TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Zakharia 13

  Boks Temuan
Penyingkiran berhala dan nabi palsu
13:1 "Pada waktu itu akan terbuka suatu sumber z  bagi keluarga Daud 1  dan bagi penduduk Yerusalem untuk membasuh a  dosa dan kecemaran. 13:2 Maka pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan melenyapkan nama-nama berhala b  dari negeri itu, sehingga orang tidak menyebutnya lagi. c  Juga para nabi d  dan roh najis akan Kusingkirkan dari negeri itu. 13:3 Dan apabila seseorang masih tampil sebagai nabi, maka ayahnya dan ibunya, yang telah memperanakkan dia, akan berkata kepadanya: Janganlah engkau hidup lagi, sebab yang kaukatakan demi nama TUHAN itu adalah dusta! e  Lalu ayahnya dan ibunya, yang telah memperanakkan dia, akan menikam dia f  pada waktu ia bernubuat. 13:4 Pada waktu itu para nabi masing-masing akan mendapat malu 2  g  oleh karena penglihatannya sebagai nabi, dan tidak ada lagi dari mereka yang mengenakan jubah h  berbulu i  untuk berbohong; j  13:5 tetapi masing-masing akan berkata: Aku ini bukan seorang nabi, melainkan seorang pengusaha tanah, sebab tanah adalah harta kepunyaanku sejak kecil. k  13:6 Dan apabila ada orang bertanya kepadanya: Bekas luka apakah yang ada pada badanmu 3  ini?, lalu ia akan menjawab: Itulah luka yang kudapat di rumah sahabat-sahabatku!"
Pedang menimpa -- Umat baru
13:7 "Hai pedang, l  bangkitlah terhadap gembala-Ku, m  terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!", demikianlah firman TUHAN semesta alam. "Bunuhlah gembala 4 , sehingga domba-domba tercerai-berai! n  Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah. 13:8 Maka di seluruh negeri, demikianlah firman TUHAN, dua pertiga dari padanya akan dilenyapkan, mati binasa, tetapi sepertiga dari padanya akan tinggal hidup. o  13:9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api p  dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. q  Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. r  Mereka akan memanggil s  nama-Ku, t  dan Aku akan menjawab u  mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, v  dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku! w "
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[13:1]  1  Full Life : AKAN TERBUKA SUATU SUMBER BAGI KELUARGA DAUD.

Nas : Za 13:1-6

Sumber ini menggambarkan penyucian dari dosa yang disebabkan oleh kematian Kristus di salib. Umat Yahudi akan disucikan dari dosa dengan cara yang sama dengan semua orang yang percaya kepada Kristus (bd. 1Yoh 1:7,9).

[13:4]  2  Full Life : PARA NABI MASING-MASING AKAN MENDAPAT MALU.

Nas : Za 13:4

Pada hari-hari itu Allah akan menyingkapkan semua nabi palsu, yang akan menjadi begitu takut dan malu sehingga masing-masing akan mengatakan, "Aku bukan nabi. Aku ini petani." Sebelum tibanya waktu itu kita harus sadar bahwa akan ada banyak nabi palsu di dalam gereja-gereja; mengingat hal itu Allah menyuruh kita menguji roh-roh

(lihat cat. --> 1Yoh 4:1;

[atau ref. 1Yoh 4:1]

lihat art. GURU-GURU PALSU).

[13:6]  3  Full Life : BEKAS LUKA ... PADA BADANMU.

Nas : Za 13:6

Luka-luka ini kemungkinan besar adalah akibat perbuatannya sendiri dalam hubungan dengan penyembahan berhala (ayat Za 13:2-5).

[13:7]  4  Full Life : PEDANG ... BUNUHLAH GEMBALA.

Nas : Za 13:7

Di dalam pandangan nubuat ini tentang masa depan ini, gembala adalah Mesias.

  1. 1) Allah menyebut si gembala "orang yang paling karib kepada-Ku" (yaitu, orang sederajat, teman sejawat) dan karena itu Mesias yang ilahi.
  2. 2) Gembala-Mesias akan dipukul, yaitu disalibkan. Murid-murid-Nya akan terserak bagaikan domba (lih. Mat 26:31,56; Mr 14:27). Nubuat ini juga mungkin melambangkan perserakan bangsa Yahudi pada tahun 70 M.

[13:8]  5  Full Life : AKU AKAN MENARUH YANG SEPERTIGA ITU DALAM API.

Nas : Za 13:8-9

Ayat-ayat ini mungkin mengacu kepada masa kesengsaraan pada akhir zaman

(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

Orang Yahudi yang tidak percaya (2/3 bagian) akan dibunuh (ayat Za 13:8); hanya sepertiga yang tetap hidup. Mereka inilah yang akan "memandang kepada dia yang telah mereka tikam" (Za 12:10-14); jadi, hanya sebagian sisa orang Israel akan diselamatkan (pasal Wahy 11:1-18:24).



TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA