Teks -- Markus 10:13-52 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mrk 10:14 - KERAJAAN ALLAH.
Nas : Mr 10:14
Markus menggunakan istilah "Kerajaan Allah" sedangkan Matius pada
umumnya memakai ungkapan yang lebih disenangi oleh orang Yahudi ya...
Nas : Mr 10:14
Markus menggunakan istilah "Kerajaan Allah" sedangkan Matius pada umumnya memakai ungkapan yang lebih disenangi oleh orang Yahudi yaitu "Kerajaan Sorga". Sekalipun demikian, artinya sama saja. Bandingkan ayat-ayat berikut yang sama:
(Lihat art. KERAJAAN ALLAH).
Full Life: Mrk 10:15 - SEPERTI SEORANG ANAK KECIL.
Nas : Mr 10:15
Menerima Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil berarti
menerimanya dengan sikap yang polos, rendah hati, penuh keyakinan dan
sun...
Nas : Mr 10:15
Menerima Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil berarti menerimanya dengan sikap yang polos, rendah hati, penuh keyakinan dan sungguh-sungguh sehingga meninggalkan dosa serta menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan Allah selaku Bapa sorgawi
(lihat cat. --> Mat 18:3).
[atau ref. Mat 18:3]
Full Life: Mrk 10:16 - LALU ... MEMBERKATI MEREKA.
Nas : Mr 10:16
Kristus sangat memperhatikan keselamatan dan pembinaan rohani
anak-anak. Orang-tua Kristen harus menggunakan setiap sarana yang ters...
Nas : Mr 10:16
Kristus sangat memperhatikan keselamatan dan pembinaan rohani anak-anak. Orang-tua Kristen harus menggunakan setiap sarana yang tersedia untuk menuntun anak mereka kepada Kristus, karena Ia rindu untuk menerima, mengasihi, dan memberkati mereka (ayat Mr 10:13-16;
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).
Nas : Mr 10:23
Lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).
Full Life: Mrk 10:30 - MENERIMA ... SERATUS KALI LIPAT.
Nas : Mr 10:30
Pahala yang dijanjikan di sini jangan ditafsirkan secara harfiah.
Sebaliknya, berkat-berkat dan sukacita yang terkandung dalam
hubun...
Nas : Mr 10:30
Pahala yang dijanjikan di sini jangan ditafsirkan secara harfiah. Sebaliknya, berkat-berkat dan sukacita yang terkandung dalam hubungan-hubungan yang tercatat di sini akan dinikmati oleh seorang murid yang setia berkorban demi Kristus.
Full Life: Mrk 10:31 - YANG TERDAHULU MENJADI YANG TERAKHIR.
Nas : Mr 10:31
Lihat cat. --> Mat 19:30.
[atau ref. Mat 19:30]
Full Life: Mrk 10:43 - BARANGSIAPA INGIN MENJADI BESAR.
Nas : Mr 10:43
Kebesaran yang sejati bukanlah soal kepemimpinan, kekuasaan, atau
prestasi perorangan yang tinggi (ayat Mr 10:42), melainkan sikap h...
Nas : Mr 10:43
Kebesaran yang sejati bukanlah soal kepemimpinan, kekuasaan, atau prestasi perorangan yang tinggi (ayat Mr 10:42), melainkan sikap hati yang dengan sungguh-sungguh ingin hidup bagi Allah dan bagi sesama manusia. Kita harus sedemikian mengabdi kepada Tuhan sehingga kita menyatu dengan kehendak-Nya di dunia tanpa menginginkan kemuliaan, kedudukan atau pahala kebendaan. Melaksanakan kehendak Allah, menuntun orang kepada keselamatan di dalam Kristus serta menyenangkan hati Allah merupakan upah dari mereka yang betul-betul besar
(lihat cat. --> Luk 22:24-30;
[atau ref. Luk 22:24-30]
mengenai kebesaran di Luk 22:24-30).
Full Life: Mrk 10:45 - MENJADI TEBUSAN.
Nas : Mr 10:45
Lihat cat. --> Mat 20:28; dan
lihat cat. --> Rom 3:25
[atau ref. Mat 20:28; Rom 3:25]
mengenai makna kemat...
Jerusalem: Mrk 10:24 - tercengang Kekayaan dan kesejahteraan umumnya dianggap sebagai tanda kerelaan Allah, khususnya dalam sastra Hikmat Israel.
Kekayaan dan kesejahteraan umumnya dianggap sebagai tanda kerelaan Allah, khususnya dalam sastra Hikmat Israel.
Ialah: bila Engkau tampil sebagai Raja Mesias yang menang.
Jerusalem: Mrk 10:38 - baptisan Sama seperti cawan, bdk Mar 14:36, demikianpun baptisan ini melambangkan penderitaan yang sudah mendekat; sesuai dengan arti pertama kata Yunani Yesus...
Sama seperti cawan, bdk Mar 14:36, demikianpun baptisan ini melambangkan penderitaan yang sudah mendekat; sesuai dengan arti pertama kata Yunani Yesus akan "dicemplungkan" ke dalam jurang penderitaan.
Ende: Mrk 10:24 - Murid-murid heran Mereka heran sebab kemakmuran dan kekajaan oleh orang
Jahudi umumnja dipandang sebagai gandjaran dan berkat dari Allah.
Mereka heran sebab kemakmuran dan kekajaan oleh orang Jahudi umumnja dipandang sebagai gandjaran dan berkat dari Allah.
Ende: Mrk 10:25 - Melalui lubang djarum Ungkapan ini merupakan satu peribahasa berlebih-lebihan
untuk menekankan betapa sukarnja hal orang-orang kaja menerima tjita-tjita
Keradjaan Allah.
Ungkapan ini merupakan satu peribahasa berlebih-lebihan untuk menekankan betapa sukarnja hal orang-orang kaja menerima tjita-tjita Keradjaan Allah.
Ende: Mrk 10:30 - Seratus kali ganda.... didunia ini Ini djangan dimengerti dalam arti
kebendaan. Harta benda dan kenikmatan duniawi jang dikurbankan untuk
kepentingan-kepentingan rohani-abadi, didunia i...
Ini djangan dimengerti dalam arti kebendaan. Harta benda dan kenikmatan duniawi jang dikurbankan untuk kepentingan-kepentingan rohani-abadi, didunia ini sudah diganti dengan perasaan bahagia ataskodrati, jang nilainja "seratus kali ganda" melebihi segala kenikmatan serba duniawi.
Ende: Mrk 10:32 - Orang-orang jang mengikut Djadi selain para rasul banjak murid lain lagi
mengikutiNja dengan perasaan keragu-raguan jang sama.
Djadi selain para rasul banjak murid lain lagi mengikutiNja dengan perasaan keragu-raguan jang sama.
Ende: Mrk 10:37 - Dalam kemuliaanMu kelak Murid-murid itu tentu sadja masih mengharap bahwa
Jesus sebagai Mesias-Radja akan bersemajam diatas tachta keradjaan Israel baru
jang megah-mulia, dan...
Murid-murid itu tentu sadja masih mengharap bahwa Jesus sebagai Mesias-Radja akan bersemajam diatas tachta keradjaan Israel baru jang megah-mulia, dan mereka akan memperoleh kedudukan jang tinggi didalam pemerintahan keradjaan itu. Masih demikian lemah pengertian kedua murid terkemuka itu tentang hakekat Keradjaan Allah dan tjita-tjitanja.
Ini dalam bahasa kiasan orang Jahudi mendjadi pelambang penderitaan.
Ende: Mrk 10:38 - Permandian disini berarti sengsara Jesus. Istilah Junani untuk "dipermandikan"
sebenarnja berarti "ditenggelamkan". Demikian Jesus seolah-olah akan ditenggelamka...
disini berarti sengsara Jesus. Istilah Junani untuk "dipermandikan" sebenarnja berarti "ditenggelamkan". Demikian Jesus seolah-olah akan ditenggelamkan kedalam suatu kolam kesengsaraan jang ngeri.
Ref. Silang FULL: Mrk 10:17 - sambil bertelut // yang kekal · sambil bertelut: Mr 1:40
· yang kekal: Luk 10:25; Kis 20:32; Kis 20:32
· dan ibumu: Kel 20:12-16; Ul 5:16-20
Ref. Silang FULL: Mrk 10:21 - orang-orang miskin // di sorga // ikutlah Aku · orang-orang miskin: Kis 2:45; Kis 2:45
· di sorga: Mat 6:20; Luk 12:33
· ikutlah Aku: Mat 4:19; Mat 4:19
Ref. Silang FULL: Mrk 10:23 - yang beruang · yang beruang: Mazm 52:9; 62:11; Mr 4:19; 1Tim 6:9,10,17
· yang beruang: Mazm 52:9; 62:11; Mr 4:19; 1Tim 6:9,10,17
· Kerajaan Allah: Mat 7:13,14; Yoh 3:5
· Kerajaan Allah: Luk 12:16-20; 16:19-31
Ref. Silang FULL: Mrk 10:30 - kali lipat // akan datang // yang kekal · kali lipat: Mat 6:33
· akan datang: Mat 12:32; Mat 12:32
· yang kekal: Mat 25:46; Mat 25:46
· belas murid-Nya: Mr 3:16-19
Ref. Silang FULL: Mrk 10:33 - ke Yerusalem // Anak Manusia // ahli-ahli Taurat · ke Yerusalem: Luk 9:51; Luk 9:51
· Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20
· ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2
· ke Yerusalem: Luk 9:51; [Lihat FULL. Luk 9:51]
· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]
· ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2
Ref. Silang FULL: Mrk 10:34 - diludahi, disesah // dan dibunuh // tiga hari // akan bangkit · diludahi, disesah: Mat 16:21; Mat 16:21
· dan dibunuh: Kis 2:23; 3:13
· tiga hari: Mat 16:21; Mat 16:21
· akan bangkit: ...
· dalam kemuliaan-Mu: Mat 19:28