Yesaya 5
AlkiPEDIA (Perpustakaan Elektronik Dan Informasi Alkitab)
buka semuaAlkiPEDIA Kitab
Fakta
Fakta: Statistik 66 pasal, 1292 ayat, 37.044 kata Penulis Yesaya Tema Hukuman dan Keselamatan; Keselamatan bangsa melalui hukuman dan...
Statistik | 66 pasal, 1292 ayat, 37.044 kata |
Penulis | Yesaya |
Tema | Hukuman dan Keselamatan; Keselamatan bangsa melalui hukuman dan anugerah. |
Waktu | + 700-680 SM |
Tempat | Yerusalem, di Yehuda |
Kata Kunci | Keselamatan. |
Kristus Di Alkitab | Dia adalah Raja Damai |
Latar Belakang
Latar Belakang: Latar belakang sejarah bagi pelayanan nubuat Yesaya, anak Amos adalah
Yerusalem pada masa pemerintahan empat raja Yehuda: Uzia, Yotam, Ahas, dan...
Latar belakang sejarah bagi pelayanan nubuat Yesaya, anak Amos adalah Yerusalem pada masa pemerintahan empat raja Yehuda: Uzia, Yotam, Ahas, dan Hizkia (Yes 1:1). Raja Uzia wafat pada tahun 740 SM (bd. 1Sam 6:1) dan Hizkia pada tahun 687 SM; jadi, pelayanan Yesaya meliputi lebih daripada setengah abad sejarah Yehuda. Menurut tradisi Yahudi, Yesaya mati syahid dengan digergaji menjadi dua (bd. Ibr 11:37) oleh Raja Manasye putra Hizkia yang jahat dan penggantinya (+ 680 SM).
Yesaya rupanya berasal dari keluarga kalangan atas di Yerusalem; dia orang berpendidikan, memiliki bakat sebagai penggubah syair dan berkarunia nabi, mengenal keluarga raja, dan memberikan nasihat secara nubuat kepada para raja mengenai politik luar negeri Yehuda. Biasanya, Yesaya dipandang sebagai nabi yang paling memahami kesusastraan dan paling berpengaruh dari semua nabi yang menulis kitab. Ia menikahi seorang wanita yang juga berkarunia kenabian, dan pasangan ini memiliki dua putra yang namanya mengandung pesan yang simbolik bagi bangsa itu.
Yesaya hidup sezaman dengan Hosea dan Mikha; ia bernubuat selama perluasan yang mengancam dari kerajaan Asyur, keruntuhan terakhir Israel (kerajaan utara) serta kemerosotan rohani dan moral di Yehuda (kerajaan selatan). Yesaya memperingati raja Yehuda, Ahas, untuk tidak mengharapkan bantuan dari Asyur melawan Israel dan Aram; ia mengingatkan Raja Hizkia, setelah kejatuhan Israel tahun 722 SM, agar jangan mengadakan persekutuan dengan bangsa asing menentang Asyur. Ia menasihati kedua raja itu untuk percaya Tuhan saja sebagai perlindungan mereka (Yes 7:3-7; Yes 30:1-17). Yesaya mempunyai pengaruhnya terbesar pada masa pemerintahan Raja Hizkia.
Beberapa cendekiawan meragukan apakah Yesaya menulis seluruh kitab ini. Mereka menentukan pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) saja yang ditulis Yesaya dari Yerusalem; biasanya mereka beranggapan pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24) berasal dari seorang atau beberapa orang pengarang lain sekitar satu atau satu setengah abad kemudian. Akan tetapi, tidak ada data alkitabiah yang mengharuskan kita menolak Yesaya sebagai penulis seluruh kitab ini. Nubuat-nubuat Yesaya dalam pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24) untuk para buangan Yahudi di Babel jauh setelah kematiannya menekankan kemampuan Allah untuk menyatakan berbagai peristiwa khusus di masa depan melalui para nabi-Nya (mis. Yes 42:8-9; Yes 44:6-8; Yes 45:1; Yes 47:1-11; Yes 53:1-12). Jikalau seorang dapat menerima perwujudan penglihatan dan penyataan kenabian (bd. Wahy 1:1; Wahy 4:1--22:21), maka lenyaplah sudah halangan utama untuk percaya bahwa Yesaya menulis seluruh kitab ini. Bukti-bukti pendukung positif cukup banyak dan tergolong di bawah dua bagian yang luas.
- (1) Bukti dari dalam kitab ini sendiri mencakup pernyataan pembukaan (Yes 1:1) (yang berlaku untuk seluruh kitab) dan banyak kesamaan ungkapan dan pikiran yang mencolok di antara kedua bagian utama kitab ini. Salah satu contoh terkenal ialah ungkapan "Yang Mahakudus, Allah Israel" yang muncul 12 kali dalam pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) dan 14 kali dalam pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24), dan hanya enam kali di seluruh bagian PL lainnya. Tidak kurang dari 25 bentuk kata Ibrani muncul dalam kedua bagian utama Yesaya, tetapi tidak terdapat di kitab nubuat yang lain di PL.
- (2) Bukti dari luar kitab ini mencakup kesaksian Talmud Yahudi dan PB sendiri, yang menghubungkan seluruh bagian kitab ini dengan nabi Yesaya (mis. bd. Mat 12:17-21 dengan Yes 42:1-4; Mat 3:3 dan Luk 3:4 dengan Yes 40:3; Yoh 12:37-41 dengan Yes 6:9-10 dan Yes 53:1; Kis 8:28-33 dengan Yes 53:7-9; Rom 9:27 dan Yes 10:16-21 dengan Yes 10:1-34; Yes 53:1-12; Yes 65:1-25).
Garis Besar
Garis Besar:
I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran
( Yes 1:1-35:10 )
A. Latar Belakang Nubuat Yesaya...
- I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran
(Yes 1:1-35:10) - A. Latar Belakang Nubuat Yesaya
(Yes 1:1-31) - B. Berbagai Nubuat Yesaya yang Mula-Mula
(Yes 2:1-5:30) - 1. Hari Tuhan
(Yes 2:1-22) - 2. Hukuman Terhadap Yehuda dan Yerusalem
(Yes 3:1-4:1) - 3. Nubuat-Nubuat Tentang Hukuman dan Kemuliaan
(Yes 4:2-6) - 4. Perumpamaan Tentang Hukuman dan Pembuangan Yehuda
(Yes 5:1-30) - C. Penyucian dan Pengutusan Yesaya
(Yes 6:1-13) - D. Berbagai Nubuat Yesaya yang Mula-Mula Tentang Mesias
(Yes 7:1-12:6) - 1. Tanda Imanuel
(Yes 7:1-25) - 2. Berbagai Lambang Tentang Pelepasan oleh Mesias
(Yes 8:1-9:6) - 3. Berbagai Nubuat Tentang Hukuman Terhadap Israel (Kerajaan Utara)
dan Asyur
(Yes 9:7-10:34) - 4. Mesias dari Keturunan Daud dan Kerajaan-Nya
(Yes 11:1-12:6) - E. Berbagai Nubuat Yesaya Tentang Hukuman Terhadap Bangsa-Bangsa
(Yes 13:1-23:18) - 1. Terhadap Babel
(Yes 13:1-14:23) - 2. Terhadap Asyur
(Yes 14:24-27) - 3. Terhadap Filistea
(Yes 14:28-32) - 4. Terhadap Moab
(Yes 15:1-16:14) - 5. Terhadap Damsyik dan Efraim
(Yes 17:1-14) - 6. Terhadap Etiopia
(Yes 18:1-7) - 7. Terhadap Mesir
(Yes 19:1-20:6) - 8. Terhadap Babel (Nubuat Kedua)
(Yes 21:1-10) - 9. Terhadap Duma
(Yes 21:11-12) - 10. Terhadap Arabia
(Yes 21:13-17) - 11. Terhadap Yerusalem
(Yes 22:1-25) - 12. Terhadap Tirus dan Sidon
(Yes 23:1-18) - F. Berbagai Nubuat Tentang Akhir Zaman
(Yes 24:1-27:13) - G. Berbagai Nubuat Tentang Celaka yang Kait-Mengait Dengan Harapan
Nubuat akan Keselamatan
(Yes 28:1-35:10) - II. Sisipan Sejarah Mengenai Hizkia
(Yes 36:1-39:8) - A. Pelepasan Hizkia dari Asyur
(Yes 36:1-37:38) - B. Penyakit dan Kesembuhan Hizkia
(Yes 38:1-22) - C. Kesombongan Hizkia yang Bodoh
(Yes 39:1-8) - III.Berbagai Nubuat Tentang Keselamatan dan Pengharapan
(Yes 40:1-66:24) - A. Berbagai Janji yang Menubuatkan Pemulihan Umat Allah
(Yes 40:1-48:22) - 1. Kemuliaan Tuhan dan Hamba-Nya akan Dinyatakan
(Yes 40:1-42:25) - 2. Pemulihan Kaum Sisa yang Ditebus
(Yes 43:1-45:25) - 3. Pelajaran Iman bagi Yehuda Ketika Allah Menghukum Babel
(Yes 46:1-48:22) - B. Berbagai Janji yang Menubuatkan Mesias, Hamba yang Menderita
(Yes 49:1-53:12) - 1. Tugas dan Ketaatan-Nya
(Yes 49:1-50:11) - 2. Dorongan dan Nasihat-Nya untuk Kaum Sisa
(Yes 51:1-52:12) - 3. Penderitaan dan Kematian-Nya yang Mendamaikan
(Yes 52:13-53:12) - C. Penyataan Selanjutnya yang Menubuatkan Pemulihan dan Penebusan
(Yes 54:1-59:21) - D. Berbagai Penglihatan yang Menubuatkan Masa Depan Sion yang Mulia
(Yes 60:1-66:24) - 1. Kemakmuran dan Damai Sejahtera Sion
(Yes 60:1-22) - 2. Pengurapan dan Misi Mesias
(Yes 61:1-11) - 3. Syafaat yang Bersifat Nubuat untuk Pemulihan dan Kemuliaan Sion
(Yes 62:1-64:12) - 4. Jawaban Allah yang Memberi Kemurahan dan Akhir yang Mulia
(Yes 65:1-66:24)
Tujuan
Tujuan: Tujuan lipat tiga jelas kelihatan dalam tulisan Yesaya.
(1) Sang nabi pertama-tama menghadapi bangsanya sendiri dan bangsa lain yang...
Tujuan lipat tiga jelas kelihatan dalam tulisan Yesaya.
- (1) Sang nabi pertama-tama menghadapi bangsanya sendiri dan bangsa lain yang sezaman dengan firman Tuhan mengenai dosa mereka dan hukuman Allah yang akan datang.
- (2) Lalu, melalui berbagai penglihatan yang mengandung wahyu dan Roh nubuat, Yesaya menubuatkan pengharapan bagi angkatan masa depan orang Yahudi buangan. Mereka akan dikembalikan dari pembuangan dan akan ditebus Allah untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi.
- (3) Akhirnya, Yesaya bernubuat bahwa Allah akan mengirim Mesias dari keturunan Daud, yang keselamatan-Nya pada akhirnya akan meliputi semua bangsa di bumi ini, sehingga memberikan pengharapan bagi umat Allah di bawah perjanjian yang lama dan yang baru.
Tema-tema Kunci
Tema-tema Kunci: 1. Allah (pasal 6 )
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah...
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah Allah dan apa yang dikerjakan-Nya.
o Penglihatan (Yes 6:1-4): Apa ciri-ciri Allah seperti yang digambarkan di sini?
o Jawaban (Yes 6:5-7): Apa arti dari "mezbah pembakaran" dan dari mana asalnya (Keluaran 30:1-10)?
o Panggilan (Yes 6:8): "Siapakah yang akan Kuutus?" Allah mengutus dan mengundang para sukarelawan. Apa syarat pertama untuk menjadi misionaris? (Lihat juga Yohanes 20:21-23)?
o Kenyataan (Yes 6:9-13): Seorang utusan tidak dijamin mendapat sukses besar, tetapi ia dijamin untuk sukses dalam beberapa hal (lihat juga Yesaya 55:11). Referensi untuk ayat Yes 6:9 diambil dari Perjanjian Baru: Matius 13:1-17; Yohanes 12:23-43; Kisah 28:23-28; Roma 11:1-8.
2. Menafsirkan nubuatan (pasal 7)
Nubuatan biasanya diberikan kepada orang-orang tertentu pada suatu saat yang tertentu pula. Dalam menafsirkan suatu nubuatan kita harus mengajukan dua pertanyaan:
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi mereka?
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi kita?
Biasanya nubuatan mengacu kepada kejadian-kejadian pada saat nabi itu hidup dan masa yang akan datang. Demikian juga halnya dengan Yesaya 7:14. Baca dengan cermat Yes 7:1-25; 2Ra 15:27-16:9; 2Ta 28:1-21. Penggenapan pertama dari nubuatan itu terjadi ketika seorang wanita muda melahirkan seorang bayi dan pada saat bayi itu masih belum dapat memilih makanannya sendiri, tentara Israel dan Siria yang sedang mengepung Yehuda mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Penggenapan kedua terjadi pada waktu seorang perawan melahirkan bayi Kristus. Baca Matius 1:18-23.
3. Kebun anggur (pasal 5)
Umat Allah, bangsa Yahudi, membanggakan diri mereka sebagai pokok anggur Allah. Dalam masa Perjanjian Baru sebuah pokok anggur yang besar terbuat dari emas menghiasi tembok luar Rumah Allah. Pelajarilah pasal Yes 5. Apa yang dikerjakan oleh pemilik kebun anggur dalam kebun anggurnya? Oleh karena kisah ini merupakan perumpamaan, apa penafsiran Anda untuk semua yang dilakukannya? Seandainya kita adalah "kebun anggur" Allah, apa yang akan dilakukan-Nya atas kita? Mengapa pemilik kebun anggur itu melakukan segalanya seorang diri? Apa yang diharapkan Allah dari umat-Nya dewasa ini? Baca Matius 21:33-46; 20:1-16. Apa yang ditambahkan oleh pasal-pasal ini terhadap pengertian kita mengenai apa yang dilukiskan Yesaya?
1. Hamba Tuhan
Bacalah dengan saksama pasal Yes 40-66 dan catatlah setiap kata yang mengacu pada "hambaku". Kemudian bagilah acuan ini ke dalam tiga kelompok: yang mengacu kepada "Yakub" atau "Israel"; bagian yang mengenai kesetiaan Yakub atau Israel, dan bagian yang mengacu kepada suatu oknum. Arti dari pengajaran Yesaya mengenai hamba digambarkan sebagai suatu segitiga dengan Israel berada di bagian paling bawah, sisa bangsa yang masih setia di tengah dan Mesias di puncak. Bagaimana hal ini dapat diaplikasikan dengan gereja? Pelajarilah "Hamba" yang terdapat dalam Perjanjian Baru seperti dalam Yohanes 13:1-20; Markus 10:32-45 dan Matius 10:24-42.
Dari pasal Yes 40:1-49:26 kita menemukan hal-hal yang menunjukkan keunikan Allah. Dia bersifat unik:
o sebagai pencipta alam semesta;
o sebagai pemberi hidup kepada manusia;
o sebagai perencana hari depan;
o Allah dari perjanjian dan panggilan;
o satu-satunya Juruselamat dan Penebus.
Cocokkan pasal-pasal yang sesuai dengan pokok-pokok di atas.
3. Kebodohan pemujaan berhala
Ada tiga pasal yang membicarakan tema ini:
o Yes 40:18-24, berhala yang tidak dapat bergerak. Terbelenggu atau tertindih, tidak mempunyai ciri utama kehidupan, yaitu gerak.
o Yes 44:9-20, berhala yang tidak dapat memberikan berkat. Mereka bahkan tidak dapat memberkati para pandai besi dan tukang kayu yang menciptakan mereka!
o Yes 46:1-7, berhala yang menjadi beban. Pada waktu suatu kerajaan jatuh, maka dewa-dewa mereka diangkut ke pembuangan bersama-sama dengan rakyat mereka. Beban yang harus mereka pikul! Catatlah komentar Allah sendiri: tetapi Aku selalu menggendong kamu.
Bukan hanya ketiga pasal di atas yang membicarakan mengenai penyembahan kepada berhala. Carilah pasal-pasal lain. Apa yang diajarkan oleh Yesaya mengenai berhala? Apa hubungannya dengan agama-agama lain? Lihat Kis 19:21-41 dan Efesus 2:11-16.
4. Kedaulatan Allah Kita mudah melupakan bahwa Allah adalah Tuhan dari raja kafir Koresy sebagaimana juga Dia adalah Allah gereja. Perhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan Koresy (Yes 44:28; 45:1; 41:25; 46:11) dan lihatlah penggenapan dari nubuatan dalam 2Ko 3:6 dan Ezra 1. Tetapi mengapa harus repot-repot mencari kehendak Allah dalam hidup saya? Lihat Roma 12:1,2.
Survei
Survei: Sebagian besar sarjana berpendapat bahwa ke-66 pasal kitab ini dengan
sendirinya terbagi menjadi dua bagian utama: pasal 1-39 ( Yes 1:1--39:8 )...
Sebagian besar sarjana berpendapat bahwa ke-66 pasal kitab ini dengan sendirinya terbagi menjadi dua bagian utama: pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) dan pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24). Dalam hal-hal tertentu kitab Yesaya adalah seperti suatu Alkitab kecil:
- (1) Kedua bagian besar ini menekankan tema umum penghukuman dan keselamatan, sesuai dengan tema-tema umum di PL dan PB; dan
- (2) dalam kedua bagian Yesaya dan Alkitab, hal yang menyatukannya adalah karya penebusan Kristus.
- (1) Bagian pertama Yesaya (pasal 1-39; Yes 1:1--39:8) berisi empat kelompok besar materi.
- (a) Dalam pasal 1-12 (Yes 1:1--12:6) Yesaya mengingatkan dan mengecam Yehuda karena penyembahan berhala, kebejatan, dan ketidakadilan sosial selama masa kemakmuran yang menyesatkan. Terjalin dengan berita mengenai hukuman yang akan datang adalah beberapa nubuat penting tentang Mesias (mis. Yes 2:4; Yes 7:14; Yes 9:5-6; Yes 11:1-9), bersama kesaksian Yesaya tentang pentahiran dirinya dari dosa dan penugasan ilahi untuk pelayanan kenabian (pasal 6; Yes 6:1-13).
- (b) Dalam pasal 13-23 (Yes 13:1--23:18) Yesaya bernubuat kepada bangsa-bangsa sezaman Yehuda mengenai dosa mereka dan hukuman Allah yang akan datang.
- (c) Pasal 24-35 (Yes 24:1--35:10) berisi bermacam-macam janji bersifat nubuat tentang keselamatan dan hukuman yang akan datang.
- (d) Pasal 36-39 (Yes 36:1--39:8) mencatat aneka cuplikan sejarah dari kehidupan Hizkia yang serupa dengan 2Raj 18:13--20:21.
- (2) Bagian utama kedua (pasal 40-66; Yes 40:1--66:24) berisi berbagai nubuat yang paling akbar dalam Alkitab mengenai kebesaran Allah dan kemegahan rencana penebusan-Nya. Pasal-pasal ini membangkitkan harapan dan hiburan dalam umat Allah pada tahun-tahun terakhir pemerintahan Hizkia (Yes 38:5) dan untuk abad-abad selanjutnya. Bagian ini penuh dengan penyataan nubuat mengenai kuasa dan kemuliaan Allah dan janji-janji-Nya untuk memulihkan kaum sisa di Israel yang benar dan berbuah dan di antara bangsa-bangsa sebagai perwujudan penuh dari kasih penebusan-Nya. Janji-janji dan penggenapannya ini secara khusus dikaitkan dengan tema penderitaan dan berisi "nyanyian hamba" gubahan Yesaya (lih. Yes 42:1-4; Yes 49:1-6; Yes 50:4-9; Yes 52:13--53:12), yang menunjuk kepada titik waktu melewati pengalaman orang buangan Yahudi kepada kedatangan Yesus Kristus di kemudian hari dan kematian-Nya yang mendamaikan (pasal 53; Yes 53:1-12). Sang nabi menubuatkan bahwa datangnya Mesias akan memungkinkan kebenaran bersinar dengan terang dan keselamatan keluar kepada bangsa-bangsa bagaikan obor yang menyala (pasal 60-66; Yes 60:1--66:24). Yesaya mengutuk kebutaan rohani mengenai jalan-jalan Allah (Yes 42:18-25) dan menghargai doa syafaat dan rasa sakit melahirkan oleh umat Allah sebagai perlu agar segala sesuatu dapat digenapi (bd. Yes 56:6-8; Yes 62:1-2,6-7; Yes 66:7-18).
Ciri Khas
Ciri Khas: Delapan ciri utama menandai kitab Yesaya ini.
(1) Sebagian besar kitab ini ditulis dalam bentuk syair Ibrani dan sebagai
karya sastra...
Delapan ciri utama menandai kitab Yesaya ini.
- (1) Sebagian besar kitab ini ditulis dalam bentuk syair Ibrani dan sebagai karya sastra tidak dapat dibandingi keindahan, kuasa, dan keanekaragaman dalam syairnya. Kekayaan kosakata Yesaya mengungguli semua penulis PL lainnya.
- (2) Yesaya disebut "nabi injili" karena, dari semua kitab PL, nubuat-nubuatnya tentang Mesias berisi pernyataan yang paling lengkap dan jelas dari Injil Yesus Kristus.
- (3) Penglihatannya tentang salib dalam pasal 53 (Yes 53:1-12) adalah nubuat yang paling khusus dan terinci dalam seluruh Alkitab mengenai kematian Yesus yang mendamaikan bagi orang berdosa.
- (4) Kitab ini menjadi kitab nubuat PL yang paling teologis dan luas; ia menjangkau ke belakang kepada saat Allah menciptakan langit dan bumi serta hidup manusia (mis. Yes 42:5) dan memandang ke depan kepada saat Allah mengakhiri sejarah dan menciptakan langit baru dan bumi baru (mis. Yes 65:17; Yes 66:22).
- (5) Kitab ini berisi lebih banyak penyataan tentang tabiat, keagungan, dan kekudusan Allah daripada kitab nubuat PL lainnya. Allah yang diperlihatkan Yesaya adalah kudus dan mahakuasa, Yang akan menghakimi dosa dan ketidakbenaran dalam umat manusia dan bangsa-bangsa. Ungkapan yang digemari untuk Allah ialah "Yang Mahakudus, Allah Israel".
- (6) Yesaya, yang artinya "Tuhan menyelamatkan", adalah nabi keselamatan. Ia memakai istilah "keselamatan" hampir tiga kali lebih banyak daripada seluruh kitab para nabi lainnya. Yesaya menyatakan bahwa maksud penuh keselamatan Allah akan digenapi hanya dalam kaitan dengan Mesias.
- (7) Yesaya sering kali mengacu kembali kepada peristiwa-peristiwa penebusan sebelumnya dalam sejarah Israel, mis. peristiwa keluaran (Yes 4:5-6; Yes 11:15; Yes 31:5; Yes 43:16-17), pemusnahan Sodom dan Gomora (Yes 1:9), dan kemenangan Gideon atas suku Midian (Yes 9:4; Yes 10:26; Yes 28:21); ia juga mengutip dari nyanyian Musa yang bersifat nubuat dalam Ul 32:1-52 (Yes 1:2; Yes 30:17; Yes 43:11,13).
- (8) Bersama dengan Ulangan dan Mazmur, Yesaya termasuk kitab PL yang paling banyak dikutip dalam PB.
Penggenapan Dalam Perjanjian Baru
Yesaya bernubuat tentang Yohanes Pembaptis sebagai pendahulu yang ditentukan bagi Mesias (Yes 40:3-5; bd. Mat 3:1-3). Berikut ini adalah sebagian dari nubuat-nubuat Yesaya tentang Mesias serta penerapan PB-nya dalam kehidupan dan pelayanan Yesus Kristus: - penjelmaan dan ke-Tuhanan-Nya (Yes 7:14; lih. Mat 1:22-23; Luk 1:34-35; Yes 9:5-6; lih. Luk 1:32-33; Luk 2:11); - masa remaja-Nya (Yes 7:15-16 dan Yes 11:1; lih. Luk 3:23,32 dan Kis 13:22-23); - misi-Nya (Yes 11:2-5; Yes 42:1-4; Yes 60:1-3; Yes 61:1; lih. Luk 4:17-19,21); - ketaatan-Nya (Yes 50:5; lih. Ibr 5:8); - berita dan pengurapan-Nya oleh Roh Kudus (Yes 11:2; Yes 42:1 dan Yes 61:1; lih. Mat 12:15-21); - mukjizat-mukjizat-Nya (Yes 35:5-6; lih. Mat 11:2-5); - penderitaan-Nya (Yes 50:6; lih. Mat 26:67; Mat 27:26,30; Yes 53:4-5,11; lih. Kis 8:28-33); - penolakan-Nya (Yes 53:1-3; lih. Luk 23:18; Yoh 1:11; Yoh 7:5); - rasa malu-Nya (Yes 52:14; lih. Fili 2:7-8); - kematian-Nya yang mendamaikan (Yes 53:4-12; lih. Rom 5:6); - kenaikan-Nya (Yes 52:13; lih. Fili 2:9-11); dan - kedatangan-Nya yang kedua (Yes 26:20-21; lih. Yud 1:14; Yes 61:2-3; lih. 2Tes 1:5-12; Yes 65:17-25; lih. 2Pet 3:13).
buka semuaAlkiPEDIA Pasal
Penjelasan Singkat
Penjelasan Singkat: Hukuman Allah bagi dosa
Isi Pasal
Isi Pasal: Perumpamaan tentang kebun anggur TUHAN dan enam kesengsaraan atas Israel.
Garis Besar
Garis Besar: 5:1 Melalui perumpamaan tentang kebun anggur, TUHAN melaksanakan hukuman-Nya yang keras. 5:8 Hukuman-Nya atas ketamakan; 5:11 atas nafsu...
Judul Perikop
Tokoh
Tokoh: Allah .
Nama dan Tempat
Kesimpulan
Kesimpulan: Allah mengharapkan buah/hasil kebun anggur dari orang-orang yang menikmati hak istimewa kebun anggur, bukan hanya daun pengakuan, atau anggur liar...
Fakta
Fakta: ay. 4 . Beberapa orang percaya Kristus mengucapkan perkataan ini ketika Dia melihat Yerusalem dan meratapinya ( Luk 19:41 ), dan menunjuknya di...
Storyboard Yesaya 5
Infografis Yesaya 5
Infografis Yesaya 5
buka semuaAI-PEDIA
Ringkasan
Ringkasan: Dalam pasal 5 Kitab Yesaya, Yesaya menyampaikan nyanyian tentang kebun anggur yang diibaratkan sebagai umat Israel. Meskipun Tuhan telah...
Pengantar & Latar Belakang
Pengantar & Latar Belakang: Latar belakang dari pasal 5 Kitab Yesaya terletak dalam konteks historis, budaya, literatur, dan teologisnya. Kitab Yesaya merupakan salah satu...
Dalam pasal-pasal sebelumnya, Yesaya telah menerima panggilan dari Allah untuk menjadi nabi dan menyampaikan pesan-pesan-Nya kepada umat Israel. Yesaya juga telah mengungkapkan nubuat tentang masa depan, termasuk nubuat tentang Mesias yang akan datang.
Pasal 5 Kitab Yesaya berisi nyanyian kebun anggur yang menjadi perumpamaan bagi umat Israel. Allah menggambarkan diri-Nya sebagai pemilik kebun anggur yang telah merawat dengan baik, tetapi hasilnya tidak memuaskan. Umat Israel diibaratkan sebagai pohon anggur yang tidak menghasilkan buah yang baik, melainkan buah yang pahit dan tidak berguna.
Dalam konteks historis, pasal ini mencerminkan kondisi moral dan spiritual umat Israel pada masa itu. Mereka telah menyimpang dari perintah-perintah Allah dan hidup dalam kejahatan dan ketidakadilan. Allah mengancam akan menghukum mereka karena keingkaran dan dosa mereka.
Secara teologis, pasal ini menunjukkan kasih dan keadilan Allah yang menghendaki umat-Nya hidup dalam ketaatan dan menghasilkan buah yang baik. Pesan ini juga mengingatkan kita akan pentingnya hidup sesuai dengan kehendak Allah dan menghindari dosa.
Dalam konteks literatur, pasal ini menggunakan gaya bahasa metaforis dan perumpamaan untuk menyampaikan pesan-pesan spiritual. Gaya bahasa ini sering digunakan dalam kitab-kitab nabi untuk menyoroti pesan-pesan Allah dengan cara yang kuat dan menggugah.
Dengan demikian, pasal 5 Kitab Yesaya memberikan gambaran tentang kondisi umat Israel pada masa itu dan mengajarkan nilai-nilai moral dan spiritual yang relevan bagi kita sebagai pembaca Alkitab.
Topik
Topik: Berikut adalah beberapa topik penting dalam Kitab Yesaya pasal 5 :
1. Kebun anggur yang tidak menghasilkan buah yang baik ( Yesaya 5:1-7 )...
1. Kebun anggur yang tidak menghasilkan buah yang baik (Yesaya 5:1-7)
- Kekasih memiliki kebun anggur yang subur, tetapi menghasilkan buah yang asam.
- Kebun anggur itu akan dihancurkan dan menjadi tandus karena tidak menghasilkan buah yang baik.
2. Keadilan dan kebenaran yang dicari tetapi tidak ditemukan (Yesaya 5:7-8)
- TUHAN mencari keadilan tetapi menemukan pertumpahan darah.
- Dia mengharapkan kebenaran tetapi mendapati tangisan penderitaan.
3. Penindasan dan keserakahan (Yesaya 5:8-10)
- Orang-orang menyerobot rumah dan mencaplok ladang, mengakibatkan kekeringan dan kelaparan.
- Banyak rumah akan menjadi sunyi sepi dan tidak berpenghuni.
4. Pengabaian terhadap perbuatan TUHAN (Yesaya 5:11-12)
- Orang-orang terlibat dalam minum anggur dan pesta, tetapi tidak menghiraukan perbuatan TUHAN.
- Mereka tidak melihat karya tangan-Nya.
5. Hukuman atas kejahatan dan kebenaran yang terungkap (Yesaya 5:13-17)
- Umat TUHAN akan dibawa ke pembuangan karena kurangnya pemahaman.
- Orang-orang yang sombong akan direndahkan, tetapi TUHAN akan ditinggikan dalam keadilan.
6. Kehancuran dan keadilan yang akan datang (Yesaya 5:24-30)
- Orang-orang yang menyebut kejahatan sebagai kebaikan dan kebaikan sebagai kejahatan akan mengalami kehancuran.
- Murka TUHAN akan menyala terhadap umat-Nya dan bangsa-bangsa jauh akan datang sebagai hukuman.
Catatan: Ayat-ayat referensi hanya mencantumkan kitab, pasal, dan ayat tanpa isi ayat.
Nama dan Tempat
Nama dan Tempat: Orang-orang yang tercantum dalam pasal tersebut :
- Kekasihku (Yesaya mengacu pada Allah sebagai kekasihnya)
- Penghuni Yerusalem dan...
- Kekasihku (Yesaya mengacu pada Allah sebagai kekasihnya)
- Penghuni Yerusalem dan orang-orang Yehuda
- Orang-orang yang menyerobot rumah demi rumah dan mencaplok ladang demi ladang
- Orang-orang yang bangun pagi-pagi untuk memburu minuman keras dan menghangatkan diri dengan anggur
- Orang-orang yang memiliki gambus, kecapi, rebana, dan seruling
- Umat TUHAN
- Orang-orang yang menarik kesalahan dengan tali kepalsuan dan menarik dosa dengan tali gerobak
- Orang-orang yang menyebut kejahatan itu kebaikan dan kebaikan itu kejahatan
- Orang-orang yang bijaksana menurut mata mereka sendiri
- Orang-orang yang hebat dalam minum anggur dan juara dalam mencampur minuman keras
- Orang-orang fasik yang membenarkan orang fasik karena suap dan membuang hak-hak orang yang benar
Lokasi yang tercantum dalam pasal tersebut:
- Kebun anggur di bukit yang subur
- Menara pengawas di tengah-tengah kebun anggur
- Tempat pemerasan anggur di dalam kebun anggur
- Negeri Israel
- Yerusalem
- Dunia orang mati
- Reruntuhan gedung orang-orang kaya
- Gunung-gunung
- Jalan-jalan
- Bangsa-bangsa yang jauh
- Ujung-ujung bumi
- Negeri itu (Yerusalem)
Kata Kunci
Kata Kunci: Kata kunci dalam Kitab Yesaya pasal 5 adalah sebagai berikut:
1. Kebun anggur : Merupakan gambaran tentang umat Israel yang diharapkan...
1. Kebun anggur: Merupakan gambaran tentang umat Israel yang diharapkan menghasilkan buah yang baik, tetapi justru menghasilkan buah yang asam. Ini menggambarkan kekecewaan Allah terhadap umat-Nya.
2. Buah anggur yang baik dan asam: Menunjukkan perbandingan antara keadilan dan pertumpahan darah, serta kebenaran dan tangisan penderitaan yang ditemukan oleh Allah di tengah umat-Nya.
3. Rumah-rumah besar yang sunyi: Menggambarkan hukuman Allah terhadap orang-orang yang menyerobot harta benda orang lain dan tidak menghiraukan perbuatan-perbuatan-Nya.
4. Pemahaman yang kurang: Menunjukkan bahwa umat Israel tidak memahami kehendak Allah dan karena itu mereka akan dibawa ke pembuangan.
5. Keadilan dan kebenaran: Allah akan ditinggikan dalam keadilan dan menyatakan kekudusan-Nya dalam kebenaran.
6. Celakalah mereka yang menyebut kejahatan itu kebaikan: Menggambarkan keadaan moral yang terbalik, di mana orang menganggap kejahatan sebagai kebaikan dan kebaikan sebagai kejahatan.
7. Murka TUHAN: Allah murka terhadap umat-Nya karena mereka telah menolak hukum-Nya dan menghina firman-Nya.
8. Bangsa-bangsa yang jauh: Allah akan memberikan tanda kepada bangsa-bangsa yang jauh dan mereka akan datang untuk menghukum umat Israel.
9. Kegelapan dan kesesakan: Menggambarkan keadaan negeri yang akan mengalami kehancuran dan penderitaan karena murka Allah.
Pertanyaan Refleksi dan Diskusi
Pertanyaan Refleksi dan Diskusi: Pertanyaan refleksi :
1. Apa pesan utama yang ingin disampaikan oleh penulis Kitab Yesaya dalam pasal 5 ini?
2. Bagaimana gambaran kebun...
1. Apa pesan utama yang ingin disampaikan oleh penulis Kitab Yesaya dalam pasal 5 ini?
2. Bagaimana gambaran kebun anggur dalam pasal ini dapat dihubungkan dengan hubungan antara Allah dan umat-Nya?
3. Apa yang dapat kita pelajari dari kegagalan kebun anggur menghasilkan buah yang baik?
4. Bagaimana sikap umat Allah yang diceritakan dalam pasal ini mempengaruhi hubungan mereka dengan Allah?
5. Bagaimana kita dapat menghindari jatuh ke dalam kesalahan yang disebutkan dalam pasal ini?
Pertanyaan diskusi:
1. Bagaimana kita dapat mengaplikasikan pesan pasal ini dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai orang percaya?
2. Apa yang dapat kita pelajari tentang keadilan dan kebenaran Allah dari pasal ini?
3. Bagaimana kita dapat menghindari menjadi sombong dan mengabaikan perbuatan-perbuatan Allah dalam hidup kita?
4. Bagaimana kita dapat membedakan antara kebaikan dan kejahatan yang sesuai dengan perspektif Allah?
5. Bagaimana kita dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah agar tidak jatuh ke dalam kesalahan yang disebutkan dalam pasal ini?
Hal-hal menarik terkait Kitab Yesaya pasal 5:
1. Gambaran kebun anggur dalam pasal ini menggambarkan hubungan Allah dengan umat-Nya dan harapannya terhadap mereka.
2. Pasal ini menyoroti pentingnya keadilan dan kebenaran dalam kehidupan umat Allah.
3. Pasal ini juga mengungkapkan konsekuensi yang akan dialami oleh umat Allah jika mereka mengabaikan perintah-Nya.
4. Pesan pasal ini mengajak kita untuk memeriksa sikap dan tindakan kita sebagai orang percaya agar tidak jatuh ke dalam kesalahan yang disebutkan dalam pasal ini.
5. Pasal ini menegaskan bahwa Allah akan tetap tinggi dalam keadilan-Nya dan akan menyatakan kekudusan-Nya dalam kebenaran.
Pelajaran dan Doa
Pelajaran dan Doa: Dari pasal 5 Kitab Yesaya, ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dan terapkan dalam hidup kita:
1. Mengenai tanggung jawab kita sebagai...
1. Mengenai tanggung jawab kita sebagai umat Allah: Kita sebagai umat Allah adalah kebun anggur-Nya yang diharapkan menghasilkan buah yang baik. Oleh karena itu, kita harus memelihara dan merawat kehidupan rohani kita agar menghasilkan buah yang menyenangkan Tuhan.
2. Pentingnya keadilan dan kebenaran: Allah mencari keadilan dan kebenaran di antara umat-Nya. Kita juga harus mencari keadilan dan kebenaran dalam hidup kita, baik dalam hubungan dengan sesama maupun dalam keputusan-keputusan yang kita ambil.
3. Bahaya keserakahan dan ketidakadilan: Pasal ini juga mengingatkan kita tentang bahaya keserakahan dan ketidakadilan. Kita harus berhati-hati agar tidak terjerumus dalam keserakahan dan memperlakukan sesama dengan adil.
4. Pentingnya menghormati dan menghiraukan perbuatan Tuhan: Pasal ini mengingatkan kita untuk menghormati dan menghiraukan perbuatan Tuhan dalam hidup kita. Kita harus mengenali dan menghargai karya Tuhan dalam segala hal yang kita lakukan.
Doa terkait pasal ini dapat mencakup:
1. Memohon kepada Tuhan agar memberikan kita kebijaksanaan dan kekuatan untuk hidup dengan adil dan benar di hadapan-Nya.
2. Memohon kepada Tuhan agar membantu kita menghindari keserakahan dan ketidakadilan dalam hidup kita.
3. Memohon kepada Tuhan agar memberikan kita pemahaman yang lebih dalam akan kehendak-Nya dan memberikan kita kemampuan untuk menghormati dan menghiraukan perbuatan-Nya dalam hidup kita.
4. Memohon kepada Tuhan agar memberikan kita kekuatan untuk menghasilkan buah yang baik dalam kehidupan rohani kita dan menjadi saksi yang menyenangkan bagi-Nya.
5. Memohon kepada Tuhan agar memberikan kita kesadaran akan bahaya dosa dan kemampuan untuk menghindarinya.
Semoga doa-doa ini membantu kita untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan dan menghasilkan buah yang baik dalam hidup kita.
5W1H
5W1H: Analisis Yesaya 5 (5W+1H)
Siapa (Who):
Allah (TUHAN semesta alam): Pemilik kebun anggur, yang kecewa dengan hasil kebunnya.
Nabi...
Analisis Yesaya 5 (5W+1H)
Siapa (Who):
- Allah (TUHAN semesta alam): Pemilik kebun anggur, yang kecewa dengan hasil kebunnya.
- Nabi Yesaya: Penyampaikan pesan Allah kepada umat-Nya.
- Umat Israel (keluarga Israel): Kebun anggur Allah, yang tidak menghasilkan buah yang baik.
- Orang-orang Yehuda: Tanaman yang menyenangkan Allah, namun melakukan kejahatan.
- Bangsa-bangsa lain: Dipanggil Allah untuk menghukum umat-Nya.
Apa (What):
- Perumpamaan kebun anggur: Allah menggambarkan umat Israel sebagai kebun anggur yang Dia rawat dengan baik, namun menghasilkan buah yang asam (kejahatan).
- Kekecewaan Allah: Allah kecewa karena umat-Nya tidak menghasilkan keadilan dan kebenaran, melainkan pertumpahan darah dan penderitaan.
- Hukuman Allah: Allah akan membiarkan kebun anggur-Nya (Israel) dihancurkan dan ditaklukkan oleh bangsa lain.
- Dosa-dosa Israel: Menyerobot rumah dan ladang, mabuk-mabukan, tidak menghiraukan Allah, membenarkan yang fasik, dan menolak hukum Allah.
Kapan (When):
- Tidak disebutkan secara spesifik, namun digambarkan akan terjadi di masa depan.
Di mana (Where):
- Kebun anggur: Menggambarkan Israel.
- Yerusalem: Akan mengalami kehancuran.
Mengapa (Why):
- Umat Israel tidak berbuah baik: Mereka melakukan kejahatan dan tidak hidup sesuai dengan kehendak Allah.
- Allah ingin menghukum dan mendidik umat-Nya: Hukuman ini bertujuan untuk menyadarkan mereka dan membawa mereka kembali kepada-Nya.
Bagaimana (How):
- Allah akan membiarkan kebun anggur-Nya dihancurkan: Tidak akan ada lagi perlindungan dan pemeliharaan dari Allah.
- Bangsa-bangsa lain akan datang dan menaklukkan Israel: Mereka akan datang dengan kekuatan besar dan mengalahkan umat Allah.
Kesimpulan:
Yesaya 5 merupakan peringatan keras dari Allah kepada umat Israel yang tidak setia. Perumpamaan kebun anggur menggambarkan kekecewaan Allah terhadap umat-Nya yang tidak menghasilkan buah yang baik, melainkan kejahatan. Allah akan menghukum mereka dengan membiarkan bangsa lain menghancurkan dan menaklukkan mereka. Pesan ini juga mengingatkan kita untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah dan menghasilkan buah yang baik, agar tidak mengalami hukuman serupa.Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi