Apakah pendamaian merupakan kepercayaan Perjanjian Lama?

Pengharapan akan kedatangan Mesias, yang akan menebus umat-Nya dan harus menderita demi mereka, sama tuanya dengan awal kebangsaan Ibrani. Lihat Yesaya 53; Zakharia 11:13. Ide tentang peredaan kemarahan, pendamaian dan membayar kerugian berkaitan dengan kedatangan-Nya, dan meskipun penggantian tidak disebut itu tetap ada. Dalam hal persembahan-persembahan kurban, istilah yang sama kadangkala dipakai, tetapi sudut pandang yang lebih luas dari kurban yang dilakukan demi orang lain, dengan rujukan khusus kepada penebusan Mesias, secara utuh tercatat dalam Yesaya 53. Misi Mesias adalah keselamatan umat manusia (Yes. 11). Pengharapan ini tidak seutuhnya terbatas pada bangsa Yahudi. Bangsa Samaria berpatokan pada hal ini; Orang Majus mengetahuinya; bahkan pada masa Melkisedek dan Ayub, hal ini dipahami oleh jiwa-jiwa yang menyelidikinya (Ayb. 19:25). Kiasan pertama dalam Alkitab tentang pengharapan ini terdapat dalam Kejadian 49:10. Lihat juga dalam Yesaya 9:1-7; Yesaya 40; Mikha 5:1. Ada periode-periode dalam sejarah bangsa Yahudi di mana prediksi dan pengharapan terhadap Mesias dihentikan sementara, tetapi keduanya tidak pernah sepenuhnya dihilangkan. Akan tetapi memang harus diakui, bahwa sementara beberapa tulisan Yahudi Targum merujuk kepada Mesias yang menderita, ada tulisan yang lebih banyak jumlahnya membahas tentang Mesias yang berkuasa dan penakluk. Iman kepada Allah, percaya kepada firman-Nya dan bersedia Mat diperhitungkan sebagai kesalehan dalam sistem keagamaan yang lama. Lihat Kejadian 15:8 dan Roma 4:3-6, 20, 25 dan ayat-ayat lainnya. Secara kebetulan, disebutkan bahwa Ayub diperkirakan hidup semasa dengan Ishak, sekitar tahun 1800 SM, Daniel tahun 600 SM, Mikha tahun 950 SM, Yesaya tahun 750 SM, Zakharia tahun 520 SM.




Artikel yang terkait dengan Mikha:


TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA