kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 1:9-20 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penglihatan Yohanes di Patmos
1:9 Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus. 1:10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala, 1:11 katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia." 1:12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas. 1:13 Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas. 1:14 Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api. 1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah. 1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik. 1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, 1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. 1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini. 1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · alam maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · Alfa a title of Jesus Christ
 · Asia A Roman province on the west side of Asia Minor.
 · Awal a title of Jesus Christ
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Efesus a town in western Asia Minor at the mouth of the Cayster River
 · Filadelfia a town in Lydia in the western part of Asia Minor
 · kerajaan maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · Laodikia residents of the town of Laodicea
 · Omega the last letter of Greek alphabet
 · Patmos a small island in the Aegean sea just west of Miletus, Asia Minor
 · Pergamus a wealthy ancient town in the disrict of Mysia in northwest Asia Minor. It is now modern Bergama.
 · Sardis the capital city of the province of Lydia in Asia Minor
 · Smirna a city Located on the west coast of Asia Minor, it is now called Izmir.
 · Tiatira a town in Asia Minor 30 km southeast of Pergamum
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Wahyu | Yesus | Uskup | Bintang | Patmos | Kaki Dian Atau Kaki Pelita | Matahari | Kristus, Allah | Kuningan Atau Tembaga | Kitab | Ilham Roh Kudus | Ikat Pinggang | Lihat, Penglihatan | Pakaian | Pelita | Sabar, Kesabaran | Pedang | Hukuman | Orang Mati | Mati, Kematian | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 1:9 - PULAU ... PATMOS. Nas : Wahy 1:9 Patmos adalah sebuah pulau kecil di Laut Aegea, kira-kira 80 kilometer sebelah barat daya Efesus. Di sana Yohanes menjadi tawanan ka...

Nas : Wahy 1:9

Patmos adalah sebuah pulau kecil di Laut Aegea, kira-kira 80 kilometer sebelah barat daya Efesus. Di sana Yohanes menjadi tawanan karena dengan setia ia telah memberitakan Injil dan tetap setia kepada Kristus dan Firman-Nya.

Full Life: Why 1:10 - DIKUASAI OLEH ROH. Nas : Wahy 1:10 Ungkapan ini menunjukkan suatu intensitas khusus dari kesadaran rohani dan sikap suka menerima penyampaian pesan Roh Kudus yang mel...

Nas : Wahy 1:10

Ungkapan ini menunjukkan suatu intensitas khusus dari kesadaran rohani dan sikap suka menerima penyampaian pesan Roh Kudus yang melaluinya penglihatan-penglihatan boleh diterima (bd. Kis 10:10).

Full Life: Why 1:12 - TUJUH KAKI DIAN DARI EMAS. Nas : Wahy 1:12 Pada kaki dian itu terdapat lampu-lampu berisi minyak, bukan lilin (lihat cat. --> Za 4:2); [atau ref. Za 4...

Nas : Wahy 1:12

Pada kaki dian itu terdapat lampu-lampu berisi minyak, bukan lilin

(lihat cat. --> Za 4:2);

[atau ref. Za 4:2]

ketujuh kaki dian ini melambangkan tujuh jemaat yang disebut dalam ayat Wahy 1:11 (bd. ayat Wahy 1:20).

Full Life: Why 1:13 - SEORANG ... ANAK MANUSIA. Nas : Wahy 1:13 Istilah ini menunjuk kepada Kristus yang agung, suatu istilah yang dipakai juga oleh nabi PL, Daniel (lihat cat. --> Dan ...

Nas : Wahy 1:13

Istilah ini menunjuk kepada Kristus yang agung, suatu istilah yang dipakai juga oleh nabi PL, Daniel

(lihat cat. --> Dan 7:13;

[atau ref. Dan 7:13]

Dan 10:16). Dalam penglihatan ini, Kristus digambarkan sebagai raja, imam, dan hakim atas jemaat-jemaat-Nya (bd. ayat Wahy 1:13-16).

Full Life: Why 1:16 - TUJUH BINTANG. Nas : Wahy 1:16 Tujuh bintang itu melambangkan malaikat-malaikat yang ditugaskan, seorang pada setiap jemaat, untuk menolong jemaat itu dalam peper...

Nas : Wahy 1:16

Tujuh bintang itu melambangkan malaikat-malaikat yang ditugaskan, seorang pada setiap jemaat, untuk menolong jemaat itu dalam peperangan rohani yang dihadapinya (lih. ayat Wahy 1:20; bd. Mat 18:10), atau para gembala dari jemaat-jemaat ini. "Sebilah pedang tajam bermata dua" melambangkan Firman Allah, yang memisahkan dosa dari jemaat dan membawa kasih karunia Allah, atau sebagai hukuman memisahkan suatu jemaat dari kerajaan Allah (Wahy 3:14-22).

Full Life: Why 1:19 - APA YANG TELAH KAU LIHAT, BAIK YANG TERJADI SEKARANG MAUPUN YANG AKAN TERJADI SESUDAH INI. Nas : Wahy 1:19 Di sini kita mempunyai garis besar dari kitab Wahyu: (1) hal-hal yang dilihat Yohanes (pasal Wahy 1:1-20); (2) hal-hal ya...

Nas : Wahy 1:19

Di sini kita mempunyai garis besar dari kitab Wahyu:

  1. (1) hal-hal yang dilihat Yohanes (pasal Wahy 1:1-20);
  2. (2) hal-hal yang sedang terjadi sekarang (pasal Wahy 2:1-3:22);
  3. (3) hal-hal yang akan terjadi pada masa yang akan datang, yaitu peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum dan sesudah kedatangan Kristus ke bumi (pasal Wahy 4:1-22:21).

Full Life: Why 1:20 - KETUJUH JEMAAT. Nas : Wahy 1:20 Lihat art. PESAN KRISTUS KEPADA TUJUH JEMAAT.

BIS: Why 1:18 - dunia orang mati dunia orang mati: Menurut anggapan pada waktu itu orang mati berada di tempat yang gelap di bawah bumi.

dunia orang mati: Menurut anggapan pada waktu itu orang mati berada di tempat yang gelap di bawah bumi.

Jerusalem: Why 1:13-16 - -- Anak Manusia, Mesias, nampak di sini sebagai Hakim di akhir zaman, seperti dalam Dan 7:13-14 (bdk Dan 10:5-6). Sifat-sifatNya dilambangkan berbagai la...

Anak Manusia, Mesias, nampak di sini sebagai Hakim di akhir zaman, seperti dalam Dan 7:13-14 (bdk Dan 10:5-6). Sifat-sifatNya dilambangkan berbagai lambang: Jubah panjang (bdk Kel 28:4; 29:5; Zak 3:4) melambangkan imamatNya; ikat pinggang dari emas (bdk 1Ma 10:89; 11:58) melambangkan martabat kerajaanNya; rambut putih (bdk Dan 7:9) melambangkan kekekalanNya; mata bagaikan nyala api yang "menguji" batin dan hati, Wah 2:23 melambangkan pengetahuanNya; kaki dari tembaga (bdk Dan 2:31-45) melambangkan kekokohanNya; suaraNya bagaikan desau air bah, kakiNya yang berkilap dan wajahNya yang bersinar melambangkan kebesaranNya yang menakutkan. Di genggamanNya yang berkuasa (tangan kanan) Ia memegang ketujuh jemaat (tujuh bintang, Wah 1:20); Ia membuka mulutNya untuk mengeluarkan keputusanNya yang menjatuhkan hukuman mati (pedang tajam bermata dua) atas mereka yang tidak percaya (bdk Wah 19:15+; Wah 2:16; dan Yes 49:2; Efe 6:17; Ibr 4:12). Pada permulaan tiap-tiap surat yang menyusul disebutkan salah satu sifat yang menonjolkan Kristus sebagai Hakim, sesuai dengan keadaan jemaat yang bersangkutan.

Jerusalem: Why 1:18 - Yang Hidup Artinya: Yang mempunyai hidup sebagai milikNya yang khas, bdk Yoh 1:4; 3:15+; Yoh 5:21,26; dll. Ditekankan bahwa Kristus yang dibangkitkan sekarang hi...

Artinya: Yang mempunyai hidup sebagai milikNya yang khas, bdk Yoh 1:4; 3:15+; Yoh 5:21,26; dll. Ditekankan bahwa Kristus yang dibangkitkan sekarang hidup

Jerusalem: Why 1:18 - kerajaan maut Yunaninya: Hades, ialah tempat tinggal orang-orang mati, Bil 16:33; Kej 37:35; 1Sa 2:6; 28:19; Maz 6:6; 88:6,12-13; 89:49; Yes 38:18; Yeh 32:17-32; Ul...

Yunaninya: Hades, ialah tempat tinggal orang-orang mati, Bil 16:33; Kej 37:35; 1Sa 2:6; 28:19; Maz 6:6; 88:6,12-13; 89:49; Yes 38:18; Yeh 32:17-32; Ula 5:26; Wis 16:13. Kristus berkuasa mengeluarkan orang-orang mati dari situ (kunci), bdk Yoh 5:26-28.

Jerusalem: Why 1:19 - yang terjadi sekarang Yaitu apa yang dikatakan dalam surat-surat yang tercantum dalam bab 2 dan 3

Yaitu apa yang dikatakan dalam surat-surat yang tercantum dalam bab 2 dan 3

Jerusalem: Why 1:19 - yang akan terjadi sesudah ini Yakni apa yang dinyatakan dalam bab 4-22. Nubuat-nubuat di sini berupa penglihatan-penglihatan.

Yakni apa yang dinyatakan dalam bab 4-22. Nubuat-nubuat di sini berupa penglihatan-penglihatan.

Jerusalem: Why 1:20 - malaikat Menurut pikiran Yahudi tidak hanya dunia jasmani diurus oleh malaikat-malaikat, bdk Wah 7:1; 14:18; 16:5, tetapi juga orang-orang dan jemaat-jemaat, b...

Menurut pikiran Yahudi tidak hanya dunia jasmani diurus oleh malaikat-malaikat, bdk Wah 7:1; 14:18; 16:5, tetapi juga orang-orang dan jemaat-jemaat, bdk Kel 23:20; Tob 5:4; Dan 10:13. Maka tiap-tiap jemaat Kristen dianggap diurus oleh seorang malaikat yang bertanggungjawab atasnya. Masing-masing malaikat menerima sepucuk surat. Tetapi semua jemaat ada di tangan Kristus, Wah 1:16, artinya dikuasai dan dilindungi olehNya.

Ende: Why 1:9 - Demi sabda Allah Joanes pengarang buku ini dibuang kepulau Patmos oleh pemerintah Romawi karena kerasulannja, memaklumkan Indjil.

Joanes pengarang buku ini dibuang kepulau Patmos oleh pemerintah Romawi karena kerasulannja, memaklumkan Indjil.

Ende: Why 1:10 - Digerakkan dalam roh Maksud ungkapan asli: ia merasa diri tiba-tiba diangkat kesuatu dunia jang gaib.

Maksud ungkapan asli: ia merasa diri tiba-tiba diangkat kesuatu dunia jang gaib.

Ende: Why 1:12 - Tudjuh kaki kandil Ini melambangkan ketudjuh umat tersebut diatas.

Ini melambangkan ketudjuh umat tersebut diatas.

Ende: Why 1:13 - Bagaikan Putera-manusia Jang dimaksudkan ialah Kristus, dengan ingat akan Dan 7:13, tetapi ungkapan itu barangkali djuga dipilih sebab Jesus sendiri gemar memakainja sebagai ...

Jang dimaksudkan ialah Kristus, dengan ingat akan Dan 7:13, tetapi ungkapan itu barangkali djuga dipilih sebab Jesus sendiri gemar memakainja sebagai nama atau gelaran bagi Dirinja.

Ende: Why 1:13 - Djubah pandang melambangkan martabat imamat", "tjinta emas" martabat radja

melambangkan martabat imamat", "tjinta emas" martabat radja

Ende: Why 1:13 - rambut putih kekekalan umur, "kaki tembaga" keteguhan pendirian, "mata bernjala-njala" ketadjaman penglihatan dan semangat, "Pedang tadjam jang keluar dari mulut" ...

kekekalan umur, "kaki tembaga" keteguhan pendirian, "mata bernjala-njala" ketadjaman penglihatan dan semangat, "Pedang tadjam jang keluar dari mulut" ketadjaman dan kekuatan sabda Kristus.

Ref. Silang FULL: Why 1:9 - Aku, Yohanes // dalam kesusahan // dalam Kerajaan // dalam ketekunan // firman Allah // oleh Yesus · Aku, Yohanes: Wahy 1:1 · dalam kesusahan: Kis 14:22; Kis 14:22; 2Kor 1:7; Fili 4:14 · dalam Kerajaan: Wahy 1:6 · dalam k...

· Aku, Yohanes: Wahy 1:1

· dalam kesusahan: Kis 14:22; [Lihat FULL. Kis 14:22]; 2Kor 1:7; Fili 4:14

· dalam Kerajaan: Wahy 1:6

· dalam ketekunan: 2Tim 2:12

· firman Allah: Wahy 1:2; Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

· oleh Yesus: Wahy 1:2; [Lihat FULL. Wahy 1:2]

Ref. Silang FULL: Why 1:10 - hari Tuhan // oleh Roh // bunyi sangkakala · hari Tuhan: Kis 20:7 · oleh Roh: Wahy 4:2; 17:3; 21:10 · bunyi sangkakala: Kel 20:18; Wahy 4:1

· hari Tuhan: Kis 20:7

· oleh Roh: Wahy 4:2; 17:3; 21:10

· bunyi sangkakala: Kel 20:18; Wahy 4:1

Ref. Silang FULL: Why 1:11 - engkau lihat // ketujuh jemaat // ke Efesus // ke Smirna // ke Pergamus // ke Tiatira // ke Sardis // ke Filadelfia // ke Laodikia · engkau lihat: Wahy 1:19 · ketujuh jemaat: Wahy 1:4,20 · ke Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19 · ke Smirna: Wahy 2:8 · k...

· engkau lihat: Wahy 1:19

· ketujuh jemaat: Wahy 1:4,20

· ke Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

· ke Smirna: Wahy 2:8

· ke Pergamus: Wahy 2:12

· ke Tiatira: Kis 16:14; Wahy 2:18,24

· ke Sardis: Wahy 3:1

· ke Filadelfia: Wahy 3:7

· ke Laodikia: Kol 2:1; [Lihat FULL. Kol 2:1]; Wahy 3:14

Ref. Silang FULL: Why 1:12 - kaki dian · kaki dian: Wahy 1:20; Kel 25:31-40; Za 4:2; Wahy 2:1

Ref. Silang FULL: Why 1:13 - kaki dian // Anak Manusia // di kaki // dan dadanya · kaki dian: Wahy 2:1 · Anak Manusia: Yeh 1:26; Dan 7:13; 10:16; Wahy 14:14 · di kaki: Yes 6:1 · dan dadanya: Dan 10:5; Wa...

· kaki dian: Wahy 2:1

· Anak Manusia: Yeh 1:26; Dan 7:13; 10:16; Wahy 14:14

· di kaki: Yes 6:1

· dan dadanya: Dan 10:5; Wahy 15:6

Ref. Silang FULL: Why 1:14 - nyala api · nyala api: Dan 7:9; 10:6; Wahy 2:18; 19:12

Ref. Silang FULL: Why 1:15 - dalam perapian // air bah · dalam perapian: Yeh 1:7; Dan 10:6; Wahy 2:18 · air bah: Yeh 43:2; Wahy 14:2; 19:6

· dalam perapian: Yeh 1:7; Dan 10:6; Wahy 2:18

· air bah: Yeh 43:2; Wahy 14:2; 19:6

Ref. Silang FULL: Why 1:16 - tujuh bintang // sebilah pedang // bagaikan matahari · tujuh bintang: Wahy 1:20; Wahy 2:1; 3:1 · sebilah pedang: Yes 1:20; 49:2; Ibr 4:12; Wahy 2:12,16; 19:15,21 · bagaikan matahari:...

· tujuh bintang: Wahy 1:20; Wahy 2:1; 3:1

· sebilah pedang: Yes 1:20; 49:2; Ibr 4:12; Wahy 2:12,16; 19:15,21

· bagaikan matahari: Hak 5:31; Mat 17:2

Ref. Silang FULL: Why 1:17 - depan kaki-Nya // di atasku // Jangan takut // Yang Akhir · depan kaki-Nya: Yeh 1:28; Dan 8:17,18 · di atasku: Dan 8:18 · Jangan takut: Mat 14:27; Mat 14:27 · Yang Akhir: Yes 41:4;...

· depan kaki-Nya: Yeh 1:28; Dan 8:17,18

· di atasku: Dan 8:18

· Jangan takut: Mat 14:27; [Lihat FULL. Mat 14:27]

· Yang Akhir: Yes 41:4; 44:6; 48:12; Wahy 2:8; 22:13

Ref. Silang FULL: Why 1:18 - telah mati // sampai selama-lamanya // kerajaan maut · telah mati: Rom 6:9; Wahy 2:8 · sampai selama-lamanya: Ul 32:40; Dan 4:34; 12:7; Wahy 4:9,10; 10:6; 15:7 · kerajaan maut: Wahy ...

· telah mati: Rom 6:9; Wahy 2:8

· sampai selama-lamanya: Ul 32:40; Dan 4:34; 12:7; Wahy 4:9,10; 10:6; 15:7

· kerajaan maut: Wahy 9:1; 20:1

Ref. Silang FULL: Why 1:19 - telah kaulihat · telah kaulihat: Wahy 1:11; Hab 2:2

· telah kaulihat: Wahy 1:11; Hab 2:2

Ref. Silang FULL: Why 1:20 - tangan kanan-Ku // kaki dian // ketujuh jemaat // ketujuh jemaat · tangan kanan-Ku: Wahy 1:16; Wahy 1:16 · kaki dian: Wahy 1:12; Wahy 1:12 · ketujuh jemaat: Wahy 1:4,11 · ketujuh jemaat: ...

· tangan kanan-Ku: Wahy 1:16; [Lihat FULL. Wahy 1:16]

· kaki dian: Wahy 1:12; [Lihat FULL. Wahy 1:12]

· ketujuh jemaat: Wahy 1:4,11

· ketujuh jemaat: Mat 5:14,15

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 1:9 - -- 1:9 Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh ...

1:9 Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena Firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus.

Yohanes memperkenalkan dirinya sebagai saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus. Mungkin para teolog dan penafsir Alkitab merasa sayang, bahwa dia tidak menulis "Rasul Yohanes", tetapi untuk membesarkan hati para penerima mula-mula, yang sedang menderita, ataupun yang akan menderita penganiayaan, Yohanes meningkatkan rasa kesatuan dan persaudaraan. Tuhan Yesus, yang telah menderita dan menang atas maut, menyampaikan Firman-Nya kepada para pembaca mula-mula melalui Rasul Yohanes, yang juga menderita.

Pulau Patmos, dan tanjungnya, terletak pada jalur pelayaran dari Roma ke Efesus, 65 kilometer dari Kota Miletus. Luas Pulau Patmos sekitar 22 kilometer persegi. Mungkin karena Pulau Patmos sepi dan tandus, maka dipakai sebagai tempat tawanan oleh pemerintah Kekaisaran Romawi.95

Rupanya96 Rasul Yohanes dibuang ke sana sebagai hukuman karena pelayanan pemberitaan Firman Allah. Memang menurut tradisi, Yohanes dibuang ke sana pada waktu Kaisar Domitianus bertakhta. Di sana Yohanes terpaksa bekerja di tambang, dan pada waktu Domitianus wafat, Yohanes diperbolehkan untuk kembali ke Efesus.97

Hagelberg: Why 1:9-11 - -- 1. Latar belakang dari penglihatan (1:9-11) Peristiwa ini terjadi, ketika Yohanes menerima Firman ini dari Tuhan. Berbeda dari mitos yang mempunyai as...

1. Latar belakang dari penglihatan (1:9-11)

Peristiwa ini terjadi, ketika Yohanes menerima Firman ini dari Tuhan. Berbeda dari mitos yang mempunyai asal-usul yang kabur, peristiwa ini terjadi di satu tempat tertentu, dan pada hari tertentu.

Hagelberg: Why 1:9 - -- 1:9 Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh ...

1:9 Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena Firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus.

Yohanes memperkenalkan dirinya sebagai saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus. Mungkin para teolog dan penafsir Alkitab merasa sayang, bahwa dia tidak menulis "Rasul Yohanes", tetapi untuk membesarkan hati para penerima mula-mula, yang sedang menderita, ataupun yang akan menderita penganiayaan, Yohanes meningkatkan rasa kesatuan dan persaudaraan. Tuhan Yesus, yang telah menderita dan menang atas maut, menyampaikan Firman-Nya kepada para pembaca mula-mula melalui Rasul Yohanes, yang juga menderita.

Pulau Patmos, dan tanjungnya, terletak pada jalur pelayaran dari Roma ke Efesus, 65 kilometer dari Kota Miletus. Luas Pulau Patmos sekitar 22 kilometer persegi. Mungkin karena Pulau Patmos sepi dan tandus, maka dipakai sebagai tempat tawanan oleh pemerintah Kekaisaran Romawi.95

Rupanya96 Rasul Yohanes dibuang ke sana sebagai hukuman karena pelayanan pemberitaan Firman Allah. Memang menurut tradisi, Yohanes dibuang ke sana pada waktu Kaisar Domitianus bertakhta. Di sana Yohanes terpaksa bekerja di tambang, dan pada waktu Domitianus wafat, Yohanes diperbolehkan untuk kembali ke Efesus.97

Hagelberg: Why 1:9-20 - -- B. Penglihatannya (1:9-20)

B. Penglihatannya (1:9-20)

Hagelberg: Why 1:1-20 - -- I. Bagian Pertama : \"...apa yang telah kaulihat...\" (1:1-20) Bagian ini merupakan dasar seluruh Kitab Wahyu, karena di dalam bagian ini terdapat pen...

I. Bagian Pertama : \"...apa yang telah kaulihat...\" (1:1-20)

Bagian ini merupakan dasar seluruh Kitab Wahyu, karena di dalam bagian ini terdapat penglihatan tentang pribadi Tuhan Yesus sendiri.

Hagelberg: Why 1:10 - -- 1:10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh98 dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala Istilah hari Tuhan j...

1:10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh98 dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala

Istilah hari Tuhan jarang sekali dalam Perjanjian Baru, sehingga sulit ditafsirkan. Dalam Perjanjian Lama (misalnya Amos 5:18) ada istilah "hari Tuhan", yang menunjuk pada hari kiamat, tetapi rupanya istilah ini menunjuk pada "hari Minggu".99 Menurut Mounce,100 sama seperti orang Roma merayakan Hari Kaisar, demikian juga orang Kristen merayakan Hari Tuhan, yaitu hari Minggu.

Hagelberg: Why 1:10 - -- 1:10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh98 dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala Istilah hari Tuhan j...

1:10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh98 dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala

Istilah hari Tuhan jarang sekali dalam Perjanjian Baru, sehingga sulit ditafsirkan. Dalam Perjanjian Lama (misalnya Amos 5:18) ada istilah "hari Tuhan", yang menunjuk pada hari kiamat, tetapi rupanya istilah ini menunjuk pada "hari Minggu".99 Menurut Mounce,100 sama seperti orang Roma merayakan Hari Kaisar, demikian juga orang Kristen merayakan Hari Tuhan, yaitu hari Minggu.

Hagelberg: Why 1:11 - -- 1:11 Katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah101 di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamu...

1:11 Katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah101 di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia."

Yohanes diperintahkan untuk menulis penglihatan-penglihatan yang akan dia lihat. Kitab ini bukan merupakan hasil dari lingkungan atau keadaan Yohanes, tetapi merupakan ilham dari Tuhan Yesus Kristus. Kenyataan ini sangat mempengaruhi tafsiran Kitab Wahyu.

Urutan daftar kota yang disebutkan dalam ayat ini sama dengan urutan surat mereka masing-masing dalam pasal 2-3. Urutan ini sesuai dengan letaknya kota-kota ini di jalan raya di Propinsi Asia.

Hagelberg: Why 1:11 - -- 1:11 Katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah101 di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamu...

1:11 Katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah101 di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia."

Yohanes diperintahkan untuk menulis penglihatan-penglihatan yang akan dia lihat. Kitab ini bukan merupakan hasil dari lingkungan atau keadaan Yohanes, tetapi merupakan ilham dari Tuhan Yesus Kristus. Kenyataan ini sangat mempengaruhi tafsiran Kitab Wahyu.

Urutan daftar kota yang disebutkan dalam ayat ini sama dengan urutan surat mereka masing-masing dalam pasal 2-3. Urutan ini sesuai dengan letaknya kota-kota ini di jalan raya di Propinsi Asia.

Hagelberg: Why 1:12 - -- 1:12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara102 yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas. Menur...

1:12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara102 yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas.

Menurut pasal 1:20, tujuh kaki dian dari emas melambangkan ketujuh jemaat tersebut di atas. Lambang ini tepat karena pelita,103 sebagai sumber terang, memakai kaki dian supaya terangnya memenuhi seluruh ruangan. Demikian juga, jemaat bukan merupakan sumber terang, tetapi hanya tempat sumber terang.

Hagelberg: Why 1:12-20 - -- 2. Penglihatannya sendiri (1:12-20) Penglihatan ini merupakan "potret" yang terbaru dari Tuhan Yesus, dan layak diamati dengan teliti. Memang, dalam n...

2. Penglihatannya sendiri (1:12-20)

Penglihatan ini merupakan "potret" yang terbaru dari Tuhan Yesus, dan layak diamati dengan teliti. Memang, dalam nas ini ada perincian aneh yang masih sulit ditafsirkan, tetapi mungkin artinya dijelaskan di dalam pasal 2 dan pasal 3.

Hagelberg: Why 1:12 - -- 1:12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara102 yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas. Menur...

1:12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara102 yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas.

Menurut pasal 1:20, tujuh kaki dian dari emas melambangkan ketujuh jemaat tersebut di atas. Lambang ini tepat karena pelita,103 sebagai sumber terang, memakai kaki dian supaya terangnya memenuhi seluruh ruangan. Demikian juga, jemaat bukan merupakan sumber terang, tetapi hanya tempat sumber terang.

Hagelberg: Why 1:13 - -- 1:13 Dan di tengah-tengah ketujuh104 kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berli...

1:13 Dan di tengah-tengah ketujuh104 kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.

Pasal 1:13-18 melatarbelakangi nama-nama yang dipakai oleh Tuhan Yesus mengenai diri-Nya sendiri dalam pasal 2-3. Dalam nas ini kita melihat beberapa unsur dari keberadaan Tuhan Yesus, kemudian dalam pasal 2-3 unsur-unsur tersebut dikemukakan lagi pada saat yang tepat, sesuai dengan keperluan jemaat yang dinasihati.105

Penafsir harus berhati-hati supaya tafsirannya tidak serampangan. Sebenarnya, yang jelas dan pasti dalam penglihatan ini adalah bahwa Kristus sangat mulia, sampai Rasul Yohanes sendiri tersungkur di depan kaki-Nya. Jangan sampai pembahasan tafsiran nas ini mengurangi kesan kedahsyatan yang begitu tampak dalam nas ini.

Pasal 1:13 ini ditafsirkan dalam pasal 1:20, di mana Tuhan Yesus berkata, "... dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat." Maka nas ini berarti bahwa Tuhan Yesus berada di tengah-tengah jemaat-jemaat-Nya. Fakta ini patut diingat oleh jemaat-jemaat tertentu, misalnya jemaat Efesus (Wahyu 2:1), yang sudah meninggalkan kasihnya yang semula.

Istilah "anak"106 seringkali mempunyai arti yang tidak harfiah, seperti dalam ayat-ayat berikut ini:

1. Anak buah: Matius 12:27;107 Ibrani 12:5; dan 1 Petrus 5:13.

2. Anggota dari kelompok besar: Markus 3:28; Kisah Para Rasul 13:26;108 dan Efesus 3:5.

3. Orang yang sangat mirip dengan si anu dapat disebut "anak si anu": Matius 13:38 dan Kisah Para Rasul 13:10. Yesus seringkali dijuluki Anak Allah (Matius 26:63), Anak Daud (Matius 22:42-45), dan Anak Manusia (82 kali dalam keempat Injil).

Ungkapan Anak Manusia sangat rumit ditafsirkan. Dari satu segi, sebutan ini dilatarbelakangi Mazmur 8:5 (di mana sebutan ini berarti "manusia" secara umum), Mazmur 80:18 (di mana ungkapan ini mungkin merujuk kepada Mesias, umat Israel, atau raja Israel), Kitab Yehezkiel (di mana sebutan ini dipakai lebih dari 90 kali, untuk merujuk kepada Nabi Yehezkiel sendiri), dan Daniel 8:17 (di mana sebutan ini merujuk kepada Nabi Daniel sendiri).

Dari segi yang lain, julukan Anak Manusia dilatarbelakangi oleh Daniel 7:13 di mana "seorang seperti anak manusia" datang "dengan awan-awan". Dalam Kitab Daniel identitas orang itu sulit dipastikan, tetapi dalam Matius 24:30 Tuhan Yesus berkata bahwa "semua bangsa di bumi akan... melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit", maka jelas bahwa Dia yang disebutkan "seorang seperti anak manusia" dalam Daniel 7:13 adalah Tuhan Yesus sendiri. Kalau pemahaman ini benar, maka julukan Anak Manusia dapat disamakan dengan sebutan "Mesias".

Mungkin beberapa arti yang dikemukakan di atas dapat digabungkan dan diterima. Yesus Kristus adalah manusia,109 seorang nabi, dan juga Dia adalah Mesias. Tidak ada kontradiksi di antara ketiga identitas tersebut.

Susunan kata seorang serupa Anak Manusia yang dipakai dalam Wahyu pasal 1:13 tidak sama dengan yang dipakai dalam keempat Injil, yaitu "Anak Manusia".110 Julukan yang dipakai dalam nas ini lebih mirip dengan Daniel 7:13.

Dalam Daniel 10:5-9, Nabi Daniel melihat seseorang yang mirip sekali dengan apa yang dikatakan mengenai Tuhan Yesus dalam Wahyu 1:12-17. Dalam kedua nas tersebut orang yang digambarkan memakai ikat pinggang dari emas, mempunyai mata yang bagaikan api, kaki yang bagaikan tembaga, dan suara yang sangat besar.

Menurut Beasley-Murray,111 jubah yang panjangnya sampai di kaki dipakai oleh orang yang berkedudukan tinggi, seperti misalnya imam besar (Keluaran 28:4), tetapi bukan hanya imam besar saja yang boleh memakai jubah yang panjang.112

Dalam Keluaran 39:29, ikat pinggang yang dipakai oleh Imam Besar dibuat dari "lenan halus yang dipintal benangnya"; tetapi pada zaman Yosefus, ikat pinggang Imam Besar Israel dibuat dari emas,113 maka ada kesan dalam nas ini bahwa Dia yang dilihat Yohanes adalah Imam Besar. Namun demikian, malaikat yang menyatakan dirinya kepada Nabi Daniel dalam Kitab Daniel 10:5-21 mirip sekali dengan penampilan Tuhan Yesus dalam pasal ini.114

Hagelberg: Why 1:13 - -- 1:13 Dan di tengah-tengah ketujuh104 kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berli...

1:13 Dan di tengah-tengah ketujuh104 kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.

Pasal 1:13-18 melatarbelakangi nama-nama yang dipakai oleh Tuhan Yesus mengenai diri-Nya sendiri dalam pasal 2-3. Dalam nas ini kita melihat beberapa unsur dari keberadaan Tuhan Yesus, kemudian dalam pasal 2-3 unsur-unsur tersebut dikemukakan lagi pada saat yang tepat, sesuai dengan keperluan jemaat yang dinasihati.105

Penafsir harus berhati-hati supaya tafsirannya tidak serampangan. Sebenarnya, yang jelas dan pasti dalam penglihatan ini adalah bahwa Kristus sangat mulia, sampai Rasul Yohanes sendiri tersungkur di depan kaki-Nya. Jangan sampai pembahasan tafsiran nas ini mengurangi kesan kedahsyatan yang begitu tampak dalam nas ini.

Pasal 1:13 ini ditafsirkan dalam pasal 1:20, di mana Tuhan Yesus berkata, "... dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat." Maka nas ini berarti bahwa Tuhan Yesus berada di tengah-tengah jemaat-jemaat-Nya. Fakta ini patut diingat oleh jemaat-jemaat tertentu, misalnya jemaat Efesus (Wahyu 2:1), yang sudah meninggalkan kasihnya yang semula.

Istilah "anak"106 seringkali mempunyai arti yang tidak harfiah, seperti dalam ayat-ayat berikut ini:

1. Anak buah: Matius 12:27;107 Ibrani 12:5; dan 1 Petrus 5:13.

2. Anggota dari kelompok besar: Markus 3:28; Kisah Para Rasul 13:26;108 dan Efesus 3:5.

3. Orang yang sangat mirip dengan si anu dapat disebut "anak si anu": Matius 13:38 dan Kisah Para Rasul 13:10. Yesus seringkali dijuluki Anak Allah (Matius 26:63), Anak Daud (Matius 22:42-45), dan Anak Manusia (82 kali dalam keempat Injil).

Ungkapan Anak Manusia sangat rumit ditafsirkan. Dari satu segi, sebutan ini dilatarbelakangi Mazmur 8:5 (di mana sebutan ini berarti "manusia" secara umum), Mazmur 80:18 (di mana ungkapan ini mungkin merujuk kepada Mesias, umat Israel, atau raja Israel), Kitab Yehezkiel (di mana sebutan ini dipakai lebih dari 90 kali, untuk merujuk kepada Nabi Yehezkiel sendiri), dan Daniel 8:17 (di mana sebutan ini merujuk kepada Nabi Daniel sendiri).

Dari segi yang lain, julukan Anak Manusia dilatarbelakangi oleh Daniel 7:13 di mana "seorang seperti anak manusia" datang "dengan awan-awan". Dalam Kitab Daniel identitas orang itu sulit dipastikan, tetapi dalam Matius 24:30 Tuhan Yesus berkata bahwa "semua bangsa di bumi akan... melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit", maka jelas bahwa Dia yang disebutkan "seorang seperti anak manusia" dalam Daniel 7:13 adalah Tuhan Yesus sendiri. Kalau pemahaman ini benar, maka julukan Anak Manusia dapat disamakan dengan sebutan "Mesias".

Mungkin beberapa arti yang dikemukakan di atas dapat digabungkan dan diterima. Yesus Kristus adalah manusia,109 seorang nabi, dan juga Dia adalah Mesias. Tidak ada kontradiksi di antara ketiga identitas tersebut.

Susunan kata seorang serupa Anak Manusia yang dipakai dalam Wahyu pasal 1:13 tidak sama dengan yang dipakai dalam keempat Injil, yaitu "Anak Manusia".110 Julukan yang dipakai dalam nas ini lebih mirip dengan Daniel 7:13.

Dalam Daniel 10:5-9, Nabi Daniel melihat seseorang yang mirip sekali dengan apa yang dikatakan mengenai Tuhan Yesus dalam Wahyu 1:12-17. Dalam kedua nas tersebut orang yang digambarkan memakai ikat pinggang dari emas, mempunyai mata yang bagaikan api, kaki yang bagaikan tembaga, dan suara yang sangat besar.

Menurut Beasley-Murray,111 jubah yang panjangnya sampai di kaki dipakai oleh orang yang berkedudukan tinggi, seperti misalnya imam besar (Keluaran 28:4), tetapi bukan hanya imam besar saja yang boleh memakai jubah yang panjang.112

Dalam Keluaran 39:29, ikat pinggang yang dipakai oleh Imam Besar dibuat dari "lenan halus yang dipintal benangnya"; tetapi pada zaman Yosefus, ikat pinggang Imam Besar Israel dibuat dari emas,113 maka ada kesan dalam nas ini bahwa Dia yang dilihat Yohanes adalah Imam Besar. Namun demikian, malaikat yang menyatakan dirinya kepada Nabi Daniel dalam Kitab Daniel 10:5-21 mirip sekali dengan penampilan Tuhan Yesus dalam pasal ini.114

Hagelberg: Why 1:14 - -- 1:14 Kepala yaitu115 rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, bahkan putih bagaikan salju,116 dan mata-Nya bagaikan nyala api. Apa yang dikata...

1:14 Kepala yaitu115 rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, bahkan putih bagaikan salju,116 dan mata-Nya bagaikan nyala api.

Apa yang dikatakan mengenai Yang Lanjut Usianya (yaitu Allah Bapa) dalam Daniel 7:9, bahwa "rambut-Nya bersih seperti bulu domba", dikatakan juga mengenai Tuhan Yesus dalam nas ini. Dalam Imamat 19:32 dan Amsal 16:31, orang yang rambutnya sudah putih harus dihormati.

Jemaat di Tiatira diperingatkan bahwa mata-Nya bagaikan nyala api.117 Jemaat itu membiarkan dosa, dan mereka diberitahu bahwa Dialah yang menguji batin dan hati orang (2:23). Jadi, mata-Nya yang bagaikan nyala api melambangkan kemampuan-Nya untuk melihat sampai ke batin orang untuk menguji orang.

Hagelberg: Why 1:14 - -- 1:14 Kepala yaitu115 rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, bahkan putih bagaikan salju,116 dan mata-Nya bagaikan nyala api. Apa yang dikata...

1:14 Kepala yaitu115 rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, bahkan putih bagaikan salju,116 dan mata-Nya bagaikan nyala api.

Apa yang dikatakan mengenai Yang Lanjut Usianya (yaitu Allah Bapa) dalam Daniel 7:9, bahwa "rambut-Nya bersih seperti bulu domba", dikatakan juga mengenai Tuhan Yesus dalam nas ini. Dalam Imamat 19:32 dan Amsal 16:31, orang yang rambutnya sudah putih harus dihormati.

Jemaat di Tiatira diperingatkan bahwa mata-Nya bagaikan nyala api.117 Jemaat itu membiarkan dosa, dan mereka diberitahu bahwa Dialah yang menguji batin dan hati orang (2:23). Jadi, mata-Nya yang bagaikan nyala api melambangkan kemampuan-Nya untuk melihat sampai ke batin orang untuk menguji orang.

Hagelberg: Why 1:15 - -- 1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga118 membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah. Logam yang dipanaskan dalam tungku sampai...

1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga118 membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.

Logam yang dipanaskan dalam tungku sampai membara menjadi murni. Demikian juga, Tuhan Yesus murni dan kudus, maka Dia layak menjadi hakim. Sama seperti mata-Nya yang dapat menguji batin orang, demikian juga kaki-Nya dapat melaksanakan hukuman yang tepat. Oleh karena itu, jemaat di Tiatira diperingatkan mengenai kaki-Nya. Jemaat yang berdosa harus waspada! Jangan sampai diinjak oleh kaki-Nya, yang mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian.

Dalam Daniel 10:6, suara malaikat itu "seperti gaduh orang banyak", tetapi dengan berkata bahwa suara-Nya bagaikan desau air bah, Yohanes beralih ke Yehezkiel 43:2, di mana suara Allah dikatakan "seperti suara air terjun yang menderu". Dengan demikian, Dia yang digambarkan dalam Wahyu 1 disamakan dengan Allah, dan bukan hanya malaikat.119

Hagelberg: Why 1:15 - -- 1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga118 membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah. Logam yang dipanaskan dalam tungku sampai...

1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga118 membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.

Logam yang dipanaskan dalam tungku sampai membara menjadi murni. Demikian juga, Tuhan Yesus murni dan kudus, maka Dia layak menjadi hakim. Sama seperti mata-Nya yang dapat menguji batin orang, demikian juga kaki-Nya dapat melaksanakan hukuman yang tepat. Oleh karena itu, jemaat di Tiatira diperingatkan mengenai kaki-Nya. Jemaat yang berdosa harus waspada! Jangan sampai diinjak oleh kaki-Nya, yang mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian.

Dalam Daniel 10:6, suara malaikat itu "seperti gaduh orang banyak", tetapi dengan berkata bahwa suara-Nya bagaikan desau air bah, Yohanes beralih ke Yehezkiel 43:2, di mana suara Allah dikatakan "seperti suara air terjun yang menderu". Dengan demikian, Dia yang digambarkan dalam Wahyu 1 disamakan dengan Allah, dan bukan hanya malaikat.119

Hagelberg: Why 1:16 - -- 1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia mempunyai120 tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar ba...

1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia mempunyai120 tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.

Tuhan Yesus berkuasa atas tujuh bintang yang ada di tangan kanan-Nya. Dalam pasal 1:20 tujuh bintang itu diartikan sebagai tujuh "malaikat" dari ketujuh jemaat. "Malaikat" tersebut mewakili jemaat, sehingga ada juga kesan bahwa Tuhan Yesus berkuasa atas ketujuh jemaat.

Gambaran pedang yang keluar dari mulut, tidaklah asing bagi umat Allah; karena dalam Yesaya 49:2, Nabi Yesaya berkata, "Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam...." Selain itu, Firman Allah dibandingkan dengan pedang dalam Efesus 6:17 dan Ibrani 4:12.

Rupanya pedang itu bermata dua, karena Tuhan dapat menolong dan dapat melawan, tergantung sikap dari orang yang dihadapi-Nya. Bandingkanlah dengan Yosua 5:13-15. Jemaat di Pergamus perlu diperingatkan bahwa Tuhan Yesus mempunyai sebilah pedang bermata dua, mungkin karena mereka berkata, "Ya, Yesus, Dia Juru Selamat kita. Dia akan membiarkan kita berdosa saja." Hati-hati, pedang-Nya bermata dua, sehingga pedang itu dapat dipakai melawan musuh-Nya dan juga melawan pengikut-Nya, jikalau perlu! Ingat! Ada anggota jemaat Korintus yang sudah mati karena dosa mereka. Memang, Dia membenci dosa.

Dalam ayat ini dikatakan wajah-Nya121 bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik. Rupanya kemuliaan-Nya begitu dahsyat, sehingga wajah-Nya tidak dapat dipandang, sama seperti matahari yang terik tidak dapat dipandang. Perkataan ini mirip dengan apa yang dikatakan mengenai wajah orang-orang yang mengasihi Tuhan Allah dalam Hakim-hakim 5:31, wajah malaikat dalam Wahyu 10:1, dan wajah Tuhan Yesus sendiri dalam Matius 17:2.122

Dengan demikian, penglihatan tentang pribadi Tuhan Yesus sudah mencapai puncaknya. Segala sesuatu yang akan dikatakan dalam sisa Kitab Wahyu, mempunyai akar dalam penglihatan ini. Perintah-perintah yang ada dalam Kitab Wahyu berdasarkan keberadaan Tuhan Yesus yang dinyatakan dalam pasal ini. Sikap pengikut Tuhan Yesus yang tepat merupakan tanggapan dari penglihatan ini.

1:17a Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir

Demikianlah tanggapan yang tepat terhadap kemuliaan Tuhan Yesus. Orang lain yang mengalami peristiwa seperti yang dialami Yohanes juga tersungkur.123

Allah kita yang dahsyat datang, dan meletakkan tangan kanan-Nya di atas Yohanes, lalu berkata, "Jangan takut!" Bukankah ini suatu keistimewaan iman kita, di mana kita mengenal Allah yang dahsyat, yang juga dapat menghampiri kita dan meletakkan tangan-Nya di atas kita, dan berkata, "Jangan takut!" Tangan kanan-Nya, yang tadi memegang tujuh bintang, sekarang diletakkan di atas Yohanes. Allah kita yang Mahamulia adalah Penghibur bagi mereka yang takut pada Dia.

Sikap Tuhan Yesus dalam peristiwa ini sama dengan sikap-Nya dalam Matius 17:7. Demikian juga, sikap malaikat dalam Daniel 10:10-12.

Ungkapan Aku adalah124 mengingatkan para pembaca pada nama pribadi Tuhan Allah dalam Perjanjian Lama, yaitu Yahweh, yang ditulis Tuhan dalam Alkitab kita. Dalam Keluaran 3:14, Musa mengenal Allah dengan nama ini. Juga, Tuhan Yesus sering memakai kata ini dalam keempat Injil.125

Perkataan Yang Awal dan Yang Akhir, yang juga dipakai dalam Perjanjian Lama (Yesaya 44:6 dan 48:12) mengenai Allah, dipakai oleh Yohanes mengenai Tuhan Yesus. Keilahian Tuhan Yesus ditegaskan di sini. Dia bukan hanya dewa, dan Dia bukan hanya manusia yang istimewa. Nas ini dapat dibandingkan dengan pasal 1:8, "Aku adalah Alfa dan Omega", 2:8, "Yang Awal dan Yang Akhir", 21:6, "Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir", dan 22:13, "Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir." Kalau kelima nas ini diringkas, dapat dikatakan bahwa keberadaan Tuhan Yesus bersifat kekal.

Hagelberg: Why 1:16 - -- 1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia mempunyai120 tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar ba...

1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia mempunyai120 tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.

Tuhan Yesus berkuasa atas tujuh bintang yang ada di tangan kanan-Nya. Dalam pasal 1:20 tujuh bintang itu diartikan sebagai tujuh "malaikat" dari ketujuh jemaat. "Malaikat" tersebut mewakili jemaat, sehingga ada juga kesan bahwa Tuhan Yesus berkuasa atas ketujuh jemaat.

Gambaran pedang yang keluar dari mulut, tidaklah asing bagi umat Allah; karena dalam Yesaya 49:2, Nabi Yesaya berkata, "Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam...." Selain itu, Firman Allah dibandingkan dengan pedang dalam Efesus 6:17 dan Ibrani 4:12.

Rupanya pedang itu bermata dua, karena Tuhan dapat menolong dan dapat melawan, tergantung sikap dari orang yang dihadapi-Nya. Bandingkanlah dengan Yosua 5:13-15. Jemaat di Pergamus perlu diperingatkan bahwa Tuhan Yesus mempunyai sebilah pedang bermata dua, mungkin karena mereka berkata, "Ya, Yesus, Dia Juru Selamat kita. Dia akan membiarkan kita berdosa saja." Hati-hati, pedang-Nya bermata dua, sehingga pedang itu dapat dipakai melawan musuh-Nya dan juga melawan pengikut-Nya, jikalau perlu! Ingat! Ada anggota jemaat Korintus yang sudah mati karena dosa mereka. Memang, Dia membenci dosa.

Dalam ayat ini dikatakan wajah-Nya121 bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik. Rupanya kemuliaan-Nya begitu dahsyat, sehingga wajah-Nya tidak dapat dipandang, sama seperti matahari yang terik tidak dapat dipandang. Perkataan ini mirip dengan apa yang dikatakan mengenai wajah orang-orang yang mengasihi Tuhan Allah dalam Hakim-hakim 5:31, wajah malaikat dalam Wahyu 10:1, dan wajah Tuhan Yesus sendiri dalam Matius 17:2.122

Dengan demikian, penglihatan tentang pribadi Tuhan Yesus sudah mencapai puncaknya. Segala sesuatu yang akan dikatakan dalam sisa Kitab Wahyu, mempunyai akar dalam penglihatan ini. Perintah-perintah yang ada dalam Kitab Wahyu berdasarkan keberadaan Tuhan Yesus yang dinyatakan dalam pasal ini. Sikap pengikut Tuhan Yesus yang tepat merupakan tanggapan dari penglihatan ini.

1:17a Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir

Demikianlah tanggapan yang tepat terhadap kemuliaan Tuhan Yesus. Orang lain yang mengalami peristiwa seperti yang dialami Yohanes juga tersungkur.123

Allah kita yang dahsyat datang, dan meletakkan tangan kanan-Nya di atas Yohanes, lalu berkata, "Jangan takut!" Bukankah ini suatu keistimewaan iman kita, di mana kita mengenal Allah yang dahsyat, yang juga dapat menghampiri kita dan meletakkan tangan-Nya di atas kita, dan berkata, "Jangan takut!" Tangan kanan-Nya, yang tadi memegang tujuh bintang, sekarang diletakkan di atas Yohanes. Allah kita yang Mahamulia adalah Penghibur bagi mereka yang takut pada Dia.

Sikap Tuhan Yesus dalam peristiwa ini sama dengan sikap-Nya dalam Matius 17:7. Demikian juga, sikap malaikat dalam Daniel 10:10-12.

Ungkapan Aku adalah124 mengingatkan para pembaca pada nama pribadi Tuhan Allah dalam Perjanjian Lama, yaitu Yahweh, yang ditulis Tuhan dalam Alkitab kita. Dalam Keluaran 3:14, Musa mengenal Allah dengan nama ini. Juga, Tuhan Yesus sering memakai kata ini dalam keempat Injil.125

Perkataan Yang Awal dan Yang Akhir, yang juga dipakai dalam Perjanjian Lama (Yesaya 44:6 dan 48:12) mengenai Allah, dipakai oleh Yohanes mengenai Tuhan Yesus. Keilahian Tuhan Yesus ditegaskan di sini. Dia bukan hanya dewa, dan Dia bukan hanya manusia yang istimewa. Nas ini dapat dibandingkan dengan pasal 1:8, "Aku adalah Alfa dan Omega", 2:8, "Yang Awal dan Yang Akhir", 21:6, "Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir", dan 22:13, "Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir." Kalau kelima nas ini diringkas, dapat dikatakan bahwa keberadaan Tuhan Yesus bersifat kekal.

Hagelberg: Why 1:18 - -- 1:18 dan Yang Hidup, Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. Gelar Tuha...

1:18 dan Yang Hidup, Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Gelar Tuhan Yesus, "Yang Awal dan Yang Akhir" diartikan dalam ayat ini dengan gelar Yang Hidup. Gelar ini sering dipakai dalam Perjanjian Lama,126 dalam Perjanjian Baru,127 dan dalam karangan rabi-rabi Yahudi.128 Yesus Kristus adalah Allah Yang Hidup, Yang Kekal. Yang Hidup telah berhasil melakukan sesuatu yang tak terpahami. Yang Kekal memang telah mati, tetapi Dia hidup, sampai selama-lamanya. Maka, oleh karena Dia telah mati, dan oleh karena Dia hidup, Dia memperoleh segala kunci maut dan kerajaan maut. Oleh karena Allah yang Kekal telah mati dan hidup kembali, maka Dia sendiri memperoleh otoritas atas maut dan kerajaan maut, yang dulunya berhak menguasai kita semua karena dosa kita.

Kalimat ini luar biasa! Dengan perkataan yang singkat dan padat ini, Tuhan Yesus sudah menunjukkan secara garis besar seluruh karya-Nya di kayu salib dan kuburan-Nya yang sudah kosong. Pokok-pokok utama dari Soteriologi diringkas dalam satu kalimat tersebut.

Selain itu, ayat ini juga menegaskan keilahian Tuhan Yesus, karena zaman itu seorang tokoh agama Yahudi menulis, "Empat kunci diserahkan ke dalam tangan Tuhan bumi ini, yang tidak Dia serahkan kepada pemerintah: kunci kehidupan, kunci kuburan-kuburan, kunci makanan, kunci hujan."129 Dia yang Kekal, yang telah mati, dan hidup, sampai selama-lamanya, Dia yang memegang segala kunci maut dan kerajaan maut, adalah Allah dan Juru Selamat kita. Para pembaca yang terancam oleh pemerintah Kekaisaran Romawi yang dapat melaksanakan hukuman maut, tidak perlu takut, karena Juru Selamat mereka memegang kunci maut itu. Tampaknya tema ini penting, paling tidak bagi beberapa jemaat yang menerima surat dalam pasal yang berikut.

Hagelberg: Why 1:18 - -- 1:18 dan Yang Hidup, Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. Gelar Tuha...

1:18 dan Yang Hidup, Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Gelar Tuhan Yesus, "Yang Awal dan Yang Akhir" diartikan dalam ayat ini dengan gelar Yang Hidup. Gelar ini sering dipakai dalam Perjanjian Lama,126 dalam Perjanjian Baru,127 dan dalam karangan rabi-rabi Yahudi.128 Yesus Kristus adalah Allah Yang Hidup, Yang Kekal. Yang Hidup telah berhasil melakukan sesuatu yang tak terpahami. Yang Kekal memang telah mati, tetapi Dia hidup, sampai selama-lamanya. Maka, oleh karena Dia telah mati, dan oleh karena Dia hidup, Dia memperoleh segala kunci maut dan kerajaan maut. Oleh karena Allah yang Kekal telah mati dan hidup kembali, maka Dia sendiri memperoleh otoritas atas maut dan kerajaan maut, yang dulunya berhak menguasai kita semua karena dosa kita.

Kalimat ini luar biasa! Dengan perkataan yang singkat dan padat ini, Tuhan Yesus sudah menunjukkan secara garis besar seluruh karya-Nya di kayu salib dan kuburan-Nya yang sudah kosong. Pokok-pokok utama dari Soteriologi diringkas dalam satu kalimat tersebut.

Selain itu, ayat ini juga menegaskan keilahian Tuhan Yesus, karena zaman itu seorang tokoh agama Yahudi menulis, "Empat kunci diserahkan ke dalam tangan Tuhan bumi ini, yang tidak Dia serahkan kepada pemerintah: kunci kehidupan, kunci kuburan-kuburan, kunci makanan, kunci hujan."129 Dia yang Kekal, yang telah mati, dan hidup, sampai selama-lamanya, Dia yang memegang segala kunci maut dan kerajaan maut, adalah Allah dan Juru Selamat kita. Para pembaca yang terancam oleh pemerintah Kekaisaran Romawi yang dapat melaksanakan hukuman maut, tidak perlu takut, karena Juru Selamat mereka memegang kunci maut itu. Tampaknya tema ini penting, paling tidak bagi beberapa jemaat yang menerima surat dalam pasal yang berikut.

Hagelberg: Why 1:19 - -- 1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, dan apa yang terjadi sekarang, dan apa yang akan terjadi sesudah ini. Seperti dikatakan di atas, ...

1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, dan apa yang terjadi sekarang, dan apa yang akan terjadi sesudah ini.

Seperti dikatakan di atas, di dalam bagian "Perkembangan", ayat ini merupakan garis besar atau daftar isi dari Kitab Wahyu. Sebaiknya ayat ini diterjemahkan,130 Karena itu, tuliskanlah apa yang telah kaulihat,131 apa yang terjadi sekarang,132 dan apa yang akan terjadi sesudah ini." Yohanes baru melihat penglihatan tentang pribadi Kristus itu, dan dia disuruh menulisnya. Apa yang telah kaulihat terdiri dari penglihatan yang dilihat Yohanes, yaitu bagian yang pertama, dijelaskan dalam pasal satu. Apa yang terjadi sekarang terdiri dari pesan kepada ketujuh jemaat itu, yaitu bagian yang kedua, dijelaskan dalam pasal dua dan pasal tiga. Apa yang akan terjadi sesudah ini terdiri dari kisah tentang kedatangan dan kemenangan Tuhan Yesus, yaitu bagian yang ketiga, dijelaskan dalam pasal empat sampai dengan pasal dua puluh dua.

Hagelberg: Why 1:19 - -- 1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, dan apa yang terjadi sekarang, dan apa yang akan terjadi sesudah ini. Seperti dikatakan di atas, ...

1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, dan apa yang terjadi sekarang, dan apa yang akan terjadi sesudah ini.

Seperti dikatakan di atas, di dalam bagian "Perkembangan", ayat ini merupakan garis besar atau daftar isi dari Kitab Wahyu. Sebaiknya ayat ini diterjemahkan,130 Karena itu, tuliskanlah apa yang telah kaulihat,131 apa yang terjadi sekarang,132 dan apa yang akan terjadi sesudah ini." Yohanes baru melihat penglihatan tentang pribadi Kristus itu, dan dia disuruh menulisnya. Apa yang telah kaulihat terdiri dari penglihatan yang dilihat Yohanes, yaitu bagian yang pertama, dijelaskan dalam pasal satu. Apa yang terjadi sekarang terdiri dari pesan kepada ketujuh jemaat itu, yaitu bagian yang kedua, dijelaskan dalam pasal dua dan pasal tiga. Apa yang akan terjadi sesudah ini terdiri dari kisah tentang kedatangan dan kemenangan Tuhan Yesus, yaitu bagian yang ketiga, dijelaskan dalam pasal empat sampai dengan pasal dua puluh dua.

Hagelberg: Why 1:20 - -- 1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh j...

1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat.

Penjelasan ini merupakan peralihan dari puncak visi Yohanes, yang menjadi pokok utama dari pasal satu, kepada ketujuh surat yang menjadi pokok dari pasal dua dan tiga.

Istilah rahasia menunjuk pada suatu kebenaran (atau dalam ayat ini, tafsiran) yang dulunya tidak dapat ditemui, tetapi sekarang sudah diilhamkan. Kalau tidak diberitahu, manusia tidak dapat mengerti bahwa ketujuh bintang itu adalah malaikat ketujuh jemaat, dan bahwa ketujuh kaki dian emas itu adalah ketujuh jemaat.

Identitas mereka yang dinamai ketujuh bintang itu perlu dipikirkan. Ternyata istilah tersebut, yang diterjemahkan malaikat,133 pada dasarnya berarti "pesuruh" atau "utusan". Biasanya "pesuruh" Allah ialah malaikat, tetapi dalam Matius 11:10 pesuruh Allah adalah manusia, yaitu Yohanes Pembaptis.134 Pemakaian istilah "pesuruh", walaupun lebih jarang dipakai, ternyata lebih mudah dimengerti dalam ayat ini. Dalam pasal dua dan tiga, Yohanes diperintahkan untuk menulis kepada "malaikat"/"pesuruh" dari ketujuh jemaat. Apakah Tuhan Yesus memberi perintah supaya Yohanes mengirim surat kepada malaikat di surga? Nas ini jauh lebih mudah dimengerti kalau kata ini diartikan "pesuruh" atau "utusan". Mungkin ketujuh jemaat itu sudah mengutus utusan untuk mengunjungi Yohanes di Pulau Patmos pada waktu itu, sehingga setelah Yohanes mengalami penglihatan dan menulis wahyu itu dari Tuhan Yesus, tulisan itu tinggal disalin dan dibagikan kepada utusan yang "secara kebetulan" mengunjungi dia.135

Kalau pengertian ini benar, maka tujuh utusan itu mirip Epafroditus dan Epafras, yang diutus dari jemaat di Kolose dan Filipi untuk mengunjungi dan menghibur Rasul Paulus pada waktu dia dipenjarakan di Roma (Filipi 2:25; 4:18 dan Kolose 4:12).136

Lambang ketujuh kaki dian sungguh tepat karena kaki dian tidak bercahaya, tetapi pelita yang ditempatkan di atasnya bercahaya. Demikian juga Kristus dan ketujuh jemaat-Nya.

Dengan demikian, para pembaca disiapkan untuk membaca dan memahami bagian selanjutnya dari Kitab Wahyu.

Hagelberg: Why 1:20 - -- 1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh j...

1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat.

Penjelasan ini merupakan peralihan dari puncak visi Yohanes, yang menjadi pokok utama dari pasal satu, kepada ketujuh surat yang menjadi pokok dari pasal dua dan tiga.

Istilah rahasia menunjuk pada suatu kebenaran (atau dalam ayat ini, tafsiran) yang dulunya tidak dapat ditemui, tetapi sekarang sudah diilhamkan. Kalau tidak diberitahu, manusia tidak dapat mengerti bahwa ketujuh bintang itu adalah malaikat ketujuh jemaat, dan bahwa ketujuh kaki dian emas itu adalah ketujuh jemaat.

Identitas mereka yang dinamai ketujuh bintang itu perlu dipikirkan. Ternyata istilah tersebut, yang diterjemahkan malaikat,133 pada dasarnya berarti "pesuruh" atau "utusan". Biasanya "pesuruh" Allah ialah malaikat, tetapi dalam Matius 11:10 pesuruh Allah adalah manusia, yaitu Yohanes Pembaptis.134 Pemakaian istilah "pesuruh", walaupun lebih jarang dipakai, ternyata lebih mudah dimengerti dalam ayat ini. Dalam pasal dua dan tiga, Yohanes diperintahkan untuk menulis kepada "malaikat"/"pesuruh" dari ketujuh jemaat. Apakah Tuhan Yesus memberi perintah supaya Yohanes mengirim surat kepada malaikat di surga? Nas ini jauh lebih mudah dimengerti kalau kata ini diartikan "pesuruh" atau "utusan". Mungkin ketujuh jemaat itu sudah mengutus utusan untuk mengunjungi Yohanes di Pulau Patmos pada waktu itu, sehingga setelah Yohanes mengalami penglihatan dan menulis wahyu itu dari Tuhan Yesus, tulisan itu tinggal disalin dan dibagikan kepada utusan yang "secara kebetulan" mengunjungi dia.135

Kalau pengertian ini benar, maka tujuh utusan itu mirip Epafroditus dan Epafras, yang diutus dari jemaat di Kolose dan Filipi untuk mengunjungi dan menghibur Rasul Paulus pada waktu dia dipenjarakan di Roma (Filipi 2:25; 4:18 dan Kolose 4:12).136

Lambang ketujuh kaki dian sungguh tepat karena kaki dian tidak bercahaya, tetapi pelita yang ditempatkan di atasnya bercahaya. Demikian juga Kristus dan ketujuh jemaat-Nya.

Dengan demikian, para pembaca disiapkan untuk membaca dan memahami bagian selanjutnya dari Kitab Wahyu.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 1:9-20 - Penglihatan yang Diterima oleh Rasul Yohanes Penglihatan yang Diterima oleh Rasul Yohanes (1:9-20) ...

SH: Why 1:9-20 - Kristus yang Ilahi (Selasa, 22 Oktober 2002) Kristus yang Ilahi Kristus yang Ilahi. Sebagai sastra apokaliptik, Kitab Wahyu sarat dengan simbol alias p...

SH: Why 1:9-20 - Seperti demikianlah Dia! (Minggu, 14 Desember 2003) Seperti demikianlah Dia! Seperti demikianlah Dia! Nas ini bukan ulasan mode terkini dari penampilan Ok...

SH: Why 1:9-20 - Tuhan menyertai umat-Nya (Selasa, 13 Desember 2011) Tuhan menyertai umat-Nya Judul: Tuhan menyertai umat-Nya Kita tidak asing dengan kata 'Imanuel' yang b...

SH: Why 1:9-20 - Bukan Hoaks (Jumat, 9 September 2022) Bukan Hoaks Kitab Wahyu merupakan surat kepada tujuh jemaat (11). Untuk menunjukkan bahwa tulisannya bukan sekada...

Utley: Why 1:9-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 1:9-11...

Utley: Why 1:12-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 1:12-16...

Utley: Why 1:17-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 1:17-20...

Topik Teologia: Why 1:10 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus ...

Topik Teologia: Why 1:11 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus ...

Topik Teologia: Why 1:12 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Sumber Alkitab Kitab Suci Tertulis atas Perintah All...

Topik Teologia: Why 1:13 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Anak Manusia Dan...

Topik Teologia: Why 1:17 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Yang Awal dan Yang Akhir Wah 1:17...

Topik Teologia: Why 1:18 - -- Yesus Kristus Kekekalan Yoh 1:1-2,15 ...

Topik Teologia: Why 1:20 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Inspirasi Kitab Suci Inspirasi Perjanjian Baru Pandangan Inspirasi Perjanji...

TFTWMS: Why 1:9-11 - Apa Yang Yohanes Dengar APA YANG YOHANES DENGAR (Wahyu 1:9-11) Yohanes memulai dengan perkat...

TFTWMS: Why 1:12-20 - Apa Yang Yohanes Lihat APA YANG YOHANES LIHAT (Wahyu 1:12-16, 20) Sesuatu tentang...

TFTWMS: Why 1:17 - Apa Yang Yohanes Rasakan APA YANG YOHANES RASAKAN (Wahyu 1:17) Bagaimanakah Yohanes bereaksi terhadap...

TFTWMS: Why 1:17 - Tuhan Tahu Ketika Kita Takut TUHAN TAHU KETIKA KITA TAKUT (Wahyu 1:17) Ketika Yohanes melihat Yesus dalam...

TFTWMS: Why 1:17-18 - Tuhan Tahu Apa Yang Kita Perlu Dengarkan TUHAN TAHU APA YANG KITA PERLU DENGARKAN (Wahyu 1:17, 18) Setelah Y...

TFTWMS: Why 1:19 - Tuhan Tahu Apa Yang Kita Perlu Ketahui TUHAN TAHU APA YANG KITA PERLU KETAHUI (Wahyu 1:19) Yesus selanjutnya mengul...

TFTWMS: Why 1:20 - Tuhan Tahu Cara Menjaga Kita Tetap Rendah Hati TUHAN TAHU CARA MENJAGA KITA TETAP RENDAH HATI (Wahyu 1:20) Kita hampir sele...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Ketika Semua Biduan Allah Tiba Di Rumah" Agama Kristen Yang Berjaya Sebuah renungan1berdasa...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) BANTUAN UNTUK MENGAJAR& BERKHOTBAH GNOSTIKISME WAHYU...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 1:9-17, 20) Doa saya adalah semoga, sebag...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Arti utama penglihatan itu adalah sama dengan arti mimpi Nebukadnezar di ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Saya Menyukai Kitab Wahyu! Agama Kristen Yang Berjaya Wahyu Saya tahu waktu itu saya sedang dalam masal...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuh Fakta Kitab Wahyu Yang Anda Harus Ketahui Agama Kristen Yang Berjaya Mengenai pelajaran kita tentang Kitab ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Awal Yang Baik Menyelesaikan Separuh Pekerjaan" Agama Kristen Yang Berjaya Wahyu Filsuf Aris...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Di Sinilah Keberadaan Naga-Naga Itu!" Agama Kristen Yang Berjaya Wahyu Ketika manusia mulai ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tanda-Tanda Penting Dan Simbol-Simbol Mengejutkan Agama Kristen Yang Berjaya Di dalam pelajaran kita sebelumnya, ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Terima Kasih Allah, Kami Menang!" Agama Kristen Yang Berjaya etiap kitab Perjanjian Baru memiliki pers...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Tuhan Tahu" WAHYU 1:17-20 Yohanes ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 1:17-20) Ketika penglihatan tentang Tuhan yang di...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ray Summers, Worthy Is the Lamb (Nashville: Broadman Press, 1951), 104. ...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.16 detik
dipersembahkan oleh YLSA