Yesaya 52
AlkiPEDIA (Perpustakaan Elektronik Dan Informasi Alkitab)
buka semuaAlkiPEDIA Kitab
Fakta
Fakta: Statistik 66 pasal, 1292 ayat, 37.044 kata Penulis Yesaya Tema Hukuman dan Keselamatan; Keselamatan bangsa melalui hukuman dan...
Statistik | 66 pasal, 1292 ayat, 37.044 kata |
Penulis | Yesaya |
Tema | Hukuman dan Keselamatan; Keselamatan bangsa melalui hukuman dan anugerah. |
Waktu | + 700-680 SM |
Tempat | Yerusalem, di Yehuda |
Kata Kunci | Keselamatan. |
Kristus Di Alkitab | Dia adalah Raja Damai |
Latar Belakang
Latar Belakang: Latar belakang sejarah bagi pelayanan nubuat Yesaya, anak Amos adalah
Yerusalem pada masa pemerintahan empat raja Yehuda: Uzia, Yotam, Ahas, dan...
Latar belakang sejarah bagi pelayanan nubuat Yesaya, anak Amos adalah Yerusalem pada masa pemerintahan empat raja Yehuda: Uzia, Yotam, Ahas, dan Hizkia (Yes 1:1). Raja Uzia wafat pada tahun 740 SM (bd. 1Sam 6:1) dan Hizkia pada tahun 687 SM; jadi, pelayanan Yesaya meliputi lebih daripada setengah abad sejarah Yehuda. Menurut tradisi Yahudi, Yesaya mati syahid dengan digergaji menjadi dua (bd. Ibr 11:37) oleh Raja Manasye putra Hizkia yang jahat dan penggantinya (+ 680 SM).
Yesaya rupanya berasal dari keluarga kalangan atas di Yerusalem; dia orang berpendidikan, memiliki bakat sebagai penggubah syair dan berkarunia nabi, mengenal keluarga raja, dan memberikan nasihat secara nubuat kepada para raja mengenai politik luar negeri Yehuda. Biasanya, Yesaya dipandang sebagai nabi yang paling memahami kesusastraan dan paling berpengaruh dari semua nabi yang menulis kitab. Ia menikahi seorang wanita yang juga berkarunia kenabian, dan pasangan ini memiliki dua putra yang namanya mengandung pesan yang simbolik bagi bangsa itu.
Yesaya hidup sezaman dengan Hosea dan Mikha; ia bernubuat selama perluasan yang mengancam dari kerajaan Asyur, keruntuhan terakhir Israel (kerajaan utara) serta kemerosotan rohani dan moral di Yehuda (kerajaan selatan). Yesaya memperingati raja Yehuda, Ahas, untuk tidak mengharapkan bantuan dari Asyur melawan Israel dan Aram; ia mengingatkan Raja Hizkia, setelah kejatuhan Israel tahun 722 SM, agar jangan mengadakan persekutuan dengan bangsa asing menentang Asyur. Ia menasihati kedua raja itu untuk percaya Tuhan saja sebagai perlindungan mereka (Yes 7:3-7; Yes 30:1-17). Yesaya mempunyai pengaruhnya terbesar pada masa pemerintahan Raja Hizkia.
Beberapa cendekiawan meragukan apakah Yesaya menulis seluruh kitab ini. Mereka menentukan pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) saja yang ditulis Yesaya dari Yerusalem; biasanya mereka beranggapan pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24) berasal dari seorang atau beberapa orang pengarang lain sekitar satu atau satu setengah abad kemudian. Akan tetapi, tidak ada data alkitabiah yang mengharuskan kita menolak Yesaya sebagai penulis seluruh kitab ini. Nubuat-nubuat Yesaya dalam pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24) untuk para buangan Yahudi di Babel jauh setelah kematiannya menekankan kemampuan Allah untuk menyatakan berbagai peristiwa khusus di masa depan melalui para nabi-Nya (mis. Yes 42:8-9; Yes 44:6-8; Yes 45:1; Yes 47:1-11; Yes 53:1-12). Jikalau seorang dapat menerima perwujudan penglihatan dan penyataan kenabian (bd. Wahy 1:1; Wahy 4:1--22:21), maka lenyaplah sudah halangan utama untuk percaya bahwa Yesaya menulis seluruh kitab ini. Bukti-bukti pendukung positif cukup banyak dan tergolong di bawah dua bagian yang luas.
- (1) Bukti dari dalam kitab ini sendiri mencakup pernyataan pembukaan (Yes 1:1) (yang berlaku untuk seluruh kitab) dan banyak kesamaan ungkapan dan pikiran yang mencolok di antara kedua bagian utama kitab ini. Salah satu contoh terkenal ialah ungkapan "Yang Mahakudus, Allah Israel" yang muncul 12 kali dalam pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) dan 14 kali dalam pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24), dan hanya enam kali di seluruh bagian PL lainnya. Tidak kurang dari 25 bentuk kata Ibrani muncul dalam kedua bagian utama Yesaya, tetapi tidak terdapat di kitab nubuat yang lain di PL.
- (2) Bukti dari luar kitab ini mencakup kesaksian Talmud Yahudi dan PB sendiri, yang menghubungkan seluruh bagian kitab ini dengan nabi Yesaya (mis. bd. Mat 12:17-21 dengan Yes 42:1-4; Mat 3:3 dan Luk 3:4 dengan Yes 40:3; Yoh 12:37-41 dengan Yes 6:9-10 dan Yes 53:1; Kis 8:28-33 dengan Yes 53:7-9; Rom 9:27 dan Yes 10:16-21 dengan Yes 10:1-34; Yes 53:1-12; Yes 65:1-25).
Garis Besar
Garis Besar:
I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran
( Yes 1:1-35:10 )
A. Latar Belakang Nubuat Yesaya...
- I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran
(Yes 1:1-35:10) - A. Latar Belakang Nubuat Yesaya
(Yes 1:1-31) - B. Berbagai Nubuat Yesaya yang Mula-Mula
(Yes 2:1-5:30) - 1. Hari Tuhan
(Yes 2:1-22) - 2. Hukuman Terhadap Yehuda dan Yerusalem
(Yes 3:1-4:1) - 3. Nubuat-Nubuat Tentang Hukuman dan Kemuliaan
(Yes 4:2-6) - 4. Perumpamaan Tentang Hukuman dan Pembuangan Yehuda
(Yes 5:1-30) - C. Penyucian dan Pengutusan Yesaya
(Yes 6:1-13) - D. Berbagai Nubuat Yesaya yang Mula-Mula Tentang Mesias
(Yes 7:1-12:6) - 1. Tanda Imanuel
(Yes 7:1-25) - 2. Berbagai Lambang Tentang Pelepasan oleh Mesias
(Yes 8:1-9:6) - 3. Berbagai Nubuat Tentang Hukuman Terhadap Israel (Kerajaan Utara)
dan Asyur
(Yes 9:7-10:34) - 4. Mesias dari Keturunan Daud dan Kerajaan-Nya
(Yes 11:1-12:6) - E. Berbagai Nubuat Yesaya Tentang Hukuman Terhadap Bangsa-Bangsa
(Yes 13:1-23:18) - 1. Terhadap Babel
(Yes 13:1-14:23) - 2. Terhadap Asyur
(Yes 14:24-27) - 3. Terhadap Filistea
(Yes 14:28-32) - 4. Terhadap Moab
(Yes 15:1-16:14) - 5. Terhadap Damsyik dan Efraim
(Yes 17:1-14) - 6. Terhadap Etiopia
(Yes 18:1-7) - 7. Terhadap Mesir
(Yes 19:1-20:6) - 8. Terhadap Babel (Nubuat Kedua)
(Yes 21:1-10) - 9. Terhadap Duma
(Yes 21:11-12) - 10. Terhadap Arabia
(Yes 21:13-17) - 11. Terhadap Yerusalem
(Yes 22:1-25) - 12. Terhadap Tirus dan Sidon
(Yes 23:1-18) - F. Berbagai Nubuat Tentang Akhir Zaman
(Yes 24:1-27:13) - G. Berbagai Nubuat Tentang Celaka yang Kait-Mengait Dengan Harapan
Nubuat akan Keselamatan
(Yes 28:1-35:10) - II. Sisipan Sejarah Mengenai Hizkia
(Yes 36:1-39:8) - A. Pelepasan Hizkia dari Asyur
(Yes 36:1-37:38) - B. Penyakit dan Kesembuhan Hizkia
(Yes 38:1-22) - C. Kesombongan Hizkia yang Bodoh
(Yes 39:1-8) - III.Berbagai Nubuat Tentang Keselamatan dan Pengharapan
(Yes 40:1-66:24) - A. Berbagai Janji yang Menubuatkan Pemulihan Umat Allah
(Yes 40:1-48:22) - 1. Kemuliaan Tuhan dan Hamba-Nya akan Dinyatakan
(Yes 40:1-42:25) - 2. Pemulihan Kaum Sisa yang Ditebus
(Yes 43:1-45:25) - 3. Pelajaran Iman bagi Yehuda Ketika Allah Menghukum Babel
(Yes 46:1-48:22) - B. Berbagai Janji yang Menubuatkan Mesias, Hamba yang Menderita
(Yes 49:1-53:12) - 1. Tugas dan Ketaatan-Nya
(Yes 49:1-50:11) - 2. Dorongan dan Nasihat-Nya untuk Kaum Sisa
(Yes 51:1-52:12) - 3. Penderitaan dan Kematian-Nya yang Mendamaikan
(Yes 52:13-53:12) - C. Penyataan Selanjutnya yang Menubuatkan Pemulihan dan Penebusan
(Yes 54:1-59:21) - D. Berbagai Penglihatan yang Menubuatkan Masa Depan Sion yang Mulia
(Yes 60:1-66:24) - 1. Kemakmuran dan Damai Sejahtera Sion
(Yes 60:1-22) - 2. Pengurapan dan Misi Mesias
(Yes 61:1-11) - 3. Syafaat yang Bersifat Nubuat untuk Pemulihan dan Kemuliaan Sion
(Yes 62:1-64:12) - 4. Jawaban Allah yang Memberi Kemurahan dan Akhir yang Mulia
(Yes 65:1-66:24)
Tujuan
Tujuan: Tujuan lipat tiga jelas kelihatan dalam tulisan Yesaya.
(1) Sang nabi pertama-tama menghadapi bangsanya sendiri dan bangsa lain yang...
Tujuan lipat tiga jelas kelihatan dalam tulisan Yesaya.
- (1) Sang nabi pertama-tama menghadapi bangsanya sendiri dan bangsa lain yang sezaman dengan firman Tuhan mengenai dosa mereka dan hukuman Allah yang akan datang.
- (2) Lalu, melalui berbagai penglihatan yang mengandung wahyu dan Roh nubuat, Yesaya menubuatkan pengharapan bagi angkatan masa depan orang Yahudi buangan. Mereka akan dikembalikan dari pembuangan dan akan ditebus Allah untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi.
- (3) Akhirnya, Yesaya bernubuat bahwa Allah akan mengirim Mesias dari keturunan Daud, yang keselamatan-Nya pada akhirnya akan meliputi semua bangsa di bumi ini, sehingga memberikan pengharapan bagi umat Allah di bawah perjanjian yang lama dan yang baru.
Tema-tema Kunci
Tema-tema Kunci: 1. Allah (pasal 6 )
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah...
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah Allah dan apa yang dikerjakan-Nya.
o Penglihatan (Yes 6:1-4): Apa ciri-ciri Allah seperti yang digambarkan di sini?
o Jawaban (Yes 6:5-7): Apa arti dari "mezbah pembakaran" dan dari mana asalnya (Keluaran 30:1-10)?
o Panggilan (Yes 6:8): "Siapakah yang akan Kuutus?" Allah mengutus dan mengundang para sukarelawan. Apa syarat pertama untuk menjadi misionaris? (Lihat juga Yohanes 20:21-23)?
o Kenyataan (Yes 6:9-13): Seorang utusan tidak dijamin mendapat sukses besar, tetapi ia dijamin untuk sukses dalam beberapa hal (lihat juga Yesaya 55:11). Referensi untuk ayat Yes 6:9 diambil dari Perjanjian Baru: Matius 13:1-17; Yohanes 12:23-43; Kisah 28:23-28; Roma 11:1-8.
2. Menafsirkan nubuatan (pasal 7)
Nubuatan biasanya diberikan kepada orang-orang tertentu pada suatu saat yang tertentu pula. Dalam menafsirkan suatu nubuatan kita harus mengajukan dua pertanyaan:
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi mereka?
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi kita?
Biasanya nubuatan mengacu kepada kejadian-kejadian pada saat nabi itu hidup dan masa yang akan datang. Demikian juga halnya dengan Yesaya 7:14. Baca dengan cermat Yes 7:1-25; 2Ra 15:27-16:9; 2Ta 28:1-21. Penggenapan pertama dari nubuatan itu terjadi ketika seorang wanita muda melahirkan seorang bayi dan pada saat bayi itu masih belum dapat memilih makanannya sendiri, tentara Israel dan Siria yang sedang mengepung Yehuda mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Penggenapan kedua terjadi pada waktu seorang perawan melahirkan bayi Kristus. Baca Matius 1:18-23.
3. Kebun anggur (pasal 5)
Umat Allah, bangsa Yahudi, membanggakan diri mereka sebagai pokok anggur Allah. Dalam masa Perjanjian Baru sebuah pokok anggur yang besar terbuat dari emas menghiasi tembok luar Rumah Allah. Pelajarilah pasal Yes 5. Apa yang dikerjakan oleh pemilik kebun anggur dalam kebun anggurnya? Oleh karena kisah ini merupakan perumpamaan, apa penafsiran Anda untuk semua yang dilakukannya? Seandainya kita adalah "kebun anggur" Allah, apa yang akan dilakukan-Nya atas kita? Mengapa pemilik kebun anggur itu melakukan segalanya seorang diri? Apa yang diharapkan Allah dari umat-Nya dewasa ini? Baca Matius 21:33-46; 20:1-16. Apa yang ditambahkan oleh pasal-pasal ini terhadap pengertian kita mengenai apa yang dilukiskan Yesaya?
1. Hamba Tuhan
Bacalah dengan saksama pasal Yes 40-66 dan catatlah setiap kata yang mengacu pada "hambaku". Kemudian bagilah acuan ini ke dalam tiga kelompok: yang mengacu kepada "Yakub" atau "Israel"; bagian yang mengenai kesetiaan Yakub atau Israel, dan bagian yang mengacu kepada suatu oknum. Arti dari pengajaran Yesaya mengenai hamba digambarkan sebagai suatu segitiga dengan Israel berada di bagian paling bawah, sisa bangsa yang masih setia di tengah dan Mesias di puncak. Bagaimana hal ini dapat diaplikasikan dengan gereja? Pelajarilah "Hamba" yang terdapat dalam Perjanjian Baru seperti dalam Yohanes 13:1-20; Markus 10:32-45 dan Matius 10:24-42.
Dari pasal Yes 40:1-49:26 kita menemukan hal-hal yang menunjukkan keunikan Allah. Dia bersifat unik:
o sebagai pencipta alam semesta;
o sebagai pemberi hidup kepada manusia;
o sebagai perencana hari depan;
o Allah dari perjanjian dan panggilan;
o satu-satunya Juruselamat dan Penebus.
Cocokkan pasal-pasal yang sesuai dengan pokok-pokok di atas.
3. Kebodohan pemujaan berhala
Ada tiga pasal yang membicarakan tema ini:
o Yes 40:18-24, berhala yang tidak dapat bergerak. Terbelenggu atau tertindih, tidak mempunyai ciri utama kehidupan, yaitu gerak.
o Yes 44:9-20, berhala yang tidak dapat memberikan berkat. Mereka bahkan tidak dapat memberkati para pandai besi dan tukang kayu yang menciptakan mereka!
o Yes 46:1-7, berhala yang menjadi beban. Pada waktu suatu kerajaan jatuh, maka dewa-dewa mereka diangkut ke pembuangan bersama-sama dengan rakyat mereka. Beban yang harus mereka pikul! Catatlah komentar Allah sendiri: tetapi Aku selalu menggendong kamu.
Bukan hanya ketiga pasal di atas yang membicarakan mengenai penyembahan kepada berhala. Carilah pasal-pasal lain. Apa yang diajarkan oleh Yesaya mengenai berhala? Apa hubungannya dengan agama-agama lain? Lihat Kis 19:21-41 dan Efesus 2:11-16.
4. Kedaulatan Allah Kita mudah melupakan bahwa Allah adalah Tuhan dari raja kafir Koresy sebagaimana juga Dia adalah Allah gereja. Perhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan Koresy (Yes 44:28; 45:1; 41:25; 46:11) dan lihatlah penggenapan dari nubuatan dalam 2Ko 3:6 dan Ezra 1. Tetapi mengapa harus repot-repot mencari kehendak Allah dalam hidup saya? Lihat Roma 12:1,2.
Survei
Survei: Sebagian besar sarjana berpendapat bahwa ke-66 pasal kitab ini dengan
sendirinya terbagi menjadi dua bagian utama: pasal 1-39 ( Yes 1:1--39:8 )...
Sebagian besar sarjana berpendapat bahwa ke-66 pasal kitab ini dengan sendirinya terbagi menjadi dua bagian utama: pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) dan pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24). Dalam hal-hal tertentu kitab Yesaya adalah seperti suatu Alkitab kecil:
- (1) Kedua bagian besar ini menekankan tema umum penghukuman dan keselamatan, sesuai dengan tema-tema umum di PL dan PB; dan
- (2) dalam kedua bagian Yesaya dan Alkitab, hal yang menyatukannya adalah karya penebusan Kristus.
- (1) Bagian pertama Yesaya (pasal 1-39; Yes 1:1--39:8) berisi empat kelompok besar materi.
- (a) Dalam pasal 1-12 (Yes 1:1--12:6) Yesaya mengingatkan dan mengecam Yehuda karena penyembahan berhala, kebejatan, dan ketidakadilan sosial selama masa kemakmuran yang menyesatkan. Terjalin dengan berita mengenai hukuman yang akan datang adalah beberapa nubuat penting tentang Mesias (mis. Yes 2:4; Yes 7:14; Yes 9:5-6; Yes 11:1-9), bersama kesaksian Yesaya tentang pentahiran dirinya dari dosa dan penugasan ilahi untuk pelayanan kenabian (pasal 6; Yes 6:1-13).
- (b) Dalam pasal 13-23 (Yes 13:1--23:18) Yesaya bernubuat kepada bangsa-bangsa sezaman Yehuda mengenai dosa mereka dan hukuman Allah yang akan datang.
- (c) Pasal 24-35 (Yes 24:1--35:10) berisi bermacam-macam janji bersifat nubuat tentang keselamatan dan hukuman yang akan datang.
- (d) Pasal 36-39 (Yes 36:1--39:8) mencatat aneka cuplikan sejarah dari kehidupan Hizkia yang serupa dengan 2Raj 18:13--20:21.
- (2) Bagian utama kedua (pasal 40-66; Yes 40:1--66:24) berisi berbagai nubuat yang paling akbar dalam Alkitab mengenai kebesaran Allah dan kemegahan rencana penebusan-Nya. Pasal-pasal ini membangkitkan harapan dan hiburan dalam umat Allah pada tahun-tahun terakhir pemerintahan Hizkia (Yes 38:5) dan untuk abad-abad selanjutnya. Bagian ini penuh dengan penyataan nubuat mengenai kuasa dan kemuliaan Allah dan janji-janji-Nya untuk memulihkan kaum sisa di Israel yang benar dan berbuah dan di antara bangsa-bangsa sebagai perwujudan penuh dari kasih penebusan-Nya. Janji-janji dan penggenapannya ini secara khusus dikaitkan dengan tema penderitaan dan berisi "nyanyian hamba" gubahan Yesaya (lih. Yes 42:1-4; Yes 49:1-6; Yes 50:4-9; Yes 52:13--53:12), yang menunjuk kepada titik waktu melewati pengalaman orang buangan Yahudi kepada kedatangan Yesus Kristus di kemudian hari dan kematian-Nya yang mendamaikan (pasal 53; Yes 53:1-12). Sang nabi menubuatkan bahwa datangnya Mesias akan memungkinkan kebenaran bersinar dengan terang dan keselamatan keluar kepada bangsa-bangsa bagaikan obor yang menyala (pasal 60-66; Yes 60:1--66:24). Yesaya mengutuk kebutaan rohani mengenai jalan-jalan Allah (Yes 42:18-25) dan menghargai doa syafaat dan rasa sakit melahirkan oleh umat Allah sebagai perlu agar segala sesuatu dapat digenapi (bd. Yes 56:6-8; Yes 62:1-2,6-7; Yes 66:7-18).
Ciri Khas
Ciri Khas: Delapan ciri utama menandai kitab Yesaya ini.
(1) Sebagian besar kitab ini ditulis dalam bentuk syair Ibrani dan sebagai
karya sastra...
Delapan ciri utama menandai kitab Yesaya ini.
- (1) Sebagian besar kitab ini ditulis dalam bentuk syair Ibrani dan sebagai karya sastra tidak dapat dibandingi keindahan, kuasa, dan keanekaragaman dalam syairnya. Kekayaan kosakata Yesaya mengungguli semua penulis PL lainnya.
- (2) Yesaya disebut "nabi injili" karena, dari semua kitab PL, nubuat-nubuatnya tentang Mesias berisi pernyataan yang paling lengkap dan jelas dari Injil Yesus Kristus.
- (3) Penglihatannya tentang salib dalam pasal 53 (Yes 53:1-12) adalah nubuat yang paling khusus dan terinci dalam seluruh Alkitab mengenai kematian Yesus yang mendamaikan bagi orang berdosa.
- (4) Kitab ini menjadi kitab nubuat PL yang paling teologis dan luas; ia menjangkau ke belakang kepada saat Allah menciptakan langit dan bumi serta hidup manusia (mis. Yes 42:5) dan memandang ke depan kepada saat Allah mengakhiri sejarah dan menciptakan langit baru dan bumi baru (mis. Yes 65:17; Yes 66:22).
- (5) Kitab ini berisi lebih banyak penyataan tentang tabiat, keagungan, dan kekudusan Allah daripada kitab nubuat PL lainnya. Allah yang diperlihatkan Yesaya adalah kudus dan mahakuasa, Yang akan menghakimi dosa dan ketidakbenaran dalam umat manusia dan bangsa-bangsa. Ungkapan yang digemari untuk Allah ialah "Yang Mahakudus, Allah Israel".
- (6) Yesaya, yang artinya "Tuhan menyelamatkan", adalah nabi keselamatan. Ia memakai istilah "keselamatan" hampir tiga kali lebih banyak daripada seluruh kitab para nabi lainnya. Yesaya menyatakan bahwa maksud penuh keselamatan Allah akan digenapi hanya dalam kaitan dengan Mesias.
- (7) Yesaya sering kali mengacu kembali kepada peristiwa-peristiwa penebusan sebelumnya dalam sejarah Israel, mis. peristiwa keluaran (Yes 4:5-6; Yes 11:15; Yes 31:5; Yes 43:16-17), pemusnahan Sodom dan Gomora (Yes 1:9), dan kemenangan Gideon atas suku Midian (Yes 9:4; Yes 10:26; Yes 28:21); ia juga mengutip dari nyanyian Musa yang bersifat nubuat dalam Ul 32:1-52 (Yes 1:2; Yes 30:17; Yes 43:11,13).
- (8) Bersama dengan Ulangan dan Mazmur, Yesaya termasuk kitab PL yang paling banyak dikutip dalam PB.
Penggenapan Dalam Perjanjian Baru
Yesaya bernubuat tentang Yohanes Pembaptis sebagai pendahulu yang ditentukan bagi Mesias (Yes 40:3-5; bd. Mat 3:1-3). Berikut ini adalah sebagian dari nubuat-nubuat Yesaya tentang Mesias serta penerapan PB-nya dalam kehidupan dan pelayanan Yesus Kristus: - penjelmaan dan ke-Tuhanan-Nya (Yes 7:14; lih. Mat 1:22-23; Luk 1:34-35; Yes 9:5-6; lih. Luk 1:32-33; Luk 2:11); - masa remaja-Nya (Yes 7:15-16 dan Yes 11:1; lih. Luk 3:23,32 dan Kis 13:22-23); - misi-Nya (Yes 11:2-5; Yes 42:1-4; Yes 60:1-3; Yes 61:1; lih. Luk 4:17-19,21); - ketaatan-Nya (Yes 50:5; lih. Ibr 5:8); - berita dan pengurapan-Nya oleh Roh Kudus (Yes 11:2; Yes 42:1 dan Yes 61:1; lih. Mat 12:15-21); - mukjizat-mukjizat-Nya (Yes 35:5-6; lih. Mat 11:2-5); - penderitaan-Nya (Yes 50:6; lih. Mat 26:67; Mat 27:26,30; Yes 53:4-5,11; lih. Kis 8:28-33); - penolakan-Nya (Yes 53:1-3; lih. Luk 23:18; Yoh 1:11; Yoh 7:5); - rasa malu-Nya (Yes 52:14; lih. Fili 2:7-8); - kematian-Nya yang mendamaikan (Yes 53:4-12; lih. Rom 5:6); - kenaikan-Nya (Yes 52:13; lih. Fili 2:9-11); dan - kedatangan-Nya yang kedua (Yes 26:20-21; lih. Yud 1:14; Yes 61:2-3; lih. 2Tes 1:5-12; Yes 65:17-25; lih. 2Pet 3:13).
buka semuaAlkiPEDIA Pasal
Penjelasan Singkat
Penjelasan Singkat: Penebusan Kristus yang cuma-cuma
Isi Pasal
Isi Pasal: Penglihatan akan Yerusalem dalam masa Kerajaan. Pelayan TUHAN dihina dan setelah itu ditinggikan.
Garis Besar
Garis Besar: 52:1 Kristus meyakinkan umat untuk percaya akan penebusan-Nya yang tanpa pembayaran, 52:7 untuk menerima para pembawa beritanya, 52:9 untuk...
Judul Perikop
Judul Perikop: TUHAN menyelamatkan Sion ( 52:1-12 ) Hamba TUHAN yang menderita ( 52:13--53:12 )
Tokoh
Nama dan Tempat
Kesimpulan
Kesimpulan: Kiranya umat Allah bersiap untuk sukacita kekal, karena Firman-Nya tidak akan gagal pasti digenapi pada waktunya. Yerusalem akan dipuji-puji dan...
Fakta
Fakta: ay. 7, 14 . ay. 7 memiliki aplikasi untuk pengajaran Injil, sebuah berita yang sesungguhnya adalah kabar baik dan kemenangan atas musuh-musuh...
Storyboard Yesaya 52
Infografis Yesaya 52
Infografis Yesaya 52
buka semuaAI-PEDIA
Ringkasan
Ringkasan: Pasal 52 dari Kitab Yesaya berbicara tentang pemulihan dan pembebasan umat Allah. Allah memanggil Sion dan Yerusalem untuk bangun dan mengenakan...
Pengantar & Latar Belakang
Pengantar & Latar Belakang: Kitab Yesaya adalah salah satu kitab nabi dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama. Pasal 52 dari Kitab Yesaya terletak dalam bagian yang dikenal...
Konteks historis pasal ini adalah setelah umat Israel mengalami pembuangan Babel, di mana mereka dibawa ke dalam pembuangan oleh raja Babel Nebukadnezar pada tahun 586 SM. Pasal ini menggambarkan masa depan yang lebih baik bagi umat Israel, di mana mereka akan dibebaskan dari pembuangan dan kembali ke tanah mereka.
Dalam konteks budaya, pasal ini mencerminkan pengharapan dan keinginan umat Israel untuk kembali ke Yerusalem dan membangun kembali Bait Allah yang hancur. Pasal ini juga mencerminkan pengharapan akan pemulihan dan pembebasan yang akan datang dari Allah.
Secara literatur, pasal ini termasuk dalam genre nubuat, di mana nabi Yesaya menyampaikan pesan-pesan dari Allah kepada umat Israel. Gaya bahasa yang digunakan dalam pasal ini adalah puitis dan metaforis, dengan penggunaan gambaran tentang kota Yerusalem dan Bait Allah yang hancur.
Dalam ayat-ayat sebelumnya, terutama dalam pasal 51, nabi Yesaya mengingatkan umat Israel akan kuasa dan kesetiaan Allah. Ia mengingatkan mereka tentang bagaimana Allah telah membebaskan mereka dari Mesir dan memberikan janji pemulihan dan pembebasan di masa depan. Pasal 51 juga mengajak umat Israel untuk memperhatikan hukum Allah dan mengandalkan-Nya dalam segala hal.
Dengan latar belakang ini, pasal 52 dari Kitab Yesaya menggambarkan pengharapan akan pembebasan dan pemulihan yang akan datang bagi umat Israel. Allah berjanji untuk membebaskan mereka dari pembuangan dan memulihkan Yerusalem. Pasal ini juga mengajak umat Israel untuk bersiap-siap dan bersukacita karena Allah akan melakukan pekerjaan yang besar di tengah-tengah mereka.
Topik
Topik: Berikut adalah beberapa topik penting dalam Kitab Yesaya Pasal 52 :
1. Pembebasan dan pemulihan Sion ( Yesaya 52:1-2 )
- Sion dipanggil...
1. Pembebasan dan pemulihan Sion (Yesaya 52:1-2)
- Sion dipanggil untuk bangun dan mengenakan kekuatan serta pakaian kehormatannya.
- Orang-orang tak bersunat dan najis tidak akan masuk lagi ke dalam Sion.
2. Pembebasan dan pemulihan umat Allah (Yesaya 52:3-6)
- Umat Allah dijual secara cuma-cuma dan akan ditebus tanpa menggunakan uang.
- Bangsa Asyur menindas umat Allah, tetapi TUHAN bertanya mengapa Dia masih di sana.
- Pemerintah umat Allah meratap dan nama TUHAN dihujat, tetapi umat Allah akan mengenal nama-Nya.
3. Kabar baik dan keselamatan (Yesaya 52:7-10)
- Orang yang membawa berita di atas gunung-gunung memberitakan perdamaian dan keselamatan.
- Para penjaga bersorak-sorai karena melihat TUHAN mengembalikan Sion.
- TUHAN menghibur umat-Nya dan memperlihatkan tangan-Nya yang kudus di mata semua bangsa.
4. Pemurnian dan perlindungan (Yesaya 52:11-12)
- Orang-orang yang mengangkat perlengkapan Bait TUHAN diminta untuk keluar dari tempat yang najis.
- Mereka tidak akan pergi dengan tergesa-gesa atau sebagai pelarian, karena TUHAN akan berjalan di depan mereka.
5. Pengorbanan dan kemuliaan Pelayan TUHAN (Yesaya 52:13-15)
- Pelayan TUHAN akan bertindak dengan bijaksana, ditinggikan, disanjung, dan sangat dimuliakan.
- Penampilannya yang rusak akan mengejutkan banyak bangsa, dan raja-raja akan terdiam karena Dia.
- Hal-hal yang belum pernah diberitahukan atau didengar akan mereka lihat dan pahami.
Referensi: Yesaya 52:1-15
Nama dan Tempat
Nama dan Tempat: Orang-orang yang disebutkan dalam pasal ini :
- Sion : Merujuk kepada bangsa Israel atau umat Allah.
- Yerusalem : Kota yang kudus,...
- Sion: Merujuk kepada bangsa Israel atau umat Allah.
- Yerusalem: Kota yang kudus, tempat tinggal umat Allah.
- Putri Sion: Merujuk kepada umat Allah yang tertawan.
- TUHAN: Allah yang berfirman dalam pasal ini.
- Bangsa Asyur: Bangsa yang menindas umat Allah.
- Para penjaga: Merujuk kepada umat Allah yang menjaga dan memelihara Sion.
- Raja-raja: Pemimpin-pemimpin bangsa-bangsa yang akan terkejut dan mengagumi tindakan Allah.
Lokasi yang disebutkan dalam pasal ini:
- Mesir: Tempat umat Allah pergi untuk tinggal, sebelum mereka ditindas oleh bangsa Asyur.
- Gunung-gunung: Tempat di mana orang yang membawa berita berdiri untuk menyampaikan kabar baik.
- Yerusalem: Kota yang telah dirampas dan akan ditebus oleh TUHAN.
- Bait TUHAN: Tempat suci di Yerusalem, yang perlengkapannya harus diangkat oleh orang-orang yang tahir.
Kata Kunci
Kata Kunci: Kata kunci dalam Kitab "Yesaya" pasal "52" adalah sebagai berikut:
1. Bangunlah : Mengajak Sion dan Yerusalem untuk bangkit dan mengenakan...
1. Bangunlah: Mengajak Sion dan Yerusalem untuk bangkit dan mengenakan kekuatan serta kehormatan mereka.
2. Sion: Merujuk kepada kota yang kudus, yaitu Yerusalem.
3. Ditebus: Allah berjanji akan menebus umat-Nya tanpa menggunakan uang.
4. Mesir: Tempat umat Israel tinggal sebelum mereka ditindas oleh bangsa Asyur.
5. Asyur: Bangsa yang menindas umat Israel.
6. Nama TUHAN: Nama TUHAN dihujat dan umat-Nya akan mengenal nama-Nya.
7. Gunung-gunung: Menggambarkan keindahan dan kegembiraan yang datang dengan berita baik dan keselamatan.
8. Yerusalem: Kota yang telah dihibur dan ditebus oleh TUHAN.
9. Tangan-Nya yang kudus: Tangan TUHAN yang menunjukkan kuasa-Nya kepada semua bangsa.
10. Perlengkapan Bait TUHAN: Barang-barang suci yang harus diangkat dengan tahir oleh orang-orang yang bertugas di Bait TUHAN.
11. Allah Israel: Allah yang akan melindungi dan memimpin umat-Nya.
12. Hamba-Ku: Merujuk kepada Mesias yang akan datang dan akan diangkat, disanjung, dan dimuliakan.
13. Bangsa-bangsa: Mereka akan terkejut dan mengagumi Mesias, karena melihat dan memahami hal-hal yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.
Pertanyaan Refleksi dan Diskusi
Pertanyaan Refleksi dan Diskusi: Pertanyaan refleksi :
1. Apa pesan utama yang ingin disampaikan oleh pasal ini?
2. Bagaimana Anda melihat hubungan antara pembebasan fisik dan...
1. Apa pesan utama yang ingin disampaikan oleh pasal ini?
2. Bagaimana Anda melihat hubungan antara pembebasan fisik dan pembebasan rohani yang disampaikan dalam pasal ini?
3. Bagaimana Anda mengartikan pernyataan bahwa umat Tuhan akan mengenal nama-Nya dan bahwa Dia akan mengembalikan Sion?
4. Bagaimana Anda melihat peran dan tugas umat Tuhan dalam menyampaikan kabar baik dan perdamaian kepada dunia?
5. Bagaimana Anda mengartikan pernyataan bahwa hamba Tuhan akan bertindak dengan bijaksana dan akan sangat dimuliakan, meskipun penampilannya rusak dan tidak seperti manusia lagi?
Pertanyaan diskusi:
1. Bagaimana Anda melihat konteks sejarah di balik pasal ini? Bagaimana hal itu mempengaruhi pemahaman kita tentang pesan yang disampaikan?
2. Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman umat Tuhan dalam pasal ini tentang pembebasan dan penyelamatan?
3. Bagaimana kita dapat menerapkan pesan dan prinsip yang terkandung dalam pasal ini dalam kehidupan kita sebagai orang percaya saat ini?
4. Bagaimana kita dapat menjadi pembawa kabar baik dan perdamaian di dunia yang penuh dengan kekerasan dan keputusasaan?
5. Bagaimana kita dapat menghargai dan menghormati hamba Tuhan yang mungkin tampak lemah atau rusak dalam pandangan dunia, tetapi memiliki panggilan dan tugas yang penting dalam kerajaan Allah?
Hal-hal menarik terkait Kitab Yesaya pasal 52:
1. Pasal ini menggambarkan pembebasan dan pemulihan umat Tuhan dari penindasan dan pembuangan mereka.
2. Pasal ini menekankan pentingnya mengenakan kekuatan dan kehormatan sebagai umat Tuhan.
3. Pasal ini mengungkapkan bahwa pembebasan umat Tuhan adalah hasil dari tindakan Tuhan yang penuh kasih dan belas kasihan.
4. Pasal ini menunjukkan bahwa umat Tuhan memiliki peran penting dalam menyampaikan kabar baik dan perdamaian kepada dunia.
5. Pasal ini menggambarkan hamba Tuhan yang akan mengalami penderitaan dan penolakan, tetapi akan diangkat dan dimuliakan oleh Tuhan.
Pelajaran dan Doa
Pelajaran dan Doa: Dalam pasal 52 Kitab Yesaya, ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dan terapkan dalam hidup kita:
1. Bangkit dan kenakan kekuatanmu :...
1. Bangkit dan kenakan kekuatanmu: Pasal ini mengajak kita untuk bangkit dan mengenakan kekuatan kita. Ini mengingatkan kita bahwa kita memiliki kekuatan dalam Kristus untuk menghadapi tantangan hidup dan mengatasi segala rintangan yang mungkin kita hadapi.
2. Lepaskan belenggu dan tahananmu: Pasal ini mengajak kita untuk melepaskan belenggu dan tahanan kita. Ini bisa berarti melepaskan segala dosa, kebiasaan buruk, atau pikiran negatif yang membatasi kita. Kita dipanggil untuk hidup dalam kebebasan yang diberikan oleh Kristus.
3. Mengenal nama Tuhan: Pasal ini mengatakan bahwa umat Tuhan akan mengenal nama-Nya. Ini mengajak kita untuk mengenal Allah dengan lebih dalam dan intim, untuk memahami karakter-Nya, dan untuk hidup dalam hubungan yang erat dengan-Nya.
4. Mewartakan perdamaian dan keselamatan: Pasal ini mengajak kita untuk menjadi pembawa berita baik, mewartakan perdamaian dan keselamatan kepada orang lain. Kita dipanggil untuk menjadi saksi Kristus dan menyebarkan kabar baik tentang keselamatan yang ada dalam Dia.
Doa terkait pasal ini dapat mencakup:
1. Berdoa untuk kekuatan dan keberanian untuk menghadapi tantangan hidup.
2. Memohon kepada Tuhan untuk melepaskan segala belenggu dan tahanan yang membatasi kita.
3. Meminta kepada Tuhan agar kita dapat mengenal-Nya dengan lebih dalam dan intim.
4. Memohon kepada Tuhan agar kita dapat menjadi saksi Kristus yang setia dan mewartakan kabar baik tentang keselamatan-Nya.
Doa ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi pribadi masing-masing.
5W1H
5W1H: Analisis Yesaya 52 (5W+1H)
What (Apa): Pasal ini berisi nubuat tentang pemulihan Sion (Yerusalem) dan kemuliaan Allah yang akan dinyatakan...
Analisis Yesaya 52 (5W+1H)
What (Apa): Pasal ini berisi nubuat tentang pemulihan Sion (Yerusalem) dan kemuliaan Allah yang akan dinyatakan melalui keselamatan yang Dia berikan.
Who (Siapa):
- Tokoh Utama: Tuhan, Sion (Yerusalem), umat Allah, bangsa-bangsa, hamba Tuhan (Mesias).
- Tokoh Pendukung: Para penjaga, orang-orang yang mengangkat perlengkapan Bait Tuhan.
When (Kapan): Nubuat ini menunjuk pada masa depan, setelah masa pembuangan dan penindasan yang dialami umat Allah.
Where (Di mana): Sion (Yerusalem) dan seluruh bumi.
Why (Mengapa):
- Sion dipulihkan karena kasih setia Tuhan kepada umat-Nya dan keinginan-Nya untuk menyatakan kemuliaan-Nya kepada seluruh bangsa.
- Umat Allah sebelumnya dijual sebagai budak tanpa bayaran, sehingga Tuhan akan menebus mereka tanpa bayaran juga.
- Nama Tuhan dihujat dan umat-Nya ditindas, sehingga Tuhan akan menyatakan kuasa dan keselamatan-Nya agar semua orang mengenal Dia.
How (Bagaimana):
- Tuhan akan bertindak dengan kekuatan-Nya untuk membebaskan Sion dan memulihkannya.
- Hamba Tuhan (Mesias) akan datang dan meninggikan derajat umat Allah, membuat bangsa-bangsa takjub dan mengakui kebesaran Tuhan.
- Umat Allah dipanggil untuk mentahirkan diri dan keluar dari kenajisan, siap menerima pemulihan dan keselamatan dari Tuhan.
Tambahan:
- Pasal ini penuh dengan gambaran puitis dan simbolis yang menggambarkan sukacita, harapan, dan kemuliaan pemulihan Sion.
- Nubuat tentang "hamba Tuhan" yang menderita dan dimuliakan menunjuk pada Yesus Kristus, yang menggenapi makna pasal ini secara sempurna.
- Pesan utama pasal ini adalah bahwa Tuhan setia pada janji-Nya dan akan menyelamatkan umat-Nya, menyatakan kemuliaan-Nya kepada seluruh dunia.
Semoga analisis ini membantu Anda dalam menggali lebih dalam makna Yesaya 52.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi