Intisari Alkitab

Tuhan: kuat untuk menghancurkan, kuat untuk menyelamatkan

PENULIS
Nama Zefanya berarti "Tuhan bersembunyi". Ia adalah satu-satunya nabi yang silsilah keturunannya dapat ditelusuri empat generasi ke belakang, mungkin untuk menentukan hubungan kebangsawanannya. Hizkia (Zef 1:1) mungkin harus diidentifikasikan dengan seorang raja dengan nama yang sama yang memerintah Yehuda dari tahun 715-686 SM. Dengan demikian Zefanya merupakan seppupu jauh dari raja yang sedang memerintah, raja Yosia. Gambarannya tentang daerah-daerah khusus di Yerusalem -- Pintu Gerbang Ikan, Perkampungan Baru, daerah pasar (Zef 1:10-11) menunjukkan bahwa ia tinggal di kota itu.

WAKTU PENULISAN
Zefanya mungkin merupakan nabi yang pertama dari nabi-nabi abad ketujuh yang memulai pelayanannya sedikit lebih awal daripada Yeremia dan Nahum. Beberapa dari cara ibadah yang tidak benar yang dicela olehnya dihapuskan waktu terjadi reformasi raja Yosia, yang dimulai kira-kira tahun 629 SM. Ia mungkin adalah salah satu dari para nabi yang dikenal bersama-sama dengan Yosia mengadakan gerakan pembaruan (lihat 2Ra 23:2).

KEADAAN
Yosia adalah raja yang paling saleh dari semua raja Yehuda. Ketika ia menjadi raja, Yehuda sedang menderita akibat dari pemerintahan raja Manasye (686-642 SM), raja paling buruk yang memerintah kerajaan selatan. Agama negeri itu ialah sinkretistik (yaitu gabungan antara penyembahan kepada Tuhan dan dewa-dewa lain), dan pada umumnya rakyat tidak lagi menunjukkan rasa hormat kepada Allah. Yosia berusaha dengan sekuat tenaga untuk memperbaiki situasi ini, tetapi rakyat sudah melangkah terlalu jauh menuju jalan keruntuhan rohani, dan gerakan pembaruannya berhasil memperbaiki tata ibadah agama, tetapi bukan perubahan hati. Zefanya melihat bahwa Yehuda pada akhirnya tidak dapat melepaskan diri dari penghukuman Allah, yang terutama dilihatnya sehubungan dengan "Hari Tuhan", dan yang juga akan mempengaruhi seluruh dunia.

Pesan

1. Perlakuan bangsa Yehuda terhadap Allah
o Seakan-akan Tuhan tidak ada. Zef 1:6
o Seakan-akan Tuhan tidak perduli. Zef 1:12
o Seakan-akan Tuhan tidak agung. Zef 1:4,5,9
o Seakan-akan Tuhan tidak dapat dipercaya. Zef 3:2

2. Allah melawan Yehuda
o Menghancurkan para penyembah berhala. Zef 1:4-6
o Menghukum para pemimpin mereka. Zef 1:8
o Mencari para pendosa. Zef 1:12

3. Hari kemarahan Allah.
o Sangat cepat datangnya. Zef 1:7,14
o Tidak dapat dihindari. Zef 1:8
o Menghancurkan. Zef 1:15-17

4. Penghukuman Allah atas seluruh dunia
o Mengenai setiap bangsa. Zef 1:18; 2:4-15
o Mempengaruhi segala isi alam. Zef 1:2,3

5. Kedaulatan Allah atas seluruh dunia
o Dia menerima penyembahan seluruh bangsa di dunia. Zef 2:11; 3:10
o Dia menerima ibadah seluruh bangsa di dunia. Zef 3:9

6. Umat Allah yang tersisa
o Dihormati oleh semua orang. Zef 3:19,20
o Sudah dibersihkan dari dosa. Zef 3:11-13
o Aman dalam perlindungan Allah. Zef 3:3; 3:13-15
o Bersukacita dalam penyelamatan Allah. Zef 3:14
o Menyebabkan Allah bersukacita. Zef 3:17

Penerapan

o "Orang-orang percaya" adalah para pelaku atheis apabila mereka hidup seakan-akan Allah tidak berarti dalam dunia mereka.
o Rencana Allah di dunia ini dapat terhalang oleh rasa puas diri para pengikut-Nya yang sama efektifnya seperti entusiasme musuh-musuh-Nya.
o Manusia harus diperhadapkan dengan peringatan Allah sama seperti dengan janji-janji-Nya. Bagaimana lagi caranya untuk membujuk mereka agar mau menganggap Tuhan dengan serius?
o Tidak ada tempat untuk bersembunyi dari pengamatan Allah. Hal ini dapat menjadi pemikiran yang menghibur, maupun membawa tantangan.
o Mencari Allah selagi Ia masih dapat diketemukan merupakan pilihan yang terbuka bagi semua orang. Akan tiba waktunya ketika "sekarang" sudah terlambat.
o Allah akan mendatangkan hari perhitungan. Ia juga akan memberikan jalan keluar dari penghakiman-Nya, dan menyediakan sumber keselamatan dalam kasih-Nya.
o Kemampuan manusia untuk membawa kegembiraan dan sukacita bagi Allah yang Mahakuasa merupakan suatu misteri yang sukar dipercaya, tetapi mengandung kebenaran alkitabiah.

Tema-tema Kunci

1. Hari Tuhan
Buatlah kesimpulan anda sendiri seperti apa "hari Tuhan" itu (Zef 1:14-15). Hari Tuhan merupakan tema dari beberapa tulisan alkitabiah. Pelajarilah aspek hari Tuhan yang ditulisi oleh Amos 5:18-20; Yesaya 13:9-13. Kejelasan apa yang diberikan oleh ayat-ayat berikut ini untuk menjelaskan "hari Tuhan". Yesaya 2:12-18; Yoel 2:28,29,32? Istilah yang sama dalam Perjanjian Baru adalah 'hari Yesus Kristus'. Penghiburan dan tantangan apa yang diperoleh orang Kristen dari ayat-ayat berikut: 1Tesalonika 1:10; 1Yohanes 4:17; 2Timotius 1:12; Filipi 1:6,10; 1Petrus 2:12?

2. Keluhan Allah
Dari ayat-ayat berikut carilah alasan mengapa Allah marah terhadap umat-Nya dalam zaman Zefanya: Zef 1:6,9; 3:2,4,7. Menurut anda berapa banyak keluhan ini yang akan Allah buat pada masa kini?

3. Perintah Allah
Carilah apa perintah yang dimaksud dalam: Zef 1:7,14; 2:1-3; 3:8,14. Apa yang Anda pelajari dari ayat-ayat tersebut tentang sifat dan hak-hak Allah serta hak-hak istimewa menusia dan tanggung jawab mereka?

4. Allah berkuasa atas segalanya
Zefanya 2:11; 3:9,10 berbicara tentang Allah menerima penghormatan dari semua orang. Apa aspek lain mengenai konsep kekuasaan Allah atas semesta alam yang dapat Anda temukan dalam Yesaya 11:9; 45:22; Mikha 4:1-4?

5. Suatu gaya hidup yang baru
Zefanya 3:11-13 berbicara tentang Allah yang membawa perubahan radikal dalam sifat-sifat umat-Nya. Umat Allah dewasa ini dapat diubahkan sebagai hasil dari kegiatan-Nya dan kerja sama mereka. Lihat 2Korintus 5:17; Efesus 4:22-24; Kolose 3:9,10 sebagai bukti.




Artikel yang terkait dengan Zefanya:


TIP #09: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab dan catatan hanya seukuran layar atau memanjang. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA