup bahwa orang mengandalkan Tuhan berdasarkan dipilihnya umat. Tuhan telah memilih bangsa Israel lalu menjadi Allahnya, Ula 7:6+. hanya Tuhan sajalah yang mampu menyelamatkan umatNya. Kepercayaan mutlak pada Tuhan itu menjamin keselamatan, Yes 28:16, tetapi tidak mengizinkan umat minta tolong pada sesuatu yang lain, entah manusia entah dewa-dewa asing, bdk Yes 30:15; Yer 17:5; Maz 52:9.

Jerusalem: Yes 7:12 - tidak mau mencobai TUHAN Bdk Ula 6:16.

Bdk Ula 6:16.

Jerusalem: Yes 7:14 - Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda Meskipun raja Ahas menolak pertanda yang ditawarkan, namun Allah memberi pertanda juga. Pertanda itu ialah kelahiran seorang anak yang namanya, Imanue...

Meskipun raja Ahas menolak pertanda yang ditawarkan, namun Allah memberi pertanda juga. Pertanda itu ialah kelahiran seorang anak yang namanya, Imanuel, berarti: Allah beserta kita, Yer 8:8,10. Nama itu merupakan suatu nubuat, bdk Yes 1:26+. Ia menubuatkan bahwa Allah akan melindungi dan memberkati bangsa Yehuda. Dalam nas-nas lain, Yes 9:1-6; 11:1-9, nabi Yesaya lebih jauh menjelaskan ciri-ciri keselamatan yang akan dibawakan oleh anak itu. Nubuat-nubuat itu mengungkapkan pengharapan akan Mesias yang menjadi raja keturunan Daud. Pengharapan itu sudah diungkapkan nabi Natan, 2Sa 7, dan kembali nampak pada nabi Mikha, Mik 4:13, nabi Yehezkiel, Yeh 34:23, dan nabi Hagai, Hag 2:23; bdk Maz 2:1-12; 45:1-17;72:1-20; 110:7. Melalui seorang raja, pengganti Daud, Tuhan mewujudkan keselamatan bagi umatNya. Pengharapan orang yang percaya kepada Tuhan itu bertumpu pada keturunan Daud yang tetap akan ada. Mungkin sekali nabi Yesaya sendiri berpikir kepada anak Ahas, misalnya Hizkia (memang ada kesukaran sedikit sehubungan dengan urutan peristiwa-peristiwa dalam waktu; rupanya Hizkia sudah lahir pada waktu itu) sebagaimana disarankan terjemahan Yunani ini; engkau akan menamakan dia. Namun demikian nada meriahnya nubuat itu serta makna nama yang diberikan kepada anak itu memberi kesan bahwa nabi Yesaya memfirasatkan bahwa makna kelahiran anak raja itu melampaui keadaan sekarang dan melambangkan pertolongan Tuhan yang terakhir yang menegakkan kerajaan Mesias. Begitu nubuat tentang Imanuel itu melampaui perwujudan pertamanya. Karenanya Mat 1:23(=Yes 7:14) dan Mat 4:15-16(Yes 8:22-9:1) dan seluruh tradisi Kristen selanjutnya tidak salah dalam mengartikan nubuat itu sebagai nubuat tentang kelahiran Kristus

Jerusalem: Yes 7:14 - perempuan muda Kata Ibrani (almah) oleh terjemahan Yunani (LXX) dialihbahasakan dengan parthenos, artinya perawan. Kata Ibrani sendiri berarti baik seorang gadis yan...

Kata Ibrani (almah) oleh terjemahan Yunani (LXX) dialihbahasakan dengan parthenos, artinya perawan. Kata Ibrani sendiri berarti baik seorang gadis yang belum kawin maupun seorang perempuan muda yang sudah bersuami. Jadi terjemahan Yunani menentukan lebih lanjut arti kata itu. Begitu LXX itu menjadi saksi bagaimana (sementara) orang Yahudi mengartikan nubuat Yesaya. Pengartian itu didukung oleh Perjanjian Baru. Menurut Mat 1:23 Yesaya menubuatkan kelahiran Mesias (Yesus) dari seorang perawan.

Jerusalem: Yes 7:16 - -- Sama seperti nubuat dahulu, Yes 7:7-9, demikian firman ini memberitahukan penghancuran kerajaan Samaria dan Damsyik. Ini pembebasan yang dijanjikan Tu...

Sama seperti nubuat dahulu, Yes 7:7-9, demikian firman ini memberitahukan penghancuran kerajaan Samaria dan Damsyik. Ini pembebasan yang dijanjikan Tuhan kepada bangsa Yehuda yang kini terancam.

Jerusalem: Yes 7:17 - hari-hari seperti yang belum pernah datang Maksud ayat ini kurang jelas. Mungkin sekali dimaksudkan masa kesejahteraan dan kejayaan sama seperti zaman raja Daud dan Salomo. Begitu bagian kedua ...

Maksud ayat ini kurang jelas. Mungkin sekali dimaksudkan masa kesejahteraan dan kejayaan sama seperti zaman raja Daud dan Salomo. Begitu bagian kedua nubuat tentang Imanuel ditutup dengan pengharapan akan masa depan yang bahagia

Jerusalem: Yes 7:17 - yakni raja Asyur Ini sebuah sisipan yang (secara salah) mengartikan nubuat itu sebagai ancaman.

Ini sebuah sisipan yang (secara salah) mengartikan nubuat itu sebagai ancaman.

Jerusalem: Yes 7:18-25 - -- Bagian ini tidak berkata tentang perang yang dilancarkan kerajaan Aram dan kerajaan Israel. Sebaliknya tampil ke depan Mesir dan Asyur. Bagian ini tid...

Bagian ini tidak berkata tentang perang yang dilancarkan kerajaan Aram dan kerajaan Israel. Sebaliknya tampil ke depan Mesir dan Asyur. Bagian ini tidak menubuatkan kebahagiaan dan berkat, melainkan penghancuran negeri Yehuda oleh serbuan dari pihak Asyur. Nubuat ini agaknya disampaikan Yesaya pada waktu yang lain, yaitu pada akhir karyanya menjelang penyerbuan yang dilontarkan raja Sanherib. Nubuat ini disisipkan di sini oleh karena menyebut "dadih dan madu", Yes 7:22, yang juga disebut dalam Yes 7:15. Tetapi dalam Yes 7:15 "dadih (susu) dan madu" itu merupakan lambang rahmat dan berkat, bdk Kel 3:8; Ula 6:3; 11:9, dll, sedangkan dalam Yes 7:22 "dadih dan madu" merupakan satu-satunya makanan yang masih tersisa di tanah yang dibumihanguskan: penduduknya terpaksa hidup seperti suku Badui di padang pasir.

Ende: Yes 7:6 - -- Tidak diketahui siapa "Bin Tabeel" itu.

Tidak diketahui siapa "Bin Tabeel" itu.

Ende: Yes 7:8-9 - -- Maksudnja: Aram dan Israil tetap sama sadja, sehingga usahanja gagal. Kepala Aram dan Efraim serta ibukotanja tidak berarti apa2, kalau dibandingkan d...

Maksudnja: Aram dan Israil tetap sama sadja, sehingga usahanja gagal. Kepala Aram dan Efraim serta ibukotanja tidak berarti apa2, kalau dibandingkan dengan ibukota Juda serta kepadanja, jaitu Jahwe. Maka itu Ahaz djangan takut, melainkan hendaknja ia pertjaja pada Jahwe.

Ende: Yes 7:8 - masih enampuluh tahun..... Agaknja baris ini suatu tambahan. Beberapa ahli menempatkannja kebelakang Yes 7:9a.

Agaknja baris ini suatu tambahan. Beberapa ahli menempatkannja kebelakang Yes 7:9a.

Ende: Yes 7:11-12 - -- Radja Ahaz menolak suatu tanda (adjaib) jang membenarkan sabda nabi. Dengan pura2 saleh Ahaz enggan, oleh sebab ia tidak pertjaja pada Jahwe, melainka...

Radja Ahaz menolak suatu tanda (adjaib) jang membenarkan sabda nabi. Dengan pura2 saleh Ahaz enggan, oleh sebab ia tidak pertjaja pada Jahwe, melainkan pada pertolongan dari Asjur.

Ende: Yes 7:13 - -- Si nabi (manusia) dan Allah "pajah", tidak sabar lagi karena Ahaz dan seluruh wangsa Dawud jang kurang pertjaja itu.

Si nabi (manusia) dan Allah "pajah", tidak sabar lagi karena Ahaz dan seluruh wangsa Dawud jang kurang pertjaja itu.

Ende: Yes 7:14-15 - -- Kurang djelas apakah "alamat" itu. Biasanja dimengerti kelahiran anak dari seorang dara, jakni anak Ahaz sendiri, Hizkia. Tapi rupanja seluruh nubuat ...

Kurang djelas apakah "alamat" itu. Biasanja dimengerti kelahiran anak dari seorang dara, jakni anak Ahaz sendiri, Hizkia. Tapi rupanja seluruh nubuat ini harus suatu antjaman, sedangkan kelahiran anak itu merupakan djandji keselamatan (nama Imanuel-Allah beserta dengan kita aj. 15-16)(Yes 7:15-16). Maka itu beberapa ahli memisahkan 14b-16(Yes 7:14-16) dari ikatan teks ini dan membuatnja mendjadi nubuat tersendiri. ajat 14a(Yes 7:14a) lalu diteruskan Yes 7:17-25. Ahli lain berpendapat, bahwa anak jang didjandjikan itu adalah anak Jesaja sendiri. Dara adalah wanita muda, entah isteri radja Ahaz, entah isteri Jesaja. Terdjemahan Junani menterdjemahkan kata ini dengan "prawan". (demikianpun terdjemahan Latin Vlg.) Si nabi mendjadikan keselamatan dengan perantaraan seorang anak (keturunan radja) dan anak itu merupakan hasil karya Jahwe. Keselamatan jang sesungguhnja disampaikan Allah dengan perantaraan anak dari seorang prawan, Maria. Demikian apa jang disini didjandjikan si nabi sama sekali kesampaian oleh kelahiran anak adjaib jang sesungguhnja "Imanuel", Allah beserta dengan kita. Itulah sebabnja maka Perdjandjian Baru menterapkan nubuat ini pada Jesus. Baru ketika itu djandji itu dipenuhi seluruhnja, lebih2 daripada apa jang dikirakan nabi Jesaja sendiri.

Ende: Yes 7:14 - -- Menurut naskah Hibrani si dara (ibu) memberi anak namanja, hal mana berlawanan dengan adat Israil. Bapaklah jang berhak. tapi dalam beberapa naskah Hi...

Menurut naskah Hibrani si dara (ibu) memberi anak namanja, hal mana berlawanan dengan adat Israil. Bapaklah jang berhak. tapi dalam beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani terbatja: kaunamai, jaitu radja Ahaz. Naskah Qumran: ia (laki2) akan menamainja. Terdjemahan Latin kuno: kamu (djamak) menamainja.

Ende: Yes 7:15 - makan dadih dan madu Kurang djelas makna ungkapan itu. Adakah makanan itu makanan patjeklik atau makanan kelimpahan (negeri jang mengalirkan air madu dan susu adalah istil...

Kurang djelas makna ungkapan itu. Adakah makanan itu makanan patjeklik atau makanan kelimpahan (negeri jang mengalirkan air madu dan susu adalah istilah bagi kesuburan tanah sutji!). Tapi dalam aj. 22(Yes 7:22) ungkapan itu pasti menundjuk kekurangan.

Ende: Yes 7:16 - -- Kedua radja itu ialah radja Israil dan Aram. Kurang djelas mengapa kedua radja itu dikatakan radja satu tanah.

Kedua radja itu ialah radja Israil dan Aram. Kurang djelas mengapa kedua radja itu dikatakan radja satu tanah.

Ende: Yes 7:16 - akan ditinggalkan ialah oleh penduduknja jang ditumpas.

ialah oleh penduduknja jang ditumpas.

Ende: Yes 7:17 - semendjak jaitu semendjak perpetjahan keradjaan Sulaiman mendjadi dua keradjaan tersendiri, Israil dan Juda.

jaitu semendjak perpetjahan keradjaan Sulaiman mendjadi dua keradjaan tersendiri, Israil dan Juda.

Ende: Yes 7:18 - lalat "lebah", ialah tentara besar. Mesir dan Asjur akan saling bertempur ditanah Juda. Kedua tentara itu "dipanggil" oleh Jahwe, oleh karena merupakan alat...

"lebah", ialah tentara besar. Mesir dan Asjur akan saling bertempur ditanah Juda. Kedua tentara itu "dipanggil" oleh Jahwe, oleh karena merupakan alat penghukum di tangan Jahwe.

Ende: Yes 7:20 - Sungai ialah Sungai Efrat di Mesopotamia (Asjur-Babel).

ialah Sungai Efrat di Mesopotamia (Asjur-Babel).

Ende: Yes 7:20 - radja Asjur adalah keterangan jang ditambahkan. Tentara Asjur akan merampasi negeri Juda (mentjukur).

adalah keterangan jang ditambahkan. Tentara Asjur akan merampasi negeri Juda (mentjukur).

Ende: Yes 7:21 - -- Ajat ini melukiskan keadaan negeri jang lengang dan sutji sepi setelah tentara musuh lewat. Penduduk jang masih tersisa hidup dalam kemiskinan besar.

Ajat ini melukiskan keadaan negeri jang lengang dan sutji sepi setelah tentara musuh lewat. Penduduk jang masih tersisa hidup dalam kemiskinan besar.

Ende: Yes 7:22 - -- Bagian pertama ajat ini, jang memang sukar untuk diartikan, ditjoret sadja oleh beberapa ahli. Mungkin dapat diartikan sbb: Oleh sebab tanah tidak dio...

Bagian pertama ajat ini, jang memang sukar untuk diartikan, ditjoret sadja oleh beberapa ahli. Mungkin dapat diartikan sbb: Oleh sebab tanah tidak diolah lagi, maka perumputan bertambah, sehingga ada lebih banjak makanan untuk ternak. Karena itupun susu bertambah banjak (aj.25)(Yes 7:25), sekalipun tetap ada kekurangan bagi penduduk jang terpaksa kembali kepada peternakan.

Endetn: Yes 7:9 - padaKu diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "karena".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "karena".

Endetn: Yes 7:11 - dipratala diperbaiki menurut dua terdjemahan Junani dan terdjemahan Latin (Vgl.). Tertulis: "permohonan".

diperbaiki menurut dua terdjemahan Junani dan terdjemahan Latin (Vgl.). Tertulis: "permohonan".

Ref. Silang FULL: Yes 7:5 - anak Remalya // telah merancang · anak Remalya: Yes 7:1; Yes 7:1 · telah merancang: Yes 7:2

· anak Remalya: Yes 7:1; [Lihat FULL. Yes 7:1]

· telah merancang: Yes 7:2

Ref. Silang FULL: Yes 7:7 - beginilah firman // akan terjadi · beginilah firman: Yes 24:3; 25:8; 28:16 · akan terjadi: Mazm 2:1; Yes 8:10; 14:24; 28:18; 40:8; 46:10; Kis 4:25

Ref. Silang FULL: Yes 7:8 - sebab Damsyik // dan Rezin // akan pecah · sebab Damsyik: Kej 14:15; Kej 14:15 · dan Rezin: Yes 7:1; Yes 9:10 · akan pecah: 2Raj 17:24; Yes 8:4; 17:1-3

· sebab Damsyik: Kej 14:15; [Lihat FULL. Kej 14:15]

· dan Rezin: Yes 7:1; Yes 9:10

· akan pecah: 2Raj 17:24; Yes 8:4; 17:1-3

Ref. Silang FULL: Yes 7:9 - Dan Samaria // tidak percaya // sungguh // teguh jaya · Dan Samaria: 2Raj 15:29; 2Raj 15:29; Yes 9:8; 28:1,3 · tidak percaya: 2Taw 20:20 · sungguh: Mazm 20:9; Mazm 20:9; Yes 8:10; 40:...

· Dan Samaria: 2Raj 15:29; [Lihat FULL. 2Raj 15:29]; Yes 9:8; 28:1,3

· tidak percaya: 2Taw 20:20

· sungguh: Mazm 20:9; [Lihat FULL. Mazm 20:9]; Yes 8:10; 40:8

· teguh jaya: Yes 8:6-8; 30:12-14

Ref. Silang FULL: Yes 7:11 - suatu pertanda // tempat tertinggi · suatu pertanda: Kel 7:9; Kel 7:9; Ul 13:2; Ul 13:2 · tempat tertinggi: Mazm 139:8

· suatu pertanda: Kel 7:9; [Lihat FULL. Kel 7:9]; Ul 13:2; [Lihat FULL. Ul 13:2]

· tempat tertinggi: Mazm 139:8

Ref. Silang FULL: Yes 7:12 - mau mencobai · mau mencobai: Ul 4:34

· mau mencobai: Ul 4:34

Ref. Silang FULL: Yes 7:13 - keluarga Daud // Belum cukupkah // kamu melelahkan // Allahku · keluarga Daud: Yes 7:2; Yes 7:2 · Belum cukupkah: Kej 30:15; Kej 30:15 · kamu melelahkan: Yes 1:14; Yes 1:14 · Allahku: ...

· keluarga Daud: Yes 7:2; [Lihat FULL. Yes 7:2]

· Belum cukupkah: Kej 30:15; [Lihat FULL. Kej 30:15]

· kamu melelahkan: Yes 1:14; [Lihat FULL. Yes 1:14]

· Allahku: Mazm 63:2; 118:28; Yes 25:1; 49:4; 61:10

Ref. Silang FULL: Yes 7:14 - suatu pertanda // perempuan muda // anak laki-laki // Dia Imanuel · suatu pertanda: Kel 3:12; Kel 3:12; Luk 2:12; Luk 2:12 · perempuan muda: Kej 24:43; Kej 24:43 · anak laki-laki: Kej 3:15; Kej 3...

· suatu pertanda: Kel 3:12; [Lihat FULL. Kel 3:12]; Luk 2:12; [Lihat FULL. Luk 2:12]

· perempuan muda: Kej 24:43; [Lihat FULL. Kej 24:43]

· anak laki-laki: Kej 3:15; [Lihat FULL. Kej 3:15]; Luk 1:31

· Dia Imanuel: Kej 21:22; [Lihat FULL. Kej 21:22]; Yes 8:8,10; Mat 1:23%&

Ref. Silang FULL: Yes 7:15 - makan dadih // dan madu · makan dadih: Kej 18:8; Kej 18:8 · dan madu: Yes 7:22

· makan dadih: Kej 18:8; [Lihat FULL. Kej 18:8]

· dan madu: Yes 7:22

Ref. Silang FULL: Yes 7:16 - itu tahu // yang baik // ditinggalkan kosong · itu tahu: Yes 8:4 · yang baik: Ul 1:39 · ditinggalkan kosong: Ul 13:16; Ul 13:16; Yes 17:3; Yer 7:15; Hos 5:9,13; Am 1:3-5

· itu tahu: Yes 8:4

· yang baik: Ul 1:39

· ditinggalkan kosong: Ul 13:16; [Lihat FULL. Ul 13:16]; Yes 17:3; Yer 7:15; Hos 5:9,13; Am 1:3-5

Ref. Silang FULL: Yes 7:17 - menjauhkan diri // raja Asyur · menjauhkan diri: 1Raj 12:16 · raja Asyur: Yes 7:20; Yes 7:20; 2Taw 28:20; 2Taw 28:20

· menjauhkan diri: 1Raj 12:16

· raja Asyur: Yes 7:20; [Lihat FULL. Yes 7:20]; 2Taw 28:20; [Lihat FULL. 2Taw 28:20]

Ref. Silang FULL: Yes 7:18 - hari itu // Tuhan bersuit // tanah Asyur · hari itu: Yes 7:20,21; Yes 2:11; Yes 2:11 · Tuhan bersuit: Yes 5:26; Yes 5:26 · tanah Asyur: Yes 13:5

· hari itu: Yes 7:20,21; Yes 2:11; [Lihat FULL. Yes 2:11]

· Tuhan bersuit: Yes 5:26; [Lihat FULL. Yes 5:26]

· tanah Asyur: Yes 13:5

Ref. Silang FULL: Yes 7:19 - di celah-celah // pagar duri · di celah-celah: Yes 2:19; Yes 2:19 · pagar duri: Yes 7:25; Yes 17:9; 34:13; 55:13

· di celah-celah: Yes 2:19; [Lihat FULL. Yes 2:19]

· pagar duri: Yes 7:25; Yes 17:9; 34:13; 55:13

Ref. Silang FULL: Yes 7:20 - hari itu // dengan // sungai Efrat // raja Asyur // paha, bahkan // melenyapkan janggut · hari itu: Yes 7:18; Yes 7:18 · dengan: Yes 10:15; 29:16 · sungai Efrat: Yes 11:15; Yer 2:18 · raja Asyur: Yes 7:17; 2Raj...

· hari itu: Yes 7:18; [Lihat FULL. Yes 7:18]

· dengan: Yes 10:15; 29:16

· sungai Efrat: Yes 11:15; Yer 2:18

· raja Asyur: Yes 7:17; 2Raj 18:16; Yes 8:7; 10:5

· paha, bahkan: 2Sam 10:4; [Lihat FULL. 2Sam 10:4]

· melenyapkan janggut: Ul 28:49; [Lihat FULL. Ul 28:49]

Ref. Silang FULL: Yes 7:21 - hari itu // ekor domba · hari itu: Yes 7:23; Yes 2:17 · ekor domba: Yer 39:10

· hari itu: Yes 7:23; Yes 2:17

· ekor domba: Yer 39:10

Ref. Silang FULL: Yes 7:22 - makan dadih // sungguh, dadih · makan dadih: Kej 18:8; Kej 18:8 · sungguh, dadih: Yes 7:15; Yes 14:30

· makan dadih: Kej 18:8; [Lihat FULL. Kej 18:8]

· sungguh, dadih: Yes 7:15; Yes 14:30

Ref. Silang FULL: Yes 7:23 - hari itu // syikal perak // dan rumput · hari itu: Yes 7:21 · syikal perak: Kid 8:11 · dan rumput: Yes 5:6; Yes 5:6; Hos 2:11

· hari itu: Yes 7:21

· syikal perak: Kid 8:11

· dan rumput: Yes 5:6; [Lihat FULL. Yes 5:6]; Hos 2:11

Ref. Silang FULL: Yes 7:24 - puteri malu · puteri malu: Yes 5:6; Yes 5:6

· puteri malu: Yes 5:6; [Lihat FULL. Yes 5:6]

Ref. Silang FULL: Yes 7:25 - segala lereng // dan rumput // akan berkeliaran · segala lereng: Hag 1:11 · dan rumput: Yes 7:19; Yes 7:19 · akan berkeliaran: Yes 5:17; Yes 5:17

· segala lereng: Hag 1:11

· dan rumput: Yes 7:19; [Lihat FULL. Yes 7:19]

· akan berkeliaran: Yes 5:17; [Lihat FULL. Yes 5:17]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yes 7:1-9 - Kesusahan Ahas; Penghiburan yang Diberikan kepada Ahas Pasal ini adalah sebuah khotbah khusus untuk peristiwa tertentu, yang di d...

Matthew Henry: Yes 7:10-16 - Janji tentang Imanuel Janji tentang Imanuel (7:10-16) ...

Matthew Henry: Yes 7:17-25 - Penghakiman Diumumkan Penghakiman Diumumkan (7:17-25) ...

SH: Yes 7:1-25 - Teguh berpegang pada kuasa Allah. (Jumat, 25 September 1998) Teguh berpegang pada kuasa Allah. Teguh berpegang pada kuasa Allah. Takut terhadap ancaman dari luar, ...

SH: Yes 7:1-9 - Menantikan pertolongan Allah (Senin, 13 Oktober 2003) Menantikan pertolongan Allah Menantikan pertolongan Allah. Keadaan krisis dalam hidup manusia sebenar...

SH: Yes 7:1-9 - Percaya penuh pada Tuhan (Jumat, 21 November 2008) Percaya penuh pada Tuhan Judul: Percaya penuh pada Tuhan Apa bukti iman sejati? Bukti iman sejati adal...

SH: Yes 7:1-9 - Harus percaya (Kamis, 22 Desember 2011) Harus percaya Judul: Harus percaya Menjadi seorang pemimpin harus memiliki hikmat dan keyakinan supaya...

SH: Yes 7:1-9 - Janganlah Takut (Senin, 30 Oktober 2017) Janganlah Takut Israel telah terpisah menjadi dua negara, yaitu bagian Utara disebut Israel dan bagian Selatan ya...

SH: Yes 7:1-9 - Jaminan Tuhan di Tengah Ancaman Musuh (Selasa, 13 Oktober 2020) Jaminan Tuhan di Tengah Ancaman Musuh Pernahkah saudara mendapat ancaman dan tekanan dari pihak yang lebih kuat? ...

SH: Yes 7:10-25 - Menolak tanda (Selasa, 14 Oktober 2003) Menolak tanda Menolak tanda. Apakah yang dipikirkan Ahas ketika ia memutuskan untuk meminta tolo...

SH: Yes 7:10-25 - Ketika tidak beriman (Sabtu, 22 November 2008) Ketika tidak beriman Judul: Ketika tidak beriman Apa akibat bila seseorang menolak percaya Tuhan, pada...

SH: Yes 7:10-25 - Belajar menaati Tuhan (Jumat, 23 Desember 2011) Belajar menaati Tuhan Judul: Belajar menaati Tuhan Harga sebuah ketidaktaatan jauh lebih mahal daripad...

SH: Yes 7:10-25 - Imanuel (Selasa, 31 Oktober 2017) Imanuel Untuk meyakinkan Ahas, Yesaya menunjukkan tanda dari Tuhan, sekalipun Ahas tidak memintanya (12). Tanda i...

SH: Yes 7:10-25 - Tanda Kedatangan Mesias (Rabu, 14 Oktober 2020) Tanda Kedatangan Mesias Sebuah tanda atau rambu biasanya digunakan sebagai petunjuk arah bagi seseorang untuk men...

SH: Yes 7:10-25 - Tanda Ajaib Imanuel (Sabtu, 25 Desember 2021) Tanda Ajaib Imanuel Masalah sering kali membuat kita takut, khawatir, bahkan panik. Hal ini sering membuat iman k...

Utley: Yes 7:3-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 7:3-9...

Utley: Yes 7:10-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 7:10-17...

Utley: Yes 7:18-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 7:18-19...

Utley: Yes 7:20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 7:2020 Pad...

Utley: Yes 7:21-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 7:21-22...

Utley: Yes 7:23-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 7:23-25...

Topik Teologia: Yes 7:10 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Pembicaraan Langsung Ke...

Topik Teologia: Yes 7:13 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Panjang Sabar ...

Topik Teologia: Yes 7:14 - -- Yesus Kristus Mesias Maz 110:1 ...

TFTWMS: Yes 7:1-9 - Persekongkolan Melawan Raja PERSEKONGKOLAN MELAWAN RAJA (7:1-9) 1 Dalam zaman Ahas...

TFTWMS: Yes 7:10-17 - Tanda Tuhan TANDA TUHAN (7:10-17) 10 TUHAN melanjutkan firman-Ny...

TFTWMS: Yes 7:18-25 - Hukuman Atas Kaum Yang Tidak Percaya HUKUMAN ATAS KAUM YANG TIDAK PERCAYA (7:18-25) Dalam...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yesaya Tema : Hukuman dan Keselamatan Tanggal Penulisan: + 7...

Full Life: Yesaya (Garis Besar) Garis Besar I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran (...

Matthew Henry: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Nabi adalah sebuah gelar yang kedengarannya sangat hebat bagi orang-orang...

Jerusalem: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PARA NABI PENGANTAR Dalam Alkitab Ibrani kitab-kitab Yesaya, Yeremia, Yehe...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat ...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) JESAJA Pendahuluan Dalam terdjemahan ini kitab Jesaja djelas dibagi atas tiga bagian besar, jakni pasal 13-9, 40-55, 56...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) SANGAT MEREMEHKAN ALLAH(Yesaya 6:11, 22) Salah satu "hal ...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Yesaya 7 TANDA IMANUEL Pasal ...

TFTWMS: Yesaya (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Tiglat-pileser III memerintah dari 745-727 S. M. Ia menyombongkan pelbagai perbuatannya yang g...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) "TINJAUAN PENUH YESAYA 1-39" RINGKASAN ATAS PASAL ...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) RANGKUMAN PASAL 1-35(Yes 1-35) Pasal ...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) TANDA BAGI SEMUA ORANG(Yesaya 7:14) Pekah, raja Israel utara, dan Rezin, raj...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) KATA ' ALMAH(Yesaya 7:14) Di dalam teks Ibrani, kata yang digunakan di ...

BIS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) YESAYA PENGANTAR Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad ked...

Ajaran: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat dipe...

Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Keselamatan dan penghakiman PESANNYA"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, k...

Garis Besar Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) [1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.38 detik
dipersembahkan oleh YLSA