Pengantar Ajaran

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Zefanya anggota jemaat mengerti dengan jelas tentang murka Allah pada masa yang akan datang terhadap segala kejahatan. Dan keselamatan serta kebahagiaan akan diberikan kepada orang yang percaya, pada Hari Tuhan.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Zefanya.

Isi Kitab: Kitab Zefanya dibagi atas 3 pasal. Kitab ini berisikan murka Allah terhadap perbuatan jahat. Dan janji keselamatan serta kebahagiaan kepada orang yang percaya pada akhir zaman (Hari Tuhan). Kitab ini ditulis pada waktu keadaan negeri Yehuda dan Yerusalem penuh dengan penyembahan berhala (Zef 1:4), percaya pada bintang-bintang (Zef 1:5), percaya pada dewa-dewa (Zef 1:6), tidak mau tahu tentang Allah (Zef 1:12), mencintai harta duniawi (Zef 1:18), banyak ajaran palsu dan hamba-hamba Tuhan menjadi murtad (Zef 3:1-7). Melalui Nabi Zefanya disampaikan mengenai akan datangnya hukuman atas orang-orang yang sesat itu.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Zefanya

  1. Isi Kitab Zefanya dalam pasal 1 (Zef 1:1-18) Dalam pasal 1; Zef 1:1-18, Nabi Zefanya melukiskan hukuman yang akan menimpa bangsa Yehuda, karena dosa-dosanya kepada Allah. Hukuman tersebut dikatakan sebagai Hari Tuhan yang dahsyat (Zef 1:2-18).

  2. Isi Kitab Zefanya dalam pasal 2 (Zef 2:1-15)

    Pendalaman

    1. Pasal Zef 2:1-3 menyatakan Kasih Allah kepada umat manusia, yaitu memberikan kesempatan untuk bertobat dan kepada orang benar yang ada di tengah-tengah bangsa yang berdosa agar tetap memiliki kesetiaan.
    2. Pasal Zef 2:4-15 menyatakan betapa dahsyat hukuman yang dialami oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, seperti: Filistin, Moab, Amon, dsb.
  3. Isi Kitab Zefanya dalam pasal 3 (Zef 3:1-20)

    Hukuman Allah atas bangsa-bangsa itu mempunyai tujuan supaya bangsa Yehuda yang diberi hak lebih dari bangsa lain akan menjadi takut kepada Allah dan akan melaksanakan tugas yang diberikan kepada mereka, tetapi akibatnya tidaklah demikian. Bagian akhir Kitab ini adalah nubuat tentang janji pemulihan umat pilihan Allah di masa depan. Mereka akan diselamatkan dan dikumpulkan lagi ke Palestina. Kesukaan akan terjadi karena Tuhan sudah mencabut hukuman-Nya, dan orang yang menyusahkan mereka di hukum.

    Pendalaman

    1. Pasal Zef 3:1-8 menyatakan betapa dahsyat hukuman Allah yang jatuh terhadap Yerusalem.
    2. Pasal Zef 3:9-20 menyatakan bahwa Allah akan memulihkan keadaan bangsa-bangsa dengan memberikan hidup dalam sukacita dan kebahagiaan.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Hari Tuhan adalah hari yang dahsyat bagi seluruh dunia, karena itu hendaklah orang percaya tetap hidup dalam ketaatan iman.

  2. Allah Yang Mahakuasa sangat membenci orang-orang yang hidup dalam penyembahan kepada berhala.

  3. Pengharapan yang indah bagi orang percaya adalah keselamatan dan kesukaan besar dari Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Zefanya?
  2. Apakah isi Kitab Zefanya?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Zefanya?



Artikel yang terkait dengan Zefanya:


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA