Pengantar Pathway

Pendahuluan Kitab-kitab dalam Alkitab -- Amos

Pendahuluan Amos

Amos adalah seorang gembala dan pemungut buah ara dari desa berbukit yaitu Tekoa. {Am 1:1 7:14} Tekoa terletak kira-kira 10 mil selatan Yerusalem. Namun, Allah memanggil Amos untuk melayani sebagai nabi di Israel, Kerajaan Utara. {Am 1:1 3:9 7:7-15} Karena ketaatannya atas panggilan ini, Amos harus menempuh perjalanan ke utara kira-kira 22 mil ke Betel, yang menjadi pusat penyembahan lembu emas oleh Israel.

Nubuatan Amos tampaknya disampaikan di pintu gerbang (kota), {Am 5:10,12,15} yang menjadi pusat kegiatan bisnis dan pemerintahan dan sekali gus lokasi di mana para tua-tua Israel memutuskan perkara bagi rakyat. {Jer 17:19 19:2-3} Di tempat inilah Allah berbicara melalui Amos yang menubuatkan tentang kehancuran Kerajaan Utara. {Am 5:1-3} Pada waktu itu, Uzia memerintah sebagai Raja Yehuda, Yerobeam II menjadi Raja Israel, dan nabi Yesaya, Hosea, dan Yunus sedang melayani. Kedua Kerajaan itu sedang dalam suasana makmur secara materi (2Ch 26:1-16; II Raja_Raja 14:23,25), namun Amos mengecam mereka karena praktek-praktek keagamaan mereka yang korup dan segala jenis kejahatan yang mewarnai kehidupan mereka. {Am 2:4-8 3:9-10 4:1-5}

Tampaknya segala peringatan yang disampaikan oleh gembala dari Tekoa ini tidak langsung digenapi, namun menurut Firman Tuhan, kira-kira 30 tahun kemudian Israel, Kerajaan Utara diserang dan dihancurkan oleh bangsa Asyur.




Artikel yang terkait dengan Amos:


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA