Pengantar Ajaran

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Maleakhi orang-orang Kristen mengerti, bahwa Allah tidak berkenan terhadap orang yang menolak penyembahan yang benar kepada- Nya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Maleakhi.

Isi Kitab: Kitab Maleakhi terbagi atas 4 pasal. Kitab ini adalah Kitab terakhir dalam urutan Perjanjian Lama. Di dalam Kitab ini, kita dapat melihat kasih dan hukuman Allah terhadap umat pilihan-Nya yang tidak menuruti Firman-Nya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Maleakhi

  1. Pasal 1 (Mal 1:1-5). Allah menyatakan betapa besar kasih yang sudah diberikannya kepada bangsa Israel, umat pilihan-Nya

  2. Pasal 1-3 (Mal 1:6-3:5). Allah memberikan tuntutannya kepada bangsa Israel, yang sudah menerima kasih dan kemurahan-Nya

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mal 1:6-14. Allah menuntut penghormatan sebagai Bapa Israel, karena Dia sajalah yang sudah memelihara dan memimpin kehidupan bangsa Israel.
    2. Bacalah pasal Mal 2:1-9. Allah menuntut imam-imam bangsa Israel yang melakukan pelayanan ibadah dengan tidak benar.
    3. Bacalah pasal Mal 2:10-11. Allah menuntut bangsa Israel yang melakukan pernikahan dengan bangsa-bangsa asing, yang bagi Allah merupakan suatu perbuatan zinah.
    4. Bacalah pasal Mal 2:17-3:5. Allah memberikan hukuman dan tuntutan kepada bangsa pilihan-Nya yang sudah melakukan penyembahan berhala.
    5. Bacalah pasal Mal 3:6-12. Allah menuntut bangsa Israel karena melalaikan persembahan persepuluhan yang diperintahkan Allah.
    6. Bacalah pasal Mal 3:13-18. Allah menuntut bangsa Israel atas kelancangan mereka dalam berbicara, serta Allah memberikan janji keselamatan kepada orang yang benar.
  3. Pasal 4 (Mal 4:1-6). Allah menyatakan bahwa hari penghakiman (hari Tuhan) akan menjadi suatu hari yang dahsyat dan membinasakan bagi orang-orang yang tidak bertobat.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Tuntutan Allah kepada bangsa Israel untuk bertobat, mengajarkan bahwa Allah juga menuntut semua umat manusia untuk bertobat karena Ia telah memberikan apa yang ada pada manusia (setiap orang).

  2. Allah melalui Kitab Maleakhi mengajarkan bahwa Ia mengetahui isi hati orang yang beribadah kepada-Nya.

  3. Kitab Maleakhi mengajarkan bahwa memberikan persembahan persepuluhan merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang percaya, karena itu merupakan hak Allah.

  4. Kitab Maleakhi mengajarkan betapa besar murka Allah kepada umat-Nya yang masih melakukan penyembahan berhala, sihir dsb.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Maleakhi?
  2. Mengapakah Allah menuntut bangsa Israel?
  3. Apakah tuntutan Allah kepada bangsa Israel sebagai umat pilihan-Nya?
  4. Apakah hasilnya kalau seseorang memberikan persembahan persepuluhan?
  5. Mengapakah memberikan persembahan persepuluhan itu penting?
  6. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Maleakhi?



Artikel yang terkait dengan Matius:


TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA